Cara Meningkatkan Bonding (Kelekatan dan Ikatan Emosional) Orang Tua dengan Anak

Halo, apa kabarnya Moms? Semogaaa selalu sehat wal afiat ya. Tetap Bahagia, rukun, Sentosa dan menjalani hari dengan sumringah!

Btw, gimana anak-anak? Sebagian sudah mulai sekolah tatap muka? Atau masih online school/ pembelajaran jarak jauh? Apapun itu, semoga Allah memberikan daya dan kekuatan untuk kita semua, supaya tetap semangat menjalani detik demi detik kehidupan.

Yah, namanya juga anak. Kadang manisss banget, bikin hati ini mak nyesss. Tapi di lain waktu, sikap mereka tuh auto bikin istighfar melulu. Ketimbang tekanan darah Moms naik-naik ke puncak gunung, yuk kita lakukan hal-hal yang solutif ajalah. Kita tingkatkan bonding (Kelekatan/ Ikatan Emosional) denga buah hati, dengan beberapa cara berikut.

(1). Eksplorasi Alam Sekitar

Di masa pandemi, gerak Langkah kita terbatas banget ya Moms. Belakangan ini, karena kasus covid-19 sudah mulai menurun, ya marilah kita ajak anak untuk jalan-jalan, ngga perlu jauh-jauh, keliling kompleks aja. Jalan kaki, bikin jiwa raga makin sehat Sentosa! Juga bisa mengasah kepekaan, dan meningkatkan bonding dengan buah hati. Karena selama jalan, kita kan ngobrol dengan anak. Dia bisa cerita tentang sohib-sohibnya, atau mungkin ada teman sekelas yang ditaksir? *uhuks* Akhiri jalan-jalan ini dengan mampir ke Warung Bubur Ayam Langganan. Eits, kalo makan di tempat (dine in) jangan lupa, tetap disiplin terapkan Protokol Kesehatan yak.

(2). Buka Album Foto Jadul

Whoaaa, ini saya hobi banget! Alhamdulillah, almarhum Ayah hobi memotret keluarga kami, sejak saya bayi ๐Ÿ˜€ Jadi, dokumen-dokumen foto masih tersimpan rapi dalam lemari. Biasanya, saya ajak anak untuk mengenal keluarga besar kami dari potret-potret itu.

โ€œIni lho, eyang Kakung kamu. Namanya Pak Jumono. Putiiih dan ganteng orangnya. Sudah meninggal sejak Ibuk duduk di kelas 4 SD.โ€

Lalu saya ceritakan betapa eyang Uti-nya struggling membesarkan saya dan Kakak. Single parent dengan 2 anak, bekerja sebagai guru dengan gaji (waktu itu) minimalis, tapi tohโ€ฆ ALLAH Maha Kaya.

โ€œKalau kamu butuh APAPUN, minta sama Allah. Tidak ada yang tidak mungkin bagi ALLAH,โ€ value itu yang selalu saya tekankan. Alhamdulillah, ini bisa meningkatkan bonding juga di antara kami.

(3). Masak Bareng

Belakangan ini, anak saya lagi hobi coba-coba resep yang ada di reels Instagram. Resep sederhana aja sih. Seperti French toast, atau spaghetti/ olahan pasta. Apapun itu, sungguh, saya bersyukur! Karena apabila suatu hari nanti dia tinggal berjauhan (kuliah di Luar Negeri, mungkin?) anak saya tetap survive, lantaran bisa dan hobi memasak.

Jujur saja, saya bukan tipikal Emak yang jago uprek-uprek resep di dapur. Jadi, manakala anak ngajakin buat masak bareng, tadinya saya keder bin jiper wkwkwkw. Tapiii, saya anggap ini challenge! So, sekarang, tiap hari saya juga uprek-uprek aneka channel Youtube dan akun IG yang berbagi kiat dan resep memasak. Voilaaaa, Alhamdulillah kreasi kami ternyata lumayan jugaaaa ๐Ÿ˜€ Masih bisa dimakan, kok wkwkw. Dan yang jelas, ini sangat bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak.

(4). Wisata Kuliner

Sejak pandemi dua tahun silam, saya sama sekali nggak pergi ke luar kota, apalagi ke luar negeri. Ndekem di Surabaya aja. Most of the time, berkegiatan dari rumah. Tapii, kalau jenuh mulai menyerang, biasanya saya ajak bocah untuk wisata kuliner. Nggak usah yang jauh-jauh dari rumah. Beli Burgerax atau Bakso yang jaraknya Cuma 1 km dari rumah kami, itu udah auto hepi, sih.

Tapiii kadang, kami juga wisata kulineran ke Royal Plaza. Waktu itu, kami ikut program Vaksin Covid yang dihelat di mall ini. Setelah antre lamaaaaa, lalu di-tujes, tentu saja perut meraung-raung minta makan ๐Ÿ˜€ Ya sudah, kami pun cuss ke areal food court, serta cafรฉ hoping ke beberapa destinasi kuliner, yang ciamik banget jadi solusi pemadam kelaparan.

(5). Main Games di Plays.org

Ahaaa! Sebagai emak-emak jaman now, saya sukaaa banget dengan adanya Plays.org ini. Bener-bener bisa menyalurkan Hasrat main games dan seru-seruan bareng bocah!

Jadiโ€ฆ. Selama ini kalau mau nge-game, kita kan kudu install dulu yak di gadget. Padahal ini lumayan beresiko lho, siapa tahu ada virusnya. Udah gitu, smartphone saya kan udah full dipake buat download aneka aplikasi penunjang kerjaan. So, nggak ada space buat install game, dong.

Kabar baiknya adalahโ€ฆ kita bisa banget memainkan aneka games di sini TANPA harus install terlebih dahulu. Cukup buka website, dan cuss langsung main deh!

Piihan games-nya juga lengkap kap kap, dan super variatif. Kalau ditinjau dari genre-nya, ada game Arcade classic, Aweshoot, Cartoon, Comics, Education, Solitaire, Sports, Retro Pixels, Pinball, Base Defense hingga Simulation. Pokoke nggak bakal mati gaya dah, karena kita bisa coba games mana aja sesuai selera!

FYI gaes, mayoritas games di plays.org ini dibuat dengan aplikasi web JavaScript ringan. So, kita bisa mengaksesnya dengan lancar jaya, ngga perlu kuatir nge-lag. Makin FUN, karena nggak perlu terganggu dengan iklan apapun. Yeah, I know kan kezel yaaa, lagi asyik-asyiknya main games, udah mau naik peringkat, ehhโ€ฆ. Iklan pop up nongol di mana-mana, wkwkw. 

Dan yang paling saya demen banget nihโ€ฆ kalau mau main game di plays.org tidak perlu daftar atau membuat akun. Dahlah intinya langsung main aja, so kita nggak perlu kuatir kudu memasukkan data-data pribadi. Privasi aman jaya Sentosa!

Published by @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

96 thoughts on “Cara Meningkatkan Bonding (Kelekatan dan Ikatan Emosional) Orang Tua dengan Anak

    1. Ini cocok untuk suasana kampung seperti di desa saya Mpo. Di sini ga ada mall, ga ada taman. Adanya sawah dan sungai. Kalau jajan cilok, iya ada banyak hehehe

    1. Betul banget Teh Okti. Anak senang, orangtua happy.
      Waktu bersama anak semakin berkualitas. Anak merasakan kehadiran kita sebagai orangtua sepenuhnya.

  1. Masya Allah … almarhum ayah Mbak Nurul sama kayak almarhum ayah saya lho. Dan almarhumah ibu saya suka mengumpulkan foto2 kami. Sampai sekarang album fotonya masih ada. Kalau Plays.org, saya juga sudah lihat isinya. Banyaak ya.

    1. Gak kebayang zaman sekarang yaa, kak Niar…
      Mengumpulkan foto di cloud. Semoga masih bisa diakses hingga anak-anak dewasa dan kita menua.
      Bermain di plays.org adalah kebahagiaan tersendiri bagi orangtua dan anak.

