Asyiknya Sedekah Online Tanpa Ribet melalui Infak.In

“Dek, sehabis sholat Subuh, langsung masukkan uang sedekah ke kotak dekat TV ya. Niatkan buat sedekah subuh. InsyaALLAH, Ibu nanti mau ke panti asuhan. Mau ngasihkan sedekah bulan ini.”

“Okesiap, Buuu!”

Dialog ini berlangsung sekian tahun lalu. Ibuku, seorang pensiunan guru Kimia, passionate banget sama yang Namanya SEDEKAH. Beliau aktif menjadi koordinator donatur (korda) para guru SMA. Juga mengkoordinir ibu-ibu di kompleks perumahan kami, untuk rutin berinfak melalui sebuah Lembaga amil zakat. Tidak hanya itu, Ibu juga nggak pernah bosan menyimak tausiyah Ustadz Yusuf Mansur, Syeikh Ali Jabeer, dan mem-forward message seputar sedekah itu, kepada keluarga, kerabat maupun koleganya.

Sedekah itu menolak bala. Sedekah itu menjadikan harta dan rezeki yang kita dapatkan, semakin berkah. Sedekah itu akan dibalas 700 kali lipat….! Aakk, banyak banget keutamaan sedekah. Yang mana, kalo dipikir-pikir secara logika, agak sulit membayangkan keluarga kami bisa survive, lantaran Ibu sudah menjadi single parent sejak tahun 1991. Pontang-panting beliau bekerja, demi bisa membiayai kehidupan keluarga. Di tengah kondisi yang sama sekali nggak bisa dibilang mudah, Ibu tetap komit dan konsisten bersedekah!

Yah…. Begitulah miracle of giving yang saya alami selama bertahun-tahun.

Sepeninggal Ibu, semangat dan passion untuk sedekah itu harus terus menyala dalam dada. Apalagi, saat ini, Alhamdulillah, kita masih diberi kesempatan untuk bersua dengan bulan Ramadhan. Tamu agung yang datang hanya satu kali dalam setahun. Ini kesempatan ultimate agar kita terus memperbanyak amal kebaikan. Ibadah kudu rutin dan gencar, termasuk ibadah bersedekah.

Nah, di era kekinian yang makin serba online online ini, saya terpantik sebuah ide, “Alangkah asyiknya kalau infak juga bisa dilakoni secara online? Cukup tekan tombol tal tul tal tul, masukkan jumlah/nominal donasi, voilaaa! Kita sudah berinfak, tentunya lewat Lembaga yang reliable dan kredibel. Kira-kira, ada nggak ya, yang bisa memudahkan kita semua untuk ikut berinfak secara praktis dan gampil?

Maha Besar Allah. Lagi-lagi saya bergelimang syukur, lantaran dipertemukan dengan sebuah platform donasi berbasis web.

Di hari pertama Ramadhan, saya ikutan zoom meeting Launching Infak.in. Seruuu banget acaranya! Para pemateri yang hadir:

Bapak Agung Wijayanto (Presdir LMI)

Hamas Syahid (Aktor dan Penghafal Al Quran)

Ustadz Nashiruddin (Dewan Pengawas Syariah LMI)

MANFAAT SEDEKAH

Zoom meeting ini diawali dengan tausiyah yang sangat bernas dari Ustadz Nashiruddin. Dewan Pengawas Syariah LMI ini menuturkan, “Semua orang diberi kesempatan dan anjuran yang sama untuk berinfak. Baik itu orang kaya maupun yang sedang dalam kondisi sempit, dianjurkan untuk melakukan sedekah harta yaitu Infak. Allah memuji orang-orang anshor, baik yang paling kaya hingga yang paling miskin. Mereka mau berbagi, mengalah….padahal kehidupannya juga sedang sempit/ dalam keterbatasan. Tidak ada yang absen untuk berinfaq/ sedekah sunnah.”

Sedekah sunah berlaku untuk level apapun. Tidak ada nisob-nya. Ini kesempatan yang luar biasa, mumpung kita berada di bulan Ramadhan, terus pegang semangat dan komitmen untuk merutinkan infak.

“Infak itu investasi, bakal memberikan pahala di akherat dan dunia. Akan kembali dalam bentuk kelancaran rizki, peluang usaha, Istri, anak keturunan yg shalih(ah), juga Kesehatan. Sehingga harta yang kita miliki benar-benar bisa dioptimalkan penggunaannya. Gak ada istilahnya, orang rutin infak malah jadi bangkrut.  Justru dengan rutin infak/sedekah, hidup kita makin diberkahi oleh ALLAH ta’ala,” tukas Ustadz Nashiruddin.

***

Di era yang makin digital ini, sudah pasti (hampir) tiap orang punya smartphone. Bangun tidur, yang dicari smartphone. Mau tidur juga ceki-ceki gadget. Nah, sebuah terobosan hadir melalui kemudahan berinfak hanya via gadget.

Dalam zoom meeting kali ini, Hamas Syahid, aktor yang  membintang “Ketika Mas Gagah Pergi” menjelaskan seputar platform donasi online yaitu INFAK.IN

Menarik banget, karena untuk berdonasi ini prosesnya sangatlah mudah.

(1). Cukup buka web: Infak.in  (tidak perlu install aplikasi apapun di Google Play/App Store).

(2). Kemudian silakan lengkapi data. Yang mana field isian singkat dan jelas

(3). Pilih nominal transaksi

(4). Pilih cara berinfak, bisa melalui GoPay (e-wallet) ataupun internet/mobile banking

(5). Kita akan mendapatkan notifikasi via WA, bahwa transaksi infak berhasil

Sangat simpel, praktis, mudah, anti ribet ribet club!

Hamas Syahid  yang juga pencetus platform Infak.in mengatakan bahwa, selama ini, agak sulit/ challenging bagi sejumlah kalangan muda/millenials untuk melakukan infak. Kenapa? Karena biasanya ada minimal jumlah/ nominal yang harus disetorkan Ketika akan melakukan sedekah sunnah ini. Jadinya, karena dibatasi oleh “aturan” tersebut, yang tadinya mau infak, malah mundur teratur.

Asyiknya Infak.In adalah: kita bisa berdonasi mulai angka berapapun! Misal, ada saldo GoPay 10 ribu, ya udah yuk lah, kita cuss ke website Infak.In dan auto-infak. So simple, sama sekali nggak rempong. Dan infak yang dilakukan secara rutin, insyaALLAH akan memberikan dampak optimal untuk Kesehatan jiwa raga juga keberkahan hidup kita.

“Ini nominal donasi bebas, jadi sangat memudahkan banget untuk siapapun. Allah mudahkan dan beri keberkahan untuk orang-orang yang berinfak, seperti berjihad di jalan ALLAH. Dan ALLAH sangat menyukai kebaikan yang kita lakukan,” ucap Hamas Syahid.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana pengelolaan uang donasi yang terkumpul melalui Infak.In? Adalah LMI, lembaga amil zakat Nasional yang siap berkolaborasi untuk menyalurkan dana yang terhimpun di Infak.in

LMI sudah berkiprah selama 25 tahun, dan siap mendistribusikan donasi kita untuk program pemberdayaan umat.

Sooo…. tunggu apalagi? Kuyyy kita berinfak SEKARANG JUGA melalui platform Infak.in

Informasi lebih lengkap mengenai LMI, ada di:

Website: https://www.zakato.co.id/

Instagram : @zakato_org
Tik tok : @zakato_org
Twitter : @LMIZakat
Facebook : Lembaga Manajemen Infaq
Fan Page FB : Zakato
Youtube : zakato

86 thoughts on “Asyiknya Sedekah Online Tanpa Ribet melalui Infak.In

  1. Rudi G. Aswan says:

    Inovatif banget, Mbak. Aku langsung coba juga berinfak di infak.in. Antiribet memang, tinggal buka website dan transfer lewat mode yang sesuai ma kita. Memudahkan dan semoga banyak yang memanfaatkannya karena menyadari bahwa sedekah tak perlu ditunda karena kesulitan media.

  2. unggulcenter says:

    Wah lumayan juga ya ada infak online. Biasanya hanya ada zakat online. Tp memang klo soal infak, krn ini jumlah n ketentuan bebas, harus transparan, uang infak digunakan untuk apa. Ini yg perlu bngt diingat.

  3. frida bunda says:

    enak nih sekarang ada infak.in…guampang baget ya mbak kalo mau infak berapapun bisa banget…mak2 kayak aku yang udah sibuk di rumah gini ini emang gak suka yang ribet2…trus gak ush instal aplikasi2 lagi…secara memori hp suka ful…hahahha.. makasih infonya mbak.

  4. avysaja says:

    memang di masa pandemi ini harus dobel kreatif
    karena orang masih ragu buat keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain
    keren banget ide dari zakato ya mbak

  5. Ririn Wandes Melalak Cantik says:

    Semakin kesini memang berbuat kebaikan itu semakin dimudahkan ya,mba. Ada banyak cara untuk bisa terus berbagi ke orang lain. Saya baru tau tentang apps Infak.in ,menarik sekali bisa digunakan nantinya untuk berinfak ya. Meskipun masih baru tentunya bisa dipercaya ya,mba agar para donatur nyaman untuk terus bisa gunakan Infak.in .

  6. annienugraha says:

    Inilah salah satu nilai positif dari kemajuan teknologi ya Nur. Memudahkan urusan dunia dan akhirat kita. Terutama dalam urusan beribadah dan melaksanakan kewajiban bersedekah. MashaAllah. Satu nikmat yang hendaknya bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Semoga kita diberikan kelapangan rejeki untuk tetap bersedekah. Aamiin YRA.

  7. Reyne Raea / Rey says:

    Thank you Mbak udah mengenalkan infak.in ini, beneran praktis banget lho buat menciptakan sebuah habit baru yaitu sedekah subuh setiap hari.

    Apalagi super gampang banget kan, save webnya di desktop awal HP, jadinya setiap bangun tidur ngecek HP eh keingat deh mau sedekah subuh.

    Mana pembayarannya juga super praktis pula, bisa pakai e-walet

    Semoga tercipta kebiasaan baru untuk sedekah subuh setiap hari terutama di bulan Ramadan ini dan jadi terus setelah Ramadan.

  8. triyatni ashari says:

    MasyaaAllah bener sih berbagi itu dampaknya luar biasa …
    Bukan malah kekurangan, tapi akan ada ganti yang lebih lagi …

    Btw Infak.in ini ternyata dilaunching oleh Laznas LMI ya.
    Jadi terpercaya dan aman InsyaaAllah

    Mantep ini webnya enggak ribet
    Bisa langsung infak tanpa pusing pilihannya banyak hehe …

  9. ranirtyas86 says:

    Keistimewaan bersedekah memang luar biasa ya Mbak Nurul ❤ Banyak kisah inspiratif yang berawal dari cerita sedekah. Tapiii kadang berita kemarin yang sedekah-sedekah yang suka ditaruh di toko-toko itu ternyata buat meneror orang lain kan sedih jua kalau disalahgunakan sedekahnya.

    Lewat infak,in insyaAllah aman kan ya Mbak? Maksudnya dananya tidak diselewengkan? hehe

  10. Maria Soemitro says:

    Alhamdulilah penggagas Infak.in paham banget bahwa kita ngga suka ribet ya?

    Sebelumnya, saya harus ke masjid, cari pemulung (:D :D) atau ke supermarket yang ada layanan infak, sekarang cukup buka smartphone

    Lebih happy lagi karena nggak ada jumlah nominal. Karena yang namanya rezeki sungguh tak terduga.
    Pas apes tetep bisa infak Alhamdulillah

  11. Aprillia Ekasari says:

    Bulan ramadan kyk gini yang penting kudu sering2 sedekah, sesedikit apapun insyaAlah ada pahalanya ya mbak?
    Sedekah lewat infakin ini gampang banget ya gak ribet, praktis. Gak perlu download aplikasi jd enak gak menuhin memori hp

    • Aprillia Ekasari says:

      Iya betul banget gampang banget tinggal kemauan untuk bersedekah aja mendonasikan uang buat org lain hehe
      Aku sukanya infak.in ini gak pakai dunlud2 dan pembayarannya pun gampang tinggal pakai ewalet dah berdonasi deh

  12. Ucig says:

    iyaaaa mba, sedekah infak semuanya itu biikin nambah barokah hidup yaa mba
    terus ini nggak perlu instal ya. asyik nih jadi tinggal isi aja terus donasi ya…
    sedekah online ini udah dikelola sama lembaga yang udah pengalaman di bidangnya jadi udah amanah ya mba

  13. Nurul Sufitri says:

    Wah, praktis banget nih buat kita yang mau berinfak 🙂 Ga mesti keluar rumah mencari orang yang akan diberi ya, cukup via online kayak gini bisa. Nominal berapa aja bisa kan ya mbak?

  14. Katerina says:

    Betapa mudahnya berdonasi di zaman sekarang, via HP saja kita bisa memberikan infak tanpa ribet, tinggal install aplikasi, dan kerjakan dengan mudah, selesai. Berinfak jadi bisa kapan saja dan dari mana saja. Semoga Allah ridho dengan semua perbuatan baik kita. Tfs info pentingnya mbak Nurul.

  15. lianny says:

    Jadi semakin mudah untuk bersedekah ya, bisa dilakukan secara online melalui infak.in bener-bener praktis gak pakai rempong, donasi pakai gopay juga bisa ya.

    • Aprillia Ekasari says:

      Gak perlu donlot mbak karena ini bukan aplikasi. Cukup buka browser aja di gadget trsu ketik infak.in langsung deh bisa berinfak sesuai kemampuan 😀

  16. Mutia Ramadhani says:

    Wah, kita sama-sama anak pensiunan guru mba. Bedanya mama saya guru bahasa indonesia. Hehehe. Asiknya Infakin bisa berinfak via GoPay ya, secara zaman sekarang gak semua orang punya mobile banking atau internet banking.

  17. Nchie Hanie says:

    Cara yang praktis nih berinfak jaman now, via onlen. Dipermudah sekali dan anti ribet yaaa, berapa pun nilainya yang penting ikhlas. Apalagi bisa via gopay makin mempermudah banget atulaah . Semogaa terketuk harinya untuk bersedekah di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini yaa.

    • Aprillia Ekasari says:

      Iya koh praktis banget pakai gopay nih tingga;l pencet2 aja, mana gak perlu saldo minimum insyaAllah bisa lha infak tiap hari hehehe

  18. Rahmah Chemist says:

    Aku ikutin launching-nya juga jam 5 subuh kemarin itu
    Alhamdulillah makin semangat sedekah karena saat ini bisa dilakukan dengan mudah
    Sudah install INFAK.IN

  19. Susi says:

    Iya, makin sering berinfak makin banyak rezekinya. Tentu sesuai kemampuan kita. Dan setelahnya ada rasa bangga karena mampu mengekang keinginan ini itu karena uangnya sudah diinfakin

  20. lendyagasshi says:

    Alhamdulillah.
    Senang sekali ada website yang ringan dan mudah pengoperasiannya untuk menyalurkan apa yang manjadi hak orang-orang yang tidak mampu, Semoga LMI terus berinovasi.

  21. Alfa Kurnia says:

    MasyaAllah, mudah banget yaa sekarang kalau mau bersedekah. Nggak perlu buka aplikasi m-banking atau ke mesjid. Tinggal buka web aja langsung bisa sedekah dengan nominal semampu kita. Barakallah LMI.

  22. retnokw says:

    inovasi yang keren banget, bisa pakai gopay… tinggal tap tap ga perlu kemana-mana, ga perlu ribet, tanpa biaya transfer udah bisa langsung berinfak…

  23. lisdhabundaale says:

    jujur aku malah suka mikir kalau donasi langsung ke orang/lembaga yg aku bener2 ga tau. Misal ke pengemis atau orang2 yg datang2 ke rumah mengedarkan selebaran infak itu rasanya malah kurang nyaman. Soalnya kam sering baca berita ttg pengemis yg ternyata kaya raya. Jadi mikir ada yg lebih butuh drpd dia. Memang enakan donasi online melalui lembaga yg kredibel.

    • Era Sapamama says:

      Terima kasih teknologi karena sudah mempermudah dalam bernagi kebaikan dan manfaat…. Thank you for sharing ya….

  24. Dian Restu Agustina says:

    Tertohok aku dengan reminder ini: Infak itu investasi, bakal memberikan pahala di akherat dan dunia. Akan kembali dalam bentuk kelancaran rizki, peluang usaha, Istri, anak keturunan yag soleh dan juga kesehatan. Wah, memnag ya manfaat infak sebgitu besarnya , enggak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya apalagi jika kini sudah semudah ini cara berinfak, lewat infakin

  25. Ery Udya says:

    Seiring perkembangan zaman, urusan sedekah kian mudah banget. Nominalnya pun gak ditentukan walau bisa menggunakan e-money. Semoga dengan begini makin banyak yang bersedekah. Aamiin.

  26. hidayahsulistyowati says:

    Aku setuju dengan tuturan Ustadz Nashiruddin, bahwa sedekah itu investasi.
    Aku meyakini kalo sedekah juga menjadi penolak musibah, insyaa Allah bisa menjadikan rejeki yang lebih berkah. Terima kasih reminder nya mba Nurul

  27. artwel says:

    MasyaAllah, keren sekali cara ibunya bikin kotak sedekah setiap hari kayak gini. Memang sedekah ini harus dibiasakan ya mbak, meskipun ada atau nggak ada, sedekah tetep jalan. Mau saya tiru ah, sambil mengajari anak, sambil bellajar untuk diri sendiri 🙂

  28. Hana Aina says:

    Saya termasuk yang percaya akan manfaat sedekah. Karenanya, di situasi apapun, disempatkan untuk bersedekah. Kalau ada sedekah online Infak.in gini, tentu lebih memudahkan, ya. Apalagi tidak ada batasan nominal 😃

  29. Riawani says:

    Alhamdulillah sekarang udah banyak aplikasi maupun lembaga filantropi yang memfasilitasi sedekah online. Mudah2an bisa meningkatkan semangat millenials untuk berinfaq dan bersedekah

  30. Elly Nurul says:

    MashaAllah.. Alhamdulillah.. sekarang sedekah bisa secara online yaa dan lembaga sekedah online juga terpercaya.. jadi semakin dimudahkan dan tentunya yakin bahwa sedekah kita bisa tersalurkan kepada yang berhak membutuhkan

  31. Mpo Ratne says:

    Kalau sudah dipermudah maka kita juga gampang nih bersedekah atau zakat. Jadi tidak ada alasan malas/jauh ke kantor.

    Kalau kita infakin maka segala urusan jadi lebih mudah

  32. Mpo Ratne says:

    Kalau sudah dipermudah maka kita juga gampang nih bersedekah atau zakat. Jadi tidak ada alasan malas/jauh ke kantor.

    Kalau kita infakin maka segala urusan jadi lebih mudah

  33. imaesha says:

    Alhamdulillah. Makin mudah akses orang2 yang mau sedekah dan berbuat kebaikan ya. Semoga infakin juga amanah dalam menyalurkan dana dari masyarakat..

  34. ysalma says:

    Infaq sebelum subuh itu salah satu yg harus ditiru dan biasakan ya mba.
    Bukan seberapa besarnya, tapi niat dan keikhlasan yg menyertainya.
    Alhamdulillah sekarang ada infak in yg tentunya sangat membantu dalam pembiasaan baik itu.

  35. Idah Ceris says:

    Masya Alloh, Infak menjadi kebiasaaan di keluarga Mbak Nurul berarti, ya. Beruntung banget dibekali ini oleh orang tua. Aplikasi Infak.in sangat memudahkan untuk berbagi infak ternyata. Ada berapapun duit, infakin ya.

  36. Sri Al Hidayati says:

    kadang suka bingung ya mau nyalurin kemana buat infak, ternyata di infakin ini bisa juga yaa, masyaAllah ibunya keren sekali mbak semangat terus buat berbagi jadi manfaat untuk umat. Moga amal kebaikannya bisa menular pada kita juga. Aamiin

  37. Nabilla DP says:

    wah ada Hamas.. haha jadi inget pernah ketemu diaa karena dia saudara temenku ternyata. ketemunya pas di nikahan temenku, susah banget diajakin foto, kudu bebarengan sama tamu2 yang lain 😀

  38. Mugniar says:

    Masya Allah, terharu dengan kisah ibunda Mbak Nurul. In syaa Allah beliau menabung amal jariyah juga. Dengan Infak.in ini jadi lebih muda ya kita bersedekah.

  39. lailyfitrianisudjono says:

    Masya Allah, infak semakin mudah ya Mbak? jadinya karena sekarang apa-apa serba teknologi, jadi lebih mudah. Terima kasih Mbak atas info yang bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s