Blogging for Fun? Atau Blogging for Fund? #BanggaJadiBlogger

Halo, teman-teman! Selamat memasuki bulan July 2022 ya. Wahh, kita udah ada di semester dua tahun ini. Semogaaaa, kita semua senantiasa sehat wal afiat, Bahagia, gembira, selalu mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari Allah ta’ala. Aamiin aamiin ya robbal alamiin.

To be honest, bulan Juni kemarin tuh fase males-malesnya ngeblog, dah 😊 Entahlah, kok rasanya ngantuukk mulu kalo buka laptop. Aneka ide berkelebatan di batok kepala, tapi ya gitu… begitu mau dituangkan dalam sebentuk artikel/postingan, lha kok zonk. Diih!

Moga-moga blogger’s block hanya menyergap di bukan Juni yak. Penginnya July dan seterusnya kita semua tetap dan makin semangat untuk ngeblog, yeayyy!

Blogger versi diriku

Well, gimana yaa, makin ke sini, dunia blogging tuh memang adaaaaa aja yang komen pro vs kontra. Beberapa blogger memutuskan untuk “pensiun dini”. Mayoritas pindah platform media sosial yang dirasa lebih gampil untuk menggaet engagement/ conversations. Juga platform yang (tidak dipungkiri) gampil buat menangguk cuan.

Itu pilihan masing-masing, sih. Nggak ada benar vs salah. Sah sah aja kalau memang kudu hijrah dan lebih concern ke platform yang dirasa lebih nyaman dan banyak benefitnya. Sama lah, kalo misal kita dapat kesempatan buat pindah rumah ke lokasi yang lebih cihuy, kan pastinya boleh-boleh aja untuk ambil keputusan semacam itu.

Yang penting, udah paham syarat, ketentuan, norma value yang ada, just go ahead! Sekali lagi, life is a matter of choice. You do you!

Cuman…. Kalau saya pribadi memang paling nyaman nulis di blog sih. Karena karakternya bebassss, boleh panjaaaanggg atau mau nulis pendek pendek juga no problem. Makin ke sini, blogger memang kian beraneka. Ada yang konsisten dengan style personal banget, tapi ada juga blogger yang berorientasi cuan mulu. Rapopo. Bebaskeun, yang penting ngeblog! Intinya, kita kudu #BanggaJadiBlogger wokeehh?

Blogging for Fun or for Fund?

Kalau bisa dua-duanya, why not?  😊 Blogging pada dasarnya adalah aktivitas yang bisa dilakukan sembari having fun (bersenang-senang). Merilis segenap emosi, meluruhkan sumbat dalam jiwa… kalau semua dituangkan dalam artikel, kan enjoy tuh. Bisa kita baca ulang kapan aja, atau mungkin… artikel kita malah jadi bahan inspirasi/penguat untuk hidup orang lain? Who knows?

Beberapa kali, saya menggoreskan artikel yang Alhamdulillah bisa menjadi penyejuk sukma. Tausiyah dari Aa Gym ini, misalnya.

Baca: Tips Menghadapi Problema Hidup ala Aa Gym

Atau, tips-tips seputar traveling… yang ternyata berfaedah untuk teman-teman pengunjung blog. Artinya blogging for fun tentu menjadi value yang selalu saya genggam. Jangan sampai ngeblog malah tertekan, depressed wadidawww, jadinya engga release stress dong yak.

Akan tetapi, yang Namanya blogging for fund udah pasti menggiurkan juga. Ya sutralaahh, digabungin aja. Sambil menyelam, minum air. Sambil having fun, berburu cuan pulak 😊 So… yang penting ya itu tadi kudu seiring sejalan antara for fun, for fund dan jangan sampai nabrak koridor batas kesopanan , kepatutatan dan value (nilai/norma hidup) yang kita usung.

Salah satu blogger favoritku tuh yang banyak mengulas seputar Film Korea Yeahh, paham banget kan, kalau belakangan ini, daku juga terjerat Korean Fever Syndrome wkwkwk. Apalagi di awal-awal pandemic tuh, kayak mati gaya mau ngapain lagi, ya udin solusinya daku selalu nangkring di blog review drakor

Lumayan siik, nambah wawasan dan hiburan juga. Intinya super hepi lah, bisa tetep ngeblog sampai detik ini. Nambah pertemanan juga ye kan? Apalagi join Komunitas Bloggercrony Indonesia benar-benar menambah value dan siap-siap level up sebagai blogger!

Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

Follow media sosial-nya yaa:

 Instagram/Twitter @bloggercrony 

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

64 thoughts on “Blogging for Fun? Atau Blogging for Fund? #BanggaJadiBlogger”

  1. Aku mau dua-duanya. Udah fun eh fund pula, kan enak ya mbk hehee…

    Udah bisa curhat panjang lebar sesuka hati tanpa khawatir konentar deterjen, eh netizen…

    Duh ngeblog harus fun laah pokoknya yaa

  2. Kalau aku sih tipe blogger for fun. Tujuan awal hanya untuk sharing seputar kesehatan anak. Sekali-kali terima job, asal gak melenceng jauh dengan niche blog ku, oke-oke saja sih…
    Btw, pingin ikutan komunitas bloggercrony, gimana caranya? Spill dong…

    1. Gabung aja Pak di Komunitas Blogger Crony via FB dulu. Nanti isi form keanggotaan. Memang bener kalau ngeblog harus dibawa fun, kalau saya mau sekalian blogger for fund juga. Lumayan buat tambahan penghasilan IRT biar bisa lebih berdaya dari rumah

  3. Paragraf diawal ini buatku mikir ke depannya bagaimana mbak. Semoga selalu ada hal yg bisa buat kita konsisten ngeblog dan merawat blog sampai tua ya, itu yg saat ini sedang kusiapkan. Biar fun menjalaninya,

  4. Gak kebayang bisa jadi Blogger padahal dulu hany punya hobi nulis dan mengarang saja. Terimakasih sama teknologi dan komunitas yg sudah sangat berjasa hingga saya bisa seperti ini

  5. Aku mah dua-duanya, Mbak. For fun iya, for fund juga iya. Kalau sesuatu yang menyenangkan bisa dijadikan duit, aku nggak akan tega nolak sih. Hehe…

  6. Kalau aku pengen gitu optimasi blog ama instagram mba. Karena aku juga seneng share di Ig story. Cuma males share di IG feed. Soalny suka ga smpet bkin desains dan kontentnya. Pdahal aku tu seneng berbagi. Cuma emang harus sabar dulu biar bisa optimal. Karena skrang lagi fokus ama anak2 yang masih kecil. Jadi susah klo optimasi keduanya blog n ig. Jd blog tetep lbh aku optimalin krna waktunya lebih fleksibel

  7. Setuju kak, saya juga seneng nulis di blog daripada di buku2 catatan, kecuali hanya untuk hal tertentu saja. Blog memang platform yang bebas dan bisa melampaui ekpektasi kita, bahkan bisa dapet cuan dari apa yang kita tulis. Rezekinya ada aja kalo ngeblog, tapi jangan lupa silaturahmi sesama blogger terus dilakukan.

  8. Baca postingan ini jadi bertanya pada diri sendiri. Saya ini ngeblognya for fun atau for fund? Sepertinya keduanya deh. Di awal, for fun aja…eh ternyata dalam perjalanannya bisa dapat fund juga. Makin ke sini, terlalu fokus ke fund, akhirnya mulai ingat-ingat lagi untuk kembali ke jalur fun-tapi tetap bisa for fund juga.

  9. Ini tuh beneeerr dan supeerr beneeer banget.
    Ada masanya pas males ngapa-ngapain tuh, jadi gak pengen pegang sosmed apalagi nge-blog. Jadi ikuti alurnya asal bahagia yaa..

    Aku setuju sih, kalau nge-blog bikin keluar semua uneg-uneg karena karakternya bebas sebebas-bebasnya.
    Jadi buatku, blogging for fun. Kalau ada cuannya, bismillah.. hayyuukk~
    Yang penting masih sejalan dengan value masing-masing personalnya.

  10. Iya ya kak, menurut aku “blogging for hobbies then can make money” itu sangat menyenangkan ya, karena dari hobi bisa jadi duit dan seneng aja ngejalaninnya…

    1. Iyaya…
      Kalau hobi yang menghasilkan itu tentu terasa lebih menyenangkan dan bikin semangat belajar banyak hal agar bisa mendalami hobi tersebut.

  11. Tiap blogger boleh mendefinisikan aktifitas bloggingnya bagaimana. Tp kalau ada peluang mengunpulkan penghasilan, bolehlah diambil kesempatan itu

    1. Alhamdulillah..
      Semakin tinggi jam terbangnya semakin baik performa blog di mata google sehingga bisa dipercaya oleh klien.

      Blogging is definetely our passion~

    1. Menulisnya aja udah senang, bisa berbagi cerita yang kemudian dibaca dan memberikan manfaat bagi banyak orang juga jadi hal yang menyenangkan. Bonusnya, bisa dapat penghasilan, memperluas jejaring pertemanan, dan masih banyak lagi.

  12. Aku blogging for fun mba..
    Tapi makin kesini jadi melihat for fund juga..eh..hehe
    Iya aku sepakat mba, nyaman nulis di blog daripada medsos lain..

  13. Jika bisa jadi FUND kenapa tidak kan ya? Terkadang, kalau saya, mendapatkan pekerjaan dari nge-blog tuh justru jadi tantangan. Apalagi job yang diberikan menyangkut budaya dan pariwisata, bahkan sejarah. Kita jadi terdorong untuk kreatif, banyak membaca dan menyusun diksi sesuai dengan harapan dan keinginan customer. And it’s fun pada akhirnya.