  2. huuuu…. saya suka Plays.org karena gak perlu install bisa buka situsnya untuk refreshing

    tapi baru tahu bahwa Plays.org bisa meningkatkan bonding

    perlu dicoba nih bareng keponakan2ku yang sering datang ke rumah hanya untuk gaming

  3. Ih aku juga suka pas buka album jadul, ngasih unjuk foto mereka kecil dan cerita cerita masa mereka kecil.. ternyata bagus juga untuk meningkatkan bonding ibu dan anak ya maaak

  4. meski di rumah bisa banget yaa Mbak tingkatkan bonding antara anak dan ortu.
    dari yang jadul-jadul juga bisa buat happy ya, lihat foto lama dan juga main game masa kecil ortunya yang sekarang nak-anak juga bisa nih mainkannyaa lewat Plays.org
    saya juga suka lho main game dengan anak-anak ๐Ÿ˜€

  5. Ah, buka album foto jadul ini memang nostalgia banget mba. Saya kebetulan waktu anak-anak masih bayi suka cetakin foto-foto mereka dalam bentuk majalah. Wah, kalo setiap kita buka album jadul itu, anak-anak langsung heboh. Pertanyannya banyakkkkkkkk bertubi2. Mereka sendiri pun hepi lihat foto-foto masa kecilnya.

  6. karena aku sama anakku suka main game, wah kita wiken kemarin nyobain tuh meluncur ke webnya playsorg, dan banyak banget yaa pilihannya, seru loh!

  7. Wah, bisa jadi pilihan main game nih di playsdotorg yach. Macam2 permainannya dan edukatif juga. Ga apa2 banget dong kelar PJJ dan PR2 anak2 kita relaksasi pikiran dengan main ini ๐Ÿ™‚ By the way, lihat2 album foto jadul itu suka terenyuh hehehe ada meownya pasti ya hihihi.

  8. Meningkatkan bonding yang keren banget ini mah mba Nurul.
    Apalagi kalau main game bareng, seru banget.
    Kalau utk membuka foto jadul, suka takjub melihat perkembangan anak hingga saat ini.

  9. Wah lumayan tuh plays.org. Sekaligus bisa maen gamenya pasti seru2 ya. Banyak game edukasinya memang di situs plays.org dan pastinya menyenangkan untuk para gamers terutama anak2.

  10. Ada banyak cara ya membangun bonding dengan anak. Salah satunya dengan main game. Emang pada dasarnya semua anak itu suka dengan game, apalagi kalau orang tuanya juga doyan ini bisa jadi momen membangun kelekatan ya Mbak asal gak sampai berlebihan aja mainnya. Ohya saya juga udah coba nih main game di plays.org dan suka banget karena banyak pilihan gamenya di sana

    1. boleh lah yaa buat bonding timenya main bareng sama anak pas weekend, jadi memang pas waktunya santai deh jadinya, apalagi pilihan game di playsorg banyak banget nih

  11. Main games Tanpa perlu instal aplikasi ini juga ngebantu mba biar hape nggak lelet ya. Apalagi ada banyak permainan yang bisa dimainkan bersama anak ya mba ๐Ÿ™‚

    1. Ini dia nih, gak perlu install, jadi cukup main di browser aja deh, jadi gak makan memory gadget kita plus pilihan mainannya juga banyak, surganya games lah yaa

      1. Iya nih Mbak. Makanya suka banget main game di Plays org karena gak perlu menuhin memori buat install aplikasi. Apalagi banyak pilihan gamenya juga dan no iklan. So, sangat menarik ya

  12. Naaaa asik kalau diajak mom kulineran di luar. Bisa ganti suasana makannya. Dan kalau diajak main game pasti lebih gak nolak lagi. Pasti betah duduk berlama-lama depan laptop, disuruh makan juga pasti susah ๐Ÿ™‚

  13. iya mba dari anak kecil sampe gede kalau main ditemenin pasti hepi yaa haha.. apalagi sekarang mainnya game online, emaknya kalo melek internet bisa lah ngimbangin ๐Ÿ˜€

  14. Bonding dnegan anak dengan wisata kuliner udah sering, wah kalau main game di plays.org ini yang belum pernah… Seru juga yah kak, aku nanti mau coba ah dengan anakku. Thanks infonya kak ๐Ÿ˜Š

  15. Kangen banget bisa jalan-jalan.
    Aku kemarin vaksin hanya karena malu, gak boleh masuk McD.
    Ya Allah~
    Cobain main bareng anak ini seru.. Biasanya anakku mabar sama om nya yang di Surabaya.

    1. Mendampingi anak zaman digital ini memang butuh waktu yaa, kak..
      meluangkan waktu untuk mengobrol dan brainstorming. Memberikan banyak pendapat untuk berdiskusi, bukan menggurui.

  16. aku suka wista kuliner dengan anakku biar makin dekat dan makin banyak cerita, alhamdulillah makin akrab bahkan kisa suka sama teman cewek juga diceritan. Seru deh berteman dengan anak.

  17. Naah, kadang buka poto jadul bikin ngikik, ngakak guling2 apalagi saling bully sambil bercanda seru pisaan , kalo pernah mengalami masa jamannya kuruuuu, jeleek hahhaa.

  18. Anakku sudah sekolah tatap muka tapi masih bergantian belum penuh gitu, sisanya online.
    Selama di rumah aja justru bisa mendekatkan ikatan dengan anak ya lewat berbagai aktivitas. termasuk main games bareng di plays’org

    1. Buka album lawas tuh yang menarik, mengingat lucu-lucunya, imutnya, eh tau-tau udah gede aja. Aktifitas main game online juga bisa asal jangan modelan eSport, emaknya yang kepontal-pontal ngikutinya. Yang santai kayak Plays.org menarik juga

  19. Buka album lawas tuh yang menarik, mengingat lucu-lucunya, imutnya, eh tau-tau udah gede aja. Aktifitas main game online juga bisa asal jangan modelan eSport, emaknya yang kepontal-pontal ngikutinya. Yang santai kayak Plays.org menarik juga

  20. Aku setuju nih. Dunia anak dunia bermain ya, dan tak mungkin juga memisahkan anak dengan kegiatan bermain. Tinggal kita orang tua yang memilihkan dan menemani anak bermain. Bermain bersama anak ini jadi kegiatan bonding yang bagus nih

  21. samaan mbak kegiatannya dengan kegiatanku dengan anak-anak di rumah. Gak jauh-jauh ngajak main ke luar, buka album lama sama main game barengan hihihi emang menyenangkan ya melakukan kegiatan barengan sama anak-anak. Kitanya juga jadi ikutan refresing selain akhirnya bonding sama anak juga jadi makin lekat.

  22. Ganteng banget ya anak mudanya ๐Ÿ™‚
    Jadi ingat waktu masih punya anak 1, sering banget kami kencan berdua, explore mall berdua *halah ๐Ÿ˜€

    Sekarang, belom bisa kencan bertiga lagi, karena rempong kalau kencan bertiga, selalu ada kisah cinta segi tiga wkwkwkw.

    Jadinya saya lebih sering main game bareng di plays.org ๐Ÿ™‚

  23. Fix! aku mau bianget nyoba web plays.org untuk anakku ni, Mbak nurul. Kadang was-was lah ya, kalau asal ngeklik game yang bersliweran itu, iklannya aduhaiiii brrrrr bikin auto close,wkwkwk

  24. Kalau aku di rumah anak-anak diajari untuk banyak cerita sepulang sekolah, supaya aku tahu banyak kegiatan mereka, siapa aja yg mereka kenal dan sahabat-sahabatnya. Anak pertama cewek kadang curhat2an dan main masak bareng, kalau yg cowok suka sok2 nanya game favorit apa sekarang dan ibadah bareng. Hehe.

  25. Ah bener nih, main games juga bisa ya buat ajang meningkatkan bonding dengan anak. Aku dan suami begitu. Seringkali main game bareng dengan anak. Dan serunya berlipat-lipat. Belom pernah nyoba nih main di plays.org ini. Nanti nyoba ah. Siapa tahu cocok dan seru-seru.

  26. Hampir sama, Mbak..termasuk buka foto lama, apalagi anak-anakku ga kenal Yang Kung (Bapaknya suamiku) karena sudah berpulang. Jadi biar kenal buka-buka deh foto lama sambil nostalgia.
    Diselingi juga dong main games di plays org..sekalian emaknya yang nostalgia karena ada game jadoel favorit di sana

  27. Meningkatkan bonding antara orangtua dan anak itu memang penting ya mbak
    dan banyak ya cara untuk memgusahakannya, klo sama generasi Z salah satunya ya dengan mabar game di plays ini ya mbak

  28. perlu banget ini kita bangun bonding dengan anak bahkan setelah anak gede juga yah. Btw aku belum tau game ini, anak2 aku kayaknya juga belum, terima kasih infohnya

  29. Banyak aktivitas bisa dikerjakan bareng2 ortu anak utk merekatkan bonding ya mbak.
    Kalau pas gak mager dan pengen keluar rumah dan lagi kelebihan duit ngajakin anak jajan di luar, wiskulan.
    Kalau pas lg pengen di rumah aja pun bisa ngajakin anak main game yg gampang2 ya mbak, sekalian ngobrol2 apa aja sama anak.
    TFS

  30. Wah, aku banget nih suka main game sama Aqla mbak. Kadang ngakak berdua pas kalah, seru aja rasanya kalo main game sama anak.. Kadang kalo Aqla main sendiri dan bosan, biasanya ngajak aku.. Geret suruh main, kl kalah diketawain wkwk

    1. Iya…
      Lucunya anak-anak itu suka mengamati cara bermain kita yang suka menang terus atau kalah terus. Hihii~
      Tapi sesungguhnya, aku gak jago main game. Hanya seneng kalau lihat orang lihai bermain.

  31. Enak ya main di plays.org gak perlu install-install. Itu yang paling bikin demen. Mainnya pun bisa di website-nya so gak bikin berat handphone jadulku, hehe

  32. Senangnya bisa bonding bareng anak dengan masak bareng, misalnya. Jadi bikin happy dan challenge ya mba, jadi bayangin anak saya udah beranjak besar dan jago uprek dapur juga. Saya yang kelimpungan hihi karena suka gak pede coba resep baru

  33. Senangnya bisa bonding bareng anak dengan masak bareng, misalnya. Jadi bikin happy dan challenge ya mba, jadi bayangin anak saya udah beranjak besar dan jago uprek dapur juga. Saya yang kelimpungan hihi karena suka gak pede coba resep baru. Moga saya juga semangat nantinya. hehe

  34. Dulu saya suka buka-buka album foto lama. Sekarang malah sedih kalau ingat itu. Foto-foto lama saya sudah habis dilalap api. Btw, main game tanpa menginstal, itu bagus sekali loh mbak. Saya mau dong, semoga ada game yang ramah umur, aups hahaha.

  35. Seru nih semua aktivitas bareng buah hati. Paling menyenangkan tuh yang jalan-jalan ya, menikmati berbagai tempat wisata ataupun keindahan alam. Tubuh sehat, hati senang, bonding sama anak juga dapet banget.

  36. The point is.. gamenya gak perlu diinstall. AIh love banget ini! Anak-anak saya pada gampang bosen sama satu game, baru bentar eh diganti. Kan ribet ya kalau gamenya mesti diinstal dulu. Kalau gak diinstal, ayo aja…Hmm..selain meningkatkan bonding, kadang diselasela waktu ngetik, boleh juga nih emaknya ngegame sendiri hihihi

  37. Memang mempererat bounding itu harus terus dilakukan supaya anak-anak kita merasa bahagia dekat dengan orang2 terdekatnya ya…. banyak cara bisa dilakukan utk mempererat bounding ini. Memasak bersama asyik tuh…

  38. banyak cara ya mbak meningkatkan bonding dengan anak. Sebagian besar sudah saya lakukan semua mbak di rumah tips dari mbak Nurul. masak bareng, main games, cuma yang gak pernah dilakukan lagi adalah main keluar mbak hihi secara masih pandemi. Eksplore alam sekitar palingan di kebon belakang. paling sering itu buka album lama sama main games hihihi

  39. Kalo lagi di rumah Ibu juga aku suka banget buka-buka album lama.
    Anak-anak uda apal, pasti mama mau nge-dongeng.
    Iyaak, betuul sekali..
    Dan selalu ada keributan kalau dongengnya bareng mas-masku. Suka di protes karena nambahin bumbu terlalu banyak, hehhee..

  40. Setuju semua yang dilakukan emang bisa ninggalin Bandung apalagi bisa main bareng pake playsorg ya mba senang deh anak2 tuh

  41. Aku pernah bareng anak2 buka album photobook, zaman aku masih pacaran Ama pak suami, dan foto2 traveling kami mba. Dan si Kaka dengan santainya bilang, kok mami beda bangettt sih di siniii. Rambut panjang, kurus. Beda Ama skr.

    Rasanya mau diteploki hahahahah . Mau bilang maminya gendut yg skr gitu ๐Ÿคฃ

    Tapi memang seru sih bawa anak2 ini nyobain hal baru kayak masak yg simple2 aja. Beli buku ke Gramedia, ATO beli jajanan sebangsa eskrim doang udh happy.

    Mereka untungnya ngerti kenapa blm bisa traveling kayak dulu.

    Dan skr main games ajapun bisa bikin Deket. Aku seneng Krn games di play(.)org ini banyak yg edukatif. Yg sambil belajar, ntah itu berhitung ATO mencarik kata dll. Dan games2 yg ada kaitan Ama education gitu, sering aku mainin bareng anak2. Mereka happy sih. Dibuat semacam kompetisi. Jadi cepet2an jawab, dan yg kalah disuruh mijitin hahahaha.

    Baguus si play(.)org ini memang ๐Ÿ‘

  42. Kalau aku kadang jalan-jalan berduaan sama si kakak buat menjaga kelekatan sama dia. Pengen sih ngajak adiknya juga tapi nggak berani bawa motor bertiga. Atau kalau di rumah ya main-main bareng anak-anak deh mbak

  43. Cocok banget main game bareng anak, apalagi kalo oranng tuanya gamers juga. Seru banget pasti. Jalan-jalan juga oke, anak akan menyimpan memori saat-saat menyenangkan jalan bareng orang tuanya..

  44. Meluangkan waktu dan asyik main bersama adalah cara ampuh untuk bisa meningkatkan bonding antara orangtua dan anak ya mbak
    Termasuk main game bareng di plays ini

  45. Saya paling suka poin no 2 dan nomor 3. Lihat foto keluarga dan masak bareng. Biarpun masaknya bukan masak berat, kayak bikin omlet, mie instan, atau apalah.

    Poin nomor 5 baru tahu ada game di situ. Ntar coba intip ah.

    Semoga sehat selalu sekeluarga yaaaaa.

  46. Dari beberapa yang disebutkan untuk meningkatkan bonding dengan anak, paling suka eksplorasi alam sekitar. Tapi belum pernah main game sih, mungkin bisa dicoba kalo udah gedean. Hehe

  47. Kalau perlu masukin data pribadi pas buat aplikasi, daftar apa termasuk mau unduh game..kadang agak kuatir. Makanya jadi demen saat ngegame sama anak di plays org…ga perlu data dah bisa main aja, memperkuat bonding anak dan ortu bisa main bareng jadinya

  48. Membantu anak membantu pekerjaan orang tua juga sangat berefek untuk membangun ikatan emosional anak dan orang tua.. Bisa juga dengan mengajak anak mengikuti hobi orang tua

  49. Kalau main di hp, kadang suka cross nih Kak Nurul. Tapi kalau main di komputer, bisa bikin lupa waktu. Hhihihi.. saking banyaknya game terutama game jadul angkatan 90 #eh

  50. Super lengkaaap ini sih plays.org. nggak perlu instal kusuka dan nggak ada iklan..
    Aku juga main bareng anak aku mbaaa. Seneng banget dia.
    Setuju deh mba, anak2 pas lagi sosweet ihiy banget. Tapi kadang bikin harus istighfar๐Ÿ˜

  51. tos, aku juga termasuk tim jarang nguprek resep di dapur sebelumnya, masak ya itu aja resepnya hahaha. Tapi karena pandemi ada berkahnya, dua anak ngajak bebikinanan jadilah bertiga masak bareng. Hasilnya dinikmati bersama, kenyang terus main game bareng di plays org deh…asyiik

  52. Sebelum pandemi suka banget wisata kuliner bareng anak. Tapi sejak pandemi. Wisata masak aja di rumah, hehehe sama wisata grabfood, hahaha. Nonton dan ank sesekali main game

  53. bonding time jadi aktivitas yangmemiliki manfaat untuk anak. Itu sebabnya bisa menjadi aktivitas yang membangun emosi antara orang tua dan anak dan akan membentuk karakter positif mereka

  54. bonding time ini penting banget ya mbak agar kelekatan kita dengan anak terus meningkat karena masa kanak-kanak itu cuma sebentar, entar anak gede dikit kalau dari kecil gak deket sama kita dia lebih suka pergi sama temennya yaa. btw samaan nih sama saya, suka main game barengan sama anak,seru!

  55. Iya jalan pagi bareng anak-anak atau olahraga bisa menghilangkan sumpek dan jenuh karena di rumah terus ya..belum berani keluar rumah dan liburan jadi berusaha dinikmati saja sehari-hari di rumah..

  56. Anak laki ku suka main games..tapi tetep waktunya dibatasin kadang jalan ini yg suka Aku lakukan mba..main bareng… ini pilihannya gamesnya di play.org banyak banget ya bikin gร k boring pastinya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: