Reksadana Pasar Uang yang Menguntungkan, Pilihan Tepat Berinvestasi

Reksadana pasar uang merupakan salah satu jenis reksadana yang bisa memberikan stabilitas keuntungan bagi para investornya. Hal ini didukung beberapa faktor seperti imbal hasil yang relatif tinggi sampai likuiditas yang tinggi hampir menyerupai uang tunai, sehingga mempermudah Anda dalam proses penarikan dana tanpa memperoleh penalti. Keuntungan tersebut sangat relevan pada situasi saat ini, dimana semua pertumbuhan ekonomi tidak menentu, reksadana pasar uang hadir untuk membantu Anda mempunyai dana darurat yang aman. Namun meskipun begitu, reksadana pasar uang juga memiliki risiko. 

Reksadana pasar uang memberikan peluang bagi Anda untuk mendapatkan untung yang relatif lebih tinggi dari deposito, dan sangat cocok untuk investasi jangka pendek atau untuk penempatan dana darurat dengan keuntungan berlebih. Namun, reksadana pasar uang juga memiliki risiko yang relatif lebih kecil.

Berikut adalah beberapa skema risiko yang bisa terjadi :

  • Risiko Gagal Bayar

Salah satu risiko yang mungkin terjadi pada reksadana pasar uang adalah gagal bayar. Hal ini terjadi jika pihak penerbit telat untuk membayar atau melunasi hutang. Sehingga investor tidak bisa menerima keuntungan investasi.

  • Risiko Penarikan dalam Jumlah Besar

Di dunia investasi, penarikan dana dalam jumlah besar disebut juga dengan istilah redemption. Hal ini bisa menjadi risiko tersendiri pada reksadana pasar uang. Katakanlah uang yang ada di reksadana pasar uang X mencapai Rp100 juta. Kemudian, dalam waktu bersamaan, investor menarik atau mencairkan dana hingga Rp90 juta. Jika ini terjadi, bukan tidak mungkin instrumen pasar uang dalam reksadana tersebut harus dijual padahal belum jatuh tempo. Alhasil, instrumen pun mau tidak mau harus dijual di bawah harga beli.

Meskipun memiliki risiko, berinvestasi di reksadana pasar uang merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang tidak mau mendapatkan risiko tinggi. Adapun cara terbaik memulai investasi reksadana pasar uang anda melalui UT Saving Plan dari DBS Treasures priority banking. Fitur UT Saving Plan memberikan anda kemudahan berinvestasi secara berkala pada reksadana pilihan anda, serta membantu mengurangi risiko market timing dan mengeliminasi faktor emosi dalam keputusan investasi. Cukup tentukan jumlah dan periode investasi serta tanggal pendebetan, layanan DBS Treasures – UT Saving Plan akan memastikan investasi terlaksana setiap bulannya sesuai permintaan Anda. Berikut adalah beberapa fitur dan keuntungan yang ditawarkan oleh DBS Treasures: 

  • Terdapat masa investasi

Ditentukan oleh Manajer Investasi, yang artinya investasi anda dikelola oleh Manajer Investasi profesional pada jangka waktu tertentu hingga saat jatuh tempo.

  • Memiliki periode penawaran khusus

Calon investor hanya dapat membeli selama periode penawaran berlangsung, jadi jangan sampai melewatkan kesempatan ini.

  • Imbal hasil yang menarik

Sebesar 6% nett per tahun (setara dengan bunga deposito 7,5% gross per tahun).

  • Imbal hasil dibagikan setiap 3 bulan

Langsung masuk ke rekening tabungan Investor sesuai dengan tanggal pembayaran.

  • Investasi sepenuhnya dilindungi saat jatuh tempo

Nilai pokok investasi sepenuhnya dilindungi saat jatuh tempo, namun tidak berlaku jika dana dicairkan sebelum jatuh tempo

Dalam investasi, penting bagi Anda untuk memilih bank dimana Anda akan mempercayakan uang Anda untuk berinvestasi. Dalam hal ini DBS Treasures sudah terpercaya, karena merupakan bank teraman se-Asia (versi Global Finance 2009-2020), dan bersama DBS Treasures priority banking, anda akan memiliki mitra terbaik untuk mengelola keuangan Anda karena didukung oleh tim ahli yang proaktif menganalisa dan menyampaikan peluang terbaru. 

