Tips Merebus Santan Agar Tidak Mudah Pecah

Tips Merebus Santan Agar Tidak Mudah Pecah

 

Saat memasak hidangan yang menggunakan santan, saya seringkali berhadapan dengan permasalahan santan yang mudah pecah. Mungkin bukan hanya saya yang mengalaminya. Kita pasti menginginkan kualitas yang bagus dalam olahan santan kelapa yang kita masak. Berikut ini adalah beberapa tips yang sudah saya coba lakukan untuk mengatasi santan yang mudah pecah saat dimasak.

 

  1. Gunakan Api Kecil saat Memasak

Kualitas santan yang mudah pecah bisa disebabkan oleh salah proses perebusan yang kita lakukan. Jika ini terjadi, rasa masakan pun menjadi kurang lezat. Bahkan bisa saja aromanya menjadi kurang sedap. Karena itu, ada baiknya jika kita menggunakan api yang kecil saat merebus santan kelapa. Saya sudah mencobanya, dan caraini berhasil mengatasi santan yang pecah. Suhu yang terlalu panas bisa membuat santan mudah pecah sehingga sulit tercampur dengan bahan masakan lain.

SANTAN_BUBUK_SASA

  1. Diaduk terus-menerus

Saat merebus santan kelapa, ada baiknya kita mengaduknya secara terus menerus untuk menghindari santan menjadi pecah. Usahakan gerakan tangan kita stabil dan teratur, sehingga santan tetap tercampur sempurna dan tidak pecah. Hindari aktivitas lain saat merebus kelapa untuk menjaga tekstur dan rasanya.  Mengaduk santan dengan spatula saat proses merebus bisa mencegahnya pecah. Silakan dicoba.

 

  1. Masukkan Santan saat akhir proses memasak

Tips ini tidak kalah pentingnya. Memasak masakan yang menggunakan santan memerlukan teknik khusus yang harus kita perhatikan. Ada baiknya bahan masakan lain tidak direbus bersamaan dengan merebus santan. Usahakan untuk merebus santan dalam wadah yang berbeda. Saat santan sudah mendidih, baru dinginkan santan sebelum memasukkannya bersama bahan yang lain. Memasukkan santan pada akhir proses memadak mencegah santan terlalu lama dipanaskan sehingga membuat santan tidak pecah. Hal ini juga berguna untuk menjaga cita rasa dan wangi santan.

 

  1. Mencampurkan dengan Tepung Maizena

Santan kelapa kadang kala tidak hanya digunakan dalam tekstur yang cair. Dalam beberapa kasus, kita membutuhkan santan kental dalam masakan, seperti pasta atau vla. Maka, untuk mendapatkan santan yang kental, cara merebusnya sedikit berbeda dibanding merebus santan cair. Saya sering menggunakan tepung maizena untuk membuat santan kental. Caranya, campurkan santan kelapa dengan sedikit air lalu tambahkan tepung maizena secukupnya. Aduk hingga merata dan sampai mendidih. Anda akan melihat tekstur santan akan mengental. Setelah itu, santan kental siap digunakan.

 

  1. Tambahkan Garam dan Jeruk Purut

Menambahkan garam dan daun jeruk purut dengan takaran dan jumlah yang pas saat merebus santan bisa mencegan santan tidak mudah pecah. Setelah santan kelapa mendidih angkat dan buang daun jeruk purut lalu campur dengan tepung sagu. Aduk kembali santan hingga merata. Santan anda dijamin tidak pecah.

 

Gimana mudah bukan merebus santan itu? tapi lebih mudah lagi kalau anda menggunakan Sasa Santan Kelapa. Sebab dengan Sasa Santan kelapa, anda tak perlu lagi susah-susah merebusnya. Anda tidak akan kehilangan kandungan baik yang ada dalam santan. Soalnya Sasa Santan Kelapa itu dikemas dengan teknologi modern dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. Soal kualitas tak perlu ragu, ia cocok untuk semua jenis masakan, makanan dan minuman, terutama karena memiliki aroma dan rasa sesegar kelapa yang langsung diperas. Tidak ada bahan pengawet atau kimia di dalamnya. Jadi dengan begitu mengapa harus susah-susah merebus santan?

Advertisements

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s