Tiga Motivator Online

Haihai! Masih betah di rumah aja nih gaes?

Yeah, walaupun mbencekno (menyebalkan), gimanapun juga kita kudu ikhlas dengan kebijakan apapun yang muncul di musim pagebluk ini. Sedapat mungkin, yuk yuk, kita patuhi himbauan untuk tidak berkumpul, say no to kongkow cantik, atau arisan sosialita. Percayalah, insyaALLAH pandemic ini akan segera berakhir!

Yang jelas, kita kudu mengoptimalkan sumber daya yang ada, agar tidak rentan terjerat stress, depresi ataupun gangguan mental lainnya. Maklum dah, terkungkung nyaris setahun memang rasanya tidak enak πŸ˜€

Saya punya beberapa motivator nih, yang senantiasa menemani dalam suka dan duka (haish!) selama berada di rumah aja. Siapa aja mereka?

(1). Puguh Kristanto Kitchen

Sebenarnya, saya ini termasuk tipikal emak-emak yang lebih suka mejetin GrabFood dan GoFood ketimbang disuruh masak πŸ˜€ Yah, intinya saya nggak terlalu hobi masuk dapur. Kemudian, booom, si corona datang tak diundang, diusir juga nggak kunjung hengkang πŸ˜› . Walhasil, saya pun tersiram hidayah untuk coba-coba uprek resep di dapur.

Eh, ternyata, masak tuh banyak tekniknya ya πŸ˜€ Karena itu, saya lebih demen ngelihat YouTube masak-memasak ketimbang deretan resep tulisan dan foto doang. Dari sekian banyak YouTuber ahli masak, hati saya tertambat pada satu akun: Puguh Kristanto Kitchen

Si jago masak ini asli arek Mojokerto, Jawa Timur. Videonya rapiii banget. Properti yang dia pakai juga sangat enak dipandang. Dan yang paling bikin betah, Puguh tuh tipikal arek yang ceplas-ceplos dan kalau ngomong apa adanya. Lucu bin kocak, padahal dia nggak lagi bermaksud untuk ngelawak!

Walhasil, saya pantengin semua (literally, SEMUA!) video masak lauk-pauk, sayur mayur, plus baking aneka roti/kue yang tersaji di channel-nya. Yang lebih uhuy lagi nih, Puguh sering membagikan tips baking tanpa oven, tanpa mixer! Gokiill sih ini, soale biasanya ibu-ibu kan suka excuse, β€œSaya ga bisa bikin pizza buat anak, soalnya ngga ada microwave oven.” Nahh, buibu coba dehh, pantengin video-nya Puguh. Niscaya bakal termotivasi buat terjun ke dapur dan mempersembahkan masakan penuh cinta untuk keluarga! SARANGHEYOOOO, Puguh πŸ˜€

(2). PenyogaStar

Udah tahun 2021 nih, artinya saya makin tua (ya iyalah, mosok jadi muda lagi? Emangnya lagi syuting drakor 18 again? Wkwkwk). Jadi tua itu pasti, jadi keriput itu pilihan *halaaghh* Slogan ini yang terpampang nyata dalam hidup aku. Gimana caranya deh, saya aging gracefully. Kalo bisa, keriput, uban, menopause, jangan mendekat dulu yhaa

Tidak bisa tidak, saya kudu merawat jiwa raga. Terapkan gaya hidup sehat, itu jargonnya. Realisasinya? Wakakakaka, numpang ngakak bentar lah. Namanya burger, sosis, bakso, rawon dengan lemak daging (gajih) seabrek, itu kok ya masih nangkring di piring hidangan yhaa.

Karena belum berhasil mengatur pola makan dengan baik dan benar, saya berupaya mencari solusi. Yeah, makan rada ngawur binti ugal-ugalan, tapiii… kayaknya bisa deh, diimbangi dengan OLAHRAGA!

Awalnya, saya demen Zumba. Sekaligus menyalurkan Hasrat joget tak terkendali, ye kan πŸ˜€ Saya berburu video Zumba via Youtube, dan ulalaaa…. Keringat mengalir derasss seiring Gerakan yang makin intens!

Akan tetapi, beberapa bulan belakangan, saya ngerasa, ya ampuuun, Hayati Lelah banget yhaa ber-zumba. Apakah ada alternatif olahraga lain, yang menyehatkan jiwa raga dan nggak bikin bodi jompoku berkeluh kesah?

Voilaaa…! Alhamdulillah, saya gabung di WA grup blogger, dan salah satu blogger kesayanganku, mba Swastikha bilang kalau doi makin sehat setelah rutin yoga. Selain itu, mba Mira Sahid, Founder Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) juga kerap meng-encourage untuk rutin yoga. Yuhuuu! Yuk cuss mari kita cari video yang bikin acara yoga kian fun!

Setelah blusukan di YouTube, ketemulah: PENYOGASTAR.

Channel YouTube ini menyajikan aneka ragam Gerakan yoga yang sip markosip. Mulai dari: Yoga untuk Pemula, Yoga untuk backpain, Yoga untuk awet muda dan menunda menopause, sampai Yoga supaya mudah hamil. Nah, pentiiiing banget kan, untuk coba tiap-tiap gerakannya. Penyogastar adalah motivator untuk diriku yang makin sehat, kuat, awet muda dan Bahagia di 2021, yihaaa!

(3). Han Ji Pyeong

Jangan ketawa, jangan ketawa plisss HUAHAHAHHAHHA πŸ˜€ Buat yang mengenal saya circa tahun 2010-an, niscaya tahu kalau saya tuh heraaannnn ama orang-orang yang addicted banget ama serba-serbi Korea. Intinya, saya bingung, apa sih yang bikin mereka jatuh cinta sama Hallyunisasi ini?

Sampai kemudian, pandemic datang, dan….. semua orang bakal (terjebak) Ke-korea-an pada waktunya. πŸ˜€ Intinya, saya ketulah!

Beragam Drama Korea (drakor) baik yang jadul, maupun yang lagi on-going, saya tonton dengan seksama. Dari sekian banyak karakter yang nongol di sana, ada satu oppa (mas-mas) yang beneran bikin nyessss. Gak tau, dia tuh pesonanya luar biasa! Cara bicaranya, cara senyumnya (oh, dekiknyaaaa), gestur tubuh, cara cursing-nya, semua kayak satu paket komplit yang bikin tokoh Han Ji Pyeong (di drakor START UP) ini berhasil memorakporandakan jiwa dan kalbu saya! πŸ˜€

Seorang Han Ji Pyeong adalah motivator kehidupan. Dia yatim piatu, dan konon, anak Yatim Piatu tuh di KorSel masuk kasta terendah gitu. Kenapa? Karena sering dicurigai sebagai β€œanak yang tidak diinginkan” (you know lah, anak yang dibuang ortunya lantaran hubungan di luar pernikahan).

Han Ji Pyeong (HJP) tumbuh sebagai anak yatim piatu yang jago berinvestasi, bisa melipatgandakan duit dari 8 juta jadi 80 juta, hanya dalam kurun waktu setahun! Dia juga sayang banget dengan Halmeoni, nenek yang menampungnya tatkala HJP luntang-luntung sesaat setelah diusir dari Panti Asuhan.

Tumbuh dewasa, HJP sempat lost contact dengan Halmeoni. Tapii, doi kemudian ketemu Halmeoni tersayang, dan RELA MELAKUKAN APA AJA demi bikin Halmeoni Bahagia. Aduh aduuhh, melting banget dah, dengan karakter HJP ini. Ingat, bundaaaa, HJP ini FIKTIF yhaaa wkwkwk.

***

Eh, for your info aja, biasanya saya mengakses aneka video YouTube itu di malam hari. Kenapa? Soalnya, kalau pagi – siang – sore kan ribet ama kerjaan, plus anak juga lagi PJJ di rumah. Jadinya, saya mengandalkan Akses Internet Makin Cepat di Malam Hari dengan Extra Unlimited Malam Full Speed dari Smartfren.

