Lestarikan Cantikmu dengan Skincare Berbahan Komoditas Lokal!

Di dunia yang fana ini, banyaaakk banget hal-hal yang sifatnya kontradiktif. Contoh paling aktual: aktor Drama Korea bernama Ji Soo 😀 . Buat yang hobi mantengin drama Korea, mungkin pernah ya, nonton beberapa drama yang Ji Soo bintangi. Seringnya doi jadi sad boy, alias cowok yang hatinya pedih porak poranda lantaran cinta bertepuk sebelah tangan. Pokoke, mukanya Ji Soo melankolis banget dah kalau di drakor. Eh, siapa nyana, ternyataa… di kehidupan nyata, Ji Soo ini justru melakukan banyak hal tidak patut sejak duduk di bangku SMP. Dia kerap mem-bully teman sekolah, bahkan melakukan kekerasan seksual. Oh ya ampun. 😦

Nah, itu hal kontradiktif dari sisi aktor/ pemain film/ drama. Masih banyaaak contoh-contoh lain, missal aktivis anti-narkoba yang digerebek BIN, pejuang anti-korupsi yang tertangkap tangan oleh KPK, buanyaaak dah. Intinya ya gitu itu, selamat datang di dunia nyata! Dunia ini….panggung sandiwara….. ceritanya mudah berubah…. *lah, dia malah nyanyik

Kali ini, saya mau membahas seputar kontradiktif/ ironi yang menimpa kancah SKINCARE. Hah? Maksudnya gimana? Santai… rileks. Yuk, siapkan cemilan dan kopi/teh panasnya, dan mari kita berdiskusi seputar kontradiksi yang diusung khazanah skincare.

Sudah Kenalkah Bahan-bahan Skincare yang Kamu Pakai?

Makin ke sini, banyak banget yang aware tentang signifikansi skincare, demi kulit yang cantik sehat, glowing, paripurna. Bahkan, slogan “Kulit itu DIRAWAT, bukan DIEDIT” bertebaran di aneka platform social media. Akan tetapi, sudahkah kita kenal dan paham bahan-bahan (ingredients) yang ada dalam skincare  yang kita pakai sehari-hari?

Ketika hendak membeli sebuah produk perawatan kulit, first thing first, selalu cek apa saja bahan-bahan yang terdapat dalam produk tersebut. Apa iya, kita rela me-nemplok-kan bahan kimiawi berbahaya ke kulit muka? Faktanya, tidak sedikit skincare yang mengandung zat-zat super mengerikan. Herannya lagi, beberapa seleb digital juga dengan senang hati meng-endorse skincare dengan bahan abal-abal itu. Malah, banyak juga lho produk impor yang digadhang-gadhang bisa bikin kulit kinclong, tapii ternyataa bahan-bahannya sama sekali nggak boleh dipakai untuk kulit manusia! Duh, ampuun dije.

Itulah yang saya maksud dengan IRONI. Orang mau merawat kulit, niatnya kan supaya kulit makin glowing paripurna. Lha kok malah pakai bahan berbahaya. Ya udin, jadinya Bye bye glowing, malah muka bisa kebakar, alergi, bruntusan dan mengundang berbagai keluhan lainnya.

Padahal, kalau mau menelisik ke dalam negeri nih, banyak banget komoditas dan sumber daya alam lokal Indonesia yang bermanfaat untuk bahan baku produk kecantikan.

Salah satu yang cukup populer adalah: MADU.

Budidaya lebah madu adalah sebuah aktivitas yang bermanfaat baik di ranah pemberdayaan masyarakat, sekaligus menjadikan lingkungan terjaga. Banyak lho, benefit yang didapatkan tatkala ada budidaya lebah madu. Apa saja? Satu, tentu saja menghasilkan madu, sebagai komoditas local yang mengusung kebaikan untuk kita semua. Dua, ada upaya yang konsisten dilakoni dalam beternak lebah madu. Apakah itu? Menanam aneka tanaman sayur dan bunga! Ingat pelajaran IPa kan? 😀 Iya doong, lebah itu kan membantu banget proses penyerbukan. Ibarat kata nih, sambal ternak madu, sekaligus bercocok tanam! Sip markosip kan?

Did you know, Madu merupakan bahan bersifat antiseptik alami yang diperlukan oleh kulit. No wonder, sering banget kita temukan kandungan madu pada berbagai produk skincare/ kecantikan. Ada cream malam/siang, serum, masker wajah, lip balm yang mengandung madu.

Selain itu, madu memiliki khasiat penyembuhan alami, khususnya untuk penyembuhan luka. Madu juga dapat meningkatkan kolagen dan menjadi anti-aging yang luar biasa. Madu terbaik yang bisa digunakan untuk skincare adalah madu mentah yang tidak dipasteurisasi dan madu gelap (semakin gelap madu, semakin tinggi jumlah antioksidan dan lebih baik untuk kecantikan).

Referensi:

54 thoughts on “Lestarikan Cantikmu dengan Skincare Berbahan Komoditas Lokal!

  1. Rudi G. Aswan says:

    Selain madu, yang terpikir langsung buat bahan kecantikan alami adalah beras yang biasanya buat lulur, Mbak. Plus bunga telang buat mempercantik kulit, bunga andalan karena banyak di depan rumahku, hehe. Memang mestinya begini sih, pilih bahan yang alamibuat membangun kecantikan sejati, sebisa mungkin dari kekayaan lokal yang sangat buanyak.

  2. Ranger Kimi says:

    Aku pernah pada masanya rajin pakai skincare dengan bahan alamis, salah satunya maskeran pakai madu. Kalau sekarang, aku cukupkan saja dengan rutin minum madu setiap pagi. 😀

  3. pidafida says:

    Mbak.. aku baru tau berita tentang ji soo ini dari tulisanmu mbaak. Langsung deh serach.. padahal daku ngikutin darkor nya yg sekarang tayang. nggak kebayang kalo ganti aktor di tengah jalan. Semoga feel nya lebih bagus.

  4. tari says:

    asal jangan dimadu ya mbak, pasti muka jd empet banget bawaan hati, hihi. btw aku jg lumayan kontradiktif sih. kalo pertama ketemu org sering ngira aku sombong, krn irit ngomong. padahal aslinya aku gak sombong loh, pengin sih. tapi gak ada yg bisa disombongin, wkwk!

  5. Mugniar says:

    Sudah paling benar itu, skincare menggunakan bahan alami komoditas lokal ya. Apalagi pake madu. Madunya bisa untuk kecantikan dan kesehatan kulit dari luar dan dari dalam juga.

  6. Yuniari Nukti says:

    Aku nggak begitu paham perkorea’an tapi riwa-riwi berita Ji Soo kasihan banget ya. Dianya udah ngaku salah, tapi industri perdramaan di Korea nggak mau terima. Sayang klo masih muda, karirnya udah tamat. Yah semoga Ji Soo baik-baik saja dan jadi orang lebih baik

    *kok jadi bahas Ji Soo, sih* 😂😂

  7. Nurul Sufitri says:

    Aku belum pernah sih pakai madu untuk perawatan kulit wajah, pernahnya air hasil cucian beras yang diendapkan. Sepertinya madu hutan yang beneran asli nah itu khasiatnya luar biasa ya, sesuai juga dengan harganya hehehe. Memang deh, untuk kecantikan sebaiknya kita gunakan bahan2 alami saja 🙂

  8. Dian says:

    benar ya mbak, emang paling enak itu pakai bahan bahan yg alami ya mbak
    aku juga pakai madu mbak, selain itu bikin masker wajah dari putih telur

  9. unggulcenter says:

    Jisoo memang kontroversial, yaa baru tau juga kasusnya. Akan digantikan katanya ya. Eh kok malah ngmgin ini ya haha.. sumber daya alam lokal ga kalah sih dengan teh Jeju utk kecantikan yaaa

  10. clotehcom says:

    Adekku nih sering pakai beras. Eh pakai tepungnya atau kalau ngga pakai bekas cuciannya. Ternyata ada manfaatnya ya.. sama kadang bubuk kopi sama madu.. ah aku kaum adam gapaham gituan…

  11. Putu Sukartini says:

    Aku biasa pakai madu buat bibir bar gak pecah-pecah
    Kadang juga buat ngobatin sariawan
    tapi sekarang agak susah nih nyari madu yang benar-benar asli
    Harus lebih teliti lagi saat membeli madu

  12. ameliatanti says:

    Lhaaa piye toh, aku lagi terkesima Ji Soo ternyata manusia yang akhlaknya di bawah standar, kok lari ke skin care!

    Selain Madu yang fenomenal, ktia juga bisa pakai bahan bahan yang ada di dapur loh.. ada tomat, wortel, timun, bengkoang, alpukat… semua bahan itu sebenernya jauuuh lebih sehat. Tapi ya gitu deh, manusia kan pengennya yang instan.

  13. Okti Li says:

    Kembali ke kekayaan alam yg sebenarnya di kita juga banyak dan bahkan melimpah tersedia ya. Madu susah tidak diragukan lagi khasiatnya. Pantas kali jadi bahan salam perskincarean

  14. annienugraha says:

    Jika kita mau banyak membaca dan mengulik tentang kesehatan kulit, sebenarnya banyak ya sumber daya alam/natural yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan dan meningkatkan level kecantikan. Madu salah satunya.

    BTW, ngomongin skincare abal-abal, jadi ingat sekarang sedang ada perseteruan antara seorang artis yang mempromosikan skincare yang berlawanan dengan seorang dokter yang mengatakan bahwa produk yang diperkenalkan kepada publik itu berbahaya. Konsumen otomatis jadi takut. Dan itu pun efeknya cukup besar bagi sales and marketing produk yang bersangkutan.

  15. Katerina says:

    Setujuuu! Yuk pakai bahan alami lokal buat kecantikan.
    Aku pakai madu tiap malam, buat dioles ke kulit bagian bibir. Buat jaga dari kekeringan dan pecah2.
    Kalau kulit muka, aku biasanya pakai kulit pepaya bagian dalam yang sering dibuang saat mengupas pepaya 😀

    • Yanti Ani says:

      Aku sudah lama tahu ttg manfaat madu, tapi itu dia masih tergoda dg yang dijual-jual itu lebih praktis. Duh, padahal ya madu selain sehat juga murah ya . Aduh maafkan aku Ji Soo aku bukan penggemarmu jadi gak gitu kenal

  16. ndiievania says:

    Iya bener muka itu dirawat bukan di edit. Tapi kalau mau diedit dikit2 biar cakepan jg gapapa seehh 😆

    Oiya tentang madu ini bener jg, banyak yg tahu lah ya khasiat madu ini kyk mana. Cuma aku kalau bikin2 sendiri gt untuk perawatan kulit masih suka mager. Paling beli yang berbahan dasar itu, dan tentu dicek banget yg tepat buat kulit juga gak semua yg chemical 🙂

    Pinter2 kita baca ingredients jg

  17. Mia Yunita says:

    Madu memang bermanfaat banget nggak hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga kulit termasuk kulita wajah. Kudu memperkaya wawasan nih terkait bahan natural yang menjadi bahan baku skincare. Terutama produk lokal.

  18. Nanik Nara says:

    Madu gelap ini sama dengan madu hitam yang banyak berdar di pasaran kah mbak?

    Bener ya, pengen cantik, tapi karena nggak teliti, atau jadi korban iklan, akhirya malah menimbulkan masalah dikulitnya. Jadi malah keluar banyak biaya buat pengobatan

  19. Ade UFi says:

    Madu ini memang banyak banget manfaatnya ya, Mba. Baik buat kesehatan ataupun kecantikan. Memang kalau mau dapat produk bagus ya yang berasal dari alam.

  20. Lisdha says:

    Aku tu golongan skincare bahan dapur deh mbak hahahaha
    Bikin juice tomat, sebagian irisan buat masker wajah
    buat juice alpukat, ambil sikit buat masker rambut
    bekas kantong teh celup, simpan kulkas buat mata
    antara giat menggunakan bahan alam plus ilmu pengiritan
    eh ya, satu bahan yg mesti ada di dapur adalah minyak zaitun karena bisa buat masakan sekaligus perawatan kulit 🙂

    • Shafira Adlina says:

      hari ini banyak sekali kita temukan skincare yang menjual hasil ya, krim pemutih pencarah dan sebagainya. sementara kita juga tidak diedukasi komposisi skincare yang aman bagaimana. madu memang herbal yang serbaguna buat dikonsumsi secara oral maupun dioleh ke kulit ya mbak

  21. Reyne Raea / Rey says:

    Astaga Mba, kirain Ji soo itu perempuan, yang blackpink itu kalau ga salah Ji soo juga ya.

    Memang butuh banget kejelian kita mengenal ingredients skin care ya, makanya saya sering nulis-nulis konten kecantikan, jadinya ikut sekalian belajar tentang ingredients skin care yang aman buat lingkungan juga.

    Kalau madu mah, udah ga diragukan lagi ya, mau dioles kek, mau diminum kek, udah enak, sehat pula 😊

  22. Dawiah says:

    Tidak diragukan lagi kalau madu memang bahan alami yang paling bagus untuk merawat kulit. Kalau saya gunakan madu untuk minuman pagi hari bersama air hangat.

  23. lendyagasshi says:

    Ini tadinya ghibahin Jisoo, uda mau aku sautin aja niih..hhahaa…((maklum, aku masih dalam perjalanan menuju patah hati)).
    Jadi sadar bahwa selama ini menggunakan skincare hanya melihat bahan (untuk kulit dehidrasi) dan merk yang aku sukai (hihii…)

    Harus lebih teliti saat memilih skincare.

  24. Wiwied Widya says:

    Madu tuh bagus untuk perawatan luar dalam ya, mbak. Dulu waktu kuliah aku lumayan sering masekran pake madu. Tapi sekarang udah males ribet deh. Jadi madunya buat campuran minum teh aja. Sama2 berkhasiat.

  25. Rahmah Chemist says:

    Semoga menang, Mak
    Cantik memang butuh yang tak sekadar memberikan kesan wah pertama tetapi juga yang bertahan lama

  26. Era Sapamama says:

    Makasih remindernya mba…. Beberapa bulan ini aku males ngurus wajah, padahal, kata mba prita gozhie, wajah itu investasi. Hari ini aku akan mulai dengan pakai masker madu ah….

  27. Okti Li says:

    Sampai sekarang banyak bermunculan produk anak bangsa yang kalau dilihat secara kualitas, ternyata tidak kalah dibanding produk luar negeri.

    Sebagai WNI yang baik, seperti anjuran presiden, sebaiknya kita bangga dengan menggunakan produk dalam negeri

  28. Nursini Rais says:

    Saya tidak bisa terlepas dari madu. Bukan untuk kecantikan saja tapi untuk imun tubuh. Caranya dengan diminum setiap bangun pagi 1 sendok makan. Pernah istirahat 10 bulan dengan alasan bosan. Bermcam penyakit sering menggerogoti saya. Mulai herves, batuk, flu sampai sariswan. Sekarang alhamdulillah, normal kembali. Terima kasih telah berbagi, Mbak Nurul.

  29. Grandys Mawarni says:

    Dulu pas masih ABG aku tuh jerawatan cukup lumayan bikin gengges dan heboh gitu haha. Lalu rutin pakai madu tapi mungkin bukan madu asli, jadinya ya kurang berefek. kalau skrg aku selalu sedia madu untuk jaga stamina dan imunitas tubuh

  30. julia pasca says:

    Syelaluuu syegyeeeer deh baca tulisan Mbak Nurul ini, padahal belum pake madu lo tapi udah segeeer aja ni muka baca tulisan Mbak Nurul, eaaaaaa

    Bener Mbak Nurul madu memang luar biasa sekali efeknya, baik diminum atau ditemplokin aja tu dimuka. Memang agak ribet sih ya, tapi kan aman jaya karena bahan alami.

  31. Marita Ningtyas says:

    Ji Soo memang memprihatinkan, untuk yang nggantiin perannya di River where the moon rises, aktingnya lebih kece.

    Lah malah ngobrolin Ji Soo, hehe. Ngomongin masalah merawat wajah, memang jadi PR banget. Jadi ingat dulu ibuku paling senang pakai bahan-bahan alami, kek madu, susu segar, alpokat, timun dsb. Mudah didapat dan pastinya aman. Sepertinya sekarang pun wajib balik ke alami seperti itu ya.

  32. Kata Nieke says:

    Saya juga suka pakai skincare yang mengandung madu. Seperti sabun mandi dan body lotion. kalau ada skincare berbau dan berbahan madu bakalan asyik ini. Di kulit tubuh aja, pakai sabun madu sudah terasa halus. Gimana kalau pakai skin care di wajah ya?

  33. Nabila says:

    Aku juga sukak pake madu buat maskeran mbak.. hehe.. malah dibuat sabun.. Alhamdulillah sekarang emang lebih pilih komoditas lokal dibandingkan yang aneh2.. hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s