4 Museum Sebagai Tempat Wisata di Bandung yang Menarik

4 Museum Sebagai Tempat Wisata di Bandung yang Menarik

Kapan terakhir kamu mengunjungi museum? Atau jangan-jangan malah belum pernah ke museum sama sekali? Mungkin, hal ini karena kamu belum tahu museum-museum menarik yang ada di Bandung. Kalau museum yang di bayanganmu terlihat membosankan, berbeda dengan museum disini yang dikemas sebagai tempat wisata di Bandung yang menarik.

Ada 4 museum yang akan dibahas di artikel ini. Masing-masing museum berbeda dan memiliki karakter kuat tersendiri. Cara museum menata dan merawat koleksinya juga berbeda, sehingga kita akan lebih betah dan tertarik saat berkunjung.

1. Museum Asia Afrika

Museum ini merupakan bukti bersejarah KTT Asia Afrika yang dahulu diprakarsai salah satunya oleh negara Indonesia. Pada museum ini kamu bisa melihat berbagai artefak yang berhubungan dengan peristiwa besar ini. Segala artefak yang ada memiliki desain mewah dan menampilkan kesan modern yang relevan sampai saat ini.

Senangnya lagi, Museum Asia Afrika tidak membebankan biaya tiket masuk sama sekali lo. Kapanpun selama jam operasional kamu bisa berkeliling museum dengan gratis. Adapun jam buka yang berlaku saat ini adalah jam 08:00 WIB sampai dengan 15.00 WIB. Lokasi dari Museum Asia Afrika berada di Braga, Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat.

2. Museum Geologi

Bagi kamu yang tertarik dengan wisata alam di Bandung, Museum Geologi adalah tempat yang paling pas. Disini, kamu akan mengenal alam lebih jauh mulai dari lapisan pembentuk batuan yang ada hingga proses pengolahan energi. Bukan hanya itu saja, museum ini juga bisa jadi tempat sarana edukatif yang kekinian. Pasalnya Museum Geologi bukan hanya mengenai gambar atau penjelasan, kamu bisa melihat sendiri ilustrasi menarik dan sangat jelas.

Setiap harinya Museum Geologi buka dari jam 08.00 WIB hingga 16.00 WIB pada hari Senin – Jumat dan pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB untuk Sabtu – Minggu atau hari libur nasional.  Lokasi dari Museum Geologi berada di Cihaurgeulis, Cibeunying, Kaler, Bandung, Jawa Barat. Saat ini harga tiket yang berlaku cukup terjangkau, jadi tidak akan membuat budget-mu membengkak.

3. Taman Miniatur Kereta

Untuk taman yang satu ini, konsep museum lebih dibuat menarik dengan menargetkan pengunjung anak-anak supaya tertarik dengan mode transportasi kereta. Di dalam taman ini, ada diorama kereta api yang sangat lengkap dan terbesar di Indonesia. Kamu bisa melihat dengan jelas bagaimana detail keretanya, rel, perumahan, hutan dan bahkan stasiun pengisian bahan bakar. Sebagai aktivitas tambahan, pihak pengelola juga membuat spot-spot foto yang instagramable dan menarik.

Saat ini harga tiketnya sekirar Rp25.000, sedangkan jam bukanya untuk senin sampai kamis pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB, Jumat sampai Minggu di pukul 08.00 WIB – 20.00 WIB.

4. Nuart Sculpture Park

Bagi kamu pecinta seni terutama patung, museum satu ini merupakan tempat wajib yang harus dikunjungi. Pengelola dari museum ini adalah Nyoman Nuarta sang pematung yang menghasilkan karya fenomenal Garuda Wisnu Kencana.

Di dalam galeri, ada banyak sekali mahakarya luar biasa yang fenomenal, selain itu ada pula workshop menarik. Kamu bisa belajar melukis atau mematung secara singkat di sini, ada pengajar yang akan membimbingmu. Kalaupun tiba-tiba lapar, jangan kuatir kamu sekalian bisa wisata kuliner di Bandung, karena ada banyak resto enak di sekitarnya.

Saat ini tiket Nuart Sculpture Park untuk anak-anak seharga Rp25.000, sedangkan Dewasa Rp50.000. Setiap hari, museum seni yang berada di Bandung ini buka pukul 09.00 WIB, sampai dengan 18.00 WIB. Lokasinya berada di Ciwaruga, Bandung Barat, Bandung, Jawa Barat.

Semua museum yang ada di atas menawarkan hal yang berbeda, bukan? Bahkan mereka memiliki karakter tersendiri, ada yang berisi diorama kereta terbesar hingga galeri dari pematung GWK. Tempat-tempat seperti ini yang perlu di share di media sosial supaya generasi muda juga tahu tempat wisata di Bandung yang keren.

