Guide Hiking ke Gunung Semeru

Guide Hiking ke Gunung Semeru

 Gunung Semeru menjadi salah satu gunung favorit yang ada di Indonesia, gunung yang berlokasi di kawasan kabupaten Lumajang beserta Malang dari Jawa Timur ini seringkali menjadi tujuan utama dari para pendaki gunung. Selain dikenal dengan puncak gunung tertinggi yang ada di pulau Jawa, gunung ini juga menyimpan beragam panorama alam yang sangat menakjubkan. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa lokasi cantik di gunung tersebut berikut ini :

Ranu Pani

Ranu Pani merupakan tempat awal atau start dari perjalanan pendakian yang anda lakukan menuju Gunung Semeru. Tempat ini juga dikenal sebagai pos perizinan bagi para pendaki yang hendak melakukan perjalanan pendakian.

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo adalah danau air tawar yang berlokasi di Pegunungan Tengger, yaitu bagian dari kaki gunung Semeru. Ranu Kumbolo dikenal dengan pemandangan indah, dan juga seringkali dijadikan sebagai tempat transit, sebelum perjalanan dilanjutkan menuju puncak Mahameru.

Tanjakan Cinta

Tanjakan Cinta dikenal sebagai jalan setapak yang berarah menuju bukit dengan tingkat kemiringan hingga 45 derajat. Tanjakan ini berada tepat setelah ranu Kumbolo dan mengarah menuju Oro-oro Ombo.

Oro-oro Ombo

Oro-oro Ombo menjadi salah satu spot yang banyak digemari oleh para pendaki. Hal ini berkaitan dengan pemandangan indah dari padang savana yang luas, dan dalam waktu tertentu padang tersebut pun akan berubah menjadi padang dengan bunga lavender berwarna ungu yang tengah bermekaran.

Kalimati

Nama tersebut digunakan untuk sebuah sungai yang tidak berai. Dengan kata lain air di tempat tersebut hanya ada apabila memasuki musim hujan. Daerah ini juga dikenal dengan padang rumput yang disertai tumbuhan semak serta hamparan dari edelweis.

Arcapada

Titik sebelum puncak Mahameru ini dikenal sebagai arca yang berada di tempat tertinggi di pulau Jawa, dan hanya sedikit pendaki saja yang dapat menemukan lokasi yang satu ini.

Mahameru

Mahameru adalah puncak dari Gunung Semeru, di lokasi ini terlihat kawah yang dikenal dengan sebutan Jonggring Saloko, yang mana setiap 10 hingga 15 menit sekali menyemburkan batuan vulkanis dan asap membumbung tinggi.

Untuk mendapatkan keindahan tersebut tentunya pendakian pun harus dilakukan dengan aman, karena itulah penulis sajikan beberapa tips aman untuk mendaki Gunung Semeru diantaranya :

 

Lokasi gunung

Hal pertama yang wajib untuk anda perhatikan sebelum mendaki adalah lokasi dari Gunung itu sendiri apakah ia berada dalam kondisi yang aman untuk didaki atau sebaliknya.

 

Bawa barang penting

Karena pendakian dilakukan dalam waktu yang tidak sebentar serta jarak yang cukup jauh, maka pastikanlah untuk membawa barang penting yang masuk dalam list Guide Hiking ke Gunung Semeru, seperti halnya barang-barang yang dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap hangat dimulai dari :

Pakaian hangat

Sleeping bag

Slayer

Obat-obatan

Tabung oksigen

Makanan

Minuman

Obor atau alat untuk membakar ranting pohon

Jaga kondisi kesehatan

Hal penting selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menjaga kondisi kesehatan tubuh, dalam hal ini sebaiknya anda biasakan untuk melakukan aktivitas olahraga sebelum proses pendakian dilakukan. Mengapa demikian? Pasalnya dengan berolahraga tentunya tubuh anda pun akan mulai membiasakan diri untuk melakukan beragam aktivitas berat, sehingga ketika pendakian dilakukan, maka tubuh anda pun akan berada dalam kondisi yang bugar dan lebih fit untuk melakukan perjalanan.

 

Istirahat

Banyak diantaranya para pendaki yang memaksakan diri ketika melakukan pendakian, sehingga tidak jarang diantara mereka yang jatuh sakit atau tumbang selama di perjalanan. Untuk menghindari hal tersebut tidak ada salahnya bagi anda untuk meminta waktu istirahat selama perjalanan, utamanya jika perjalanan sudah anda rasa melelahkan. Pasalnya dengan istirahat yang cukup perjalanan pun dapat dilanjutkan dengan lebih mudah dan tidak akan mengganggu kondisi kesehatan tubuh anda.

Untuk lebih memudahkan perjalanan pendakian menuju gunung Semeru tersebut anda dapat melakukannya dengan menggunakan layanan pada kartu kredit virtual dari traveloka yaitu pay later yang tentunya lebih memudahkan perjalanan wisata karena terdapat fasilitas yang lebih beragam di dalamnya. Dimulai dari layanan untuk melakukan transaksi pembelian tiket, transportasi, penginapan, hotel, hingga perbelanjaan, dan transaksi lainnya.

 

 

 

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s