Buat kalian yang lebih sering beraktifitas malam hari, bisa menggunakan New Benefit dari Smartfren dengan Extra Unlimited Malam Full Speed pada pukul 01.00-05.00 WIB. Lebih puas berinternet semaunya sampai pagi tanpa rasa khawatir, Extra Unlimited Malam Full Speed dapat kita gunakan selama masih memiliki kuota utama. Berinternet malam hari jadi lebih Extra karena benefit tersebut berlaku bagi para pengguna Smartfren Unlimited dan Kuota Nonstop. Makin Extra, makin Unlimited, makin Nonstop dengan kelebihan yang ditawarkan Smartfren sebagai pelopor paket unlimited di Indonesia. Keuntungan dari kartu perdana Unlimited sendiri kalian bisa akes selama 24 jam, berlaku nasional dan di semua aplikasi. (*)

105 thoughts on “Tiga Motivator Online

    • Okti Li says:

      Saya pun sampai baca ulang. Hahaa….
      Usia boleh berbilang banyak tapi hati tetap sweet seventeen ya…

      Saya malah sempat gagal fokus sama foto di awal, Mba Nurul Mba Avy sama Joe itu…

  1. Katerina says:

    Aku udah serius lhooo baca 2 motivator yang disebut, lalu tawaku meledak pas baca yang ketiga haha. Tapi benerlah mbak itu, karakter dalam drama pun bisa motivator buat kita ya.

    • niaharyanto says:

      Haha bener. Aku sering begini. Dapet motivasi dari tokoh fiksi yang aku lihat di film atau drakor. Banyak yang bisa diambil pelajaran, motivasi, dan hikmahnya.

  2. Nchie Hanie says:

    Hahhahaa ngakaak, menyalurkan hasrat joget yang tak terkendali, cieee ngezumba kbayang tuh, musik kmana giyang kmanaa, wakakkakaa. Kalo aku pun suka yoga karena kalem, belajar mengendalikan nafass, padahal mah kalo lihatin instruktur yg unyu2 , nafas tak terkendlai jugaa hahaa..
    Salut sama tiga motipatornyaa,

  3. Nchie Hanie says:

    Hahhahaa ngakaak, menyalurkan hasrat joget yang tak terkendali, cieee ngezumba kbayang tuh, musik kmana giyang kmanaa, wakakkakaa. Kalo aku pun suka yoga karena kalem, belajar mengendalikan nafass, padahal mah kalo lihatin instruktur yg unyu2 , nafas tak terkendlai jugaa hahaa..
    Salut sama tiga motipatornyaa,

  4. Maria G Soemitro says:

    Hahaha Mbak Nurul pilih Han Ji Pyeong
    Saya keukeuh Nam Do San 😁😁😁😁
    Saya juga selalu mantengin resep tapi kok Puguh Kristanto Kitchen terlewat ya?
    Auto kesana πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

  5. rafahlevi says:

    Ahahaha…atulahh yang no.3 bikin aku ngakak… mak nurul… bisa-bisanya nyelipin pak bos ganteng sebagai motivatornya disini.. jangan ngadi-ngadi mak itu gebetan aku πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† aghhh artikel ini terlalu menghibur buatku. Oiya.sepertinya aku juga kudu melipir penyogastar aku juga ingin motivasinya biar mau olah ragaan jangan mak nurul aja yang muda terus aku yg muda juga menolak tua hahaha…..

  6. rafahlevi says:

    Hahaha….atulahhh no.3 bikin aku ngakak..
    Bisa-bisanya mak nurul nyomot pak bos ganteng as motivator πŸ˜‚πŸ˜‚ jangan ngadi-ngadi mak itu gebetan aku…
    Aku juga mau melipir penyogastar aghhh biar termotivasi olahragaan, jangan mak nurul aja yang muda terus, aku yg muda juga menolak tua πŸ˜†πŸ˜†

  7. julia pasca says:

    Selalu terhibur dengan tulisan mbak nurul,,wuakakaka

    auto ikutan juga ah ngepoin channel youtube yang disarankan mbak nurul, kecuali yang terakhir, ogah aku mbak, ngepoin yang oppa,,,aku kan dah bersuami, loh..kok…loh..kok….wuakakak

  8. naniknara says:

    Samaan nih, niatnya menjalani pola hidup sehat, tapi kalau dengar tok tok tukang bakso lewat langsung ngacir ambil mangkok.

    Paket midnight unlimited ini jadi teman terbaik buat yang suka begadang ya

  9. annienugraha says:

    Hahahahaha. Sepakat deh untuk orang ke-3, Han Ji Pyeong. Saya suka penggarapan karakternya. Meskipun peragu dalam soal cinta tapi kekuatan mental dan pemikirannya dalam bidang bisnis layak dicontoh oleh anak muda yang ingin sukses.

  10. ophiziadah says:

    Mantul Mba Nurul…
    Bs banget deh menyiasati kebosenan masa pandemi dengam hal yg fun sekaligu bermanfaat.
    Pasti sekarang makin jago masaknya, makin sehat, dan makin happy…
    Kudu pinter2 emang menyiasati pandemi ini biar ttp sehat dan bahagiaa…
    Sehat2 selalu mbaa

  11. Ucig says:

    🀣 aku jg sukanya mencet2 ituu.. anak2 daring. Bentar2 makan nanya camilan haduh.
    Motivatornya yg terakhir, nggak kuat πŸ˜† benar memotivasi yaa

  12. Juliastri Sn says:

    Wah, ku juga suka berburu channel Youtube yang insiratif seperti ini. Memotivasi baget kala malas mendera. Dan yang penting, internet lancar jaya adalah koentji supaya acara nonton YT bebas tanpa hambatan..wuzz..

  13. Nurul Sufitri says:

    Hiihiihi…motivator pertama dan kedua serius. Eh yang ketiga bikin ngakak hahahaa πŸ™‚ Tapi bagus sih demenan kita diikutin apalagi kalo menginspirasi hehehe πŸ™‚ Wah, kalo nonton drakor pakai Smartfren enak ya, lancar semua. Ga puyeng mikirin kuota kan unlimited 24 jam, mantap.

  14. Nurhilmiyah says:

    Wah jadi deh artikel tridop tema 18 Januarinya ya Mbak,, ttg motivator selain keluarga. Btw yg Han Ji Pyeong hype banget yaa motivatornya,, menyadarkan bahwa keterbatasan kondisi bs melahirkan kreativitas dan daya juang, sippp

  15. Susi says:

    Pandemi ini mau tidak mau memang kita harus survive ya. Bahkan dengan tontonan yang ada. Kebetulan saya tidak kenal ketiga tokoh itu, tapi jiwa meronta ingin kenal mereka. Seru juga. apalagi sosok ganteng yang sering ajarin masak mudah ini.

  16. Dian says:

    wah klo ada akses internet Makin Cepat di Malam Hari dengan Extra Unlimited Malam Full Speed dari Smartfren ini nonton drakor dengan lancar dan gembira pastinya, ya mbak
    siapa tahu bisa nonton ulang Start-Up biar makin termotivasi sama pak han, hehe

  17. Dedew says:

    Pantas rajin banget online nya sampai bisa mantengin semua video masak-masak chef di internet ternyata gegara Smartfren yaa yang kuotanya unlimited dan murah…

  18. Eri Udiyawati says:

    Aku juga hoby banget mencet-mencet di GoFood dan GrabFood. Serasa dunia kuliner ada semua. Ya ketimbang masak, ribet.

    HJP, uwuu uwuu emang sih bener banget. Penyemangat dan motivator teruwuuu. πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚

  19. astin astanti (@astinas) says:

    Sama Mbak, semenjak korona datang, aku makin rajin di dapur. Dan ternyata memasak itu gak seribet dan sesusah yang kita bayangkan.

    Buat mantengin Youtube para motivator keren memang butuh paket data dan internet yang unlimited ya, biar gak nanggung pas dengerinnya. Smartfren hadir memberikan solusi

  20. Lidya says:

    Seru ya nonton video motivator ini. Aku cuma ngikutin PENYOGASTAR soalnya suka yoga juga hehehe.
    Pak Han tipe yang pura-pura tapi perhatian ya hehehe. AKu sempat gak move on kemarinini setelah selesai drakornya

  21. Larasati Neisia says:

    Lhoo ada Han Ji Pyeong wkwkwk, tapi emang bener sih dia bisa jadi motivator kalo di kehidupan nyata. Gara-gara Start Up aku jadi kepo sama drakor-drakornya Kim Seon Ho mbak. Memang luar biasa second lead syndrome ini.

  22. Anggraeni Septi says:

    meski dirumah aja tetep sehat dengan beryoga nih mba Nurul, apalagi sekarang striming yutub yoga nggak takut lelet alias loading lama lagi dagh kalo pakai Smartfren, mantul dagh. Makin krasan di rumah, jadi lupa Royal Plaza yak wkwk πŸ˜€

  23. Adriana Dian says:

    abis baca ini aku langsung searching puguh kitchen nih di yutub, biar ikutan terinspirasi juga ngoprek dapur buat cemilan anak-anak.. hihi. Makasi infonya maaak

  24. aswindautari says:

    Whahaha.. Saya ikutan ngakak mba sama karakter yg ketiga.

