Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Hampir dua tahun menjalani banyak aktivitas dari rumah saja. Jarang bersosialisasi secara offline. Piknik? Traveling? Apa ituuu? Sudah lupa rasanya ngetrip, bahkan paspor kadaluarsa aja belum diurus. Alasannya? Antara mager, dan lupaaa lupa melulu. Ouch, umur kagak bisa bohong, yes?

Seiring pertambahan usia, kemampuan mengingat dan konsentrasi bisa saja menurun. Untuk mengatasinya, ada cara yang dapat kita lakukan. Memang penurunan daya ingat atau pikun merupakan kondisi yang umum terjadi seiring bertambahnya usia. Eitsss, meski begitu, bukan berarti kita pasrah bongkokan, alias nggak melakukan apa-apa lho. Karena ada beberapa metode untuk bisa meningkatkan kemampuan daya ingat dan konsentrasi, yang bisa kita terapkan! Apa saja?

(1). Perhatikan Asupan Nutrisi

Untuk mendapatkan daya ingat dan konsentrasi yang baik, pastinya kita kudu concern dengan nutrisi buat otak. Yap, butuh asupan makanan bergizi agar kinerja Otak dapat berfungsi dengan optimal. Berdasarkan rekomendasi para ahli gizi, kita kudu perbanyak konsumsi makanan, seperti sayuran hijau, ikan, teh hijau, dan kacang-kacangan. Tujuannya, sudah tentu agar fungsi otak makin ciamik.

Yang tak kalah penting, kurangi atau batasi konsumsi minuman soda atau yang mengandung alcohol, ya. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman tersebut dalam jumlah berlebihan, bisa berdampak buruk pada fungsi kognitif dan daya ingat.

(2). Rutin olahraga

Ahahaha! Olahraga ini yang sepertinya lumayan PR banget buat kita semua ya, Bund. Alasannya segambreng, dah. Mulai dari: gak ada waktu, karena kudu nyiapin bocah mulai sekolah offline; nggak mood olahraga karena kagak ada temannya, yadda yadda blablabla. Hihihi, iya apa iyaa?

Padahal, olahraga secara rutin bisa menjadi metode yang tepat untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi tetap optimal, lho. Coba deh, kita ikutan Zumba di Youtube. Kalau kurang fokus, dijamin, gerakan kita bakal salah-salah melulu kan?

Yang jelas, olahraga mengusung banyak manfaat untuk kesehatan otak, di antaranya:

  • Melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan meningkatkan suplai darah ke otak
  • Mengurangi peradangan
  • Mendorong perkembangan sel saraf baru
  • Mengurangi resistensi insulin
  • Merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak

Olahraga yang simpel-simpel aja. Misalnya, jalan kaki, ikuti Gerakan Yoga di Youtube, atau berenang. Nggak usah terlalu lama. Durasi 30 menit per hari udah bagus, yang penting konsisten alias istiqomah.

(3). Senam Otak

Yeah, pastinya kita mupeng banget dong bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Ternyata, selain menjaga nutrisi dan berolahraga, otak kita juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga! Ngelatihnya gimana? Salah satu metode yang efektif adalah: dengan rutin melakoni senam otak.

Ada beragam cara yang bisa kita lakukan. Di antaranya: mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, bermain catur, belajar alat musik, dan bermain games yang mengasah fokus, konsentrasi serta daya ingat. Saya sih, main di Solitaire.org. Paling demen eksplorasi aneka permainan yang ada di: https://www.solitaire.org/word-games/

Beneran deh, dengan memainkan aneka games yang ada di sini berasa otak tuh lagi senam sekaligus refreshing!

Pilihan games-nya banyaaakk banget. Ada classic solitaire, Klodike solitaire, FreeCell solitaire, Pyramid solitaire. Seru seru banget untuk kita mainkan, lho.

Sejumlah kategori games lainnya juga sayang banget buat dilewatkan. Ada logic puzzle games, mahjong hames, hidden object games, card games, match-3-games, free online games, dan favoritkuuuu udah tentu Word games!

(4). Istirahat yang Cukup dan Berkualitas

Begadang jangan begadaaaangg…. kalo tiada artinyaaaa…

Siapa nih yang masih doyan binge-watching Drakor? “satu episode lagiii…. janji!” eh, ternyata… semalaman sibuk ngelarin 4 episode sekaligus. Belum lagi begadang demi mantengin drama real life di Dispatch dan akun Instagram oppa-oppa Korea. πŸ˜›

Padahal, setiap orang tuh butuh istirahat yang cukup dan berkualitas. Karena, istirahat yang cukup berperan penting dalam menjaga fokus dan kemampuan mengingat. Saat tidur, ingatan seseorang akan menyusun kembali informasi dari hal-hal yang sudah terjadi.

Cukup istirahat akan membuat tubuh terasa bugar dan terhindar dari stres. Biasanya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7–9 jam untuk tidur. Selain itu, tidur yang berkualitas juga dapat membantu kita untuk mengingat dan mempelajari sesuatu hal yang baru.

(5). Aktif bersosialisasi

Aktif bersosialisasi dan menjalin komunikasi, misalnya dengan teman, sahabat, dan orang-orang terdekat adalah salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif.

Berkumpul dengan mereka memungkinkan kita terbebas dari stres dan depresi. Karena, stres dan depresi sangat erat kaitannya dengan penyebab menurunnya daya ingat.

Published by @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

60 thoughts on “Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

  1. Aku belakangan ya sering galfok, Mbak. Selain faktor U, kayaknya kurang piknik. Daripada gaiso piknik, lumayan juga bisa senam otak buat mempertajam konsentrasi plus relaksasi ya. Makasih rekomendasinya di Solitaire.org. πŸ™‚

  2. Wiiiiiih main solitaire zaman aku remaja dulu nih biasanya pakai PC hahaha πŸ™‚ Betah duduk berlama2 mainin ini loh. Kadang menang, kadang kalah wkwkwkwkkw πŸ™‚ Mau dicoba ah sekarang udah jadi emak2, siapa tau ga bakalan kalah eeeaaa…. Biar makin konsentrasi dan punya me time πŸ™‚

  3. Abis baca ini aku langsung mikir, jangan-jangan aku sekarang jadi agak pelupa karena udah lama gak senam otak dengan main solitaire? wkwkwk. Soalnya, semua yang disebutkan di atas udah rutin dilakukan, cuma satu itu aja enggak. *analisa apa ini? πŸ˜€

    Zaman pakai PC dengan monitor tabung, dulu aku gemar main solitaire. Sejak teknologi komputasi makin canggih, game kekinian bertebaran, malah enggak main apa-apa lagi.

    Intinya mah senam otak ya mbak.
    Terima kasih tipsnya!

  4. Senam otak biar sehat ya. Duh biar nggak pikun nih berartii. Tapi aku seneng ngegeeems sama anak2 kadang suka ikutan menghafal eh tapi nggak konsisten. Aih jadi inget komputer dahulu kala, windows dengan CPU itu, aku coba solitaire dan seru sampe tugas sekolah sedikit dilupakan heheuuu

  5. Seiring bertambahnya usia saya merasakan otak makin kesini makin lemot, Mbak. Jadi artikel ini seperti menemukan jus di saat musim panas. Nutrisi dan olahraga sudah saya lakoni. Games aja nih yang belum. Untuk tips yang lain akan saya coba juga pelan-pelan. Terima kasih ya atas artikelnya yang mencerahkan. Orang bilang tua boleh tapi dia pikir tak boleh berkurang ya mbak ❀️

  6. Aku belakangan juga merasa susah konsen dan gampang lupan haha πŸ˜›
    Boleh juga nih dicoba tipsnya khususnya yang bagian senam otak itu. Ternyata permainan yang mengandung teka-teki gitu bisa ya buat latihan otak berpikir. Di samping tentu saja kudu istirahat yang cukup, olahraga aktif, dan makan makanan bernutrisi.

  7. Aku setuju main games bisa meningkatkan daya ingat dan melatih konsentrasi. Ibuku yang umurnya 60 lebih aja masih suka tuh main solitaire, alasannya ya itu biar ga gampang pikun.

  8. Solitaire game favorit sejak bangku kuliah sampe bikin skripsi selingannya game solitaire. Kadang aku isi TTS juga mbak buat ngelatih ingatan.

  9. Punya daya ingat dan konsentrasi tinggi itu penting ya mbak
    makanya perlu diusahakan terus
    salah satunya dengan senam otak main game solitaire ini

  10. Aku ya main susun kata gini, kak Nurul.
    Tapi masih pakai papan. Karena kemarin anak-anak request pengen board game.
    Coba kalau tahu ada di solitair.org kan lebih hemat yaak…hehhe~

  11. Aku sering senam otak dengan self-challenge utk tidak buka google saat berusaha mengingat sesuatu. Hari gini kan ya, mengingat (hampir) apapun bisa lewat google, tapi aku memilih untuk mengingat2 dan ketika berhasil, rasanya puwaass. Tapi ya kadag ga berhasil juga sih (dan akhire tetep buka gugel hehehe).

    Kalau ngegame di gadget, entah kenapa, dari dulu aku kurang suka. Ngegame buatku malah ga bikin refresh. Sampai2 suka diledekin sama anak2 karena kalau main game (yg simple sekalipun) mereka lebih canggih dibandingkan aku. Dalam hal game, aku adalah mahluk langka di rumah. Lha suami dan anak2 semua suka game πŸ˜€

  12. Eh, di solitaire juga ada word game ya? Ini kesukaan anakku nih. Di buku atau Bobo biasanya suka ada game ini kan.. Cuma kalau udah ketemu semua, dia jadi bingung mau ngapain lagi. Kurang banyak katanya. Ntar coba tunjukin ke anakku ah, word game ini, pasti dia suka. Apalagi kosakatanya dalam bahasa Inggris, yaa.. Wah dobel-dobel nih senengnya, karena kebetulan dia paling suka belajar bahasa Inggris, jadi game ini bisa sekaligus nambah kosakatanya juga.

  13. Main game bisa mengasah otak dan konsentrasi ya Mba. Apalagi kalau mainnya game Solitaire.org. Yang sering saya mainkan itu spider solitaire dan Zuma. Favorit saya sejak dulu

  14. Duh aku nih udah mulai banyak lupa. Selama ini excuse-nya, karena umur. Padahal ya, semua bisa diminimalkan. Salah satunya dengan cara melatih daya ingat dan konsentrasi. Rajin baca dan belajar hal baru juga bisa mencegah itu. Btw, suka deh Solitaire. Game-ku sejak kuliah, tahun 97’an. Tapi belom pernah deh aku main di Solitaire.org. Cobain ah.

  15. auto buka main Solitaire.org.

    wow games nya asyik asyik …..ntar ah selesai ngerjain dedlen

    sering banget kepala sakit dan rasanya mau pecah

    solusinya buka Solitaire.org aja ya?

  16. Main game di Solitaire.org enggak cuma sekadar ngegame ya Mbak, tapi juga senam otak heheh.
    Aku nih yang jadi PR utama juga olahraga, kadang mau olahraga udah capek duluan ama kerjaan rumah, endingnya ya gegole6 sambil ngedrakor atau ngegame aja sih.

  17. Saya juga suka nih, main di solitaire.org. Game asah otaknya beneran meningkatkan daya ingat, sehingga bisa cegah pikun juga. Saya suka game kartu fenomenalnya kakak. Akh, intinya saya suka main game di solitaire.org

  18. iya mbak, main solitaire bisa meningkatkan daya ingat juga yaa. kalau suamiku sih buat refresing abis kerja di kantor, dia suka main solitaire buat merefresh dirinya. abis itu baca jurnal lagi, nulis lagi. gitu aja kerjaannya hiihhi

  19. Senam otak yang menyenangkan itu sambil main games di Solitaire. Ide bagus, mbak! Hehehe. Kalau ada soal TTS juga bisa supaya ga pikun.

  20. Saya banget nih, tiba-tiba kelupaan aja gitu. Lupanya itu kemudian yang bikin jadi gak konsen melakukan apa saja. Wah, boleh nih dilatih sambil bermain kartu, digital tentunya. Solitaire lho..siapa yang gak suka?

  21. Aplikasi game solitaire ini menarik dan mudah dimainkan. Cocok untuk anak-anak yang ingin mendapatkan permainan mudah bisa dimainkan di pc/dekstop laptop atau komputer di rumah. Layak dicoba karena saya juga dah coba..

  22. Aku termasuk yang harus rajin meningkatkan daya ingat dan konsentrasi nih mba. Agar nggak mudah lupa. Senam otak dengan game solitaire salah satu yang jadi pilihan juga, secara suka main game nostalgia.

  23. Rutin olah raga nih yang susah buangets. Selalu aja kalah sama kemalasan dan kasur hahahaha. BTW, aku dah ngintip Solitaire di aplikasi di atas. Ternyata sudah banyak banget ragamnya ya. Jaman awal-awal cuma ada 1 versi dan itu aku gak pernah menang (ngekek dari Sabang sampai Merauke)

  24. Olah raga otak penting juga ya, salah satunya dengan bermain kata atau isi tts seperti games yang ada di solitaire.org. ok, noted bangett…

  25. Setujuuuu, otak supaya ga cepat pikun memang harus selalu dilatih. Ga harus konsumsi suplemen yg mahal2 itu. Toh dengan selalu dipakai berpikir, bisa banget membuat ga cepat lupa.

    Even games kayak Solitaire ini bisa banget membantu ya mba. Ini salah satu games favoritku. Krn bener2 diajak mikir utk bisa menang. Ga hanya sekedar main. Apalagi kalo dipakein waktu, makin seruuuuu :p. Jadi tertantang untuk berfikir cepat :D. Aku sering main berdua suami. Siapa yg duluan menang, bisa minta apapun hahaha. Paling sering yg kalah disuruh mijit aja πŸ˜„. Selain solitaire aku juga suka main sudoku, isi tts, atau membaca sih, demi otak tetep produktif πŸ™‚

  26. Seiring waktu, daya ingat dan konsentrasi kita sangat berkurang ya Mba, saya nih sering pikun, bermanfaat juga deh hobi saya main kartu di Solitaire.org

    Senang banget main kartu di sini karena model gamenya buanyak, nggak bosan jadinya πŸ˜€

  27. Jadi ingat pesan mamah dan almarhumah mertua. Keduanya selalu bilang supaya tetap aktif di usia tua. Supaya jangan sampai pikun. Caranya memang seperti beberapa tips di artikel ini

  28. Bapakku sudah sepuh, sudah 78 tahun. Untuk mencegah pikun, biasanya beliau melakukan kegiatan menghitung. Misalnya menghitung satu demi satu pas panen cabai. Nggak banyak sih kira kira satu keranjang kecil. beliau juga tekun belajar, seperti belajar mengoperasikan komputer…

  29. wah aku suka nih senam otaknya tuh main games kaya gini memang mengasah otak tapi gak njelimet yang malah bikin stress dan gemes sendiri hahahha, meluncur deh main games yang kamu rekomen mba

  30. waaaa……template blognya baru, kerennnn…..

    setuju banget, penting untuk senam otak dengan main games di Solitaire.org.

    tadi sempat buka, dan sekarang otw mau ngegames ah …. πŸ˜€

  31. Sempatkan waktu dengan olahraga otak yang lebih menyenangkan dengan main game.

    Lebih asik main game dari pada latihan bentuk angka 8 dan asupan gizi juga penting

  32. Wah baru tau nih Solitaire ada versi permainan onlinenya karena setauku ini permainan kartu jadul gitu, bisa juga buat nosalgia ya

  33. emang otak kudu dilatih terus ya mbaa, biar daya ingat tetap bagus.
    btw, aku juga seneng banget main game solitaire di tengah waktu luang..
    lumayan buat refresh otak ..

  34. Otak juga perlu dilatih agar semua tetap berjalan baik yaa..
    Jangan sampai lemes sehingga mudah lupa. Kudu asupan yang baik, olahraga dan senam otak, hehee..ini kayanya aku sering nemenin anakku main, ternyata ada manfaatnya.

  35. Iya nih belakangan suka lupaan dan suka keholangan konsentrasi td mau ngapain lupa haha
    Kudu sering2 olahraga dan melatih otak buat senam nih supaya otak selalu berpikir dan gak nganggur jd daya ingat dan konsentrasi tetep tajam yaa

  36. Ternyata asupan nutrisi kita ngaruh dengan daya ingat kita ya. kayanya asupanku berantakan deh. Solitaeri yg dulu sering kita mainkan juga melatih daya ingat kita ya. semoga daya ingat kita kuat ya…

  37. Ternyata bermain game yang sering dianggap aktivitas buang2 waktu punya banyak manfaat ya salah satunya dapat membantu meningkatkan konsentrasi kita seperti yang Mbak ulas di atas. Cus ah mau sering2 main game biar bisa lebih fokus gitu

  38. PR saya : fokus; konsentrasi dalam jangka panjang. Olahraga dan teman-temannya sedang mulai ‘dipaksakan’ teratur sejak 2 bulan terakhir. Memang semua yang diupayakan teratur terasa berat di awal ya,Mbak. hehehe..

    Nah, senam otak ini yang belum saya lakukan. Boleh juga nih dicoba. Semoga bisa membuat saya mampu berkonsentrasi dalam jangka panjang, ngga mudah tergoda toleh kanan kiri sebelum satu kerjaan selesai πŸ˜€

  39. Paling demen dulu mah kl main solitair di komputer yg masih bentuk tabung… Hahaaa. Btw, olahraga nih yang masih malesan. Kudu di push bgt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: