Makin Mudah Mengatur Finansial dengan Aplikasi Catatan Keuangan dan Bank Digital Senyumku

Financial Planning dengan Aplikasi Catatan Keuangan dan Bank Digital

Sejak pandemi, sepertinya banyak orang makin tersadar dengan urgensi financial planning alias perencanaan keuangan secara baik dan benar. Ya iyalah, kita berada di fase yang penuh ketidakjelasan. Tidak sedikit yang di-PHK, gaji/ tunjangan/ remunerasi dipotong dalam jumlah wadidaw, plus kondisi ekonomi makro yang suram.

Kalau sudah begini, tentu kita semua sepakat bahwa masing-masing orang kudu piawai mengatur keuangan bulanan. Jika sikap “semau gue” masih diterapkan dalam financial planning, ya artinya siap-siap menantikan kondisi boncos dalam hal keuangan kita.

Ada beberapa hal yang sejatinya bisa kita jadikan panduan kalau udah bicara soal financial planning. Kita atur komposisinya, sesuai dengan kondisi masing-masing orang, dan bisa dipisahkan berdasarkan kebutuhan/tujuan keuangan. Apa saja?

(1). Menabung

Sejak kecil, pastinya mayoritas dari kita sering dinasehati orang tua untuk menabung. Bahkan ada lagunya kan, “Bang Bing Bung, yuk kita nabung….” Tapiii, apakah proses menabung ini mudah dilakukan? Well, jawabannya tentu akan berlainan antara satu orang dengan orang yang lain.

Yang jelas, di era serba tidak jelas seperti ini, tabungan amatlah penting. Apalagi, yang tujuannya untuk Dana Darurat.

(2). Investasi

Tentu kita ingin dana yang diputar dalam instrument investasi bisa menghasilkan return/ keuntungan yang optimal. Sudah pasti, kita kudu belajar dan mau banyak menimba ilmu seputar dunia investasi.

Kalau duitnya ngepas, ya sudah, invest di instrument/ platform yang low risk dulu aja ya.

(3). Asuransi

Siapapun paham urgensi berasuransi. Akan tetapi, tidak sedikit yang denial. Menganggap asuransi bukan sesuatu hal yang penting.

Cobalah kita telaah. Hidup kan tidak melulu berisikan hal-hal yang bikin kita hahaha. Ada kalanya sejumlah tragedi datang tanpa diundang. Terlebih, saat ini kita berada di masa pagebluk. Berita duka kerap bermunculan dari segenap penjuru.

Penting sekali memiliki Asuransi, apalagi kalau kita berperan sebagai breadwinner/ pencari nafkah utama/ tulang punggung keluarga.

(4). Zakat/ Sedekah/ Donasi

Hal-hal yang berkaitan dengan charity/ donasi tidak akan membuat kita jatuh miskin. Alokasikan dalam jumlah yang proporsional, kalau dalam Islam, minimal 2,5% dari harta yang kita punya, harus dikeluarkan zakatnya.

Sedekah/ wakaf dan ibadah-ibadah harta lainnya, alangkah mulianya untuk rutin dilakoni. Berbagi rezeki untuk menyumbang tetangga yang sedang Isoman? Atau urunan untuk beli tabung oksigen? Silakan. Ada banyak cara untuk berbuat baik, melalui harta yang kita punya.

(5). Membuat Anggaran dan Mencatat Setiap Detail Pemasukan dan Pengeluaran

If you fail to plan, then it means you plan to fail.

Kredo ini berlaku untuk hal keuangan. Karena itulah, bikin planning adalah hal krusial. Usahakan untuk rutin bikin budget bulanan. Yang tak kalah penting, kita juga kudu mencatat setiap detail transaksi.

Pemasukan dan pengeluaran harus ter-record, supaya kita paham, ke mana aja sih duit kita “terbuang”. Sering kan, dengar curcolan, kok duit itu kayak Oksigen, ada tapi nggak kelihatan. Sambat/ keluhan seperti “Tiap hari berasa tanggal tua” juga kerap berseliweran di timeline. Ya sudah, artinya memang tiap orang butuh untuk bikin budget dan DISIPLIN dengan angka di anggaran tersebut.

