Investasi Jangka Pendek yang Cocok untuk Pemula

Investasi merupakan hal yang harus kamu mulai sedini mungkin baik itu Investasi Jangka Pendek maupun investasi jangka panjang. Bagi yang belum memahami investasi, investasi dilihat sebagai hal yang sulit untuk dilakukan karena biasanya investasi dianggap sebagai hal yang tidak pasti dan membutuhkan proses yang panjang. Padahal sebaliknya, jika kamu sudah memahami apa itu investasi, kenapa kita harus berinvestasi dan jenis investasi yang cocok untuk kamu maka kamu pasti akan langsung mencoba investasi.

Lagi mikir, enaknya investasi apa yhaaaa

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, mereka yang baru dan ingin belajar investasi ini pastinya masih takut dengan risiko panjangnya periode investasi yang biasanya ditetapkan pada suatu investment. Untuk itu kamu yang baru ingin mengenal dunia investasi lebih dalam, mulai dulu dari investasi-investasi yang tidak membutuhkan waktu lama dan waktunya kurang dari satu tahun. Investasi yang seperti ini sangat cocok untuk kamu sebagai pemula yang membutuhkan pelajaran ataupun pengalaman untuk mengenal lebih dalam mengenai investasi.

Sekarang Kita bahas yuk 4 jenis investasi jangka pendek yang cocok untuk pemula.

  • Tabungan

Berbicara mengenai investasi tentunya tidak akan bisa terlepas dari tabungan. Produk tabungan bank ini merupakan salah satu investasi jangka pendek yang bisa jadi pilihan kamu, karena investasi ini cara yang cukup mudah dan efisien untuk menginvestasikan uang kamu. Siapapun bisa melakukan investasi ini mulai dari dewasa ataupun yang masih remaja. Selain kemudahannya dengan produk tabungan bank ini juga bisa kamu tarik kapanpun melalui ATM.

Investasi di tabungan tuh gampang “habisnya” 😀 Selain karena inflasi, juga gegara “lapar mata” lihat aksesoris macem ini niiih, hihihi

Namun, dari segi keuntungan persentase bunganya sangat kecil. Untungnya menggunakan investasi ini kamu tidak memiliki kewajiban untuk menyetorkan dana pada setiap waktunya. Jadi jika kamu sudah membuka tabungan kamu bebas mengisi saldo rekening kapanpun sesuai dengan keinginan kamu.

  • Deposito

Deposito adalah suatu produk yang biasa dimiliki oleh suatu perbankan yang tujuannya untuk membantu para nasabah untuk menyimpan dananya dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan beberapa ketentuan. Deposito juga bisa dicairkan sesuai dengan jangka waktu yang sudah disepakati oleh nasabah dan perbankan, seperti 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan sampai 12 bulan. Jika kamu mencairkan sebelum jatuh tempo maka ada risiko terkena penalti atau denda yang harus kamu bayarkan.

Untuk memulainya, deposito membutuhkan dana minimal Rp.5 juta dengan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan. Suku bunga deposito sendiri berada di angka 4-8%. Semakin lama jangka waktu yang dipilih, bunga yang diberikan juga akan semakin besar. Deposito lebih aman karena tidak memiliki risiko kerugian. Kemungkinan terburuknya hanya bunga yang bisa menurun atau lebih rendah dibandingkan tingkat inflasi.

  • Saham

Saham merupakan bukti kepemilikan seseorang dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Saham baru-baru ini menjadi investasi yang mulai banyak digunakan orang-orang. Jika kamu memiliki saham, secara langsung kamu bisa dikatakan sebagai pemilik perusahaan, tetapi tergantung seberapa besar saham yang kamu miliki untuk perusahaan tersebut. Bentuk dari saham sendiri berupa selembar kertas yang dikeluarkan oleh perusahaan yang menyatakan jika pemilik kertas tersebut adalah pemilik perusahaan dengan porsi berapa persen.

Apabila perusahaan dalam kondisi baik dan meningkat maka nilai dari saham tersebut akan meningkat. Karena itu investasi ini daya tariknya cukup tinggi.

  • Peer-to-Peer (P2P) Lending

Dibandingkan dua poin diatas sebelumnya P2P Lending ini tergolong lebih baru. Walaupun terbilang baru, P2P Lending ini semakin diminati oleh masyarakat, terlihat dari pertumbuhan yang cukup pesat, yaitu tumbuh 32% di awal tahun 2018 dibandingkan tahun 2017.

Untuk memulai investasi jangka pendek, P2P Lending bisa menjadi pilihan terbaik, karena investasi ini dapat memberikan kemudahan, keamanan dan menguntungkan dalam berinvestasi. Terutama jika kamu memulainya di Akseleran,  Konsepnya sangat mudah, hanya pinjam meminjam uang, seperti yang sudah biasa dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Di platform ini, kamu bisa memulai investasi awal kamu dengan modal hanya Rp100.000 dan kamu juga akan mendapatkan hasil rata-rata hingga 21% per tahun.

Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Melalui Akseleran!

Bagi Anda yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai alternatif investasi dengan imbal hasil hingga 21% per tahun kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOGNURUL saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke cs@akseleran.co.id.

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

60 thoughts on “Investasi Jangka Pendek yang Cocok untuk Pemula”

    1. aku paling cuma nabung doang sama invest emas. kalo saham, p2p landingsungguh ku tak mengerti. Padahal udah berkali2 baca dan mencoba pahami .. tp blm lulus2 wekekek..

  1. Hooooo.. Baru tau tentang P2P. Tapi saya biasanya pilih investasi emas saja yang benar-benar pasti. Menabung di bank juga gak mau lama-lama. Kurang dari setahun tarik semua langsung beliin LM. Baru ngisi rekening lagi. Begitu seterusnya. Hihihi.

  2. Aku zaman sekolah sama sekali gak ngerti investasi. Uang jajan juga pas-pasan banget. Sekarang sih dikit-dikit suka nyimpen. Biasanya dalam bentuk barang

  3. Aku udah daftar Akseleran ini, cuma masih bingung mau invest di mana. Aku nggak kenal siapa aja yang ada di sana, jadi isunya itu trust ke yang mau kutitipin duit. Sementara itu, di bursa saham banyak bertebaran emiten yang produknya ada yang aku pake, atau sekedar kutahu namanya. Jadi, sementara ini aku lebih prefere saham.

    Anyway, sebagai sebuah aplikasi Akseleran ini sangat membantu sekali. P2P lending jadi semakin mudah. Daftarnya juga paperless, cukup isi form online, terus foto-foto, beres.

    1. Waaah Mas Eko sudah daftar ya. nah itu dia bingung kita akan memberi pinjaman kepada siapa karena memang orang yang dipinjami harus trust dan amanah. Saya masih mempelajari sistem ini apakah worth atau tidaknya.

    1. Iya ya Mbak kalau mau untuk besar resiko juga besar. Berani bermain besar hasilnya juga bakal besar. Bagi saya yang belum tahu trik-trik dalam bisnis keuangan lebih memilih bermain aman dengan menabung biasa dan menyimpan emas.

  4. Makin beragam tawaran investasi jangka pendek yg bisa dijadikan pilihan ya mba.
    P2P Akseleren sangat boleh dipertimbangkan ini, pendanaan dana investor pd UKM ya.

  5. Karena tinggal di kampung, saya investasi dengan nabung pohon kayu. Pohon alba lima tahun sudah bisa dipanen. Minim resiko.

    P2p ini mungkin seperti arisan digital ya. Menarik. Saya baru tahu ada p2p akseleran

  6. Wah, menarik sekali. Hanya dengan uang 100 ribu, bisa mendanai UKM dengan pengembalian yang lumayan. Ini akadnya jelas, kan?
    Ah jadi penasaran. Ke TKP aah

  7. Harus banyak belajar lagi tentang investasi nih, selama ini paling nabung dalam bentuk emas aja. Tapi kepo pengen belajar juga tentang reksadana atau P2P ini sih, kayaknya asyik juga deh

  8. makin banyak ya cara buat investasi itu, emang bener deh kudu mulai mikir investasi buat income kita, soalnya kata waren buffet kalau kita belum punya penghasilan yg bisa datang ketika kita tidur, tandanya kita akan kerja seumur hidup, wkwkwk jleb bgt

  9. Selama ini nabung dalam bentuk emas, eh tapi ini masuk jangka pendek apa jangka panjang ya? Karena jarang diotak-atik, prinsipnya kalo nabung itu untuk dipake entar entarannn, hehe

    Tapi btw, boleh juga nih P2P lending, bisa investasi dengan modal tidak terlalu besar, dan tampaknya hasil menggiurkan juga nih

  10. Aku masih terbatas tabungan dan reksadana hehe.
    Kalau akseleran nih apa sama kyk kita nanam modal dan punya kyk saham utk usaha itu ya mbak?
    Jd selain investasi juga utk bantuin pengembangan UKM gtu ya

  11. Pernah ada yg bilang tu tabungan nggak masuk investasi karena bunga lebih kecil dari biaya administrasi. Tapi mungkin tiap bank berbeda ya. Investasi tu penting banget memang, kalau nggak uang habis terus.

  12. Bener banget mbak, kalo tabungan tuh kadang masih aja di utak atik ya.. kepake buat ini lah itu lah huhu.. nah investasi melalui P2P lending nih aku yang belum coba karena belum memahaminya, padahal terlihat begitu sangat menjanjikan ya.. dan tentunya bisa membantu orang yang membutuhkan juga ya..

  13. Tentang investasi, aku lebih setuju bahwa investasi saham termasuk investasi untuk jangka panjang. Mungkin untuk tabungan dan emas, bisa kapan-kapan digunakan ketika sudah cuan ya. Aku jg baru belajar menabung ni mba. Semangat yaa

  14. Bisa secara online jaman sekarang untuk investasi, jadi ingat pertama kali ikut reksadana semuanya harus pakai telpon mbak. Btw aku baru tahu P2P Lending mbak.

  15. Baru pertama kali mendengar istilah P2p landing dan ternyata pilihan untuk investasi jangka pendek itu banyak juga ya tapi saya belum coba yang lain selain tabungan

  16. Kalau zaman ibuk2 kita dulu kyknya deposito udah paling tepat ya mbak. Kalau zaman skrng kyknya lbh ok main saham gtu hehe. Atau yg minimal risiki kek reksadana. Pengen sih coba main saham atau inves tapi duite blm cukup gede hehe

  17. Wah, baru tahu juga nih tentang P2P. Alhamdulillah aku punya tabungan dan juga investasi beberapa emas. Tapi masih perhiasan sih belum emas batangan, hehehe

  18. Aman gak investasi ini mbak? Soalnya kalo yg secara nyata memang belum pernah denger dari orang sekitarku hihihi

  19. itu pose lagi mikir investasinya, ketje badai membahana, mba, buahahaha
    Maafkan aku yang salfok.
    Di manakah itu, mba?

  20. Yasss sebelum mulai berinvestasi, kenali dulu jenis-jenisnya dan plus minusnya. Trus tinggal pilih yang sesuai kebutuhan deh ya. Enaknya tuh emang investasi dimulai sejak dini apalagi klo masih single. Blm banyak pengeluarannya kaaaannn

  21. Investasi emang ada banyak banget yah dan emang perlu adanya investasi dan tabungan ini untuk kebutuhan kita mendatang kelak ya kak

  22. Investasi yang baru saya buat ya tabungan emas itu. Udah gitu males-malesan pula nyetornya, banyakan jajannya wkwkwk. Pengen banget deh belajar saham dan sejenisnya, tapi belum sempat juga. Padahal aslinya sih penasaran.

  23. Aku biasanya investasi LM dan perhiasan dan baru sekarang coba reksa dana, pengen tahu juga peer to peer lending ini, makin inovatif ya..

  24. Investasinya menarik ya, Mbak Nurul. Ternyata bisa juga di peer to peer landing gini. Ku kira cuma bisa pinjam aja. Modal awalnya juga cuma 100.000. Makin banyak nih pilihan buat investasi

  25. Udah dari kapan hari aku pengen banget nyobain P2P itu mbak. Sebelumnya cuman fokus nabung sama beli reksadana aja. Dan aku pengen investasi buat ke P2P
    Kayaknya Akseleran ini coocok buat aku invest dah hwhee

  26. Reksadana juga harusnya bisa jadi alternatif yang bagus. Misalnya Reksadana Pasar Uang, potensi return mirip deposito, mungkin bisa lebih tinggi. Modal minimal juga lebih kecil dari deposito. 100 rb udah bisa, malah ada bbrp yg bisa mulai dari 10 ribu. Alternatif lain ada ORI atau SUKUK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: