10 Tips Staycation Seru di Akhir Pekan Bersama Anak

Staycation bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan saat akhir pekan bersama keluarga. Apalagi jika kamu melakukannya bersama anak-anak, staycation juga bisa meningkatkan bonding. Tidak perlu bepergian jauh dan mengeluarkan biaya mahal, kamu juga bisa staycation di hotel yang terdekat dengan pembayaran menggunakan paylater

Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan selama staycation, seperti membaca buku, menjelajah restoran atau kafe, bermain di taman atau berjalan mengelilingi hotel. Biaya yang harus dikeluarkan pun bisa disesuaikan budget dengan memanfaatkan sistem paylater. Lantas, apa saja tips yang aman untuk mengajak anak-anak staycation di akhir pekan?

Tips Mengajak Anak-anak Staycation Saat Akhir Pekan

Banyak sekali staycation yang bisa menjadi pilihan karena ramah anak, terutama untuk keluarga yang ingin menginap bersama anak-anak di sana. Misalnya, hotel yang menyediakan tenda di dalam kamar, adanya fasilitas khusus ruang bermain anak, atau kebun binatang mini agar anak-anak semakin betah saat menginap.Walaupun hotel sudah menyediakan fasilitas pendukung untuk anak-anak agar lebih betah menginap, penting sekali untuk memperhatikan beberapa hal saat staycation bersama anak. Berikut ini beberapa tips agar staycation bisa berjalan aman, nyaman dan menyenangkan bersama anak, antara lain :

  1. Pilih Lokasi Hotel yang Strategis

Pastikan memilih hotel yang strategis saat memilih staycation, seperti dekat dengan pusat kota atau tempat wisata. Tujuannya agar kamu tidak kesulitan jika terjadi sesuatu yang mendesak, seperti membeli kebutuhan darurat untuk anak. Lokasi hotel yang dekat dengan tempat wisata juga dapat memudahkan kamu berwisata bersama anak tanpa harus bermacet-macet atau menempuh waktu terlalu lama.

  1. Pilih Hotel yang Menyediakan Fasilitas Anak

Penting sekali untuk memilih hotel yang menyediakan fasilitas anak. Tujuannya agar anak lebih betah dan bisa bermain tanpa harus menjaga jarak dengan orang lain. Contohnya, hotel yang menyediakan tenda di dalam kamar. Kamu bisa merasakan kemping tanpa harus keluar kamar.

  1. Susun Rencana Bersama Anak

Libatkan anak dalam membuat rencana untuk staycation. Tanyakan pada anak aktivitas apa yang ingin dilakukan selama berlibur atau barang apa saja yang ingin dibawa selama menjalani liburan. Sehingga anak-anak menjadi lebih bersemangat dan merasa dilibatkan dalam perjalanan.

  1. Menyiapkan Barang-barang Penting

Barang-barang penting untuk keperluan anak perlu disiapkan sebelum berangkat liburan. Pastikan membawa pakaian dan popok secukupnya. Tidak lupa membawa car seat agar anak aman dan nyaman selama perjalanan.

  1. Lakukan Aktivitas yang Belum Pernah Dilakukan

Kamu bisa menganggap staycation seperti liburan dengan melakukan hal-hal seperti sedang berlibur di tempat yang jauh. Aktivitas ini bermanfaat untuk menghilangkan penat dan menambah kedekatan dengan anak. Kamu bisa mengikuti program hotel yang menyediakan fasilitas outbound, belajar berkebun atau membuat kerajinan tangan bersama-sama.

  1. Bawa Camilan dan Mainan Favorit Anak

Usahakan membawa camilan dan mainan anak agar tidak rewel dan mudah bosan selama perjalanan maupun saat sudah sampai di hotel. Pilihlah mainan yang praktis untuk dibawa kemana-mana, serta camilan dan makanan ringan untuk anak. Makanan ringan dapat membantu mengisi perut anak jika tidak mau makan makanan yang disediakan hotel.

  1. Lakukan Aktivitas Kreatif Bersama Anak

Siapkan aktivitas kreatif yang bisa dilakukan bersama anak selama bersantai di hotel atau tempat penginapan. Contohnya mewarnai, membaca buku atau membuat kerajinan tangan sederhana. Sehingga anak tidak mudah jenuh saat sedang melakukan staycation bersama orangtua.

  1. Bawa Medical Anak atau Keluarga Lainnya

Liburan singkat bersama keluarga akan menjadi lebih aman dan nyaman dengan membawa medical kit yang diperlukan. Misalnya, hand sanitizer, tisu basah, sabun cuci tangan, cairan disinfektan dan obat-obatan yang sekiranya dibutuhkan.

  1. Menentukan Kamar dan Tempat Tidur yang Memadai

Selain hotel, memilih kamar dan tempat tidur yang memadai menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Kamu bisa memilih king bed atau double bed. Jika memboyong selurung anggota keluarga, kamu bisa memilih kamar dengan tipe connecting room. Fasilitas seperti ini menjadi pilihan keluarga yang membawa banyak anak. Pembayaran sewa kamar menjadi lebih mudah dengan menggunakan sistem paylater.

  1. Rencanakan Keuangan

Rencana liburan perlu dilakukan jauh hari agar tidak mengganggu keuangan keluarga. Jika melakukan liburan di tempat yang jauh tidak memungkinkan, kamu bisa melakukan staycation bersama anak-anak dengan biaya yang terjangkau. Salah satunya dengan memanfaatkan layanan paylater, kamu bisa kelola keuangan keluarga untuk menikmati liburan yang menyenangkan.

Booking Hotel Saat Staycation Lebih Mudah dengan Layanan Paylater 

Menikmati liburan singkat di hotel favorit, kini lebih mudah dan praktis dari sebelumnya. Layanan Paylater menjadi solusi cerdas bagi mereka yang ingin mengatur staycation tanpa harus khawatir tentang anggaran liburan yang sempit. 

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, kamu dapat merencanakan perjalanan tanpa beban keuangan. Kamu bisa menikmati momen berharga tersebut tanpa stres. Bicara soal paylater, kamu bisa memanfaatkan digibank Pay Later dari digibank by DBS. 

Layanan perbankan satu ini sudah direkomendasikan oleh banyak orang karena sistem keamanannya terbaik. Dengan memanfaatkan layanan unggulan dari digibank Pay Later, kepraktisan konversi cicilan instan selama 7 hari 24 jam, hanya dengan menggunakan aplikasi digibank by DBS. Selain itu, tersedia opsi cicilan ringan hingga 60 bulan. Untuk proses persetujuan pun hanya membutuhkan 60 detik saja. 

Kemudahannya bukan hanya sebatas itu, karena dengan digibank Pay Later, kekhawatiran tentang pembayaran cicilan menjadi hal yang tak perlu dikhawatirkan. Pantau status cicilan kapan saja dan di mana saja, semudah mengakses aplikasi.

Dan yang tak kalah menarik, nikmati fasilitas GRATIS iuran selama tahun pertama. Jadi, buatlah akhir pekan bersama anak menjadi lebih istimewa tanpa dihantui pikiran tentang urusan keuangan. Dengan digibank Pay Later, Staycation Seru semakin memikat dan bebas repot!
Jadi, jangan ragu untuk menjadikan layanan Paylater sebagai teman setia dalam merencanakan staycation bersama keluarga, ya.  Jika kamu bisa membayarnya tepat waktu, tentu tidak akan terjadi kendala atau berpengaruh pada skor kredit. Untuk informasi lebih lengkap tentang digibank Pay Later dari digibank by DBS ini, silakan klik  di sini.

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

25 thoughts on “10 Tips Staycation Seru di Akhir Pekan Bersama Anak”

  1. Aku setuju banget dengan option banyak-banyakin liburan mumpung anak masih kecil, karena masa itu gak akan terulang lagi. Hiasilah masa kecil anak dengan kisah seru selama liburan bersama keluarga 🤗

  2. Momen akhir pekan bersama anak ketika waktu ortu lagi produktif-produktifnya dan anak-anak lagi sibuk dengan kegiatan sekolah, harus dimanfaatkan sebaik mungkin ya, mba. Staycation di hotel salah satu pilihan yg seru dan berkualitas, asalkan dgn tips di atas. Soal budgetnya ada pay later dr DBS yg dapat dimanfaatkan. Oke banget deh.

  3. Paksu beberapa hari lalu mau ngajakin stay cation pas anak-anak liburan. Kemarin pas diajak diriku seperti malas gitu. Baca ini kayaknya nanti perlu ngobrol sama paksu untuk yuk, stay cation, deh

  4. Tipsnya bermanfaat mbak… Hal-hal detail memang penting diperhatikan klo mau nyaman liburan bareng anak. Klo anak ga nyaman yah jadi ga seru juga ya staycation nya. Btw pay later juga bisa memudahkan ya, apalagi sistem keamanannya cukup baik

  5. Benar sekali, Mbak. Salah satu yang disukai semua anggota keluarga adalah staycation. Apalagi kalau di daerah, biasanya menyatu dengan tempat wisata juga.
    Dan sesuai pengalaman, kalau mengajak anak-anak, wajib ada kolam renangnya, soalnya berenang yang mereka tunggu-tunggu. Terus dimaksimalkan (ga mau rugi hahaha). Begitu cek in, langsung berenang. besoknya selesai sarapan, berenang lagi.

  6. duh jadi pingin staycation
    Sumpek rasanya kelamaan di dalam rumah terus-terusan
    dampaknya kerasa banget: Jadi kurang kreatif!
    Penting banget staycation supaya otak segar kembali ya? ^^

  7. Pernah bawa anak2 staycation, tapi lupa ngecek ada tidaknya fasilitas bermain anak.
    Yang ada pada bengong di kamar, nonton tv, main game dan tidurrrr, makan, repeat. Mana udah booking 2 malam lagi, hihiii

  8. Wah…senangnya staycation bareng anak-anak. Sekarang banyak pilihan hotel yang juga menyediakan tempat bermain anak hingga kolam renang anak yah. Di Bandung, malah ada hotel yang ada mini zoo-nya juga. Jadi bisa ngasih makan domba, kelinci…dll…

  9. Kalo anak-anak ku, setiap diajak staycation, incaran utamanya adalah berenang dan makan-makan. Siang check-in cus langsung ngincer kolam. Kalau badan, tangan, dan jari-jari sudah keriput baru mau naik ke kamar. Di pinggir kolam langsung nggragas. Nasi goreng sepiring besar langsung amblas. Besok paginya juga gitu. Abis sarapan, istirahat sebentar, nyebur maning. Makan banyak lagi sebelum check out. Ampun bener.

    Jadi modal utama kalo ngajak anak-anak staycation itu ya adalah urusan main dan makan. Sama tambahan biaya makan karena kepengennya nyobain masakan hotel yang nauzubillah membuat dompet kritis.

  10. Selalu ada tantangan kalau staycation atau traveling sama anak dan tetap aja seru plus ada aja seninya haha 😀
    Pun kita juga harus menyiapkan plan A, B, C seterusnya dan pasti akan jadi kenangan berkesan..

  11. Sekarang ini tempat staycation semakin banyak pilihannya dan seru-seru ya Mbak. Yang menyediakan aktivitas bersama anak pun gak hanya satu atau dua, tapi beragam pilihannya. Saat staycation, memang yang paling penting menyiapkan aktivitas untuk anak-anak agar suasana tetap seru dan ceria.

  12. kesibukan dunia yang padat kadang ingin membuat kita untuk melipir sebentar ya, staycation ini lumayan bermanfaat untuk menghilangkan penat, meningkatkan quality time bersama keluarga

  13. kalo staycation apalagi bawa anak itu harus bener2 pilih hotel yang nyaman.
    suami juga kudu support biar kita bisa merasakan the real staycation

  14. Asik banget yah.. ada digibank Pay Later dari digibank by DBS.
    Karena gak memikirkan keuangan saat liburan dan bisa menikmati dengan nyaman.
    Yang penting untuk selalu mengusahakan yang terbaik untuk keluarga.

  15. Pas banget nih sebentar lagi musim liburan datang. Bawa anak berlibur emang butuh persiapan ekstra ya. Meskipun hanya staycation Deket deket
    Yang penting kan kualitasnya ya

  16. Bener juga yaaa… Harus punya trik khusus saat staycation agar anak merasa nyaman, terutama yg anaknya masih balita. Klo deket dengan minimarket, bereeess urusan percemilan. 😁

  17. Staycation sama keluarga apalgi kalau pas libur anak sekolah seru ya..bikin happy dan pastinya jadi pengalaman yak terlupakan, dan setuju banget sama tips nya harus persiapkan sedetil mungkin ya mbak

Leave a comment