Cara Mengurus Paspor di Mall Surabaya

Ngurus paspor nggak kudu ke kantor imigrasi. Kalau di Surabaya, ada beberapa mall yang bisa dijadikan jujugan manakala mengurus paspor, baik yang baru maupun untuk perpanjangan. Yak, karena pandemi cukup lamaaaa, paspor saya tuh expired, dah lama nggak diurus. Trakhir keluar negeri 2019 pas umrah. Penginnya dalam waktu dekat, bisa ibadah lagi ke tanah suci (aaamiiin!) mupeng banget berangkat sama keluarga.

Karena itu, saya urus paspor yang udah expired ntuh. Mall-mall di Surabaya yang ada ULP (Unit Layanan Paspor), di antaranya:

Ciputra World

BG Junction

Lenmarc Mall

Di antara ketiga mall itu, yang bisa diakses pakai bus Semanggi (bisa dari arah MERR Gunung Anyar dekat rumah saya) adalah mall Ciputra. Kalau Lenmarc IMHO bisa juga siikk, hanya saja mallnya tuh jauhhh dan sepiii. eikeh rada parno kalo cuss ke mall yang sepi mamring.

Ya udin, aku cuss ke Ciputra bareng Sidqi anakku. Eh, doi baru bikin paspor nih, tapi karena belum ada KTP, maka agak sedikit lebih ribet dah prosesnya. InsyaAllah eikeh jelaskan di postingan berbeda yak (kalo ndak males haghaghag)

Ok, sebelumnya kita kudu install aplikasi M-Paspor ya. Ini untuk daftar secara online dan tahu kita mau ngurus/ poto di hari apa dan jam berapa. Karena kuota tiap UPL tuh nggak banyak, kayaknya nggak sampai 100 manusia/hari.

Life hack: Kalau lagi akses M-Paspor memang stok sabar harus di top-up muluuu. Ini app-nya entah gimana rada nggak stabil. Dan saran aku, kalo akses better jam TIGA PAGI gaess, lancar jaya kalo jam2 tahajud tuh.

Saya bolak-balik crash pas akses app-nya di jam 10-12 siang, tapi pas jam 3 siap bgt untuk diakses. Apa aja yang di-upload?

Kalau untuk perpanjangan paspor, butuh scan/foto KTP, scan/ foto paspor lama, isi data-data yah semacam itu lah.

Nah, ketika kita udah milih mau ngurus hari apa, siapkan hal-hal berikut yah gaes.

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

Leave a comment