  14. Belajar blogging menggunakan komunitas seperti blogger apa pun memamg bagus dan baik untuk mengetahui ilmu blogging.

  15. Blog untuk hobby, kesukaan hugs bagus, blog untuk menghasilkan Chan juga bagus, lebih bagus lagi kalau bisa dua2nya ya🥰🥰🥰

  16. Aku dua-duanya euy.. Fun iya, fund juga iya. Mana yang bisa lah.. Toh paling menyenangkan itu hobi yang dibayar kan? Btw kita kok samaan sih Mbak, Juni tuh males-malesnya ngeblog. Wkwk

  17. Harus bangga ya, Mak, karena dengan menjadi blogger banyak banget yang bisa gapai, yang semula hanya mimpi bisa kita raih. Pokoknya banyak positifnya

  18. Bener sih, kalau bisa keduanya hahaha. Aku emang ngeblog buat self healing, buat fun juga, eh kalau ada kesempatan yang berbau cuan, yah kenapa engga. Kan bisa 2-in-1 hehe.

  19. Aiiih…aku kenak banget di kalimat pembukanya Mak. Bahkan ga cuma Juni aja tapi uda beberapa bulan ini sereeet apdetblog huhhu. Kayak jadi kehilangan fun-nya (padahal juga ga pindah ke lain platform hahaha). Thank you sudah berbagi ini ya Mak..semoga Juli kembali membara ngeblognya.

  20. Hahaa, saya mah awalnya bukan dua-duanya sih Kak.
    Karena Istri yang sedikit maksa.. Hhe.
    Tapi, lihat progress hingga saat ini, jadi orientasi sudah mulai berubah, fun and fund tentunya Kak. Meskipun sempat surut dikarenakan kerjaan utama, tapi Istri tidak bosan2nya ngedukung.
    Semoga kedepannya sy bisa lebih konsisten nulis, Kak.

  21. Dulu saya awalnya for fun sih soalnya saya tuh introvert banget dulu dan hobi nulis juga jadi ngeblog ya buat curhat ngeluarin uneg-uneg aja. Eh lama kelamaan jadi fund juga alhamdulillah seneng banget kan kalau semisal dari hobi bisa menghasilkan cuan. Jadi makin semangat dong

  22. Sampai saat ini aku masih tak bisa pindah ke lain hati eh platform. Bagiku blog itu bisa jadi media buat bebas bercerita ala diri. Tepi teteup.mau for fun atau for fund ngeblognya selalu perhatikan koridor etika dan kesopanan

  23. Mau just for fun atau for fund, asalkan bisa bertanggung jawab terhadap apa yang ditulis, menurutku sah-sah saja, Mak.. Karena tulisan kita ini akan dibaca khalayak ramai, kecuali kalau memang disetting private, yaa.. Hehe..

    Semangat menulis, Mak.. Btw, aku kalau lagi males nulis, mau dipaksain gimana juga ngga jadi-jadi tulisannya. Ngga dapet fun-nya deh. Hihi.. Tapi kalau udah gitu biasanya kuselingi dengan tanam-tanam atau nonton drakor. Nah, habis itu biasanya muncul lagi ghirah-nya. 😁

  24. Dirimu blogger panutan, gak percaya kalo sampai terjangkit males ngeblog. Aku malah dari awal tahun ngeblog cuma sebiji dua biji itu pun cuan, malu deh jadinya.

    Alhamdulillah justru bulan Juni kemarin mulai nyicil artikel non cuan. Aku tetap blog menjadi tempat curhat terasyiiikk

  25. Apapun kalau serius meski awalnya cuma iseng atau hobi tapi hasil tidak akan mengkhianati ya… Kalaupun dapat penghasilan wah itu bonus yang tidak mungkin kita tolak kan?

  26. Baca judul artikelnya saya langsung menjawab: Blogger fun fund wehehehe… Aku juga udah gabung di komunitas bloggercrony. Gabung komunitas itu penting untuk menjaga semangat menulis, menambah relasi, dan pundi-pundi.

  27. Paling asyik sih ngeblog for fun sekaligus menghasilkan cuan. Dari sudut pandang pembaca, kalau baca tulisan yang ngiklaaaan melulu pastilah lama-lama bosan. Tapi kalau baca tulisan yang ada nilai personalnya dan memberikan value, pembaca bakalan betah. Hahaha. Mbak, mau dong gabung komunitas bloggercrony. Caranya gimana, biar bisa level up sebagai blogger, enggak nubie terus. Wkwkw.

  28. Saya dua-duanya. Hahaha. Blogging for fun iyes, blogging for fund juga iyes. Kalo jadi emak aja kita bisa multitasking, kenapa jadi blogger enggak, ya gak sih mbak? Hahaha. Asyik banget bergabung dengan Bloggercrony Indonesia.

  29. Malesnya Mba Nurul dibandingkan aku rasanya jauh hehe … Sempet sih merasakan blogger block saat tekendala masalah kesehatan. Rasanya mau istirahat total aja, tapi lama-lama kangen ngeblog juga sih. Tempat saya bisa curhat tapi ala blogger, jadi engga terus-terusan memendam sesuatu. Writing for healing pokoknya. Bangga ya jadi blogger, tempat bertumbuh jadi lebih baik. Blogger for fun oke, blogger for fund why not? Hehe … Mau dua-duanya, boleh Kan?

  30. Ku selalu suka baca Gaya tulisanmu Mbak Nurul. Banter, ngebut, asik, beneran blogging for fun! Dapat cuan ya alhamdulillah asal masih dalam koridor value yang kita usung.

  31. Jujur aku awalanya itu blogging for fun tetapi tenyata bisa menghasilkan juga. Wah, kenapa gak. Malah bagus bisa dapat keduanya. hehehe.. biar makin #banggajadiblogger

  32. Berkembangnya aktivitas ngeblog menjadi salah satu cara menambah penghasilan bagi saya adalah hal yang patut disyukuri selain tentu saja bisa bebas mau menulis konten apa saja, karenanya sampai sekarang meskipun ngak seintens dulu, menulis bliog masih menjadi rutinitas saya meskipun ngak setiap hari bisa menulis mengingat kesibukan mengurus anak-anak yang mulai beranjak remaja makin menyita perhatian.

  33. Blogging itu dimulai dari niat. Begitu juga kalau main sosial media. Tergantung niatnya apa atau motivasinya apa dan harapan yang dilekatkan di sana. Jadi pada akhirnya terpulang pada kita semua. Kalau saya punya dua blok traveling dan bisnis. Kalau sekarang lebih aktif di blok yang bisnis saja karena cuannya lebih pasti hahaha

  34. BEtul banget semua pilihan masing-masinb asal sudah tahu ketentuannya supaya bisa tetap bertahan. Waluupun lagi menurun ngeblognya tapi nanti usahakan balik lagi , siapa tahu kan kangen ya. Mau itu dun atau fund asalkan balance dan sama-sama menyenangkan gak apa-apa. Teta[ semangat

  35. Aku juga paling nyaman nulis di blog mbk, nggak tau ya.. Enteng aja gitu rasanya hahaha. Ngeblog bikin hati senang, kalaupun endingnya dapet cuan, Alhamdulilah berkah hehe

  36. Bahagianya punya blog tuh ketika pengin berkeluh kesah pun bisa dituangkan lewat tulisan. Misal ga mau dibaca orang lain ya tinggal dikunci. Fungsi stress healingnya dapet banget ya mbaaa…
    Nah, tinggal digabungin aja dengan kebutuhan untuk mendapatkan cuan. Pas mantap deh menjalankan blog sesuai hobi, juga mendapatkan benefit dari sisi material.

  37. Dulu, pertama kali kenal blog ya for fun
    Cari kesibukan setelah resign
    Sekarang ngeblog for fund, tapi tetap dijalani dengan fun

  38. ada saatnya kadang mau nulis bingung mulai darimana, meskipun aku udah buka laptop,malah ngerjain yang lain
    nggak nyangka aku bisa bertahan ngeblog sampe sekarang dibanding temen-temenku
    dan sekarang makin banyak komunitas blogger yang bisa diikuti, senengnya lagi jadi makin banyak temen blogger dan networking juga

  39. Ahahaha maunya dua2nya.
    Soal pindah platform walau sosmed kadang lebih menggiurkan entah kenapa aku tetep nyaman di blog. Kalau ada klien request IG gitu biasanya aku arahkan juga ke blog. Yaa kadang mau, kadang juga gak mau, rezeki2an 😀

  40. Aduh, aku apa ya? Hehe dua-duanya kayaknya. Dulu awal ngeblog, aku ngeblog for fun. Tapi seiring waktu, eh ngeblog ternyata bisa for fund. Jadi aja sekarang dua-duanya. Kan katanya, untuk bisa fun kita butuh fund. Hahahaha

  41. Seru banget mbak kalau bisa ketemu offline, kalau ada kegiatan di Surabaya,pengennya Dateng. Meskipun jarak dari Jember bisa 4 jam. Sayangnya waktunya kadang bentrok sama kegiatan yang lain
    Kayaknya habis puasaan kemarin, aku juga di fase malas hahaha. Padahal di otak ada aja yang pengen ditulis, tapi apa di depan laptop malah scrolling sampe lama banget
    Soalnya April sempet ikutan ODOP, jadi mungkin capek gitu 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: