Bus Otomatis Pertama di Indonesia Sekarang Ada di The Breeze BSD City!

Navya Arma, kendaraan listrik tanpa awak pertama di Indonesia sekarang ada di BSD City. Ini adalah wujud komitmen Sinar Mas Land untuk mengembangkan kota pintar berenergi hijau yang ramah lingkungan

Hi Gengs,

Kalian udah pernah main ke BSD City kah? Circa tahun 2020, aku tu main ke sana diajakin sodara iparku, dan WOW… keren bangeettt ya kompleks BSD City enih! Bener-bener kayak kota yang mandiri gitu lho, apa aja adaaa di sono dah. Trus, aku juga cuss ke QBig, mall yang luassss banget areanya! Bahkan, waktu itu, pengelola QBig menyediakan mobil golf club car untuk nganterin pengunjung dari satu areal ke areal lain. Seruuu banget!

Ehh, ternyataaa, dua tahun kemudian, terobosan baru lahir lagi. Ada Mobil autonomous electric vehicles (AV) pertama di Indonesia yang dioperasikan di dalam kawasan BSD City! Sebenarnya apa sih autonomous electric vehicles (AV) itu? Autonomous vehicle adalah sebuah kendaraan yang mampu untuk beroperasi dengan sendirinya tanpa diperlukan intervensi atau bantuan manusia, karena memiliki kemampuan untuk mendeteksi sekelilingnya. Secara singkat, autonomous vehicle menggunakan sensor, serangkaian algoritma, prosesor, dan machine learning yang merupakan bagian dari kecerdasan buatan.

Navya Autonom® Shuttle (Navya Arma) memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik tersebut memiliki kapasitas penumpang 15 orang, dengan pembagian 11 duduk dan 4 berdiri. Navya Arma ini dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems), dan sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, yang kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil. Transportasi listrik otonom ini dapat mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time/waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.

Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan, “Perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan. Kami menyaksikan inovasi AV ini hadir dengan memiliki fitur yang smart technology, selain itu transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat. Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan kami hadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan kegiatan teknologi digital.”

First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City

Wah wahh, mantab betul yak. QBig terpilih sebagai lokasi uji coba tahap pertama. FYI, gaes… Keberadaaan autonomous electric vehicles (AV) di BSD City ini adalah wujud komitmen Sinar Mas Land untuk terus berkontribusi dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Yep, Navya Autonom® Shuttle merupakan kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation, didukung pendanaan dari JICA, Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc.

Makin takjub ye kan, dengan aneka inovasi yang terpampang nyata dari Sinar Mas Land. Karena memang tujuannya adalah: mengembangkan kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Setelah sukses melakoni uji coba di QBig pada bulan Mei hingga Juli;  uji coba dilanjutkan di kawasan BSD Green Office Park (GOP) pada 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023 mendatang. Pengiiinn banget buat pinjem pintu Ajaib Doraemon, dan langsung ke BSD buat coba Navya Autonom® Shuttle enih ya ges ya?

For your info, Navya Arma baru saja diikutkan dalam acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali. Ini adalah official side event dari G20, yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan pada tanggal 11 – 16 Nov 2022.

Buat kalian yang penasaran banget pengin coba naik kendaraan ramah lingkungan ini, bisa cuss ke Green Office Park, BSD City. Naiknya dari Lobby Utama The Breeze, ya. Caranya simpel banget, calon penumpang cukup melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan, melalui aplikasi OneSmile yang tersedia di App Store maupun Google Playstore. Untuk anak-anak, ada syarat tinggi badan minimal 120 cm dan didampingi oleh orangtua.

Super hepi karena Bus Otomatis Pertama di Indonesia Sekarang Ada di The Breeze BSD City. Pada tahap kedua ini, jadwal operasional AV setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Siapapun boleh banget mencoba kendaraan listrik otonom ini secara GRATIS!

Teman-teman bisa banget coba naik AV sampai tanggal 21 December 2022, ya. Nantinya, AV bakal dipamerkan di dalam area The Breeze mulai tanggal 22 Desember 2022 sampai 04 Januari 2023. Cuss, gaskeuunn!

Advertisement

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

50 thoughts on “Bus Otomatis Pertama di Indonesia Sekarang Ada di The Breeze BSD City!”

  1. Keren banget Navya Arma ini. Penasaran lho pengen ngerasain naik mobil tanpa awak yang berteknologi tinggi ini, sayangnya jauuuuh banget.

    Semoga aja ntar Sinarmas, bekerjasama dengan mitsubishi juga memboyong mobil ginian ke kawasan perumahan yang dikembangkannya di kota-kota lain.

  2. Satu sisi penasaran rasanya naik kendaraan tanpa awak. Disisi lain mungkin faktor umur yaa, mikirnya kemana-mana gitu. Gimana kalo sensornya rusak, gimana kalo nabrak dll…
    Duh-duhh gimana ini 😀

    1. Awal merantau di Jakarta aku tinggal bareng saudara yang rumahnya BSD. Emang asyik banget suasana permukimannya. Konsepnya bagus plus ditunjang banyak transportasi termasuk shuttle bus. Dulu malah sempat mikir kalau beli rumah daerah situ juga. Tapi ternyata kudu back for good ke Surabaya. Aku baca ini kok jadi pengin ke BSD nyobain naik mobilnya.

  3. Wah, kece bener nih bus cantik di seputaran BSD. Kudu buka aplikasi OneSmile ya supaya pengguna bisa merasakan naik mobil AV ini 🙂 Canggih banget ternyata ini mobil pertama di Indonesia. Aku makin penasaran kepengen coba. Pas nih momen mulai liburan sekolah anak2 diajak ke BSD hehee….

  4. wuiih keren ya, jadi mau nyobain deh. Itu ga salah jalur ya, otomatis nyetir sendiri. Kalau macet atau ada trafficlight gimana ya? jadi kepo kan mau cobain hahaha..

  5. pingin cobaaaa….
    bakal takut gak ya saya?
    Kan gak ada drivernya, pengalaman pertama kali mungkin serem ya?
    seperti naik escalator, pertama kali takut tapi kemudian ya biasa aja

    1. Aku sempat mikir gitu mba, tapi kayaknya aman deh naik bus otomatis ini. Pengalaman pertama selalu mendebarkan, yang kedua ketiga, dan seterusnya udah biasa.

  6. Udah lihat bus otomatis pertama di The Breeze ini, secara aku mainnya ke area BSD bisa sebulan 2-3 kali. Tapi gatau cara naiknya kwkw. Jadi daftar dan isi survey dulu di aplikasi OneSmile. Baiklah1

  7. Wah di the Breeze yaa, lumayan dekat nih tapi memang nggak dekat banget sama rumah..
    bus otomatis pertama ^^. Semoga bisa mencoba bareng anak2 pas liburan.

  8. Ajiiib bisnya, secara ukuran terlihat lebih mungil dari ukuran bis pada umumnya ya Mbak. Tapi desain dan fasilitasnya super cool, bisa betah berjam-jam naik bis mewah begini, apalagi gratis pulaa.

  9. Emang keren ini bus, udah listrik tanpa awak dan juga modelnya keren. Pengen juga ngerasain bus elektrik kayak gini, apalagi pertama di Indonesia gimana ya rasanya. Selama ini cuma nonton di televisi hehe.. ternyata sekarang ada beneran

  10. Keren ya mba, rasanya udah kayak di negara maju! Semoga bus otomatis ini bisa digunakan secara maksimal bisa terawat dengan baik.

  11. aaah anakku belum 120cm, ga tega kalau ditinggal di pinggir sementara emaknya naik bus. hahaha
    menunggu program selanjutnya deh siapa tahu bus otomatis ini bakal dipakai secara berkelanjutan di The Breeze dan bisa untuk semua umur.

  12. Penasaran banget dengan AV satu ini. Bus otomatis yang mungkin nantinya akan jadi kendaraan masa depan kita. Solusi transportasi masal juga. Seru sepertinya cobain naik ini bareng anak-anak.

  13. Gemes banget sama Navya Autonom® Shuttle.
    Namanya gemoy.. kek bentuknya.
    Semoga dengan adanya bis yang ramah lingkungan, kita semua bisa mengandalkan trasportasi massal untuk mobilisasi.

  14. wuih ambience-nya udah kayak di Eropa gitu ya mba, ada bus otomatis pertama di Indonesia yang ada di The Breeze BSD, which is cukup dekat. Btw, makasi mba buat reviewnya, mau ah ke sana nyobain bus otomatis ini mumpung udah liburan sekolah

  15. Lebih lamaan aku lah main ke BSD, akhir tahun 2019, dan meski udah tiga kali ke Jakarta setelah pandemi usai, tapi gak kesana lagi. Makin penasaran waktu baca info kalo ada Bus tanpa driver bisa dicoba di The Breeze. Gimana rasanya ya tanpa pengemudi, mungkin jalannya pelan pelan ya

  16. Busnya canggih banget, cute juga tampilannya. Sinar Mas Land paling ahli deh bikin kota pintar ramah lingkungan. Wah suamiku kerja di Green Office Park juga nih, tapi kayanya dia belum pernah nyobain hihihi

  17. Terakhir aku ke The Breeze pas awal2 pindahan dulu udah ada haltenya tapi katanya bus belum beroperasi ternyata sekarang udah yaa. Kapan2 mau cobain bus-nya ah. Semoga kendaraan ini makin banyak lagi seliweran di BSD City soalnya emang publik transportasinya agak kurang onnecting, kalau lebih banyak lg kendaraan kyk gini dengan shelter2nya pasti masyarakat jg terbantu yaa.

  18. Baru tahu saya Mba tentang bus otomatis pertama di Indonesia. Ternyata ada di BSD city. Navya Atma, kendaraan elektrik jadi pengen cobain naik ini deh. Moga nanti ada di kota tempat tinggal saya.

  19. Namanya unik, Navya Arma. Desainnya keren, pengembangnya berpengalaman–emang Sinar Mas Land ga ada matinya, selalu punya gebrakan, nah ini positif banget buat mendukung green mobility. Jadi mupeng juga naik kendaraan tanpa awak ini, Mbak. Cakep pol!

  20. Lucu banget ya mbak ini bus. Kaya bis mini gitu gak sih kam bentuknya imut dan ful color ya.. Pengen nyoba tapi bsd begitu jauh dari kalimantan hehehe

  21. Autonomous Vehicle beneran kece banget selain emang bagus karena tidak ada emisi yang dikeluarkan juga beneran ramah lingkungan ya. Tapi yang paling best ini bus nya pinter banget, bisa bergerak sendiri ya

  22. Waktu terakhir ke sana cuma liat shuttle-nya aja. Mungkin bus-nya lagi jalan kali yaa. Kalau armadanya udah banyak enak nih bisa keliling ikon2 BSD naik ini aja. Apalagi kalau terintegrasi ma stasiun, anker kek aku pasti lbh gampang kalau ke BSD hehe 😀

  23. Keren banget ini Mbak. Kapan hari, aku pernah ngeliat iklan mobil tanpa sopir gini. Eh, Sinar Mas Land udah pake aja. Penasaran ngerasain naik mobilnya. deg-degan pasti ya. apa lagi kalau sendirian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: