Pentingkah Pasang Camera CCTV di Kamar Bayi? Begini Alasannya

Memasang camera CCTV di kamar bayi merupakan hal yang penting untuk menjaga keamanannya, apa saja tips penggunaan kamera ini, berikut informasinya.

Memasang camera CCTV pada kamar bayi atau balita merupakan hal yang lazim saat ini. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, hal ini turut mempengaruhi cara berpikir orang tua zaman sekarang. Mereka mulai membiasakan bayi atau balita tidur dalam kamar sendiri namun tetap dengan pengawasan orang tua.

Membiasakan bayi tidur dalam kamar sendiri ini ternyata berguna bagi bayi apalagi jika dilakukan sejak usia 4 bulan. Bayi-bayi yang tidur dalam kamarnya sendiri ini akan memiliki rentang waktu tidur yang lebih lama yakni selama 10,5 jam. Selain itu kebiasan tidur sendiri ini dapat menghindari resiko SIDS pada bayi.

Alasan Harus Memasang Camera CCTV di Kamar Bayi

Bagi Anda yang baru saja menjadi orang tua, mungkin akan berpikir panjang jika harus tidur terpisah dari bayi. Padahal Anda tak perlu merasa khawatir yang berlebihan, karena tidur terpisah ini bisa membantu Anda bayi tidur lebih nyenyak. 

Satu cara untuk menghilangkan kekhawatiran Anda ketika akan tidur terpisah dengan bayi adalah memasang camera CCTV di kamarnya. Alasan terbesarnya tentu saja memantau semua gerak gerik bayi saat berada dalam kamar. 

Selain itu, Anda juga bisa mengawasi para pengasuh (jika menggunakan) serta melihat bagaimana kinerja mereka saat menjaga dan merawat bayi. Dengan kata lain, menggunakan kamera CCTV dalam kamar bayi ini akan membantu meningkatkan keamanan bagi bayi dan Anda sekeluarga. 

Tips Penggunaan Camera CCTV Untuk Mengontrol Keamanan Kamar Bayi

Sebelum memasang kamera pemantau pada kamar bayi, ada baiknya Anda mencari informasi rekomendasi CCTV wifi secara lengkap terlebih dahulu. Apalagi jika Anda tak memiliki pengetahuan yang cukup dan hanya mengandalkan informasi dari penjual saja. 

Untuk mencari informasi tentang kamera pengawas ini, Anda bisa bertanya pada teman yang sudah menggunakan alat keamanan ini. Atau bisa juga menggali informasinya menggunakan mesin pencari di internet. Hal ini bertujuan agar Anda tak salah dalam memilih produk kamera tersebut.

Untuk membantu Anda, berikut adalah beberapa tips dalam memilih dan menggunakan camera CCTV supaya bisa mengontrol keamanan dalam kamar bayi.

  1. Memilih ip kamera daripada Camera CCTV yang konvensional

Ip camera adalah produk kamera pemantau yang merupakan upgrade dari camera CCTV konvensional. Produk ini memiliki beberapa keunggulan seperti kualitas gambar lebih bagus dan jelas, efisiensinya lebih tinggi karena bisa beroperasi secara digital. Maksudnya menggunakan ip camera tidak membutuhkan banyak kabel dan bisa melalui jaringan WiFi.

  1. Menggunakan Kamera CCTV yang bisa mendeteksi suara, gerakan serta suhu

Oleh karena kamera CCTV akan Anda pasang di kamar bayi, maka gunakanlah CCTV yang dapat mendeteksi suara, gerakan serta suhu. Biasanya ini merupakan fitur dari sebuah produk kamera CCTV. 

Keberadaan fitur ini tentunya akan sangat membantu Anda ketika bayi sedang menangis, saat bergerak atau saat bayi sedang demam. 

  1. Periksa kualitas audio atau video dari camera CCTV yang akan Anda gunakan

Saat akan membeli camera CCTV, sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu bagaimana kualitas audio serta video dari kamera tersebut. Bila ingin mendapatkan kamera yang terbaik, pilihlah kamera dengan fitur night vision yaitu kamera yang gambarnya jelas meski malam hari. 

