Soto Cak Mu’in, Kuahnya Segar, Gurihnya Juara!

Selamat hari Jumat!

Yuk kita berburu kuliner yang endeus surendes 🙂 Biasanya, bapak-bapak kalo abis jumatan pengin makan di warung kan? Ngaku aja deh…*nuduh* Apalagi, kalau warung itu menyajikan menu berkuah yang bisa membuat kerongkongan jadi suegerrr, duuuh… dijamin bakal membangkitkan semangat buat segera cusss ke warung. 

Salah satu yang saya rekomendasikan adalah Warung Soto Cak Mu’in. 

soto-6

Nasi panas, disajikan dengan topping suwiran ayam, potongan telor rebus, bihun, diguyur kuah yang gurihnya nggak ketulungan. Yang saya suka dari soto cak Mu’in, kuahnya ini termasuk ‘light’ alias enteng, jadinya nggak eneg…. Karena ada lo, beberapa warung/resto di Surabaya yang menyajikan soto dengan kuah super-kentel. Pas dimakan sih, nggak masalah. Tapi, after-taste-nya itu…. somehow, sungguh genggeus. Kuahnya yang kentel kayak masih menari-nari disko di lidah. Hiks. 

soto-4

Soto ini makin endeus dengan taburan koya. Di atas meja, ada koya (remahan kerupuk) yang bisa kita ambil sepuasnya. Yang makin bikin seger, perasan jeruk nipis, bakal bikin culinary experience Anda makin top markotop!

soto-3

soto-2

Lebih pecaaaaah lagi, kalau kita tambahkan sambel dan kecap di atas soto. Ulalaaaaa…. MANTAB JAYA! 

Kami bertandang ke warung soto ini, di sebuah Jumat yang panasnya lumayan setrong. Sidqi sih, keukeuh sumekeh minta makan siang ke warung soto Pak Djayus–yang jadi favorit doi–di kawasan dekat Terminal Bratang. Tapi kan bosen ya neik, mosok bolak-balik makan di warung yang sama. 

“Aku mau Djayus… Djayus… Djayus…!” 

“Ih, jayus amat sih kamu?” 

FYI, wahai generasi millenials. Jayus itu adalah istilah yang kami sematkan untuk manusia yang doyan kasih lawakan garing alias crunchy bin kriuk kriuk. Aneh juga yak, kenapa si warung soto malah dikasih nama Djayus? 

 

Setelah menjajal soto Cak Mu’in, Sidqi langsung jatuh cinta pada suapan pertama #ahseeek. Apalagi, warung soto ini resik banget. Dekornya juga simpel, tapi enak dipandang mata. Pegawainya juga kelihatan bersih, enggak jorok…dan sopan. 

Kebersihan ini penting banget kan, utamanya buat emak yang suka bawa anaknya berburu destinasi kuliner. Soalnya, tahu sendiri dong, penyebab diare pada anak  salah satunya karena jajan sembarangan. 

Di Soto Cak Mu’in, insyaAllah semuanya serba clean. Mereka juga siapkan wastafel dilengkapi sabun cair buat cuci tangan sebelum dan setelah makan. 

soto-1

Khusyuk makan soto, abis Jumatan laper banget brooooo

Aahhh, pokoke enak bener lah, kongkow sambil nyeruput kuah soto di mari. Kamu? Kamu? Kapan mau cuss ke Soto Cak Mu’in?

Alamat: Jl. Arief Rachman Hakim No.14E/A1-3, Klampis Ngasem, Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60118

 

 

 

Advertisements

11 comments

  1. mysukmana · February 23

    wah apa lagi ada bubuknya..lezat sekali

  2. mrs muhandoko · February 24

    Duh, baca ini jadi pengen makan toyam. Hayo mbak nurul tanggung jawab. Haha.
    Soto cak mu’in ini yg sebelah mana mbak? Btw, jaman masih kos di nginden dulu aku juga suka makan di pak djayus bratang.
    Paling favorit sih soto Cak Har yg ngemper di perempatan deket itats itu. Cuma pas jalan tembus merr jadi, entah sotonya pindah kemana.

    • @nurulrahma · February 24

      di jalan Arif Rahman Hakim mbaaa… menuju ke arah ITS. Lebih tepatnya, areal dekat dokter mata yang ada kafenya itu loh

  3. Gara · February 24

    Surabaya mah memang jawara banget kalau soal hidangan soto dan kerabat-kerabatnya ya Mbak. Kayaknya hampir semua warung soto di situ punya kekhasan tersendiri. Dan, saya baru tahu kalau koya itu adalah remahan kerupuk! (Ini penting banget). Saya suka banget koya banyak-banyak di soto, haha. Apalagi kalau kuahnya kental, hihi.
    Kerupuk di atas meja itu sangat menggoda, lho… kok saya malah kesengsem kerupuknya duluan ya, haha.

  4. ardiantoyugo · February 24

    cocok nih pas cuaca mendung syahdu begini…

  5. Iwan Tantomi · February 24

    Sama Soto Ayam Cak Har endeus mana mbak?

  6. heyasma · February 25

    WAAAH dari baca deskripsinya aja udah bikin mouthwatering… gimana setelah mengendus baunya dab mencicip rasanya. Uh pasti enak banget bikin ketagihan kaya Sidqi! Hahahaha.

    Btw, dari kota tempat saya tinggal, Banyumas, terkenal juga namanya Sroto Sokaraja. Itu perlu dijajal juga, Mbak soalnya kuahnya pakai bumbu kacang, jadi kental gitu hohoho mantap nendang!

  7. Eko Nurhuda · February 25

    Wah, aku pandemen soto dan menu-menu berkuah nih. Nyam, ngeliat fotonya aja udah sukses bikin perut minta dipesenin mie ayam di samping rumah, hahaha. Btw, aku sama anak lanang kalo pulang jumatan gak pernah makan di luar. Lha wong masjid ke rumah cuma beberapa ratus meter aja 😀

  8. Fanny F Nila · February 25

    untungnya di jakarta ada banyak penjual soto begini yang pake koya :D.. aku sukaaa banget.. ada langgananku di daerah jakarta selatan mba, itu juara lah… 😉 tapi kalo ke surabaya, aku bkl cobain yg cak muin ini 😀

  9. Inayah · February 26

    krupuknya kayaknya enak mba…
    hampir tiap pagi soto seperti ini jadi menu sarapanku.

  10. April Hamsa · February 28

    Soto yang dijual di Surabaya emang yang paling enak 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s