Sudah Cukupkah Konsumsi Air Anda Hari Ini?

Access to safe drinking-water is essential to health, a basic human right and a component of effective policy for health protection (WHO, 2011)

Yeayy! Aku hepi banget, karena Senin (30/9) berkesempatan untuk ikutan sebuah talk show dengan materi yang super duper penting. Tentang AIR, gaes! Hah, air doang? Apa serunya siih?

Eitsss, tunggu dulu. Jangan langsung nge-judge gitu dong, Poniman. Air ini adalah sesuatu yang pentiiing dalam kehidupan kita, lho. Bayangin dah, kalo kagak ada air. Air mampet. Ga bisa nemu air bersih. Ga ada air yang layak buat dikonsumsi. Udah kebayang penderitaan yang mak bedunduk bakal datang kan?

Ya iyalaaahh, AIR memang sepenting itu. Terutama air yang kita konsumsi ya. Did you know, gaes… ternyata dua pertiga (60-70%) tubuh manusia terdiri dari air, yang menggambarkan betapa pentingnya air bagi kehidupan manusia. Air merupakan zat gizi makro yang berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh. Kurang lebih 50-60 persen tubuh manusia tersusun dari air. Trus, berbagai organ kita, seperti ginjal, otak, dan otot mengandung 70-80 persen air! Wah wah wahhh, air ternyata sepenting itu yhaaaaa.

Tapiii, sayang banget, belakangan ini banyak hoax ataupun informasi kurang tepat yang beredar di masyarakat. Sering denger kan, kalo air nganu bisa nyembuhin penyakit berat, bahkan sakit kanker bisa hengkang kalau rutin minum air nganu? Nahh… informasi nggak jelas ini yang kudu diluruskan, nih. Bahaya kan kalau hoax dipelihara. Salah-salah pasien malah “digelonggong” air nganu, tapi ogah ngejalanin terapi yang sudah sesuai dengan kajian ilmiah, seperti kemoterapi dan lain lain.

Makanya, yuk yuk kita pantengin aneka materi yang udah dijembrengin dalam #hydrationtalk #hidrasisehat di JW Marriott Hotel Surabaya

Ada tiga pakar yang hadir dalam kesempatan ini, yaitu:

Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran UI, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK

Ketua Indonesian Hydration Working Group, Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK

Hydration Science Director PT Tirta Investama (Danone – AQUA), dr Tria Rosemiarti)

Menurut Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran UI, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK, minum air yang cukup sangatlah penting untuk pengaturan proses biokimia, pengatur suhu, pelarut, pembentuk sel, pelumas sendi dan bantalan organ tubuh, media transportasi zat energi dan sisa metabolisme. Air membantu tubuh menggunakan nutrisi secara lebih efektif.”

Rekomendasi delapan gelas sehari ini bukan tanpa alasan, lho. Karena konsumsi air yang cukup, bisa mencegah dehidrasi atau ketidakseimbangan kebutuhan cairan tubuh. Kalo dehidrasi ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan, baik jangka pendek, misalnya: penurunan konsentrasi, kelelahan dan sembelit. Juga ada efek gangguan jangka panjak, contoh: gangguan ginjal (batu ginjal, penyakit ginjal kronis), infeksi saluran kemih dan risiko kegemukan. So, PENTING BANGET untuk menerapkan kebiasaan minum air untuk menjaga kecukupan hidrasi, yes.

Sementara Ketua Indonesian Hydration Working Group, Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK menyoroti pentingnya memastikan air minum dalam kemasan (AMDK) layak kita konsumsi.

“Harus punya kemasan atau botol yang bersih, label dan tanggal kadaluwarsa yang jelas, kode produksi yang sama pada bagian tutup dan botolnya. Selain itu, pastikan AMDK berkualitas baik, tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau sebelum diminum. Juga tidak mengandung bahan berbahaya,” ujar  Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK.

Lebih lanjut, para pemateri ini meng-highlight pentingnya kita semua untuk lebih cerdas dalam melawan hoax kesehatan/medis. “Karena 80% info kesehatan yang beredar di socmed ataupun WA grup itu adalah hoax. Banyak yang over-claim. Sampai saat ini, belum ada bukti/publikasi  klinis/ilmiah jenis tipe air tertentu yang kasih manfaat untuk mencegah penyakit berat. Yang jelas, menurut WHO, mengonsumsi air yang kosong atau tidak mengandung mineral, itu dapat meningkatkan risiko osteoporosis, hipertensi, serangan jantung, dan hipotiroid,” tandas Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK

Yang jelas, selama lebih dari 46 tahun Danone – AQUA selalu berusaha memberikan kebaikan air kepada masyarakat, dengan menyediakan hidrasi sehat, sekaligus memelihara keberlangsungan alam. Danone- AQUA punya misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang.

“Ini sejalan dengan visi Danone ‘One Planet One Health’, kami percaya bahwa kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat,” tutur Hydration Science Director PT Tirta Investama (Danone – AQUA), dr Tria Rosemiarti).

Advertisements

16 thoughts on “Sudah Cukupkah Konsumsi Air Anda Hari Ini?

  1. Rohyati Sofjan says:

    Air penting banget dalam kehidupan kita. Saya pernah merasakan bagaimana hidup sulit air, sesak sekali. Di satu sisi ada yang berkelimpahan air, di tempat lain ada yang alami kesulitan air.
    Air minum memang tidak boleh sembarangan, klaim tak jelas jangan mudah dipercaya karena bisa jadi hoaks. Miinum air setiap hari dengan jumlah yang cukup itu sangat penting.

  2. Arina Mabruroh says:

    Nah ini nih… yang aku sering lupa. Karena kebiasaan dulu lahir dan tinggal di daerah dingin, di tempat foundernya Aqua, Wonosobo, hehe. Jadinya saya malah jarang minum, soalnya jadi sering pipis, malas ke kamar mandi karena airnya dingin juga.

    Kebawa sampai sekarang, jadi sering lupa minum. hiks. sementara ini sih selalu berusaha nyediain minum di deket2 biar nggak lupa. Tapi kalau nggak gini, lupa minum juga 😦

  3. Reyne Raea says:

    Sejak hamil saya keranjingan minum air putih mba, sampai-sampai tekor beli air hahaha.
    Tapi nggak papa sih, yang penting menyehatkan.
    Dan Aqua mah udha jadi favorit kami sejak dulu, terlebih buat anak-anak, rasanya kalau pakai aqua tenang deh.

    Btw, sedih banget ga bisa ikutan acara menarik ini ya, tapi untungnya udah dapat sharing dari mba 🙂

  4. Jiah says:

    Aku sudah 7 tahun terakhir kayanya doyan banget sama air. Mau tidur, bangun tidur, waktu biasa, air putih gak boleh telat. Dan Aqua memang selalu jadi idola ya

  5. susie ncuss says:

    Sampai saat ini, belum ada bukti/publikasi klinis/ilmiah jenis tipe air tertentu yang kasih manfaat untuk mencegah penyakit berat.
    note banget nih mbk. soale skrg byk bgt yg jual benda2 aneh yg katanya bisa improve kualitas air dan bs nyembuhin penyakit, hahahaha

  6. Herva Yulyanti says:

    ah AQUA customer besar perusahaan aku kerja mba 😀 btw minum air itu hal yang ringan tapi berat dilaksanakan padahal manfaatnya warbiyasah yah duh jadi inget aku belum minum cukup air hari ini

  7. Uniek Kaswarganti says:

    Kerasa banget kekurangan air dalam tubuh tuh ketika pinggang pegel-pegel mba. Duuhh langsung parno kalau badan sudah bereaksi seperti ini. Langsung tenggak air sebanyak-banyaknya. Kadang lupa kalau asupan air harus rutin dalam jumlah yang memadai ya tiap harinya.

  8. Lina W. Sasmita says:

    Kalau berangkat kerja, biasanya saya sediakan minum di botol. Kurang lebih isinya 750 ml. Sebelum break atau istirahat saya targetkan harus habis. Nanti isi lagi sampai pulang jam 5 harus habis. Lumayan sudah masuk ke tubuh 1,5 liter. Nanti di rumah nambah lagi. Jadi itu sih kalau saya mengakalinya.

  9. Elly Nurul says:

    Begitu pentingnya air dalam kehidupan kita ya, jadi harus cukupkan kebutuhan air harian kita agar senantiasa sehat dan jangan sampai kekurangan cairan, saat ini cuaca sedang panas terik jadi konsumsi air penting

  10. Arda Sitepu says:

    Penting banget air dalam kehidupan kita ya mbak, saya aja kadang lupa minum kalau sudah sibuk. Btw Aqua Danone ini dulu pabriknya di kampung saya mbak dari situ senang banget konsumsi air dari Aqua.

  11. Diah says:

    saya juga nih usahain banget sehari itu bisa minum minimal 8 gelas sehari, apalagi sekarang masih menyusui kan, kerasa banget deh itu ASI bisa seret klo kekurangan minum.
    anak-anak pun saya biasakan tuk bisa selalu minum, apalagi si Kakak yg harus selalu diingetin baru minum, hmmm..

  12. Rudi G. Aswan says:

    Aku rajin minum, tapi PR banget buat si sulung karena susah disuruh minum. Walhasil, badannya kering dan kayak ga solid gitu. Mantap banget talkshow-nya, Mbak. Jadi tahu ada hoaks segala seputar air minum ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s