blogging

Just Be You! I mean… Just Be The Best Version of You!

Just Be You! I mean… Just Be The Best Version of You!

Hellaaaw, udah tanggal 12 January aja nih. Wiks, gimana kabar resolusi? Katanya mau ngirim naskah ke media mainstream? Katanya pengin nerbitin buku? Katanya pengin nambah hafalan Qur’an? Hahahaha. Masih jalan di tempat ya sist?

Yo wis, balik ngeblog maning #eaaa Dunia blogging makin ke sini makin riuh-ramai-pecaaaaah banget yak? Kalau ada tim lembaga survey yang mendata BERAPA JUMLAH blogger se-Indonesia, haqqul yaqin, jawabannya pasti bikin kita tertuing-tuing *opo maneh iki*. Mungkin jumlahnya menembus angka puluhan, atau bahkan ratusan ribu?

Dunia blogging memang lagi sedep-sedepnya nih. Udah buanyaaaak yang memutuskan buat terjun total jadi blogger. Kalo ditanya, “Kerja di mana sekarang?” Para blogger tulen itu akan menjawab, “I am proud to be a blogger.”

Ahhh, kalo dedek Felix Siauw kasih terminologi part time mother vs full time mother, maka blogger juga gak mau kalah, yes. Ada yang full time blogger, ada juga yang part time blogger.

KOK BISA KANCAH BLOGGING SEDEMIKIAN PESATNYA YAK?

Ya bisa dong. Blogger kan penyumbang konten buat dunia internet. Udah gitu, influence (pengaruh) blogger sama sekali enggak bisa dipandang remeh. Contoh nih, ketika mbaksis mau beli MAKE UP alias KOSMETIK  paling gres, apa yang mbaksis lakukan? Melototin iklan di TV? Pasrah bongkokan alias nurut aja daaaah sama serba/i rayuan manis nan aduhai yang dilancarkan mbak2 beauty advisor, yang dandanannya terkadang sante terkadang menor? Atau nanya nyokap?

Oh, helooo… it was just sooo… yesterday. Hare gene, kalo mau shopping make up, udah pasti GOOGLING dulu. Cari beauty blogger Indonesia yang bisa kasih rekomendasi cihuy. Atau, cari review brand make up tertentu yang kita pengen. Atau lihat testimoni yang beredar di beauty forum. Bandingin harganya, kualitasnya, di mana belinya, endebrai endebrai. Betul apa betuuul? :)))

Blogging-1

Samaaaa dong ama eikeh. Dunia internet menawarkan semacam ‘manual book’ baru. Walopun kita enggak kenal (secara personal) plus ga pernah tatap muka ama si blogger, kok bisa-bisanya ya kita “teracuni” dan hooh-hooh aja, manakala si blogger menghadirkan review versi dia. Walhasil, kita pun bisa melakukan pembelian, setelah menyimak dengan seksama, rekomendasi yang dihadirkan para bloggers!

No wonder, sejumlah blogger level dewa alias A-list, isi postingan-nya penuh sesak dengan review brand ini dan brand itu. Tapi, aku suka-suka aja tuh, bacanya. Soale, mereka mengemas dengan gaya penceritaan yang ngalirrr banget, dipadu foto yang alakazam, plusss tampang mereka yang bagaikan porselen tanpa cela. Bening banget bok. Makanya, dari hosip-hosip yang beredar nih, para premium blogger(s) itu konon katanya bisa mengeruk sampe 50 jeti per bulan! Widiiiiwww, hasil ngeblog bisa buat DP rumah!

Nah, kita juga bisa ambil bagian di sono. Caranya, caranya? Kalo menurut aku, langkah pertama banget yang kudu kita lakukan adalah…. START YOUR BLOG :))) Trus, yaaa, banyak-banyak belajar dari para blogger yang udah kondang bambang gulindang itu. Pelajari aja, gimana mereka bisa merangkul pembaca, mendatangkan banyak traffic, plus membuat brand/agensi iklan memberikan amanah pada mereka.

Trus, jangan lupa, tren 2016 adalah: pembaca makin demen visual. Jadi, penting banget sist, belajar fotografi, infografis, plusss… vlogging alias bikin video untuk tayang di blog! Ish, ish… PR-nya banyak nian. Ya iyalah. Kan kita pengin eksis nih, di lautan ratusan ribu blogger. Kalo blog kita digarap apa adanya, yaaa… gimana bisa mengundang atensi, ya kan?

Sampai sini, mungkin ada satu dua orang yang mulai ngerasa sensi.

“Iiih, blogger kan ngeblog aja lah. Ngapain pake ambisi nyari duit segala?

“Pusing gue ah, kalo disuruh mikirin klout score, DA (Domain Authority), traffic dllnya itu. Males, malessss… mending ngeblog aja buat mencurahkan isi hati.”

Well, that’s a matter of choice. Hidup itu kan PILIHAN yak. Siapapun berhak untuk memutuskan mau jadi full time vs part time blogger; blogger dengan job review vs blogger yang ogah dapet job; blogger niche vs blogger lifestyle alias campur aduk… Itu mah TERSERAH  ajah. Empunya blog yang menentukan.

Jadi, JANGAN KEPANCING dengan omongan orang. Kita hidup di dunia, di mana hampir semua orang doyan dan gemar banget untuk berkomentar. Ya sudah, cuekin aja. Kita yang berhak menentukan mau dibawa ke mana blog ini? Singkat kata nih, JUST BE YOU. Atau, JUST BE THE BEST VERSION OF YOU.

“Tapi kan eneg yak, kalo tiap buka timeline, eh, isinya blog iklaaaan semua. Yang promosi produk inilah, itulah… apalagi kapan hari itu ada bank yang mengundang 100-an blogger buat kampanye serentak. Itu kan mbencekno banget!”

Oke. Kalau masalah itu, berarti balik lagi, bahwa blog harus menunjukkan THE BEST VERSION OF YOU. Saban bikin postingan, mau itu job review atau bukan, silakan dituliskan dengan GAYA BAHASA, ALUR PENCERITAAN yang menggambarkan ciri khas ente. Boleh kita melakukan benchmarking dengan jalan-jalan ke blog orang lain. Tapi, kita tetep harus punya identitas sendiri. Sebuah ‘keunikan’ yang mungkin jarang/sulit ditemukan di blog orang lain.

“Kayak gimana sih?”

Nah… itu silakan dicari sendiri sambil ngeblog. Kalo kamu orangnya kocak dan seneng ngebanyol, isi blog kamu dengan segala hal postingan yang UUL alias Ujung-Ujungnya Lucu. Kalo kamu puitis dan piawai berdansa dengan kata, ayok bikin blog yang nyastra. Kalimat-kalimatnya terpahat dengan begitu indah. InsyaAllah ini yang jadi ciri khas, yang bikin orang selalu addicted baca tulisan kamu.

Pada intinya, ketika orang/brand/agensi menaruh trust kepada para blogger, ayolah kita sama-sama jaga reputasi blogger Indonesia. Nggak perlu juga bikin tulisan yang kelewat kontroversial, kaerena bisa mencederai hati ribuan blogger, ya kan? Bukan mustahil, agensi juga akan pikir seribu kali, tatkala akan mengajak kerjasama si blogger yang doyan nyinyir ala nenek sihir ini.

Okay, Happy January, semuanya… Hayuk deh, kita injeksi semangat kepada para blogger untuk terus menebar konten dan tulisan positif.

Jika Kau Bukan Anak Raja atau Ulama Besar, maka Menulislah (Imam Ghazali)

Ditulis untuk #LigaBloggerIndonesia2016 untuk tema :  Tren Blogger Indonesia Tahun 2016

Pekan 1

Advertisements

48 thoughts on “Just Be You! I mean… Just Be The Best Version of You!”

  1. Asikkk nih awal tahun baca postingan macam ini. Aku blogger galau dari awal ngeblog hahaha Semoga tahun 2016 udah nggak galau lagi, nggak berubah-ubah arah angin ngeblognya.

    Sering emang ya kita pingin kayak blogger A yang ngetop trus lalu berubah pingin kayak blogger B yang gaya nulisnya asikk atau berubah lagi pingin nyastra. Padahal punya gaya sendiri, nampilin yang terbaik dari diri sendiri itu lebih mudah dan asik. Tenggkiyuuuu postingannya mbak. Enjoy 2016!

  2. duuuhh pengen deh bisa total jendral eh totalitas di dunia ngeblog cuma bagi waktu sama dunia kampus sungguh sebuah perjuangan. aku bisa posting rutin aja cukup bahagia. tapi tahun iini aku pengen lebih memenage waktu lagi seenggaknya kalaopun belum jadi top A list masih bisa jadi B list blogger ;ah 😛

  3. Jika seorang penulis adalah seorang yg perfeksionis maka tak akan selesai karya yg ia tulis. – dosen filsafat gw –

    Mari berkarya sebisa kita. Paling tidak makin berjalannya waktu makin Berkemajuan.

    Adibriza.com

  4. Iya sih mbaaak…
    Sejak ada brand yang ngelirik blogger, jaman sekarang ini para blogger jadinya kompetitip banget hehe…gak papa juga sih, bagus lah bisa jadi lebih terpacu :))

    Mudah2an kita bisa tetap ngeblog dengan gaya yang kita masing2 yang original yah mbaaak :))

  5. lah aku nulis blog angin anginan gini… pengen nulis tapi adaaaa aja alasan untuk gak nulis… dasar aku males

  6. itu paragraf pertamanya kok bikin keinget diri sendiri. resolusi ini itu, eh udah tanggal segini masih jalan di tempat hehhehee…

    just be the best version of you, suka euy dengan kalimat ini 🙂

    semoga taon ini blog kita makin keceh ya mbak 🙂

    @QuelleIdee07

  7. Menjadi blogger kini sdh menjadi salah satu profesi yang dilirik oleh banyak orang.. Beruntunglah kita2 yg merasa blogger dikaruniai bakat dan kemampuan menulis..sehingga bisa memetik manfaat dari aktifitas ngeblog.. bukan hanya buat ajang curhat semata demi menenangkan hati biar adem…namun limpahan materi berupa uang dan barang didapat.. alhamdulillah banget..penuh syukur ..

  8. Senangnya bisa menyalurkan hobi menulis di blog dan membagikannya kepada orang lain, walaupun tulisan saya tidak seberapa. PEngen banget bisa seperti blogger-blogger lain, yang bisa mengahsilkan dari blognya. Tapi, tetap bersyukur dan semangat posting aja deh. Walaupun terkadang, malas posting
    @rin_mizsipoel

  9. Resolusi apa kabar? berasa diingetin *tutup muka. Udah mulai jalan sih tapi di tengah jalan ada kebuntuan. Aku sendiri belum punya ciri khas. Mau ngelucu malah garing, mau puitis juga belum bisa :D. Apa pun trendnya ya tetep balik ke pribadi masing-masing bloggernya ya mba 🙂 salam kenal

    @gemaulani

  10. Sekarang memang riuh banget blog yang dilengkapi pake infografis ya, Mak. Aku pribadi sih kepengin banget belajar. Tapi sampai saat ini masih belum bisa hahaha. Jadi ya blog masih begitu-begitu aja, ala Gesi, tapi tetap berusaha ngisi dengan konten yang positif dan (semoga amin amin amin) bisa bermanfaat 😀

  11. Yup, jadi diri sendiri memang lebih menyenangkan
    Daripada ikut-ikutan…
    Seperti halnya ada yang nawari saya produk kecantikan, tetapi saya tolak karena memang bukan passion saya di situ…

    @amma_chemist

  12. Mbak..mbak, ada kesamaan denganku. Pengen puolllll bisa fotografi, infografis, dan vlogging.

    eh iya, makin kesini, kalau mbaca gaya tulisan Mbak Nurul jd berasa baca ovel lupus loh? hahahaha. Asyikkk, gokil…dan sakjane, aku pengen bisa nulis ala gokil-gokil. Tapi the best version of me saat ini masih tulisan kaka-kaku-kuku gettu deh.

    @ririekhayan

  13. mbak, aku nyari tombol like gak ada *gaptek*. males komen2 sering eror, keasikan nulis melulu 😉 tapi seneng mbak sering kunjungi blogku, thank u a lot yah. semoga tercapai harapan jadi A list deh. amin 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s