96 thoughts on “Reksadana Pasar Uang yang Menguntungkan, Pilihan Tepat Berinvestasi

  1. Diah Alsa says:

    reksadana ini cara investasi kekinian, tapi saya masih belum paham nih caranya, masih bertahan investasi cara lama, beli emas hihih
    padahal kalau kuasai ilmunya, pasti reksadana ini lebih menggiurkan keuntungannya ya πŸ™‚

  2. maulindanasir1990 says:

    sangat informatif, terutama bagi saya yang belum paham investasi dan semacamnya. Masih fokus sama kebutuhan sehari-hari semata.

  3. ysalma says:

    Instrumen investasi semakin beragam, salah satu yg banyak dilirik ya reksadana ini. Tapi, yg namanya investasi, ada keuntungan, ada risiko juga yg menyertainya. Tinggal pilih yg risiko yg rendah. Siap, makasih sharing infonya mba.

  4. sovinurwakhidah says:

    Tiap Investasi pasti ada risikonya masing-masing, ya, Mbak. Jadi perlu dipastikan dulu mana risiko yang paling minim. Biar nggak rugi gitu. Perlu diperhatikan juga mau investasi jangka panjang atau pendek.

  5. Rindang Yuliani says:

    Untuk para pemula yang baru belajar investasi, reksadana pasaruang cocok banget ya sebegai tempat investasi pertama kali. Bisa pelajari produk2 dan ketentuannya di sana dulu seblum main ke reksadana saham misalnya yang lebih rumit.

  6. April Safa says:

    Makasih sharingnya Mbak. Sering baca salah satu investasi adalah reksadana. Tapi belum paham betul

    Ternyata di sini dijelaskan detail dan untuk pemula mungkin bisa mencoba ini

  7. Dian Restu Agustina (@dianrestoe) says:

    Mesti hati-hati saat investasi, dengan DBS Treasures priority banking yang terpercaya ini, kita akan memiliki mitra terbaik untuk mengelola keuangan karena didukung oleh tim ahli yang proaktif menganalisa dan menyampaikan peluang terbaru. Jadi siap raih keuntungan pasti!

  8. Lita Chan Lai says:

    Pilihan berinvestasi lumayan banyak ya. salah satunya reksadana ini. kebetulan aku blm ngerti cara mainnya. nanti deh kalau ada modal yg cukup bisa cobain investasi reksadana seperti ini.

  9. Sri Widiyastuti says:

    dalam berinvestasi ini memang harus jeli memilih tempat berinvestasi ya mbak. Alih-alih mendapat keuntungan malah jatuhnya buntung. Sebaiknya sih memilih tempat investasi yang direkomendasikan sama temen ya, seperti DBS Treasures priority banking ini.

  10. Era Sapamama says:

    Dulu pertama nyoba investasi memilih reksadana biasa, setelah itu makin berani jadi ke reksadana pasar uang. Biasanya dari sini, investor akan memberanikan diri untuk melangkah ke investasi saham.

  11. Katerina says:

    Penting pilih-pilih tempat berinvestasi, karena berinvestasi bukan sekadar menyiapkan kebutuhan keuangan di masa depan, tapi juga terhindar dari risiko tak diinginkan. Kalau sudah ada pilihan tepat dan terpercaya, cussss aja πŸ˜€

  12. Rosa says:

    reksadana pasar uang pilihan tepat untuk yang profil resikonya suka main aman kayak aku. Hehehe. Aku juga dikit-dikit investasi RD Pasar uang mbak. Soalnya kalo nabung biasa, tangan suka gatel pengen ambil-ambil. Heheh

    • Ucig says:

      Penting klo investasi pake uang yg aman yaa uang dingin2 ajaa. Bisa salah kaprah klo uang minjem sana sini buat investasi.. hiks. Buat ngejar cepat hasil, banyak yg terjebak seperti itu. Perlu pengetahuan yg bener dan nggak sekedar ikut2an. Dbs ini udah terpecaya^^ makasih infonya ya mba

  13. Nurul Sufitri says:

    DBS Treasure Priority Banking ini bisa menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin mulai berinvestasi reksadana. Memang butuh pertimbangan masak2. Aku sih belum, karena ini mesti dipelajari dulu tentunya. Makasih sharingnya ya mbak Nurul.

  14. Ihsan Subhan says:

    sekarang investasi gk cuma buat orang tua. sebagai manusia milenium, eh milenial dan juga gen z, sudah bisa ikutan. dan justru para pemuda inilah incaran perusahaan-perusahaan investasi

  15. imaesha says:

    Saya kalau mau jalan aman juga nabungnya di rdpu. Hehe. Terutama buat jangka pendek dan menengah, simpan aja deh di sana. Lebih tenang daripada nabung di saham πŸ˜…

  16. aisyahdianbpn says:

    Betul sekali mbak reksadana hadir sebagai solusi Kita berinvestasi ya mbak dalam keadaan Kita seperti di Masa sekarang ini

  17. hidayahsulistyowati says:

    Memilih investasi Reksadana menurutku paling aman dan menghasilkan. Nah tergantung pilihan bank nya ya, dan juga pilihan Reksadana nya. Asal di bawah naungan bank yang kredibel, tentu tidak akan terjadi gagal bayar

  18. tari says:

    entah kenapa aku bolak-balik baca artikel bau2 investasi susah banget pahamnya. ada coba2 pake aplikasi, dah isi dah pelajari, tetap blm paham. alhasil balik2 nabung kyk biasa lagi

  19. Lidya says:

    Sebelum berinvestasi harus mempelajari dulu risikonya ya, nah reksadana pasar uang termasuk yang menguntungkan ternyata ya mbak. Yang paling penting juga terdaftar di OJK ya

  20. Susi says:

    Salah satu target saya nih, punya investasi di reksadana. Selama ini baru merambah proteksi yang dasar-dasar saja. Masih harus mengejar kebutuhan motor untuk anak sekolah. Kebetulan usianya sudah bisa punya SIM.
    Setelah ini, deh ya.

  21. Rahmah Chemist says:

    Reksadana memang sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan bagi yang ingin memiliki simpanan jangka panjang meskipun ada saja yang bisa diambil jangka pendek
    Saat ini, saya butuh tabungan pendidikan anak anak sehingga reksadana lebih oke

  22. ndiievania says:

    aku suka beli reksadana krn simple tp ya itu belum paham banget dalamnya gimana2 duh.. maksudnya untuk perhitungan kalau ambil banyak harganya gmn dsb, tp so far krn terlihat untung ya udah nyaman2 aja.

    jd pengen belajar lebih lanjut dan ceki2 DBS jg ni

  23. Milda Ini says:

    mantap ini Investasi sepenuhnya dilindungi saat jatuh tempo, bisa membuat nymana juga yah. Aku masih investasi dalam tabungan untuk anak-anak sih Mba, belum ke yang lainnya. masih belum ada dana cadangan buat investnya nih

  24. Katerina says:

    Informasinya berguna buat mereka yang baru mau belajar berinvestasi karena yang namanya mencari keuntungan harus cari tahu juga soal risiko. Pelajari dan pahami, agar yang didapat adalah untung, bukan malah buntung πŸ˜€

  25. Ranny says:

    RDPU salah satu instrumen investasi favorit saya. Karena caranya mudah, nominalnya juga nggak perlu besar dan imbal hasilnya lumayan. Untuk investasi jangka pendek, cucok banget dah RDPU ini.

  26. ayanapunya says:

    Reksadana pasar uang ini katanya memang pilihan paling aman ya, mbak kalau mau investasi. Saya ada sih beli reksadana tapi sistemnya kayak nabung gitu. Kayaknya kalau beli sedikit-sedikit begitu untungnya nggak berasa ya

  27. atinnuratikah.com says:

    Banyak sekali pilihan bisnis di zaman sekarang. Terutama investasi saham seperti reksadana. Aku hanya tahu sekilas tapi belum mempelajari apalagi sampai mendalan. Namun untuk investasi jangka panjang ini agak menjanjikan ya.

  28. Susi says:

    Ikut reksadana ini tiap 3 bulan gajian ya Mbak. Mengasyikkan sekali. Saya kenal seseorang yang jual tanahnya lalu uangnya dimasukkan ke reksadana. Wah, sudah bisa hidup nyaman tanpa kerja.

  29. aisyahdianbpn says:

    Setuju banget deh mbak kalau Reksadana merupakan pasar uang yang sangat menguntungkan Dan Menjadi pilihan tepat dalam berinvestasi

  30. Mutia Karamoy says:

    Pernah beberapa kali ikutan literasi finansial dan salah satu investasi yang cukup menguntungkan adalah reksadana, tapi sampai saat ini aku masih belum mudeng tentang reksadana padahal sebagai produk investasi, Reksadana cukup menjanjikan lho.

  31. Dedew says:

    Iya, reksadana pasar uang ini lebih aman ya dan resikonya lebih rendah daripada reksadana saham misalnya, walaupun keuntungannya juga lebih kecil dibandingkan reksadana lainnya..

  32. Mirna Rahardjo says:

    aku belajar saham dan reksadana tuh masih setengah-setengah makanya tiap ada referensi baru seperti tulisan ini tuh cuma bisa manggut-manggut. Kemarin mau beneran inves di saham untuk suami dan aku di rdpu… tapi akhirnya mundur lagi karena belum yakin

  33. April Hamsa says:

    Di antara semua jenis investasi aku ngrasa reksadana tu msh minim risikonya. Zaman sekarang emang aku setuju lbh bagus ini drpd deposito apalagi buat para ortu yang nabung buat pendidikan anaknya kelak baiknya buka reksadana aja. DBS treasure ini pakai aplikasi gtu kah mbak?

  34. @hm_zwan says:

    Makin kesini jenis investasi makin beragam ya mbak. Sejauh ini aku belum nyoba investasi reksadana. Sepertinya kalau lihat dan baca sekilas tentang reksadana, resikonya lebih rencah ya mbak

  35. clubbacabuku says:

    Membincang investasi memang menarik dan bikin tergiur ya mbak, harus pintar menggunakan peluang dan investasi di tempat yang tepat agar mendaptkan hasil maksimal. Makasih rekomendasinya mbak

  36. Nara says:

    Setiap jenis investasi memang ada resikonya ya mbak, karena itu memang penting juga memahami resiko serta memilih pihak ketiga sebagai manajer investasinya

  37. niaharyanto says:

    Wah reksadana. Aku pernah invest di jenis ini. Lumayan, walopun gak high return kayak di saham atau yang lainnya, tapinya low risk. Jadinya bisa tenang. Duh kepengen deh bisa invest di reksadana lagi. Semoga bisa secepatnya. 😁

  38. Ucig says:

    Penting klo investasi pake uang yg aman yaa uang dingin2 ajaa. Bisa salah kaprah klo uang minjem sana sini buat investasi.. hiks. Buat ngejar cepat hasil, banyak yg terjebak seperti itu. Perlu pengetahuan yg bener dan nggak sekedar ikut2an. Dbs ini udah terpecaya^^ makasih infonya ya mba

  39. Katerina says:

    Menguntungkan, memiliki risiko yang paling rendah, dan mudah dicairkan. Tapi setahuku keuntungan yang didapat dari reksadana pasar uang tidak lebih besar daripada jenis Reksadana lainnya. CMIIW

  40. Lisdha www.daily-wife.com says:

    Kalau mau “aman” memang mending pilih RDPU ya mbak Nurul… Meski memang tidak jauh2 amat hasilnya drpd deposito. Tapi kalau mau beli reksadana itu aku masih suka bingung mau belu RD apaaa??? Mana aku nggak pinter baca prospektus sheet πŸ˜€

  41. Milda Ini says:

    Terima kasih atas penjelasannya ya mak, tapi kurang panjang, hehehe. biasanya kan tulisanmu panjang kan yah. btw aku belum paham2 amat juga soal reksadana nih , jadi belum mulai investasi ini

  42. echaimutenan says:

    reksa dana pasar memang lumayan untuk jangka panjang
    jauh gini enak soalnya buat invest kelihatan
    kalau dikit-dikit nanti malah kecewa kalau naik turun harganya
    kalau jangka panjang kelihatan besarnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s