Nyaman dan Terjangkau dengan Naik Kereta Api Ekonomi

Nyaman dan Terjangkau Dengan Naik Kereta Api Ekonomi

Kereta api menjadi salah satu moda transportasi darat yang sejak dulu sudah menjadi transportasi andalan, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Hadirnya kereta api pun bermacam-macam, mulai dari kereta api untuk mengangkut barang hingga kereta api penumpang yang hingga saat ini masih digunakan. Seiring berkembangnya zaman, kereta api pun juga turut mengalami perubahan. Baik dari bentuk keretanya, fasilitas yang disediakan, dan sistem layanan pembelian tiket yang dari manual menjadi serba teknologi. Sehingga transportasi tua nan merakyat ini semakin eksis dan kekinian sesuai dengan perkembangan zaman yang menyertainya.

Jika Anda merupakan penumpang setiap dari kereta api, tentunya ada alasan tersendiri mengapa Anda memilih moda transportasi ini untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Di mana kereta api juga memiliki kelas-kelas yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda dan budget yang Anda sediakan. Jika Anda menginginkan fasilitas yang maksimal, maka Anda bisa memilih kelas bisnis. Namun, jika Anda ingin naik kereta Api dengan mengeluarkan budget yang tidak terlalu memberatkan, Anda bisa memilih kelas ekonomi. Dengan melalui layanan Traveloka, Anda bisa memesan tiket kereta api dengan mudah dan murah. Beli tiket kereta ekonomi di sini saja yang akan terjamin kepercayaannya.

Jenis Kereta Api Ekonomi

Kereta api ekonomi tidak hanya terdapat satu jenis saja. Namun kereta ini memiliki 4 jenis dengan fasilitas yang berbeda-beda. Apa saja jenis kereta api ekonomi yang disediakan oleh KAI?

Ekonomi 106 Seat

Kursi yang disediakan untuk kereta jenis ini disusun dengan 2-3 secara berhadapan. Kereta Ekonomi 106 Seat pun sudah dilengkapi dengan AC, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kepanasan di dalam kereta. Kereta yang menyediakan jenis ini seperti, Kahuripan, Logawa Progo, Sri Tanjung Pasundan, Gaya Baru Malam Selatan, dan Serayu.

Ekonomi 80 Seat

Untuk jenis kereta ekonomi ini, kursi memiliki susunan 2-2 secara berhadapan dengan kapasitas sebanyak 80 kursi penumpang. Kereta jenis ini pun juga dilengkapi dengan fasilitas AC sentral. Anda bisa menemukan jenis kereta ini pada kereta Bogowonto Gajahwong, Jakatingkir, dan Jayabaya.

Ekonomi New Image 2016

Kereta ini memiliki kapasitas tempat duduk berjumlah 80 kursi. Di mana kursi disediakan dengan model private seat yang dipisahkan dengan arm rest. Fasilitas yang disediakan pun cukup membuat Anda nyaman selama berada dalam perjalanan, seperti AC dan televisi. Anda bisa menemukannya pada kereta Argo Parahyangan, Pangandaran, Ambara Ekspress, dan Sancaka.

Ekonomi Premium

Kursi yang disediakan oleh kereta jenis ini memiliki kesamaan model dengan kereta jenis Ekonomi New Image 2016. Kereta jenis ini pun juga dilengkapi dengan port audio jack. Anda bisa menemukannya pada kereta Mutiara Timur, Jayakarta Premium, Sribilah, Harina, dan Mataram Premium.

Tips Ini Buat Anda Nyaman Naik Kereta Ekonomi

Bawalah Bantal Leher

Untuk menghindari lelah dan kakunya leher Anda, sebaiknya persiapkan bantal leher yang bisa Anda pakai untuk beristirahat selama perjalanan.

Smartphone dan Earphone

2 alat ini usahakan selalu ada di tas Anda. Jangan lupa untuk mengisi penyimpanan smartphone Anda dengan lagu-lagu favorit maupun film yang bisa mengisi kebosanan selama dalam perjalanan.

Bawalah Bekal

Walaupun di kereta juga terdapat penjaja makanan ringan hingga berat dan minuman, namun tidak ada salahnya jika Anda membawa dari rumah. Tidak perlu banyak-banyak. Hanya untuk mengganjal perut Anda di dalam kereta.

Membawa Tas Kecil

Dengan membawa tas kecil akan sangat mengurangi beban Anda dan bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang penting seperti, dompet, smartphone, earphone, dan powerbank.

Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Selama naik kereta, apalagi jika perjalanan Anda jauh, maka gunakanlah pakaian yang membuat Anda nyaman. Anda juga jangan melupakan jaket karena di dalam kereta lama-lama akan terasa dingin karena adanya AC.

Kereta ekonomi jenis apa yang biasa Anda gunakan? Apakah Anda puas dengan fasilitas yang disediakan? Harga yang terjangkau menjadi salah satu alasan utama mengapa naik kereta api menjadi pilihan. Selain itu kereta saat ini pun semakin memberikan rasa nyaman bagi para penumpang. Di mana saat ini hampir semua kereta api ekonomi sudah dilengkapi dengan AC. Sehingga kenapa tidak untuk naik kereta ekonomi? Anda tidak akan khawatir akan kepanasan selama berada dalam perjalanan.

90 thoughts on “Nyaman dan Terjangkau dengan Naik Kereta Api Ekonomi

  1. melinanesiagmailcom says:

    Dunia perkeretaapian memang sudah semakin maju ya, Mbak. Untuk kereta luar kota, kelas apa yang dipilih, aku mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, pergi sendiri atau bareng keluarga. Kalau pergi sendiri atau bareng anak-anak, aku memilih kereta ekonomi kalau perjalanannya jarak dekat aja, misalnya Jakarta ke Bandung. Ekonomi premium sih ya, jadi masih nyaman. Lebih jauh dari itu, aku tetap pilih kelas eksekutif.

    Gimana kalau bareng keluarga? Orangtua ya dalam hal ini. Sudah pasti aku pilih kelas eksekutif. Jangankan orangtua, aku pun sakit punggung kalau duduk di kereta ekonomi terlalu lama. Faktor ‘U’ nggak bisa menipu, wkwkwk …

    Itu aja sih perkaranya, hahaha …

  2. athrikasih says:

    Naik kereta api ini salah satu wishlist aku mbak wkwkwk, soalnya di Pekanbaru ga ada kereta api. Palingan pernah nyoba kereta api bandara yang Medan-Kuala Namu.

    Tapi, pengen naik kereta api kelas ekonomi gini masih dipengenin banget, dan ternyata traveloka sudah ada layanan tiket kereta api. Wuih kalau main-main ke Jawa atau Sumut pengen nyoba deh…

    • Alaika says:

      Hihi, dulu waktu masih tinggal di Aceh, ku punya wishlist yang sama denganmu, Mba Atri. Terus waktu hamil Intan, ku ngidam naik KA, untung sdh tinggal di Medan. Ku sama ayah Intan sampai cuti dari kantor demi naik kereta api. Haha.

      Semoga wishlist ini menjadi nyata segera, ya, Mba Atri. Naik KA tuh asyik banget, apalagi skrg, harganya terjangkau dengan fasilitas yg makin kece!

  3. Ida Raihan says:

    Kereta api ekonomi sekarang jauh lebih bersih dan nyaman dibanding puluhan tahun lalu. Dulu mah, udah banyak copetnya, kotor, dan banyak pengemisnya.

    Alhamdulillah sekarang orang pun sudah.mulai sadar pentingnya jaga kebersihan sehingg tidak buang sampah sembarangan, termasuk saat sedang di dalam kereta.

  4. Shovya says:

    Saya salah satu orang yang belum pernah naik kereta api πŸ™ saat keluar kota pun ga sempat mau naik moda transportasi yang satu ini. Tempat duduknya terlihat cozy, ya mbak. Semoga nanti saya berkesempatan mencoba moda transportasi satu ini ☺️

    • Dian says:

      Dulu pas baru rantau kr jakarta thn 2010, ngerasain naik kereta api ekonomi..
      Duh sgt menderita…
      Skrg naik kereta ekonomi,, nyaman bgt…
      PT KAI sangat berbenah…

      Keren

  5. elisabeth murni says:

    Dari semua moda transportasi, kereta api selalu menjadi favorit saya. Sayangnya kota kelahiran tidak dilalui kereta. Jadi gabisa sering-sering naik kereta. Dan senangnya kereta sekarang sudah nyaman banget, termasuk kelas ekonominya juga layak.

  6. Reyne Raea says:

    Keren banget ya zaman sekarang, makin banyak pembenahan di segala bidang, seingat saya belum pernah naik ekonomi, dulu belasan tahun lalu pernah ke Bandung naik bisnis, tapi rasa ekonomi, panas, dan kemproh hahaha

    • Reyne Raea says:

      Sekarang bahkan kelas ekonomi saja udah bagus banget, layak dan manusiawi, nyaman pula.
      Semakin berkelas lagi, semakin nyaman hihihi.