Waspadai juga potensi “bocor alus” alias pengeluaran-pengeluaran nggak penting, yang berpotensi menggerogoti budget kita.

***

Bijak, dewasa, dan disiplin. Tiga sikap ini yang kudu senantiasa kita kedepankan kalau bersinggungan dengan urusan finansial. Supaya kondisi keuangan senantiasa terjaga track-nya, yuk lah kita manfaatkan aplikasi catatan keuangan dan tabungan online/ bank digital.

Senyumku: Bank Digital & Aplikasi Catatan Keuangan  bisa jadi andalan. Ini adalah produk aplikasi keuangan unggulan yang telah beroperasi sejak tahun 2019. Berbagai layanan bisa kita nikmati, mulai dari buka rekening online langsung aktif hingga bertransaksi keuangan secara aman hanya dengan satu genggaman smartphone.

Senyumku juga merupakan aplikasi manajemen keuangan yang modern, memungkinkan kita merekapitulasi catatan keuangan yang masuk maupun yang keluar dari kas secara praktis. Dengan fitur-fitur tersebut, perencanaan keuangan dan pengelolaan keuangan bisa dilakukan dengan lebih baik lagi demi membantu mewujudkan kebebasan finansial di masa yang akan datang.

Aplikasi yang bisa disebut tabungan digital ini merupakan produk dari PT Bank Amar Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM.

Lupakan Cara Mengatur Keuangan yang Lama, Gunakan Aplikasi Senyumku

Sebagai aplikasi keuangan terbaik, Senyumku memiliki beberapa keunggulan yang pas untuk mendukung kebebasan finansial, seperti:

Buka rekening online tanpa setoran awal

Tidak perlu pusing- pusing lagi pergi ke kantor cabang, cukup isi formulir secara online, upload foto KTP dan foto selfie, kita sudah bisa memiliki rekening tabungan digital Senyumku.Proses verifikasi akan dilakukan dengan cepat bahkan tidak sampai lima menit dan tanpa setoran awal! Setelah pembuatan rekening selesai, bertransaksi keuangan seperti menabung, transfer antar bank, hingga melakukan pembayaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan satu aplikasi Senyumku.

Bunga tabungan kompetitif

Digital Bank Senyumku tidak hanya menawarkan pembukaan rekening online yang praktis dan mudah, tetapi juga menawarkan keuntungan bunga tabungan yang kompetitif yaitu hingga 5.5%.

Pengelolaan keuangan semakin mudah dengan teknologi canggih

Aplikasi Senyumku dibekali dengan sistem AI yang canggih sehingga mampu menganalisa kebiasaan finansial kita dan membantumu mengelola keuangan lebih bijak lagi. Dengan begitu, Senyumku tidak hanya sebagai aplikasi tabungan digital saja, melainkan juga aplikasi pencatat keuangan terbaik yang siap melacak seluruh pemasukan dan pengeluaran kas kita.

Fitur-fitur Senyumku yang Mendukung Cara Mengatur Keuangan dengan Mudah

Aplikasi tabungan digital Senyumku, telah didukung oleh berbagai fitur-fitur canggih guna memaksimalkan pengelolaan keuangan.

Fitur Celengan Senyumku

Dengan Celengan Senyumku, kita bisa membuat daftar pos-pos keinginan atau Wishlist yang ingin dicapai sesuai dengan kebutuhan. Setelah pos terbuat, kita bisa mensimulasikan alokasi uang yang harus disisihkan setiap bulannya untuk mencapai target pos tersebut. Kebiasaan menabung pun akan terbangun, terlebih lagi bunga tabungan yang menggiurkan hingga 5.5%.

Auto Categorization

Fitur Auto Categorization memungkinkan kita mengkategorisasikan setiap transaksi yang dilakukan secara otomatis. Jadi tidak perlu bingung lagi kemana larinya uang-uang kamu selama ini.

Spending Alert

Jangan lagi takut hidup boros, karena fitur Spending Alert siap memberikan peringatan jika pengeluaran sudah hampir mendekati budget.

Spending Meter, Monthly Spending, dan Daily Digest

Fitur ini memungkinkan untuk membandingkan keadaan keuangan saat ini dengan target budget dan rata-rata di bulan sebelumnya. Nantinya, Senyumku akan melakukan analisa otomatis terhadap pengeluaran dan memberikan rekomendasi-rekomendasi cerdas seputar pengelolaan keuangan. Sehingga kamu bisa terbantu dalam memperbaiki keadaan finansial.

Cara Buka Rekening Online Senyumku

Buka rekening online di Senyumku sangat mudah, kamu tidak perlu pergi ke kantor cabang sambil membawa berkas persyaratan, tapi cukup dilakukan di mana saja, dengan ponsel pintar dan jaringan internet saja. Syarat untuk buka rekening tabungan online Senyumku

Warga Negara Indonesia.

Telah berusia 17 tahun.

Dokumen KTP.

Adapun Tahapan buka rekening online Senyumku:

Download aplikasi Senyumku dari perangkat Android kamu. (untuk saat ini Senyumku baru bisa digunakan di perangkat Android)

Setelah itu buka aplikasi Senyumku dan klik “Daftar”.

Isi data diri beserta alamat domisili dan data-data lain yang diminta.

Selanjutnya, kita akan diminta untuk mengunggah foto KTP dan foto selfie kamu.

Tunggu hingga tim Senyumku menghubungi untuk proses verifikasi.

Proses buka rekening online Senyumku selesai dan yeayyy, kita telah resmi jadi Sahabat Senyumku.

112 thoughts on “Makin Mudah Mengatur Finansial dengan Aplikasi Catatan Keuangan dan Bank Digital Senyumku

  1. Dessy Achieriny says:

    Kadang kalau nabung suka ada aja yang keluar, entah itu renovasi rumah karena bocor, ganti AC karena rusak dll. Kalau investasi aku milih ke tanah dan rumah. Sisanya buat usaha. Aku sampe bikin spreadsheet buat anggaran pengeluaran dan pemasukan. Hehe

    • Dian says:

      senang banget ya mbak, sekarang banyak aplikasi yang membantu tugas kita
      termasuk dalam mengatur keuangan, seperti aplikasi Senyumku ini ya mbak

      • Sitatur Rohmah says:

        Sebenarnya makin ke sini banyak hal yang mulai menyesuaikan dengan situasi yang ada. Termasuk tentang urusan perbankan. Kalau dulu buka tabungan harus ribet sekarang jauh lebih mudah

  2. Nurul Sufitri says:

    Wah, keren nih. Kita bisa menggunakan berbagai fitur ciamik dari bank digital SENYUMKU 🙂 Namanya aja unik gituh ya mbak hehehe 😀 Cara buka rekening online SENYUMKU jua gampiiil pisan. Jadi kepengen nyoba deh. Kita bisa mengatur keuangan dengan aplikasi catatan keuangan nih. Ga bakalan pusing lagi deh kekhawatiran ‘Lebih besar pasak daripada tiang’ hehehe.

      • Nurul Sufitri says:

        Bener banget mbak. Udah zamannya serba digital, praktis. Sekalian nih supaya masyarakat melek teknologi digital. Nabung aman, caranya gampang, yang penting kita bisa menyisihkan sebagian pendapatan untuk masa depan.

  3. tiawidiastuti says:

    enak banget sih kalo ada aplikasinya gini mbaaaa.. jadi aman inih pengeluaran sebulan, mudah2an sesuai rencana dan gak jebol.. haha..
    cuss ah jadi pengen buka rekening..

  4. arintaadiningtyas says:

    If you fail to plan, then it means you plan to fail. Ini jleb banget sih. Yang direncanakan dengan matang aja masih ada kemungkinan gagal, gimana yang tidak direncanakan sama sekali ya, Mak?

  5. Farida Asadi says:

    Baru tahu kalau ada aplikasi bank digital SENYUMKU setelah baca postingan ini. Menabung memang penting ya, Mbak. Sedekah pun juga penting. Semoga rejeki kita selalu lancar ya biar kita bisa menabung.

  6. Wiwied Widya says:

    Aplikasi untuk nabung tapi bisa sekalian untuk pengaturan keuangan gitu ya? asyik banget nih. Jadi sekali jalan aja, nggak perlu pakai banyak aplikasi. Jujur aja pusing aku th bolak-balik dari aplikasi pencatat keuangan ama rekening. Btw biaya admin per bulan berapa?

  7. Sapti nurul hidayati says:

    Aplikasi yang pastinya akan sangat membantu sekali. Bisa ikut mengawasi jika terjadi kebocoran soalnya. No boros-boros lagi.. Penting banget untuk didownload ini…

  8. ameliatanti says:

    That’s the thing happened!
    I agree with this : If you fail to plan, then it means you plan to fail.

    Sometimes you just need one step back – make your life’s plan then run for it.

    I just listened Jack Ma, so I know that some people never make planning for their life.
    They don’t care about insurance, they don’t care about savings.

    Once they need it, they owe to banks or illegal financial institutions (for now : pin-jol) so when time flies and they grew older, they don’t have anything….

    thanks to reminding Nurul!

  9. Ayi says:

    Alhamdulillah sekarang semakin banyak tabungan digital yang membantu banget untuk mengatur keuangan. Apalagi dengan berbagai kemudahan, Penting banget di jaman seperti ini.

  10. Wiwid Wadmira says:

    Wuah sekarang sudah ada aplikasi keuangan paket lengkap ya? ini sih serasa punya akuntan pribadi. Bisa menabung dan mencatat semua transaksi keuangan sekaligus mengaturnya. Praktis sekali ada dalam 1 macam aplikasi. Wis gak usum sing ruwet dan belibet. aku jadi kepo buat download aplikasinya. heuheu…

  11. Nunung Yuni Anggraeni says:

    Sepuluh tahun terakhir aku mencatat keuangan . Di buku tulis. Iya semacam buku diary gitu . Jadi kelihatan pengeluaran bulanan dan pengeluaran tahunan dari tahun ke tahun. Sekarang asyik ya ada aplikasi pencatatan keuangan. Lebih rapi per kategori lagi . Lebih sehat dong arus keluar dan masuk pakai ginian

  12. Diah Alsa says:

    Praktis banget ya Mbak, buka rekening tanpa harus keluar rumah lagi, ke bank, ngantri, bahkan ini tanpa setoran awal pun yam
    Banyak banget nih kemudahan yang ditawarkan SENYUMKU, bikin kita benar-benar bisa tersenyum cerah nih.

  13. dewinatalia89 says:

    Penting banget mengatur keuangan di masa pandemi gini. Aku termasuk orang yang males nyatet2 pengeluaran tapi kalau ada aplikasi keuangan kek gini aku jdnya bisa rutin catet2 nih.

    • Okti says:

      Tos dulu Kakak…
      Saya pun banyak malas untuk bikin catatan pemasukan dan pengeluaran. Kalau ada aplikasi bagus begini kenapa ditolak ya?
      Senyumku saja

  14. Uniek Kaswarganti says:

    Aplikasi all in one ini, mulai dari buka rekening sampai pengaturan budget keuangan. Bahkan ada peringatannya ya ketika kita udah mulai mendekati limit budget. Mantep tenan iki Senyumku. Bikin kita senyum senyum yaa, ga lagi mumet bikin planning keuangan.

  15. Taufikul says:

    Aha, membuat anggaran dan mencatat setiap detail pemasukan dan pengeluaran adalah hal tersulit hahahaha. Saya selalu gagal disiplin, dan akhirnya pengelaran tidak terkontrol. Tp kenapa ya, kalau pria sepertinya lebih sulit melakukan ini dibandingkan perempuan?

  16. @hm_zwan says:

    Aku nih yang kena malesnya nyatet pengeluaran, dulu rajin banget nyatet uang masuk dan keluar tiap hari. Boleh juga nih aplikasi Senyumku, kita nggak perlu nulis manual ya, ini nih yang bikin males wkwkwkw. Tinggal ngetik aja di aplikasi..sip2, aku mau nyobain ah

  17. Sri Widiyastuti says:

    Wah bagus ya nama aplikasinya, Senyumku, jadi pas lagi mengatur keuangan, bisa sambil senyum-senyum ya secara otomatis hehe btw bener mbak, aku juga kadang suka lupa nyatet-nyatet pengeluaran dan pemasukan. tiba-tiba tengah bulan udah lupa, kemana aja itu duit teh heuheu bagus aplikasinya yaa. buat emak pelupa kayak saya

  18. nurulfatkhani says:

    Di luar masa pandemi saja kita harus bisa mengatur keuangan dengan baik, apalagi di masa pandemi seperti sekarang, ya.
    Untungnya sekarang ada aplikasi keuangan digital, jadi memudahkan untuk mengatur finansial, deh!

  19. Adjie says:

    Penting sekali untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran, apalagi untuk saya sebagai mahasiswa yang sedang dalam merantau, meski kuliah daring manajemen untuk mengelola keuangan sangat penting untuk mengurangi pengeluaran yang sia-sia

  20. ghozaliq says:

    reviewnya bermanfaat banget nik Kak, segera go to playstore nih,
    enak bisa update pengeluaran kapanpun dari ponsel, sehingga gak pada kececer, terutama pengeluaran yang kecil-kecil

  21. nurulsufitriblog says:

    Ngebayangin ngatur keuangan menggunakan aplikasi semyunku ini pasti nyenengin ya. Fiturnya oke semua, canggih, serba digital. Cara buka rekeningnya mudah banget, ga perlu datang ke bank, dan berbagai keuntungan lain.

  22. Elisa says:

    Suka banget dengan nama aplikasinya bank digital ini… Senyumku, jadi berasa positif vibe banget. Kemarin sempat install dan daftarin email di Senyumku, tapi belum sempat aktivasi rekening bank nya..

  23. ismyama says:

    Mau curcol ah, tabungan dan emasku mau dikuras semua buat nambah budget rumah karena ternyata ga bisa cash lunak. Tapi bismillah bulan berikutnya udah bisa nabung dan beli emas lagi. Memang penting banget sih ngatur keuangan itu

  24. arifgr says:

    betul nih, aku udah tiga bulanan pakai aplikasi yang serupa, jadi lebih bijak dalam mengatur keuangan pribadi…rekomended buat kalian yang ga mau terus terusan besar pasak dari pada tiang deh

  25. Wahid Priyono says:

    Benar2 penting sekali untuk membiasakan diri dengan menabung supaya gak nyesal di kemudian hari. Sekarang menabung jadi semakin gampang, karena sudah ada bank digital senyumku. Makasih infonya kak nurul.

  26. Dedew says:

    Fiturnya banyak juga ya aplikasi senyum ini dan kita bisa nabung sambil mencatat pemasukan dan pengeluaran dengan teliti biar nggak bocor Alus lagi

  27. Syahri says:

    Mengatur keuangan dengan aplikasi Senyumku keren bgt nih. Aplikasi yg bisa membantu mengelola finansial agar lebih baik. Selain itu dapat melacak seluruh pemasukan dan pengeluaran kas kita juga. Wiih keren bgt deh

  28. Milda Ini says:

    pake aplikasi ini mempermudah banyak urusan keuangan kita, termasuk soal perencanaan keuangan jangka panjang sebab ada fitur catatan, jadi tahu kemana aja itu uang jalan-jalannya

  29. niaharyanto says:

    Wah, aku baru tahu nih dengan digital tabungan Senyumku ini. Mudah dan praktis ya bikinnya. Cuma perlu selfie pake KTP aja tanpa video call. Yang begini nih yang aku suka. Cocok banget di masa sekarang yang memang harus semua bisa dilakukan dari rumah. Semoga banyak yang mendapatkan manfaatnya.