Nanti, kalau sudah puas eksplorasi Bandung, boleh lah, kita jajal untuk plesir ke Singapura bareng Traveloka!

27 thoughts on “4 Museum Sebagai Tempat Wisata di Bandung yang Menarik

  1. Ully says:

    Jadi,nnti kalau aku ke bandung 4 tempat ini nih yg wajib d kunjungi apalgi museum geologi nya,,
    Dan aku tu seneng bangt liat kk
    Kk nurul simple dan humble, aku bru tau kk kk ud punya anak liat di IG kk heheh

  2. melinanesiagmailcom says:

    Waktu ke Bandung, aku baru sempat ajak anak-anak ke Museum Geologi. Mereka senang banget di dalam sana. Apalagi anak-anak itu kan pecinta dinosaurus dan kawan-kawannya.

    Kami sekeluarga suka jalan-jalan ke museum. Apalagi museum jaman sekarang itu sudah modern. Penataannya cantik. Sudah nggak merasa berada jadul banget deh kalau datang ke museum.

  3. ovianty says:

    Museum Geologi belum pernah, huhu.. Cakep ya apalagi buat anak-anak, mereka pasti senang banget bisa kesana. Melihat kerangka dinosaurus dan sebagainya. Jadi tahu sebesar apa sih dinosaurus pas masih hidup. Jadi pengen kesana euyy…

  4. siti nurjanah says:

    2 museum teratas sudah dikunjungi, yg 2 lagi belum. Padahal udah benerapa kali bolak balik jakarta bandung.
    selama ini memang banyakan eksplore yang nuansanya alam
    Bandung memang memiliki banyak pesona dengan tempat menarik untuk dikunjungi

    • dapurhamsa says:

      Museum KAA tu kyknya wajib sekali ya dikunjungin mbak. Soalnya Bandung merupakan lokasi bersejarah utk peristiwa itu. Mungkin nanti kalau anak2 dah gedean dan udah dapat pelajaran sejarah aku ajak ke sana 😁

  5. bloggergunung says:

    Taman miniatur kereta itu dimana lokasi tepatnya Mbak? Mau ajak anak ke sana. Saya kudet nih batu tahu ada museum TMK ini

  6. Rach Alida Bahaweres says:

    Aku ke Bandung malah belum pernah ke empat museum ini. Kalau ke Bandung lagi kayaknya harus nyoba ke salah satu museum yang ada disini mba 🙂

  7. monicaang says:

    Yeay, langsung disimpan ini artikelnya biar nanti kalau ke Bandung bisa eksplorasi museum di sana. Aku beberapa kali ke Bandung malah tak main ke museum, lebih suka ke wisata alamnya. Perlu dicoba nih kayaknya main ke museum juga.

  8. lendyagasshi says:

    Aku belum pernah ke Taman Miniatur Kereta sama Nuart Sculpture Park.
    Hihii…soalnya review dari suami kurang meyakinkan, jadi mengurungkan main kedua museum tersebut.
    Hiiks~
    Penting banget yaa…wisata edukasi untuk anak-anak niih…

  9. indah AiJ says:

    wah kapan yanmh bisa kesan . pengen banget berkunjung ke empat museum ini. semoga suatu saat nanti kupunya rejeki kesana. bisa dapat bertemu juga sama kakak sekalian kakak yg menemani keliling gitu. hehehe

  10. Elly Nurul says:

    dari ke 4 musim diatas,baru 1 musium yang aku kunjungi.. maklum bandung banyak banget destinasi wisatanya.. harus sering serin ke bandung deh ini kalo mau bisa mengunjungi lebih banyak destinasi wisata.. khususnya musium ya.. tempat edukasi juga buat keluarga

  11. Nabilla DP says:

    Bacain ini jadi oengen ke Bandung lagi deh mbak. Dulu ke Bandung pas belom cakep ginii transportasi umum juga masih naik angkot kemana2 hhehe

  12. Rani Yulianty says:

    Pas masih tinggal di Bandung, satu-satunya museum yang pernah dikunjungi museum geologi itu pun karena ada acara museum buka malam gitu, night at museum, duh jadi nyesel, diniatin deh kalau ke Bandung ke museum ajak anak-anak

  13. Rohyati Sofjan says:

    Dulu kala masih di Bandung saya sering main ke Museum KAA, untuk numpang baca gratis di perpustakaannya. Tiga museum lainnya belum saya kunjungi, ketiganya sangat menarik. Museum kereta pasti sangat diminati Palung untuk paham sejarah dan bentuk kereta, museum geologi bisa lihat kerangka fosil dinosaurus, dan museum NU Art, bikin saya penasaran karena termasuk suka seni meski gak bisa gambar. Nyoman Nuarta sudah lama saya baca profilnya di majalah Intisari lawas.
    Duh, pengen ajak keluarga ke sana dengan segera.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s