      Salut deh sama kemajuan pemerintah dalam semua bidang πŸ™‚

  7. komi kendy says:

    Fasilitas dan pelayanan kereta api sekarang udah semakin bagus yaaa. Walau kelas ekonomi juga tetep ber AC, bersih, duduk sesuai tiket n harga tiketnya emang Murmer alias murah meriah. Jadi kangen mudik pulang kampung naik kereta ini mbak..

  8. riawani elyta says:

    terakhir naik KA sekitar 12 tahun lalu kayanya. waktu itu aja udah terasa nyaman karena ngambil yang eksklusif. sekarang pastinya udah lebih nyaman lagi ya

  9. Nchie Hanie says:

    Aku sudah merasakan semua jenis kereta ekonomi Mbaa, tergantung perginya sama siapa dna mau kemana . Pernah waktu itu ke jogya pesen KA Ekonomi segerbong, berisiiik tapi seruuu.
    Nyaman ga nyaman balik lagi ke kita sebagi penggunanya.
    Akutu nyamaaan ajaa, apalagi kalo dah mlipiir ke Restoraji pesen popso hahaa

  10. Maliha says:

    Terakhir aku ke Jogyakarta juga pake transportasi kereta api dengan kelas ekonomi dan akupun puas banget dan senang dengan pelayananannya juga fasilitas yang ada juga dah lengkap, pokoknya favorit deh sekarang kalo kemana- mana via kereta api

  11. bloggergunung says:

    Saya percaya banget kereta api sekarang sudah jauh lebih baik. Pernah nyobain dari waktu naik kereta segerbong sama ternak sampai banyak calo dan copet, hingga kini nyaman serasa naik pesawat. Semoga Indonesia semakin maju moda transportasinya

  12. Lasmicika says:

    Kereta api jelas lebih cepat dan mengefektifkan waktu. Kelas ekonomi juga sudah lumayan bagus ya.

    Yang ngga boleh ketinggalan ya makanan dan minuman. Kalau bareng anak-anak dan perjalanannya jarak jauh, bawa mainan yang paling anak sukai atau buku cerita biar tak bosan.

  13. Rosanna Simanjuntak says:

    Cerita tentang kereta api selalu aku sukai.
    Mungkin karena moda inilah yang sarat dengan masa kanak-kanak ketika di Sumatera Utara.
    Apalagi di Balikpapan, bumi tempat aku berdiam, kereta api masih berupa mimpi, hihihi, semakin kangenlah aku padanya.
    Itulah kenapa setiap ada kesempatan pas ke Jawa, moda kereta api selalu menggoda. Selalu!

  14. Rhoshandhayani says:

    aku biasanya jember-jakarta naik kereta yang ekonomi
    jember-solo pun juga naik ekonomi
    aman2 aja dan enak2 aja kok
    naik bisnis saat dari jember-surabaya aja, pesan go-show, harga 200.000an bisa jadi 100.000. tapi cuma bisa dipesan H-2 jam

  15. Jalan-Jalan KeNai says:

    Kalau dibandingkan kereta ekonomi dulu dan sekarang memang udah jauh beda kenyamanan. Sekarang udah nyaman. Gak ada lagi penjual dari luar mondar-mandir, desak-desakan, dan suasana suram. Pakai AC pula πŸ™‚

  16. Dian Radiata says:

    Pokoknya yang namanya kereta api ekonomi ini emang transportasi favorit banget dah. Apalagi kereta ekonomi sekarang udah jauh lebih nyaman. Tapi kadang aku ngerasa kangen ama kereta ekonomi jaman dulu, yang banyak penjual makanannya hehehe

    • dewi adikara says:

      Wah Dewi jadi kangen naik kereta lagi nih. Skrg kondisi kereta juga makin bersih dan nyaman. Cattan yang paling Dewi bikin galfok, bawa bantal leheeeer, bener banget tuh bisa duduk dan beristiraha di perjalanan lebih maksimal😍

  17. monicaang says:

    Aku sempat merasakan naik kereta ekonomi di masa lalu dan rasanya ampun-ampun. Tapi pertengahan tahun lalu nyobain naik kereta ekonomi lagi ke Semarang, ternyata sudah jauh lebih enak ya dibandingkan dulu. Bisa hemat budget transportasi kalau naik kereta ekonomi ke mana-mana

  18. Mpo Ratne says:

    Biarpun bukan duduk di kelas bisnis tapi lumayan juga ya bisa santai tanpa kegerahan saat travelling mengunakan kereta api ekonomi.

    Bagi Mpo Yang penting sampai dengan selamat dan selamat di kantong juga

  19. hidayahsulistyowati says:

    Enam tahun terakhir ini aku memilih naik kereta api kalo ke Surabaya atau Jakata. Suka sih karena sepanjang perjalanan bisa melihat bermacam pemandangan. Naik KA ekonomi juga pernah, yang duduknya 2-3 berhadapan itu. Kalo nggak bawa bantal pun bisa sewa dan harganya murah

  20. Lusi says:

    Suamiku setiap bulan naik kereta, kadang sekali, kadang berkali-kali. Sering juga ekonomi tapi selalu ngeluh karena leg roomnya terlalu sempit utk bapak2. Bapak2 kan nggak punya ketrampilan nglipet kaki kayak ibu2 heheee

  21. bloggergunung says:

    Sering banget naik kereta api ekonomi. Tapi gak tahu termasuk jenis kereta ekonomi yang mana dari empat jenis yang disebutkan dibatas itu. Hehehe

  22. Inda Chakim says:

    Aku naik kereta ekonomi yg KRD itu mbk Nurul, hampir tiap hari pas kuliah dlu. Tarifnya yg murah membantu bgd bagi aku si mahasiswa yg kuliah modal nekat doank. Hahay. Alhamdulillah, krd sudah nyaman, adem juga bersih.

    • Inda Chakim says:

      Kalau pergi jauh juga belakangan ini aku lebih sering naik kereta api. Kayak kemaren waktu aku jln2 ke malang, tarif kereta kelas ekonomi dr Ketapang Banyuwangi sampai Malang cuma 65 atau 67 ribuan gitu. Murcek cekali ku suka hahaha

  23. dapurhamsa says:

    Alhamdulillah udah khatam kalau naik kereta api ekonomi hehe. Yaaa ada pegelnya, tapi asyiknya lbh murah dan lbh menikmati perjalanan. Yg penting dibikin enjoy aja sih perjalanannya hehe

  24. Nurul Fitri Fatkhani says:

    Sekarang kalau jalan-jalan di dalam kota, keluarga saya suka memilih naik kereta api ekonomi. Waktu tempuhnya lebih singkat, daripada harus kena macet di jalanan.
    Apalagi sekarang kereta ekonomi sudah nyaman, pakai AC dan ada colokan listriknya

  25. lyamalia says:

    Jadi inget dulu pas masih naik kereta api ekonomi sampe kapok karena banyak banget pedagang yg masuk. Sekarang, kelas ekonomi, udah jadi kayak kelas bisnis. Perjalanan dari solo-jakarta nyaman banget

  26. yenisovia says:

    Kereta api banyak sekali perkembangannya ke arah yang lebih baik ya mba. Aku inget banget dulu waktu pertama kali naik kereta api, kotor, bauk, banyak orang berdesak-desakkan dan banyak yang jualan berlalu lalang. Tapi sekarang ya ampunnnn jauhhh banget keadaannya. Nyaman banget deh

  27. Caroline Adenan says:

    Wah aku baru tau kalo kelas Ekonomi ada banyak macamnya. Kupikir cuma 1 kelas aja.
    Kalo gak terburu2 waktu, dan budget limited, gak masalah soal kenyamanan, kelas ekonomi bisa jadi pilihan. Sekarang kelas ekonomi juga sudah lebih baik ya.

  28. Eri Udiyawati says:

    Asli aku kangen naik kereta api. Sudah lama banget enggak naik kereta. Dulu liburan ke Jogja naik kereta api dari Purwokerto. Naik kereta api ekonomi juga yang murah meriah, tetapi cukup nyaman. Dan aku baru tahu juga kalau jenis-jenis kereta api ekonomi itu ada beberapa. Dibedakan dari tempat duduknya. Aku pikir yang membedakan kereta api hanya kelasnya saja seperti dari ekonomi, executive, bussiness, atau lainnya.

  29. Dawiah says:

    Dari semua jenis kendaraan umum, saya paling suka naik kereta api, tapi yang ekslusif. Kalau pakai ekonomi sukanya kalau pas berempat, takut lutut beradu dengan orang lain, hehehe

  30. bloggergunung says:

    Jadi pengen segera naik kereta Cianjur Bandung yang baru saja digadang-gadangkan akan segera rilis nih. Warga Cianjur selama ini punya rel kereta tapi ga ada keretanya hahaha…
    Beruntung saat menteri Jonan jalur Sukabumi Cianjur sudah bisa digunakan. Eh Cianjur Bandung mau bersiap, menteri Jonan keburu diganti. Terbengkalai deh tuh rel keretanya. Baru sekarang inj ada gembar gembor akan segera bisa dilalui

  31. Linimasaade says:

    bener banget mbak. meskipun eknomi tapi tetap nyaman kereta sekarang tidak seperti dulu. Kalau dulu kan ada tukang asongan dan perlu banget bawa makanan karena makanan di kereta mahal heheh.

  32. Bety Sulistyorini says:

    Wah emang asik naek kereta jaman now ya mba. Nggak kayak jaman aku kecil dulu nek naik kereta tersiksaa. Panas dan buanyak tukang jualan hehe. Sekarang mah keretanya bagus-bagus, makanannya enak trus fasilitasnya juga oke. Bahkan untuk yang levelan KA ekonomi aja udah keren kek gini.

  33. Jeanette Agatha says:

    Aku jadi pengen pergi ke luar kota menggunakan kereta api. Apa lagi sekarang kereta api yang kelas ekonomi uda sangat nyaman dan bagus. Jadi mau pergi dengan budget terbatas masih bisa naek yang kelas ekonomi πŸ™‚

  34. Diiiah says:

    Wajib bawa bekal.

    Saya pertama kali ngajak tiga bocah naik kereta ekonomi premium, madiun-jogja, pede ga bawa bekal.

    Pikir saya, ah paling 3 jam cuman.

    Ga taunyabocah2 rewel.

  35. Rohmahdg says:

    Sekarng naik kereta api kelas ekonomi suka bawa jaket. Karena kadang AC nya terlalu strong wkkwkwk. Kuingat jaman dulu boro boro naik kereta api ekonomi pake jaket, bisa bisa kobong dehh tubuh
    Aka panas bin syumuukk mbak hehehee
    Jika bepergian ada pilihan kereta api. Aku akan pilih moda transportasi KAI ini mbak heheee

  36. Dedew says:

    Aku dulu seringnya naik KA eksekutif, tapi sekarang yang ekonomi makin nyan akhirnya beralih biar lebih irit hihihi mau ke Surabaya naik Ambarawa Ekspress kayak gimana ya keretanya, moga cukup nyaman

  37. Tian Lustiana says:

    Naik kereta juga nyaman yah, apalagi sekarang kereta api Indonesia makin oke aja nih, duh jadi ingin ke Yogyakarta lagi naik Kereta.

  38. Widi Utami says:

    Aku terakhir kali naik kereta api lebaran tahun lalu. Hihihi. Tapi memang cukup nyaman meski naik kerata api ekonomis, ac dingin, toilet bersih. Cuma ya jarak antar bangku memang ga bisa leluasa gerak buat ibu yang bawa balita. πŸ˜†

  39. Prita Hw says:

    Andalanku banget nih mbak, kalo pergi sepaket ma suami dan bayik. Ekonomi sekarang udah nyaman banget, apalagi yg lain. Asiknya juga bisa tetep ngobrol sama penumpang lain, hehe

  40. Lina W. Sasmita says:

    Pernah merasakan suasana kereta zaman dulu dimana penumpangnya duduk desak-desakan di atas gerbong kereta. Terlebih di dalam. Namun kini salut, karena semakin membaik pelayanan kereta api. Tidak ada lagi yang over penumpang sampai ke atap, tidak ada tukang jualan asongan, toilet lebih bersih dan hal baik lainnya.

  41. niaharyanto says:

    Sekarang mah kereta api ekonomi juga nyaman deh. Aku pernah naik. Gak panas dan desak-desakan. Gak kayak zaman baheula. πŸ™‚

  42. Hanifa says:

    Terakhir naik kereta api 4 bulan yang lalu. Kayanya pengen ngerencanain buat pergi ke luar kota pake kereta api lagi deh. Lebih cepet dan murah soalnya hehehe.

  43. Wiwied Widya says:

    setuju banget nih, kereta ekonomi sekarang udah nyaman banget kok. Baru minggu lalu aku naik kereta ekonomi. BerAC, tempat duduk bersih, dan pembelian tiketnya juga online.Jadi praktis bgt. Sampai stasiun bisa lsg naik kereta. Nggak pake drama2.

  44. Sapti nurul hidayati says:

    Saya jarang ke luar kota naik kereta. Kalau pun pernah itu sudah lama sekali ketika masih kuliah. Waktu itu bersama ibu berkunjung ke tempat kakak naik kereta api senja utama dari Jogja. Dan memang kereta api alat transportasi darat paling nyaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s