  30. Diah Kusumastuti says:

    Financial planning tuh penting banget ya Mbak. Sayangnya aku tuh belum bisa ngatur keuangan. Disiplinnya itu loh yang susah. Huhu..
    Padahal zaman now semua udah serba mudah ya. Ada Senyumku yang siap bantu mengelola keuangan juga 🙂

  31. Marfa says:

    Unik namanya Senyumku nih, lagi lumayan banyak rekening online ya. Untuk verifikasi, jadi ini hanya perlu setor berkas dan nggak perlu video call ya? Mudah banget bikinnya, fiturnya oke juga buat mantau spending

  32. Maria Soemitro says:

    keren nin terobosan Aplikasi Senyumku dari Bank Amar Indonesia

    satu aplikasi untuk berbagai kebutuhan finansial, jadi gak ribet harus memakai banyak aplikasi.

    jadi praktis ya? no ribet ribet

  33. Damar Aisyah says:

    Senyumku ternyata aplikasi bank digital milik Bank Ammar ya, jadi udah jelas perizinannya. Saya uga kadang merasa duit tuh kayak air aja. Ngalir terus gak ada berhentinya. Kalau sehari saja tidak keluar duit, rasanya girang banget kayak berhasil melakukan terobosan baru, haha. Tapi biasanya bisa gak keluar duit karena habis belanja banyak, jadi ya sami mawon alias podo wae.

  34. annienugraha says:

    Aplikasi yang cocok banget untuk mereka yang pengen lebih rapi dan disiplin mengatur keuangan. Setidaknya dimulai dari keuangan pribadi. Siapa tahu kan nanti akan bermanfaat buat para gadis yang akhirnya harus mengatur keuangan rumah tangga.

    Penamaan aplikasinya juga lucu deh. SENYUMKU. Aku dari awal mikir. Mungkin sengaja mengambil kata SENYUM yang berhubungan dengan kebahagiaan karena berhasil menata keuangan dengan baik dan tidak menimbulkan stress.

  35. Lasmicika says:

    Bunga tabungan sampai 5,5 persen, sangat menggiurkan. Jadi bisa dijadikan aset juga ya karena nilainya yang terus bertambah.

  36. Mutia Ramadhani says:

    Pintar bikin catatan keuangan itu bukan cuma modal ibu rumah tangga doang. Mau single, mau dobel, tetap saja harus bisa mengatur finansial. Kalo gak, sebesar apapun penghasilan, pasti adaaaa aja yang nguap entah kemana. Perkaranya ada di diri kita sebenarnya ya.

    Coba aja mau belajar pakai aplikasi catatan keuangan yang simpel kayak Senyumku ini. Kita bisa catat pengeluaran harian, sampai ke yang sekecil-kecilnya. Jadi, gak ada tuh istilah, “Uang gw ngilang kemana ya?” Hehehe. Pengalaman pribadi soalnya. Tinggal lihat aja catatan keuangan harian kita. Syukur-syukur kita bisa kontribusi menabung setiap bulannya. Nambah seru lagi tuh.

    • rafahlevi says:

      Menyenangakan dan menenangkan kalo makin banyak aplikasi kelola keuamgan seperti senyumku ini.
      Segala cashflow kota bisa teratur dan dikelola lebih baik

  37. Iwan Hendrawan says:

    hal yang paling sulit dan malas dikerjakan, tetapi penting yaitu membuat catatan keuangan. aplikasi senyumku cocok untuk orang yang kesulitan membuat catatan keuangan

  38. Susi says:

    Amar Bank menambah lagi alasan bagi nasabahnya untuk setia. Bahkan pakai nama Senyumku. Tiap buka dan pakai aplikasinya jadi tersenyum deh.
    Aplikasi kayak gini sangat bagus untuk membantu literasi keuangan

  39. Rozi Piliang says:

    Mau coba ah, semoga aja isi aplikasi sesuai dengan nama aplikasinya. Soalnya ngatur keuangan secara manual susahnya minta ampun.

  40. Agustina Purwantini says:

    Eh, kenapa ya kok aku auto tersenyum saat membaca ulasan tentang aplikasi menabung senyumku .. Aku jadi teringat pada celengan kalengku…

  41. ikamayasusanti1 says:

    Wah asyik ni aplikasi. Kita nggak hanya nabung tapi juga bisa ngatur keuangan kita ya. Bisa meminimalisir kejadian bakal bocor jadinya ya.

  42. Muhammad Imam Hanafi says:

    asli, aplikasi semacam ini bener-bener berguna banget, terutama bagi orang kayak aku yang sering kali ceroboh terhadap manajemen uang…

  43. Andrie Blogger says:

    Membantu banget sih yang seperti ini, jadi lebih bisa terstruktur finansialnya selama ini digunakan untuk apa saja, yang masuk berapa, dan yang keluar berapa.. Membantu bangett, apalagi sudah ada aplikasinya seperti senyumku..

  44. Rudi G. Aswan says:

    Praktis banget pakai aplikasi ini, Mbak. Aku juga dah instal dan mudah pendaftaran rekening yang baru. Selain catat keuangan harian, buka Senyumku Deposito juga bikin mupeng hehe. Bisa buat cadangan dana tak terduga.

  45. Nabilla DP says:

    namanya oke nih.. senyumku. jadi bikin semangat dan terus mengingat2 kenapa nabung dan mengatur keuangan. thanks buat sharing dan ulasannya mbaa

  46. renayku says:

    Makin banyak aja nih aplikasi2 digital keuangan. Kita sbg konsumen harus pandai2 milih sesuai kebutuhan karena gak bisa pake semua aplikasi ya hehe

  47. Niken says:

    Setuju nih kalau pemasukan dan pengeluaran harus ter-record. Ini sa;lah satu kelemahan aku hehe. Suami yang lebih aware sama pencatatan keuangan tapi memang dia lakukan by digital juga. Dari transaksi yg ter-record itu.

  48. lendyagassi says:

    Kemudahan aplikasi Senyumku membuat kita nyaman dalam mengatur keuangan keluarga.
    Ada banyak fitur yangs angat bermanfaat.
    Pengen adaptasi belajar juga menggunakan aplikasi Senyumku.

  49. siskadwyta says:

    Enak ya hidup di zaman sekarang karena semua serba praktis. Termasuk untuk urusan mengatur keuangan karena sudah ada aplikasi seperti Senyumku yang bisa kita andalkan biar gak pusing atur keuangan

  50. Nunik Utami says:

    Saya jadi ketawa. Selama ini kalo urusan uang kan kita merengut, cemberut, gara2 uang habis sebelum akhir bulan. Tapi pas ada Senyumku, lhaa ngatur uang kok bisa sambil senyum2 yaaa. Makin mudah dan nyaman aja deh jadinya pas ngelola keuangan

  51. Diah Kusumastuti says:

    Bijak, dewasa, dan disiplin. Gitu ya Mbak seharusnya sikap yang kita kedepankan dalam urusan finansial. Dibantu dengan adanya aplikasi Senyumku, wah milenial seharusnya sangat terbantu ya dalam mengelola keuangan.

  52. Rindang Yuliani says:

    Kegiatan mencatat keuangan sepertinya terdengar ribet ya, padahal manfaatnya besar sekali loh. Untung sekarang sudah ada SENYUMKU, bias mempermudah proses budgeting dan pengaturan finansial keluarga.

  53. Mini GK says:

    Bocor Alus adalah sebuah keniscayaan yang ada tapi sama kitanya sok sok dikasih pembelaan. Sudah lama ingin buat debit kredit tapi hanya tinggal wacana. terima kasih saran aplikasinya kakak

  54. Intan Daswan says:

    Aplikasi yang penting banget nih, karena biasanya kalau secara manual, kadang ada aja yang kurang detail. Untuk urusan pengaturan keuangan, emang nggak bisa main-main. Jangan sampai bingung sendiri pas butuh dana tiba-tiba.

  55. Niken says:

    Aku salah satu yang masih belajar banget mengenai keuangan. Padahal suami pernah 15 tahun bekerja di perbankan. Sebenarnya kalau ada aplikasi seperti ini akan memudahkan kita untuk mengatur keuangan ya kak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s