Beberapa Merk Setrika Uap Terbaik yang Cocok untuk Usaha Laundry

Apakah Anda memiliki usaha laundry? Jika iya, maka komponen utama yang akan mendukung usaha Anda adalah setrika. Alat yang satu ini yang akan membantu Anda untuk merapikan pakaian kering yang sudah Anda cuci.

Dari beberapa pengusaha laundry, mereka lebih memilih jenis setrika uap untuk dijadikan sebagai alat perang utama dalam bekerja. Apakah alasan dari penggunaan alat tersebut untuk laundry?

Apa sajakah jenis dari alat untuk merapikan pakaian tersebut? Apakah merk yang direkomendasikan untuk usaha laundry? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Mengapa Menggunakan Setrika Uap?

Beberapa alasan dari pemakaian alat untuk merapikan pakaian dengan basis uap ini, adalah :

1.   Aman

Salah satu alasan dari penggunaan alat pelicin pakaian berbasis uap ini lebih banyak digunakan oleh pengusaha laundry adalah memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan setrika listrik.

Alat yang berbasis uap ini cenderung memiliki risiko bahaya terhadap korsleting tegangan tinggi lebih kecil. Karena energi utama pada alat ini berasal dari uap air. Selain itu, dengan alat yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir akan adanya pakaian yang akan gosong apabila tidak sengaja tertinggal.

Hal ini dikarenakan adanya sistem penyangga pada bagian alat terutama pada jenis vertikal. Meskipun begitu, tentunya Anda harus hati-hati dalam pemakaian alat yang menghasilkan panas ini walaupun tenaga yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan alat pelicin pakaian jenis listrik.

2.   Tidak merusak pakaian

Seperti yang telah dijelaskan, energi panas yang dihasilkan pada jenis alat ini memiliki tingkatan yang rendah atau bisa dikatakan panas yang dihasilkan merupakan hawa panas yang lembut.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan ada permukaan pakaian yang nantinya lengket pada permukaan alas alat. Dengan adanya air yang dimasukkan pada tangki air dan diubah menjadi uap ini nantinya akan merapikan permukaan pakaian yang kusut tentunya dengan tingkat kepanasan yang ringan dan lembut.

3.   Praktis

Alat dengan sistem ini memiliki variasi pilihan bentuk. Sehingga ketika Anda menginginkan alat pelicin pakaian yang dapat digunakan dalam posisi apapun. Anda bisa memilih setrika yang tidak menggunakan kabel atau nirkabel.

Anda juga bisa memiliki alat dengan tipe pegangan sehingga Anda bisa bebas berganti posisi dan tidak merasa pegal ketika sedang bekerja. Selain itu, alat ini juga cocok untuk menyetrika jenis pakaian panjang seperti gamis.

Anda hanya perlu menggantungkan pakaian tersebut, kemudian menyetrikanya tanpa adanya kesulitan. 

Apa Sajakah Jenis Setrika Uap?

Berikut beberapa jenis alat pelicin pakaian berbasis uap ini, antara lain :

1.     Tipe standar

Alat dengan uap bertipe standar ini memiliki bentuk seperti alat pelicin pakaian pada umumnya. Alat ini memiliki massa yang berat dibandingkan alat pelicin pakaian sistem uap lainnya.

Hal ini tentunya karena desain badan dari alat ini memiliki bentuk melebar dan berukuran besar. Sehingga hal inilah yang membuat bobot alat semakin besar namun Anda bisa menyetrika pakaian dalam waktu yang lebih cepat.

Tentunya hal ini karena permukaan alas alat yang besar sehingga akan lebih cepat menjangkau seluruh permukaan pakaian. Dalam pengaplikasiannya Anda hanya perlu memberikan tekanan kuat pada pakaian saat menyetrika untuk menghasilkan pakaian yang rapi.

2.   Tipe handheld

Tipe handheld ini tentunya memiliki bobot yang lebih ringan dari alat pelicin pakaian dengan sistem uap jenis standar. Hal ini karena ukuran dari alat tipe ini cenderung lebih kecil sehingga ketika Anda menggunakannya dalam posisi berdiri maupun duduk tidak akan merasa pegal pada bagian tangan.

Namun, dalam penggunaannya Anda harus lebih waspada dan hati-hati karena suhu pada alat yang satu ini akan lebih cepat meninggi. Sehingga hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari adanya efek kepanasan pada tangan yakni dengan menggunakan sarung tangan.

3.   Setrika dengan kabel

Alat dengan uap ini juga tersedia dengan jenis berkabel. Alat ini nantinya akan mampu menjaga suhu untuk tetap pada kisaran suhu tinggi atau cenderung akan mempertahankan suhu tertentu. Dalam artian, Anda tidak perlu khawatir akan adanya penurunan suhu pada alat tersebut.

Bentuk dari alat ini sama seperti setrika listrik namun memiliki basis uap. Anda juga perlu menambahkan kabel tambahan supaya lebih mudah menggunakan alat tersebut ketika jarak antara stop kontak dengan lantai atau papan penyetrika berada dalam jarak yang jauh.

4.   Setrika nirkabel

Setrika nirkabel merupakan jenis alat pelicin pakaian tanpa kabel. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan pergerakan yang Anda lakukan. Sehingga Anda tidak memerlukan kabel tambahan lagi ketika bekerja.

Beberapa Merk Setrika Uap Terbaik yang Dapat Anda Gunakan

Terdapat beberapa merk alat pelicin pakaian dengan basis uap yang direkomendasikan untuk usaha laundry, antara lain :

1.   Panasonic Steam Iron NI-P Series

Setrika dari Panasonic ini memiliki sistem auto anti-calc yang berperan untuk mencegah terjadinya sumbatan yang membuat Anda tidak memerlukan perawatan khusus yang dilakukan secara intensif untuk menjaga daya tahan alat.

2.   Sinyo Mini Clothes Handheld Steamer Iron

Alat pelicin berikutnya yang direkomendasikan untuk Anda adalah Sinyo yang memiliki bentuk unik dan lucu. Alat ini tidak hanya berfungsi untuk menyetrika pakaian dengan uap tetapi juga mampu menjadi pelembab ruangan. Dengan kata lain, alat ini memiliki multifungsi yang berguna untuk keseharian yang Anda miliki.

3.   Tobi Travel Steamer

Sesuai dengan namanya, setrika uap ini didesain khusus untuk kemudahan travelling. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan badan alat yang ramping ini untuk usaha laundry yang Anda jalankan.

Hal ini tentunya karena kemudahan dari pemakaian alat yang tidak ribet dan mampu mempercepat kinerja yang Anda lakukan.

4.   Sanken ASI 800PI

Alat pelicin pakaian ini juga direkomendasikan bagi Anda yang membuka jasa laundry. Karena alat ini memiliki kualitas tinggi dan didesain dengan alas yang tidak mudah lengket dengan permukaan pakaian.

Selain itu alat bermerk Sanken ini juga memiliki beberapa fasilitas pengatur suhu yang dapat disesuaikan dengan jenis pakaian yang sedang disetrika. Alat ini juga dilengkapi dengan penampung spray sehingga ketika Anda menyetrika tidak memerlukan botol semprot tambahan untuk menampung pewangi pakaian.

Uraian diatas merupakan penjelasan mengenai beberapa jenis dan merk setrika uap yang dapat Anda gunakan untuk usaha laundry yang Anda miliki. Selain itu, terdapat pula penjelasan mengenai alasan penggunaan alat tersebut yang lebih banyak digunakan daripada setrika listrik.

Untuk memiliki setrika uap dengan kualitas tinggi, Anda dapat berbelanja alat tersebut di ladara.id yang menyediakan berbagai macam alat elektronik dan tentunya dengan harga terjangkau. Selamat mencoba dan sukses selalu!

Sumber :

  1. https://my-best.id/33512
  2. https://www.cekaja.com/info/9-rekomendasi-setrika-uap-terbaik
  3. https://www.dekoruma.com/artikel/74690/keuntungan-pakai-setrika-uap

65 thoughts on “Beberapa Merk Setrika Uap Terbaik yang Cocok untuk Usaha Laundry

  1. Reyne Raea says:

    Tidak merusak pakaian itu penting banget Mba, saya pernah laundry, balik-balik ada baju yang gosong, untung pemiliknya jujur ngakui dan komit mau ganti, tapi saya relakan, udah resiko hahaha.

    Memang butuh banget pakai setrika uap ya, praktis pula 🙂

    • Ira Hamid says:

      Tanggal 1 September nanti saya mau prajabatan, dan agar baju tetap rapi saya kepikiran beli setrika uap. Kemarin udah sempat googling dan tertarik pengen beli merek tobi

      • aisyahdianbpn says:

        Betul sekali mbak banyak setrika biasa yang salah-salah malah merusak pakaian. Mungkin pemakaian setrika uap bisa jadi solusi ya

  2. imaesha says:

    Kayaknya yang perlu diperhatiin banget itu yang gak makan banyak listrik. Ibu saya pernah tuh beli setrika uap kayak di laundry, eh giliran dicolok listrik rumah njegleg langsung mati lampu. Wkwk..

  3. Mutia Ramadhani says:

    Mba, baru ya ini tampilan blognya? Kece. Hehehe.

    Saya pernah pakai setrika uap, tapi mereknya Philips (ya sedih deh, gak masuk rekomendasinya).

    Pakai setrika uap emang praktis sih. Apalagi buat suami saya yang kemejanya lah, jasnya lah, seragamnya lah. Wiiii macem-macem dan semuanya itu harus rapi. Dan tingkat kepanasan setrika uap itu menurut saya lebih ringan dan lembut. Jadi ya gak perlu kuatir sama setrikaan gosong. Hahahaha.

  4. Arina Mabruroh says:

    Di dekat kosanku ada usaha laundry yang pakai setrika uap. Harganya memang jauh lebih murah dibanding laundry yang pakai setrika biasa. Selisih harga perkilonya lumayan banget.
    Pengen juga nih punya setrika uap buat rumahan

  5. Era Sapamama says:

    Dianatara semua pekerjaan domestik aku paling nggak suka nyetrika. Tapi kalau pakai setrika uap panasonic steam iron p ini pasti bikin nyetrika makin praktis ya.

  6. Yuni Handono says:

    Setrika uap sangat menunjang usaha laundry ya mbak. Terutama hasil setrikaannya dan menyangkut kepuasan pelanggan. Aku suka merk Sanken, puas aja sama hasil setrikaan yang halus kalai pakai merk ini. Oh ya Ladara sekarang makin maju ya, banyak produk UMKM juga yang dipasarkan. Semoga Ladara bisa menjadi jembatan UMKM dalam memasarkan produknya di masa pandemi ini.

  7. Chela says:

    Aku pakai setrika biasa mbak, dan ada beberapa bagian di permumaan setrikanya yang gosong dan membuat bekas di baju. Makasih rekomendasinya mbak, bisa jd alternatif pilihan buat ganti setrika

  8. aisyahdianbpn says:

    Setrika uap ini yang bikin Aku pengen beli buat toko bajuku mbak soalnya kadang baju just tapi belum tahu rekomendasinya yang mana, trims mbak pas baca artikel ini langsung tercerahkan deh

  9. Rizka Edmanda says:

    Penasaran sama Tobi soalnya pas nyari setrikanuap itu salh satu yg paling laris di marketplace kayaknya ringkes buat traveling

  10. lendyagassi says:

    Nah…aku uda mulai kepoin setrika uap ini niih..buat dibawa suamiku kalau pas dinas.
    Alhamdulillah..
    Harganya yang beragam membuat kita menyesuaikan mana yang cocok dan mudah dibawa saat travelling.

    • Ria Rochma says:

      Huhuhu.. Selalu pengen beli setrika uap. Apalagi yang bentuknya praktis buat dibawa kemana-mana. Jadi pas pergi2 ngga bingung cari setrika buat ngelurusin garis di kerudung karena lempitan wkwkw

  11. Rhoshandha says:

    untuk berumah tangga nanti, aku belum sedia setrika sih
    ya pengennya setrika uap biar nggak capek-capek nggosok, hahaha
    makasih ya buat rekomendasinya
    akan aku ingat-ingat

  12. Nurul Sufitri says:

    Meskipun aku ga punya usaha laundry, aku udah lama kok kepengen punya setrika uap. Memang sih harganya lebih tinggi dibandingkan dengan setrika pada umumnya. Jadi kayak di mall2 ya merapikan kusutan baju pakai alat ini hehehe. Tandain dulu merk2nya deh 😀

  13. yenisovia says:

    Aku baru tahu kalau ternyata setrika uap itu listriknya lebih kecil ya mba dari setrika listrik. Kalau hasilnya lebih rapih setrika uap kan ya? *bener ga sih? Jadi pengen setrika uap juga aku walau aku ga punya bisnis laundry hihihi. Tapi kayaknya enak aja gitu ngeliatnya kalau setrika uap lebih praktis gitu

    • Nurul Sufitri says:

      Hahaha mbak Yenni juga pasti kepengen punya ya setrika uap yang direkomendasikan oleh mbak Nurul hehehe 🙂 Jadi praktis ya bahan2 pakaian lekas lurus deh dengan gampang gitu. Kabar2i ya kalau udah beli hihihi.

  14. Ade UFi says:

    Duh.. kayaknya saya akan mencintai kegiatan nyetrika kalau setrikaannya setrika uap. ternyata ada banyak macamnya ya. Jadi harus cari sesuai kebutuhan saya ya.

  15. ikamayasusanti1 says:

    Ternyata banyak kelebihannya juga ya setrika uap ini. Apalagi antilengket. Nggak ada lagi kejadian drama kalau pakai setrika ini.

  16. Katerina says:

    Beli setrika uap untuk traveling termasuk penting. Traveling untuk tujuan bisnis, acara keluarga, menghadiri undangan, bahkan liburan, pasti kepake banget. Beli buat pemakaian sehari-hari juga perlu.

  17. Emak-emak Blogger says:

    Kadang nih, Mak. Nyetrika itu malesin kalau kepanasan bikin kain yang disetrika jadi lengket, rusak atau bolong. Biar ga over heat, muter dulu suhunya jadi nol. Eh pas mau dipake, malah kurang buat licinin baju. Akhirnya sambil nunggu suhunya pas, buka hp atau ngambil cemilan. Gitu terus ga beres-beres hahaha… Kalau ada setrika uap yang stabil gini kerjaan menyetrika jadi lebih menyenangkan. Bisa buka jasa laundry kayaknya 🙂

  18. Jiah Al Jafara says:

    Aku tuh paling gak suka sama nyetrika #Curhat

    Kapan hari pernah ke tempat pengusaha laundry. Mereka pakai setrika uap tapi kaya jadul gitu. Eh sekarang sudah banyak ya jenii. Jadi bisa pilih yang sesuai

  19. ismyama says:

    Merek setrika uap ternyata ada banyak ya mbak. Aku dulu sempat mupeng tapi masih menimbang butuh enggak nya. Dari artikel ini aku bisa pilih2 setrika uap yang mana yang sesuai kebutuhan ku

  20. Wahid Priyono says:

    Merek setrika panasonic dan sanken ini sudah santer banget ya. Bahkan di rumah banyak produk2 ini saya pakai dan memang rekomended banget.

    Makasih kak Nurul sudah berbagi merek sterikanya. Sudah saya baca ya..

  21. Milda Ini says:

    Kalo sterika uap ini saya juga pernah lihat di mall bisa juga buat rumahan, selain praktis juga aman menjadi pilihan. kalo aku pilih yang mau nyetrika nya nih mak, hahaha

  22. @hm_zwan says:

    Aku tau setrika uap ini kalo nggak salah pas nonton drako. Praktis banget gitu ya, nggak perlu nggosok berjam-jam wkwkwkwk…tinggal ngadepin ke arah baju, auto nggak kusut.Pingin deh punya satu

  23. Dian says:

    wah aku tahunya seterika uap yang ada di laundry mbak
    emang sekarang bagusnya pakai setrika uap ya mbak.biar makin mudah urusan setrikaan ini

  24. April Hamsa says:

    Sering liat di drama juga tu setrika uap khususnya yang bentuknya kayak moncong vacum cleaner kecil itu, kyknya kok asyik kalau punya juga hehe
    Memang kalau punya laundryan kudu punya alat khususnya seterikaan yang tepat ya supaya bisa bikin senang pelanggan

  25. Mutia Karamoy says:

    Wah saya punya tuh setrika uap Tobi dan bantu banget kalau kalau butuh strika baju yang kusut kalau lagi diperjalanan, tapi aku belum familiar dengan setrika uap padahal kata suami kalau pakai setrika uap lebih licin dan mulus, kayak abis di laundry…hahaha.

  26. Arinta Adiningtyas says:

    Aku pernah negur mbak-mbak laundry yang ninggalin setrikanya begitu saja pas aku datang. Eh, Mbaknya dengan santai jawab, “Tenang, Mbak.. Ora gosong kok.”

    Hooo, ternyata gitu ya setrika uap… Aman, hasilnya licin pula..

  27. Rindang Yuliani says:

    Nah, aku baru tahu nih tentang setrika uap. Tahunya setrika listrik dan setrika tradisional saja (yang sumber panasnya dari arang yang dibakar). Setrika uap sepertinya lebih praktis ya untuk digunakan terutama dalam bisnis laundry yang membutuhkan kecepatan dan kerapian dengan banyaknya kain yang harus disetrika.

  28. Jihanfauziah says:

    Ohhhh… Ternyata begini ya manfaat setrika uap. Baru paham aku. Kalau emang ternyata gag merusak pakaian ya…. Makannya aku bertanya2 knapa kalau laundry pakai setrika uap ya…. Terus pas ajukan Pak Suami kalau di rumah pakai setrika uap aja katanya listriksnya mahal.

  29. Hanifa says:

    Duh asli pengen banget punya setrika uap ini. Aku termasuk yang mager setrika karena kayak effort banget gitu lho Mak buat ngelarin pekerjaan rumah yang satu ini. Kalau ada setrika uap rasanya praktis bangetttt. Bisa dipake setiap memang mau pake bajunya itu aja 😀

  30. bayufitri says:

    Saya tertarik pengen punya setrika uap hanya saja belum ketemu untuk yang daya nya dibawah 1000 watt..biasanya 1000 watt keatas ya. .padahal pnya setrika uap bikin baju jadi licin ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s