    Jujur mba aku suka drakor ini sjk menikah doang malah. Dulu waktu remaja suka heran liat temn suka drakor. Aku ikutan nonton jenis kek BBF tp gak suka. Tyt makin kesini industri drakor ceritanya makin seru. Jd addict. Ealah kok curhat

  25. Aprillia Ekasari says:

    Aku juga punya idola online mbak tapi bukan youtuber sih hehe, eh ada sih yang punya YT tapi bukan yang utamanya.
    Kalau tokoh dalam pilem yg kufavoritkan, hmm, ada juga sih πŸ˜€
    Suka banget kalau para idola ini cerita kehidupannya dan memberi inspirasi.
    Kadang berharap bisa ketemu mereka langsung, ya kali suatu saat nanti bisa hehe

  26. Nia Nurdiansyah says:

    Si Mas Puguh ini emang asik sih ya klo ngasih tips masak2 semua jadi kerasa mudah, dari mulai bahan juga simpel cara bikin juga ga ribet. Klo yg yoga itu aku baru tahu Mbaa… Mau coba nonton ahh

  27. pujiaman says:

    Aku kirain 3 motivator itu yang ada didalam foto pertama.
    Eh ternyata PUGUH KRISTANTO KITCHEN, PENYOGASTAR dan HAN JI PYEONG.
    Untuk yg terakhir bikin halu hati, ngebayanginnya.

  28. Rosanna Simanjuntak says:

    Terpesona akutu sama 3 motivator online mba Nurul!
    Sudah serius aja akutu.
    Tiba pada paragraf terakhir, ya ampyuuun, ada iklan lewat, bruakakaka.

    Btw, boleh nih 2 motivator pertamanya aku adopsi juga.
    Mas Puguh dan Penyogastar!
    Catat!

  29. Diah Kusumastuti says:

    HJP merasuki seluruh sendi kehidupan mbak Nurul.. Yihaaa.. hahaha.. guyon, Mbak.
    Memang di suasana kaya sekarang perlu motivasi dari orang-orang yang kita sukai, ya. Dan alhamdulillah ada paket extra unlimited malam dari Smartfren ya. Bermanfaat banget tentunyaaa πŸ™‚

  30. Ruli retno says:

    Hahaha semua akan korea pada waktunya ya mbak, syukur yg mbak pilih itu tokoh fiktif ya. Andai tokoh itu nyata bakal banyak cewek bucin ke dia ya bisa2 banyak emak juga keangkut ikutan bucin hihihi

  31. Milda Ini says:

    untuk film koreanya, saya gak tahu dia, hahaha, dan gak tahu juga dramanya, hahaha. pilihan yah, tapi yang penting kalo ada kuota asik aja kepoin siapa aja, tanpa hambatan. yang yoga aku lagi fokus nih..

  32. Kurnia amelia says:

    Pak Han tuh future husband banget deh suka karakter dia di Start up yang menginspirasi banget terus dia di dunia nyata juga gitu karena belum lama menyjmbang 1 miliar lebih untuk anak-anak penderita kanker.

  33. Rudi G. Aswan says:

    Ga ada yang akrab nih motivatornya, tapi setuju buat paket smartfren emang andal kok.. Dulu sebelum pindah dari Bogor dan awal pindah ke Lamongan juga andalkan Mifi smartften, sangat membantu pekerjaan menulis dan digital work.

  34. duniabiza says:

    wohooo luar biasa energinya mba, bisa full pagi siang sore plus malam berburu youtube.. Tapi emang ya kalau jaringan lancar bisa jadi lupa diri. Hihii.. Sehat selalu mba semoga pandemi berlalu dan memang senang pastinya punya motivator di setiap keadaan ya….

  35. Ina Tanaya says:

    Wah hebat sudah menemukan 3 motivator untuk kegiatan mulai masak, yoga sampai nonton. Apalagi dengan smartfriend. Semoga makin lancar…

  36. Erly Damayanti says:

    Puyuh Kristanto Kitchen itu arek Mojokerto ya Bun? Wah saya juga dari negara yang sama dengan mas Puyuh, arek Moker juga hehee.. istirahat sebutan bagi Kota Mojokerto itu Moker. Jadi penasaran nih sama channel YouTube mas Puguh, cuz ah.. setelah ini biar bisa ikutan nyobain resep mas Puguh seperti bunda.

  37. renov says:

    Pakai unlimited smart fren, bisa memindahkan acara mantengin motivator favorite ke jam dini hari ya mbak. Anw, dari artikel ini saya jadi tahu kalau penyogastar punya youtube channel. Setahu saya sanggar yoga nya di ibukota penuh dengan artis hehe.Jadi ingin tengok tengok

  38. Cicajoli says:

    wkwk semua pakai internet ya mak, pantengin channel masak di youtube, Yoga juga youtube dan drakor lagi (apalahi) yang durasi nya paling panjang. Cocok banget sih pakai inet Extra Unlimited Malam Full Speed dari Smartfren, bye buffering! πŸ˜€

  39. Widy Darma says:

    Waduh ujungnya hehehhe. Kalau motivator onlineku adalah Ibu Novita Tandry, pakar parenting. Kalimat-kalimatnya menohok sekali namun juga menambah sabar dan semangat bagi orang tua.

  40. Mei Wulandari says:

    Dari motivtor dia atas aku tahunya cuma Han Ji Pyeong mba ahahaha
    dan yaaah aku suka bingiitsss, mana ganteng banget lagi huuaaa
    apalagi dia bisa melipatkan uang jadi banyak wkwkw
    aku sih juga mau

  41. herva yulyanti says:

    ya aku malah tahunya yang penyogastar aja mba apalagi yang ketiga karena ga nonton drakor jadi ga tahu deh hahaha

  42. atiq says:

    waah beruntung yaa kita di jaman sekarang meski di suruh di rumah aja tetep banyak hiburan, informasi dan apa aja mudah didapatkan cuma lewat internet. Yang penting kuota ada dan jaringan lancar, hehehe

  43. ariefpokto says:

    Banyak sekali motivator online yang bisa Kita serap ilmunya , dan semuanya gratis. Bikin hati senang dan nambah ilmunya banyak

  44. Triani Retno says:

    Tua itu pasti, keriput itu pilihan. SETUJUUUUU! Hihi…. Apalagi sekarang banyak skinker. Bisa lah berupaya meminimalkan keriput di wajah.

    Btw, aku juga nggak punya oven apalagi microwave. Bikin pizza buat anak-anak ya pakai wajah aja, diakal-akalin. Untuk menu lain yang nggak bisa diakalin pakai wajan, hm… GoFood dan GrabFood masih ada, kan? πŸ˜€

  45. J i n g g a says:

    Aku malah memggarisbawahi bagian HJP yang anak yatim piatu itu kak. Baru tahu kalo di sana dianggap kasta terendah. Kasian banget yaa. Kalau di Indo ada kasta2an kayak gitu, pasti banyak banget skrg yg memandang rendah anak2 di panti yaa. Alhamdulillah indo ngga ada kayak gitu

  46. Dawiah says:

    Ahaaa… saya ketemu teman nih. Tidak pandai masak lalu belajar masak, suka ngejek orang yang ngedrakor tapi kemudian ikut2an ngdrakor hahaha, semua gara-gara coronces.

  47. renayku says:

    Sa ae nih bikin tulisannya haha.. Penyogastar sih aku mayan sering ikutin gerakan yoganya.. ngakak pas Han Ji Pyeong jadi motivator.. ya baiklah saya setuju

  48. Auda Zaschkya says:

    Bersyukurlah saya, pandemi gak pandemi, tetap gak hobi nonton drakor 🀣
    Yoga, menarik juga, tapi saya badannya besar, jd susah buat yoga 🀣
    Masak, belum hobi tapi suka nengok video. Mungkin saya lebih pengen jd bartender 🀣

  49. Jiah says:

    Hahaha, Han Ji Pyeong pakai muncul segala

    Aku pun sejak Pandemi jadi internetan Mulu. Ya kerja, buat sekolah Bocah dan lainnya. Nyari paketnya kudu yang oke biar gak drama

  50. Nabilla DP says:

    kalau salah satu motivatorku tuuh vokalisnya MCR, Mbaak.. aku bener2 terpesona ama karyanyaaa haha jadi kadang bikin semangat lagi untuk berkarya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s