Menu Sahur dan Buka Puasa Praktis dengan Serat Pangan Inulin

Halo, Bunda!

Gimana nih perjalanan bulan Ramadan tahun ini? Anak-anak udah dibiasakan puasa, kah? Semoga semua tetap sehat, dan segalanya berjalan dengan lancar jaya aman terkendali ya.

Kali ini, saya mau berbagi Resep Makanan Bergizi yang praktis, Bund. Bisa kita sajikan ketika sahur, ataupun buka puasa. Resep apakah itu? Resep SUSHI dengan kearifan lokal πŸ˜€ πŸ™πŸ£πŸš

Yuk simak langsung ya Bund.

SUSHI FUSION (dengan Kearifan Lokal)

Bahan:

450 gram nasi pulen

1/2 sendok makan minyak wijen

1 sendok teh garam

5-6 lembar nori

Bahan Daging:

250 gram fillet daging ayam/sapi, potong memanjang

1 siung bawang putih, haluskan

1 sendok makan saus tiram

1 sendok makan kecap asin

1 sendok teh minyak wijen

gula pasir secukupnya

garam secukupnya

1 botol susu cair anak Morinaga Chil*Go! rasa original

keju parut secukupnya

3 butir telor ayam dikocok dengan garpu/whisk

Bahan sayuran:

1 batang wortel besar, potong korek api

1 sendok teh minyak goreng

1/4 senok teh garam

Minyak wijen secukupnya.

Cara Membuat:πŸ‘Œ

  1. Campurkan daging ayam/sapi dengan bawang putih, saus tiram, kecap asin, minyak wijen, gula pasir dan garam. Diamkan selama 15 menit, kemudian tumis hingga matang.
  2. Kocok telor 1 botol Morinaga Chil*Go! original, keju parut dan garam, lalu dadar telor agak tebal dan iris memanjang
  3. Tumis wortel, bumbui dengan garam, sisihkan
  4. Bumbui nasi dengan garam dan minyak wijen, lalu ratakan di atas nori
  5. Letakkan daging beserta wortel, telor, di atas nasi, lalu gulung
  6. oleskan minyak wijen pada permukaan sushi
  7. sushi siap disajikan. Potong potong dulu ya Bund, supaya lebih mudah disantap!***

Kita harus menstimulasi saluran cerna agar bisa berfungsi dengaan baik, protein (untuk daya tahan tubuh) vitamin (berfungsi untuk organ vital) PRObiotik dan PREbiotik (supaya sistem cerna bekerja dengan maksimal )

Di masa pandemic ini, pemenuhan kebutuhan sehari-hari harus diperhatikan. Untuk anak, kebutuhannya 1200-1500 kalori per hari.

Anak harus rutin Sarapan, makan siang, makan malam.  Ada periode snacking, di antara jam makan, ini juga harus menjadi perhatian orang tua. Susu UHT bisa diberikan untuk snacking. Karena aktivitas anak ini kan beragam yah, Bun. Kalau anak sangat aktif, energi akan habis untuk aktivitas. Karena itu, kita bisa membeikan Susu cair/UHT untuk snacking, susu pertumbuhan supaya bantu TAMBAHAN pemenuhan kebutuhan secara adekuat/proper.  

Apa Itu Serat Pangan?

Sebenarnya serat pangan sering juga disebut sebagai serat. Kita semua tentu sudah mengetahui bahwa serat biasa didapatkan dari buah-buahan dan sayur.

Yang dimaksud dengan serat pangan adalah polimer karbohidrat dan umumnya berbahan dasar tumbuhan. Jenis makanan yang termasuk serat pangan adalah sayuran, buah, sereal, dan kacang-kacangan.

63 thoughts on “Menu Sahur dan Buka Puasa Praktis dengan Serat Pangan Inulin

  1. Maria Soemitro says:

    Oalah Morinaganya ternyata susu cair ya?
    Pantesan bisa uuntuk banyak resep
    Hihihi…. saya pikir susu bubuk bayi kaya anak anakku dulu

    keren mbak Nuru, keren ….
    sekali mendayung 2-3 pulau terlampaui karena Morinaga Chil*Gol punya banyakmanfaat

  2. Reyne Raea / Rey says:

    Banyak ya kreasi susu Chil go, bikin anak-anak jadi doyan makan ini mah.
    Btw serat itu penting banget ya, agar pencernaan juga sehat.
    Terutama buat anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang.

    Morinaga Chil go ini juga kesukaan anak saya yang pertama, dulu sering banget bawa sangu susu ini ke sekolah, heheheh

  3. annienugraha says:

    Wah seru juga ya Kimbap/Sushi dicampur dengan susu. Nanti mau coba ah. Secara anak-anakku, biar sudah pada dewasa, masih mengkonsumsi susu dengan rutin. Mereka juga suka Kimbap/Sushi. Jadi mungkin susu ini bisa bikin makanannya lebih terasa “gemuk” kali ya.

    Kalau aku sih puas ngeliat aja. Secara alergi susu.

    • Nara says:

      sini buat aku aja susunya mbak.

      Selama ini, saya tuh kalau ada persediaan susu cair, ya langsung di minum aja. ternyata bisa juga ya dikreasikan untuk membuat aneka hidangan lain

  4. ameliatanti says:

    Baru denger sushi fusion dengan kearifan lokal!
    Pengen ketawa takut dosa…. Tapi emang bener harus sekreatif itu ya kalo mau sehat.

    Anak mah dibebaskan makan permen seharian ama kudapan asin gurih hayuk aja. Kudu puter otak terus buat mereka mau makan kearifan lokal kayak gini.

  5. annisatang says:

    Wah kreatif Mom … dari susu cair diolah jadi aneka makanan ya? Tentunya makanan-makanan yang menyehatkan bagi keluarga. ❀️❀️❀️

  6. Lasmicika says:

    Seru banget, bisa jadi macam-macam sajian. Jadi ngga bosen ya si Kecil. Apalagi susu penting banget buat tumbuh kembang anak.

  7. Okti Li says:

    Usia dua tahun sampai empat tahun Fahmi suka banget itu minum chilgo. Tapi saat itu ga kepikiran bikin makanan dengan campuran susu ini. Pasti enak ya itu terbayang rasanya

  8. viandri says:

    Resep sushi dengan kearifan lokal senang banget. lumayan buat nambah menu saat buka puasa. Apalagi ditambah susu duh makin doyan aja hehe.
    Dulu aku sering beli susu chil go hehe

  9. Dian says:

    sushi pake bahan lokal? wah mbak Nurul kreatif banget nih
    pasti rasa sushi nya nggak hanya enak, tapi juga sehat ya mbak
    ada campuran susu cair anak

  10. tiawidiastuti says:

    menu sahur dan berbuka jadi makin sehat ya mba kalo menunya dikreasikan dengan Morinaga Chil*Go!, ada susi dengan kearifan lokal pula, perlu dicoba nih πŸ˜€

  11. retnokw says:

    ide sushinya boleh juga mbaak… tadi abis liat nori yang lebar di mart mart an itu, tinggal tambahin ke daftar belanja buat beli susu. Makanan enak, sehat dan membahagiakan anak anak ini…

  12. retnokw says:

    mbak, itu ada buku resep khusus dari Morinaga gitu ta? Kok lucu sih warnanya. Resepnya juga simpel-simpel (tadi abis baca punya beberapa teman yang lain ) hehehe…

  13. Nabilla DP says:

    iya nih sekarang aku mulai mikirin asupan buat sahur dan buka, biar tetep tercukupi kebutuhan serat, sayur, buah, dan mikronutrien lainnya. kerasa banget udah mau usia 30 haha.. kalau buat anak2 lebih selow karena mereka belum puasa

  14. Aprillia Ekasari says:

    Pas puasa2 gini memang enaknya wes bikin menu gampang aja biar banyak waktu buat memaksimalkan ibadah hehe
    Tahun ini anak2 alhamdulillah semua puasa jd emang kudu nyiapin yg simple namun tetep istimewa dan bergizi, aku jg pakai bahan susu morinaga chilgo mbak tooss

    • Aprillia Ekasari says:

      Anakku juga suka sekali sushi, aku jd kepengen nih bikinin sushi juga buat anak2,
      Gak perlu pakai beras jepang, mugkin bisa jga nasi pulennya tu ditambahin agar2 plain kali ya

  15. Uniek Kaswarganti says:

    Kreatif nih sushinya penuh kearifan lokal heheheee… jadi kepikiran nih misal bikin sushi pake daging sate kayaknya unik banget ya mba πŸ˜‰ Yang penting anak-anak suka dan memenuhi kebutuhan gizi mereka, terutama di saat Ramadan ini.

  16. Ujame Gaja says:

    wih bisa banget nih sushi dengan kearifan lokalnya dicoba hehehe, seru juga ya berkreasi dengan Morinaga Child*go, hmmm. mau coba juga ah kayany bisa deh dibikin spagheti Creamy pake Morinaga Child*go

    • Utie adnu says:

      Bener juga ya.. buat bukan atau sahur harus pas kandunganya seperti adany inulin yg bagus buat pencernaan

      Baru Tau juga klo kandungan morinaga chil go ini banyak kandungan inulinnya

  17. nuy says:

    save menu ah kaka, btw morinaga milknya bisa di olah jadi makanan juga ya ,,, btw menu buka sama sahur yang engga biasa ya ka , terimakasih lho resep nya

  18. Rani R Tyas says:

    Aku belum pernah bikin sushi nih, kayaknya seru juga ya, tapi nyari bumbu-bumbunya ribet, keburu Chil Go nya diambil anak-anak, wkwkwk

  19. Evi says:

    Kalau untuk buka puasa biasanya kita akan masak sedikit istimewa. Tapi kalau bisa disajikan praktis mengapa tidak ya Mbak. Apa lagi menunya berbahan sehat..

  20. Lisdha says:

    pas masih sekolah offline, aku agak rajin bikin sushi2an (soalnya belum pede mau nyebut sushi tanpa tambahan 2-an hahaha).
    Tapi belum prnah sih bikin yg pakai susu cair seperti ini.
    Good idea mb nurul, kapan2 bisa nyontek ini resepnya πŸ™‚

  21. Bibi Titi Teliti says:

    Duh gemes banget sih itu sushi-nya, cucok buat takjil nih tinggal suap yaah hehe
    Ternyata banyak resep masakan yang bisa dipakai dengan Chilgo yaah, selain enak banyak manfaatnya pula. harus dicobain nih

  22. Eryvia Maronie says:

    Eh ending tulisannya koq kayak ngegantung ya? Saya pikir ada lanjutannya, ternyata udah selesai… Hehe.

    Saya belum pernah nih mengolah Morinaga Chil*Go jadi campuran makanan. Selama ini hanya jadi bekal anak aja kalo bepergian, soalnya praktis.

  23. Mia Yunita says:

    Wah asik nih sushinya, mengandung susu Chil Mil. Jadi tambah sehat dong bagi yang mengonsumsi. Tentunya cocok nggak hanya untuk anak-anak, Emak dan Bapaknya juga pengen dong nyicip.

  24. Ayi says:

    Wah asik tambah lagi stok resep buat bocah. Suka bingung mau masak apa lagi. Makin besar anak-anak makin tau pilih-pilih makanan. Emaknya harus pinter-pinter bikin makanan yang menarik tapi tetap bergizi biar anak ga jajan melulu.

  25. Dian Restu Agustina says:

    Kalau nyetok morinaga chil go ga pakai lama go habis..heheh. Bisa nih praktek bikin sushi fusion dnegan kearifan lokal, bebikinan sama anak sambil nunggu waktu buka pasti seruuu

  26. Elly Nurul says:

    Saat puasa bukan berarti kita mengabaikan serat ya untuk kita konsumsi, apalagi buat anak-anak menu makanan mereka harus terjaga dengan baik.. nah anakku yang paling kecil nih masih penyesuainya perutnya dan butuh menu sahur dan buka puasa yang kaya nutrisi ya

  27. Lidya says:

    Kesukaan anak-anak banget ini makan sushi, pas punay beras khusus untuk bikin sushi nih bisa buat menu sahur yang praktis ya tinggal tambah nori. Morinaga Chil Go rasanya enak aku suka baik untuk kesehatan cerna anak

  28. Siti Nurjanah says:

    Dengan serat pangan yang seimbang, sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi menjadi lebih baik dan tetap menjaga kondisi tubuh anak. Wah, idenya kreasi makanan nya cukup menarik dibuat dari susu cair yang mengandung inulin

  29. Nchie Hanie says:

    Sushi dengan kearifan lokaaal, ahh keknya aku suka dehm Soalnya kalo sushi yang sebenernya aku ga sukaaaa.
    Apalagi ini ada campuran susuu cair yang menyehatkan.
    Aku mauu bikin ahh buat sahur jugaaa,bahan2nya ada di kulkas, si kka pasti sukaaa

  30. Wiwied Widya says:

    Tadinya aku bingung kok bikin sushi ada morinaganya.. tapi pas baca resep baru ngerti. oooh gitu. Bagus untuk menjaga saluran cerna ya mak.. Resepnya lumayan simple nih. Bisa deh dicoba di rumah

  31. Dian says:

    mbak nurul kreatigy banget, sushi dikombinasikan dengan susu cair anak
    pastinya ini makanan yang nggak hanya enak, tapi juga sehat ya mbak
    penting buat anak-anak

  32. andyhardiyanti says:

    Wuahh dari bahan Morinaga Chil-Go bisa jadi menu lezat dan menyehatkan seperti ini. Mau ah kapan-kapan cobain resepnya. Anak-anak di rumah juga minum susu Morinaga Chil-Go soalnya.

  33. Diah Kusumastuti says:

    Liat sushi tuh aku bayangin kayak ruwet gitu bikinnya. Tapi ternyata praktis ya kalau udah tau caranya, hehe.
    Aku jadi pengen coba bikin, Mbak.. anak-anak pasti suka nih. Apalagi sehat karena pakai Chil*Go! 😊

  34. elva susanti says:

    Kreatif banget mbak, jadi pengen coba juga. Dan anak2 pastinya suka banget ya. Resepnya mesti disimpan nih buat kapan2 dipraktekkin

  35. Hanifa says:

    Saya pikir tadi resep roti karena pake susu segala. Eh ternyata bikin sushi dan bagian ngocok telurnya yah yang pake susu? Unik banget ternyata Morinaga Chil*Go bisa dijadiin salah satu bahan untuk bikin cemilan bahkan sampe menu sahur buat si kecil :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s