  1. Gunakan kamera pemantau yang sesuai dengan kamar bayi

Tips penggunaan kamera CCTV selanjutnya adalah menggunakan kamera pemantau yang cocok untuk kamar bayi misalnya kamera pemantau nirkabel. Agar kamera bisa menjangkau semua sisi dengan jelas, maka Anda bisa meletakkannya pada sudut kamar. 

  1. Memilih kamera CCTV dengan jangkauan dan teknologi terbaik

Anda tentu ingin mendapatkan hasil rekaman gambar yang terbaik bukan? Oleh karena itu, ketika akan memasang kamera pengawas pada kamar bayi pilihlah camera CCTV yang mempunyai jangkauan serta teknologi mutakhir. Supaya Anda bisa tetap memantau kondisi bayi meskipun sedang berada dalam jarak beberapa meter dari kamar bayi. 

Camera CCTV Yang Cocok Untuk Kamar Bayi

Jika Anda ingin memasang kamera pemantau dalam kamar bayi, ada baiknya Anda menggunakan smart CCTV Camera Hikvision Acusense. Kamera dengan teknologi Acusense ini memiliki keunggulan antara lain:

  1. Lebih cepat 

Kamera pemantau dengan teknologi Acusense terbukti secara real time ketika mendeteksi adanya ancaman penyusupan. Kemudian memberikan peringatan secara cepat ke ponsel pengguna.

  1. Akurat

Memasang kamera CCTV dengan teknologi Acusense akan memberikan data yang rekaman yang lebih akurat terutama dalam membedakan pergerakan orang dan kendaraan dari objek bergerak lainnya. Teknologi ini juga bisa membantu tim keamanan untuk fokus dalam mendeteksi ancaman nyata.

  1. Efisien

Camera CCTV dengan teknologi Accusense telah menerapkan label pada rekaman video dengan orang dan kendaraan. Selain itu, juga mempercepat pencarian video, meminimalkan upaya manual dan mengurangi biaya keamanan. Sehingga dapat dikatakan, kamera dengan teknologi Acusense ini sangat efisien untuk Anda pasang di kamar bayi.

  1. Penggunaannya mudah

Ketika memutuskan untuk memasang kamera CCTV, tentu Anda ingin menggunakan produk yang mudah instalasinya. Nah, kamera CCTV dari Hikvision sudah memiliki teknologi Acusense yang dapat Anda pasang dengan mudah. 

Tak cuma itu saja, kamera ini juga menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang aman bagi semua orang.

Tertarik memasang kamera pemantau di kamar bayi Anda, langsung saja gunakan smart camera CCTV dengan teknologi Acusense dari Hikvision. 

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

56 thoughts on “Pentingkah Pasang Camera CCTV di Kamar Bayi? Begini Alasannya”

  1. Kalau saya bukan tipe ortu yang bayinya tidur sendiri sih kalau malam. Soalnya dulu pas bayi anak-anak minum ASI. Jadi kalau tidur sekamar bareng ortu akan lebih mudah menyusui di malam hari. Tapi kalau ada yang bayinya sudah tidur di kamar sendiri atau ada orang yang hire pengasuh untuk anaknya sih saya setuju ada CCTV ya. Jaman now itu kayak butuh proteksi ekstra.

    1. Nah iya, sama. Aku juga begitu. Tapi jeleknya aku, kelamaan bareng anak-anaknya. Gak sampe anak disapih aja. Ada kalanya sampe anak SD. Susah banget deh misahinnya. Sampe harus nambah kasur. Jadinya di kamar kasur semua berjejer karena badan anak-anak udah gede. 😀

  2. Keren banget CCTV nya bisa deteksi getaran dan suhu tubuh juga. Pantesan banyak yang pake buat ngawasi bayi ya, mba. Ini worthit banget buat ibu yang butuh pengawas buat liat kondisi bayi waktu istirahat. Khawatir kenapa2 kan ya kalau ditinggal pas malem buat istirahat.

    1. Iya, produknya keren. Jadi ga heran lagi kenapa di luar negeri itu bayi punya kamar sendiri.
      Meski kultur kita berbeda tapi bisa diadaptasi juga misalnya daripada bawa kerjaan di samping tempat tidur anak mending pasang CCTV aja.

    1. Kalau saya pribadi CCTV mungkin enggak dipasang di kamar melainkan di teras rumah,soalnya di perum yang sekarang gak boleh pasang pagar jd ya demi kenaymanan masang CCTV buat double proteksi kalau2ada yang masuk halaman hehe

    2. Hehehe… anaknya tidur sama ibunya ya mbak. Sama dong kayak saya, pokoknya selama masih balita tuh nempel sama emaknya.

      Tapi kalau yang sudah memisahkan tidur anak, emang pasang CCTV di kamar anak tuh penting juga menurut saya, supaya bisa memantau keadaan anaknya

  3. seneng banget sekarang ada smart CCTV Camera Hikvision Acusense ya?

    jadi inget dulu saya bingung banget kalo mau ninggalin anak saya yang masih bayi

    takut ini takut itu, padahal saya juga harus masak harus mandi

    Berkat smart CCTV Camera Hikvision Acusense, kita bisa mantau bayi di kamar sambil ngerjain kerjaan rumah lainnya

    1. Setuju Ambu..
      Dulu mau ke pasar kalau gak ada siapa-siapa tuh, anak diganjelin bantal kanan kiri dan cepet-cepetan belanja. Kalau masa kini, sudah bisa pasang smart CCTV Camera Hikvision Acusense sehingga nyaman mengawasi kamar anak meski sedang ada keperluan sebentar di luar.

  4. Tanpa disadari anak-anak juga sekaligus belajar mandiri karena punya kamar sendiri.
    Pasang CCTV di kamarnya, jadi bisa memantau anak lebih cepat ya kalau ada apa-apa.

  5. Bener-bener takjub dengan perkembangan teknologi saat ini. Kalau dulu setelah melahirkan si ibu seringkali tidur bersebelahan dengan baby…sekarang sudah tidak perlu dilakukan berkat adanya smart CCTV Camera Hikvision Acusense. Dengan alat ini baby pun akan nyaman tidur di kamar sendiri.

    1. Iyaya kak Yuni.
      Rasanya pengasuhan kian baik dan membuat anak semakin mandiri sejak dini. Tetap aman dengan smart CCTV Camera Hikvision Acusense yang resolusinya bagus.

  6. menurutku kalau punya kamar sendiri, kamar anak ity tetep perlu cctv soalnya bisa membuat kita lebih mawas sama anak. makin penting lagi kalau pakai nanny buat anak2

  7. Menurutku pasang CCTV di kamar anak penting apalagi kalau rumahnya besar trus bapak ibunya kerja dan anak ditinggal ma baby sitter. Trus buat keamanan juga kalau emang bobonya terpisah dari ortu sejak kecil ya. Ortu jadi mudah mengecek apakah anak baik2 aja di kamrnay atau gmn.

  8. Jaman makin canggih, semua ruangan di kantor, sekolah, rumah, toko dll bisa dipatau dengan CCTV. Bahkan bagus tuh jika ruangan bayi dipantau dengan CCTV, karena bisa jadi pengaman kedua dari tindak kejahatan, atau yang lainnya.

  9. Untuk bayi yang punya kamar sendiri, kayaknya emang penting banget ya punya CCTV. Untuk mantau gimana-gimananya. Apalagi kalo bayinya udah sedikit besar, yang mulai aktif. Kudu banget deh. Takutnya manjat-manjat ranjang dan jatuh. Aduh nauzubillah ya.

  10. Kalo menurutku, selain kamar bayi, kamar anak dan rumah emang perlu sih ya di zaman sekarang pakai CCTV. Adanya teknologi ini bantu banget untuk memantau keseluruhan isi dan sekitar rumah. Misalnya ada apa-apa pun, lebih mudah trackingnya

  11. wih disarankan sejak usia 4 bulan, bayi sudah tidur di kamar sendiri. Apa kabar aku yang sampai anak umur 5 tahun juga tidurnya masih sama saya.

    Kalau bayi tidur di kamar sendiri, biar orang tua nggak was-was memang sebaiknya di kasih CCTV di kamarnya ya mbak, supaya orang tua bisa memantau meski di ruangan berlainan

  12. Sebenarnya kalau memasang smart CCTV Camera Hikvision Acusense ini data rekamannya akan tersimpan seberapa banyak, kak Nurul?
    Jadi inget film-film detektip kalo mo ungkap kasus.
    Tapi ini untuk dipasang di kamar anak, pasti resolusi dan sensor yang baik akan memudahkan orangtua meski terpisah kamar dengan ananda.

  13. Keberadaan CCTV di kamar bayi ini membantu para ibu agar bisa multitask. Saat mengerjakan hal-hal lain, ataupun ketika malam saatnya istirahat, tetap bisa memantau si baby yang ada di kamar sebelah. Juga bisa mengontrol misalnya pake pengasuh gitu ya… udah ngapain aja selama menjaga buah hatinya.

  14. Meskipun gak punya bayi, tapi aku juga pasang 4 cctv mbak di rumah. Termasuk di ruang tamu dan ruang keluarga. Bermanfaat banget tiap ada yg kelupaan naruh barang. Terakhir kali dilihat cctv masih ada , jadi tau clue nya kemana harus cari barangnya.

    Dua lagi dipasang di teras sama balkon atas . Jadi aman dari yang berniat jahat

  15. Lebih ke jaga2 mungkin y kalau buat di kamar baby apalg kalau pakai Nany

    Aku Juga Tertarik oasang CCTv di toko akuh.. mau vek deh tentang smart camera CCTV dengan teknologi Acusense dari Hikvision.

    Advertisements

  16. Apalagi kalau bayinya ditinggal kerja, terus jugaa kita ngga bisa standby 24 jam sama mereka, menurutku cctv penting banget sih :’) meskipun bayi kita diasuh sama ortu sendiri yaa..
    Aku dulu sempet kepikiran pasang cctv, tapi ngga jadi karena akhirnya bayiku kubawa ke tempat penitipan anak, di sana jg udah ada cctv alhamdulillaah

  17. Pemasangan CCTV di kamar bayi biasanya dilakukan oleh pasutri yang sama2 bekerja di luar rumah. Supaya bisa mengawasi melalui HP, laptop dan sebagainya kegiatan si bayi ini selama 24 jam. Jadi ga terlalu was2 ya. Mantap nih CCTV Hikvision, kameranya menggunakan teknologi AI 🙂

  18. CCTV semakin canggih aja ya Mbak, apalagi ada yang bisa khusus penggunaannya untuk kamar bayi ya Mbak, orang tua yang tidur terpisah dengan bayinya bisa mengawasi dari jarak jauh dengan akurat nih.

  19. Wadidaw ada CCTV secanggih smart CCTV Camera Hikvision Acusense ya, Mbak? Bisa mendeteksi ancaman. Lalu, tak kalah kerennya mendeteksi suhu juga, lo? Jadi penisirin kaya apa itu ya

  20. Tiba tiba saya teringat video paranormal activity kalau ngomongin soal CCTV kamar bayi/anak. Tapi menurut saya emang perlu juga sih pakai CCTV supaya lebih mudah memantau anak di kamar, khususnya untuk ibu ibu yang sibuk dan rumahnya gede atau lebih dari 1 lantai

  21. Senangnya kini mudah pasang camera CCTV di kamar bayi, menurutku penting karena kita bisa memantau bayi demi keamanan dan kenyamanannya. Apalagi kalau pilih smart CCTV Camera Hikvision Acusense dengan kamera berteknologi Acusense yang memiliki banyak keunggulan ini

  22. Sekarang sudah jadi kebutuhan juga ya CCTV di rumah, khususnya area anak main dan kamar. Untuk keamanan anak memang bagusnya pakai CCTV, apalagi kalau masih bayi ya, supaya anak tidak tiba-tiba jatuh menggelinding dari atas kasur, aduuhh…
    Memilih CCTV memang susah-susah gampang ya, apalagi skg banyak yg ngasih promo murah gitu tapi kualitasnya entahlah, bagus banget kalau ada produk dari Hickvision yang canggih, jadi penasaran nih..

  23. Bayiku ga pisah kamar, tapi pas umur 2 tahun pada tidur di kamar berbeda. Nah jaman anak pertamaku aku sempat pasang semacam CCTV gitu. Bisa gambar dan suara juga. Kadang malah kujadikan mainan buat nyapa orang di kamar itu haha

  24. Ibu muda sekarang butuh cctv untuk memantau bayinya, terutama kalo tidur di kamar terpisah. Bisa juga saat ditinggal melakukan kegiatan beberes rumah. Yang pengen aku tahu, untuk menggunakan Smart CCTV Hikvision itu data yang tersimpan untuk durasi berapa lama ya mbak? Eh tapi keren ya dengan teknologi acusense bisa mendeteksi pergerakan orang asing

    1. Nikita Willy nih yang anaknya udah tidur terpisah. pengalamanku, anak-anakku ga bisa tidur dipisah karena nenen terus semalaman. Akunya yang repot kalo bolak balik ke kamar bayi. Jadi ya bayinya tidur dgnku aja. Tapi tetap pake CCTV di ruang tamu.

  25. Tekhnologi semakin canggih ya mb. Keren juga bisa punya CCTV untuk memantau bayi dan anak-anak. Selain mengajarkan mereka mandiri tidur sendiri juga kita bisa mengawasi

  26. Memasang CCTV di kamar tidur anak sangat penting apabila orangtua memutuskan untuk mulai memisahkan tidurnya, mengajarkan mandiri sejak dini memang penting namun harus diingat pengawasan sebenarnya tetap kewaspadaan orangtua kontrol suara dan bunyi yang terlihat.

  27. jadi teringat salah satu selebriti di Indonesia yang anaknya sudah sleep training di usia 2 tahun, merasa woooww.. karena anak-anakku masih pada tidur sama orangtuanya hihihi, kalau misal aa ART mungkin pakai CCTV penting ya mbak

  28. memasang cctv di kamar bayi nih menurut saya perlu ya, apalagi untuk bayi yang orangtuanya pergi bekerja. Soalnya banyak tuh kasus art atau pengasuh yang kurangajar sama anak-anak. Dan memang harus cctv harus ya ng smart cctv macam hikvision.

  29. Kamera CCTV sekarang bagus bagus ya fiturnya, bisa jadi solusi buat yang sering atau terbiasa meninggalkan anak tidur sendiri di kamar. Jadi meskipun lagi sibuk di belakang, sewaktu waktu bisa cek CCTV,praktis

  30. Kalau sudah tidur terpisah dengan bayi. Penting sekali sih monitor untuk proyektor bayi ini. Karena bayi masih butuh perhatian dan bantuan kita sehingga memonitor sangat penting

  31. CCTV hik Vision memang baguss maak, sekarang itu CCTV bukan lagi barang yang mewah. Sudah banyak rumah yang pasang cctv pribadi terutama buat bapak ibu bekerja untuk mengontrol anak dan asisten rumah tangga dirumah

  32. Biasanya orang-orang luar negri sudah menidurkan bayinya ya sejak usia 3-4 bulanan. Kalau aku belum tega karena malam-malam bayi mesti menyusu beberapa kali. Kalau pisah kamar, banyak khawatirnya. Apalagi kalau emaknya terlalu nyenyak jadi nggak denger bayi nangis hehe. Kepikiran juga pasang CCTV untuk diletakkan di teras rumah atau di sudut dalam rumah (kalau misal nanti ada pengasuh anak2).

  33. anakku sampai gede juga masih sekamar padahal harusnya belajar tidur terpisah gini ya supaya anak belajar mandiri.
    kalau punya kamar sendiri memang penting pasang CCTV apalagi misal kita tinggal kerja dan anak dipegang asisten.

  34. Penting banget. Kayaknya harus ya pasang CCTV kalau anak tidur terpisah. Kalau anak nangis atau terbangun saat malam, orang tua bisa cepat tahu. Tentu harus pasangbyang sudah canggih nih cameranya.

  35. Kalau memang si bayi harus serigng lepas dari mata, memang butuh sih. Saya tinggal sendirian, sering lari ga jelas cuma buat cek si bayi saat sedang nge-domestik. Akhirnya di dapur diberi meja lebar untuk letakkan dia saat masak/cuci/dll yang di area belakang.
    Lagian, ya ampun, polah bayi itu mau apa juga sangat membahagiakan. Bisa jadi konten yang tanpa batas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: