5 Kiat Usaha Ternak Ayam Pakai Pinjaman Modal Usaha

Memulai sebuah bisnis memang membuat kita harus memikirkan berbagai macam hal, apalagi untuk masalah jenis bisnis yang pas untuk dijalankan. Hal tersebut sebenarnya wajar karena bisnis akan melibatkan modal serta waktu yang berharga. 

Meski saat ini pengalaman bisnis menjadi hal pertama, namun bukan berarti Anda tidak dapat menjalankan bisnis yang belum pernah dijalankan sebelumnya. Jika perhitungan dilakukan dengan baik, tujuan bisnis bisa tercapai secara maksimal. 

Salah satu pilihan bisnis yang bisa dicoba adalah ternak ayam. Modal yang dibutuhkan untuk ternak ayam bergantung dari kapasitas bisnis yang akan dijalankan. Jika terkendala masalah dana, Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha

Rincian Modal Usaha Ternak Ayam dengan Skala Besar

Menjalankan bisnis ternak ayam potong dengan skala besar sudah tentu memerlukan modal yang tidak sedikit. Namun, dengan menggunakan pinjaman modal usaha, masalah biaya bukan menjadi hambatan yang berarti lagi bukan?

Berikut analisis modal bisnis ternak ayam potong skala besar, antara lain:

(1). Modal awal

Untuk modal awal, Anda membutuhkan Rp40 juta untuk menyewa lahan. Asumsi lahan yang dibutuhkan sebesar 400 meter persegi. Selain lahan, Anda juga membutuhkan kandang ternak. 

Untuk pembuatan kandang ternak berukuran besar, dan dalam jumlah banyak, dibutuhkan anggaran hingga Rp25 juta. Kemudian untuk peralatan makan minum serta peralatan lainnya Rp5 juta.

Sampai di sini, modal investasi awal yang Anda butuhkan untuk usaha ternak ayam potong sebesar Rp70 juta. Namun, jangan mengajukan pinjaman modal usaha di angka ini, karena masih ada biaya lain yang harus Anda penuhi.

(2). Biaya operasional 

Selain investasi awal, Anda juga membutuhkan pinjaman modal usaha untuk membiayai biaya operasional selama penjualan belum dilakukan. 

Biaya operasional untuk 2000 bibit ayam sebesar Rp2 juta, kemudian untuk 50 karung pakan sebesar Rp10 juta, biaya yang lainnya adalah obat vaksin, hingga listrik sebesar Rp5 juta. 

Biaya operasional yang lainnya adalah gaji karyawan untuk mengurus kandang sebanyak 4 orang sebesar Rp10 juta, kemudian gaji karyawan untuk memasarkan produk yang Anda miliki sebesar Rp10 juta, asumsikan dengan 4 karyawan marketing. 

Biaya untuk menyewa kantor Rp20 juta per tahun, biaya distribusi seperti sewa mobil Rp5 juta, hingga biaya promosi Rp5 juta. Total biaya operasional yang dibutuhkan Rp67 juta. Biaya ini masih ditambah dengan biaya lain-lain sebagai cadangan Rp3 juta.

Jika biaya investasi modal awal dan biaya operasional dijumlah, muncul angka Rp140 juta. Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha dengan angka tersebut. 

Tips Jalankan Usaha Ternak Ayam

Membuka bisnis dengan menggunakan pinjaman modal usaha memang memiliki beban yang berbeda. Lebih-lebih setiap bulannya kita harus siap untuk mengangsur pinjaman tersebut. Agar usaha ternak ayam yang Anda jalankan sukses, berikut tips menjalankannya, antara lain:

  1. Sewa lahan sesuai dengan kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda siapkan ketika memulai bisnis ternak ayam adalah lahan yang akan digunakan untuk beternak. Jika Anda mengajukan pinjaman modal dengan jumlah ratusan juta, tidak ada salahnya untuk membeli lahan. 

Namun, jika Anda ingin modal yang digunakan di rentang Rp100 juta, Anda dapat menyewa lahan terlebih dahulu. Lahan beternak ayam tentu saja harus disesuaikan dengan jumlah ayam yang ingin diternakkan. 

Jangan sampai, Anda menggunakan lahan yang terbatas dan akhirnya ayam harus berdesak-desakan. Idealnya 1 meter persegi ideal untuk 8 hingga 12 ayam. Selain itu pastikan lahan yang digunakan jauh dari pemukiman dengan jarak ideal hingga 700 meter untuk mengurangi risiko penularan penyakit. 

  1. Siapkan kandang yang berkualitas

Selain area kandang ayam, Anda juga harus menyiapkan kandang yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan cahaya matahari. Selain itu, pastikan suhu udara cukup stabil dan tidak berubah drastis. 

  1. Beri pakan dan vaksin dengan teratur

Sebelum mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan, Anda pasti sudah menghitung modal yang dibutuhkan bukan. Modal ini juga mencakup pakan dan vaksin. 

Beri pakan dan vaksin secara teratur. Selain itu Anda juga harus menjaga kebersihan kandang dan lingkungan di sekitarnya dengan baik, sehingga ayam bisa tumbuh dengan baik. 

Untuk vaksin atau vitamin, Anda dapat melakukan vaksinasi 3 kali yakni di hari ke 7 kemudian hari ke 14 dan terakhir hari ke 21. Selain vaksin, pada hari-hari tersebut, Anda juga harus memberikan antibiotic. 

  1. Pastikan memilih SDM yang sudah berpengalaman

Dalam pinjaman modal usaha tanpa jaminan, biaya untuk gaji SDM juga harus Anda anggarkan dengan baik. Agar bisnis yang Anda jalankan sukses, pastikan memilih

SDM yang berpengalaman sebelumnya mulai dari mengurus ayam, hingga marketing untuk menawarkan ayam potong. 

(5). Kenali harga dengan baik

Ketika mendekati musim harga naik, Anda dapat menyiasati hal tersebut dengan menambah produksi dalam 1 periode sebelumnya. Contohnya ketika hari raya natal dan hari raya Idul Fitri. 

Rekomendasi Pinjaman Modal Usaha yang Mudah Dicairkan

Menggunakan pinjaman untuk modal usaha memang menjadi solusi yang paling tepat. Salah satu pinjaman yang bisa dijadikan sebagai solusi adalah DBS KTA. Berikut berbagai keunggulan yang ditawarkan Bank DBS Indonesia, antara lain:

  1. Pinjaman hingga Rp300 juta

Dengan menggunakan DBS KTA, pinjaman modal usaha yang bisa Anda ajukan mencapai Rp300 juta, sehingga membangun bisnis bisa lebih leluasa. 

  1. Bunga flat mulai 0,88% perbulannya

DBS KTA memberikan pilihan bunga flat mulai dari 0,88% perbulannya. 

  1. Cicilan hingga 36 bulan

Anda dapat memilih cicilan sesuai dengan kemampuan hingga 36 bulan.

  1. Persyaratan mudah

Anda hanya perlu memastikan jika Anda berdomisili di Jabodetabek, Surabaya, Bandung atau Semarang. Kemudian Anda harus mempunyai e-KTP serta NPWP, memiliki kartu kredit bank lain dengan limit minimal Rp10 juta serta berpenghasilan minimal Rp5 juta. 

Dengan berbagai keunggulan tersebut, masih ragu mengajukan DBS KTA? Ajukan pinjaman modal usaha DBS KTA sekarang juga, dan wujudkan bisnis impian Anda. 

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

39 thoughts on “5 Kiat Usaha Ternak Ayam Pakai Pinjaman Modal Usaha”

    1. Pinjamannya gede ya hingga 300 Juta. Wah jadi kepikiran untuk menambah modal UMKM nih Mbak. Biar penghasilan bertambah.

  1. pas banget baca artikel ini, mertua melihara ayam cukup banyak. tapi sebatas hobi saja. kalau dikelola dengan baik bagus hasilnyaa

  2. Tips-tips sama ulasannya detail sekali, Jadi makin nambah pengetahuan tentang seluk beluk bisnis usaha ternak ayam. Terima kasih informasinya mba 😊🙏

  3. Wow, bisa pinjam hingga 300 juta ya? memang dalam membuka usaha perlu modal yang nggak sedikit ya Mbak? dan melalui pinjaman salah satunya asalkan aman aja dan terdaftar.

  4. Jadi keinget temen yang punya usaha peternakan burung dara. Dia juga awalnya kupikir ga perlu modal banyak lah ya, orang cuma unggas ini. Eh ternyataaa modal ternak kayak gini cukup bikin nganga juga sih hihi, tapi baliknya cepet juga insyaAllah. Btw pinjamannya wow banget ya mba bisa sampai ratusan juta gitu

  5. Wah … Sepertinya seru nih. Dulu waktu saya belum TK orangtua sempat membuka usaha ini. Tapi karena masih kecil saya tidak paham dan tidak mengerti apa-apa.

  6. Kami dulu sempat buat kandang yang ukurannya besar, cuma susah cari anakan ayam. Karena kurang relasi jual beli bibit, akhirnya sekarang kandang terbengkalai. Kalau ada info ayam anakan kak?

  7. Wah bisa jadi rekomen nih, kemaren tetangga lagi cari info mau bisnis ternak ayam sambil sekalian niyicil investasi..aku saranin cus baca artikel ini aja deh

  8. Sejauh ini yang aku tahu, usaha ternak ayam itu yang berat adalah di biaya pakannya. Karena dia reguler dan harus dikeluarkan setiap hari. Apalagi juga sekarang harga pakan sedang tidak murah.

  9. Aku juga ikutan grup tentang ternak ayam di fb karena pernah punya keinginan coba usaha ternak ayam potong atau petelur, makasih banget ya sharingnya semoga bermanfaat buat yang mau usaha.

  10. Kalau sudah memiliki lahan sendiri pastinya jadi lebih udah ya memulainya. Ya setidaknya, satu step sudah terpenuhi. Gak perlu repot cari dan sewa lahan orang lain. Kok saya jadi terpikir untuk memulai usaha ternak ayam di lahan yang ada ya? Hahahah.. ternyata bukan perkara kuliner aja yang bisa bikin orang teracuni wkwkwkw, usaha pun demikian.

  11. Nah bagus nih, pinjam uang ke bank emang buat hal produktif ya mbak, hindari untuk sesuatu yang konsumtif.
    Hitung-hitungannya lengkap nih, komponen biaya dan besarannya. Yuk yang mau ternak ayam, di perinci lagi kebutuhan modal awal dan operasional. Ntar ususan modalnya bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan ke DBS

  12. Usaha ternak ayam ini menjanjikan kalo bisa dikelola bener-bener, adanya KTA DBS ini makin mempermudah UMKM yang ingin memulai usaha ternak ayam.
    Bunganya dan syaratnya juga ringan

  13. Usaha ternak ayam sangat menjanjikan ya mbak
    Apalagi KLO bisa didukung modal usaha yang besar, pasti peternakan ayam nya makin berkembang

  14. Usaha ternak ayam menggunakan pinjaman modal dari DBS KTA bisa menjadi solusi oke nih, Persyaratannya juga cukup mudah ya. Ternyata banyak hal yang mesti dicermati saat beternak. Pakannya, kesehatannya, kadang dan sebagainya wuiiih… Papahku dulu beternak ayam, burung dara, angsa dll di kebun rumah. Seruuu kayak mini zoo.

  15. Banyak yang butuh modal untuk pertama kali menjalankan usaha ya.
    Untuk menjalankan usaha ternak ayam ternyata banyak juga yang harus disiapkan ya, termasuk pemberian vaksin juga penting banget

  16. Wah ini mantep, karena sudah ada simulasinya jika ingin menjalankan bisnis ternak ayam ya. Dan ini menurutku salah satu usaha yang manjanjikan, jika terbatas dengan modalnya bisa melakukan pinjaman dulu ya mak.

  17. Kalau mau usaha itungannya harus komplit dan detil yaa karena endingnya adalah total modal yang di butuhkan.

    Pinjaman untuk usaha bagus tapi jangan sampai pinjaman buat hal yang konsumtif.

  18. Jadi inget nasihatnya Bill Gates katanya sallah satu usaha yang nilai keuntungannya cepat balik itu berternak ayam. Dia kan pernah menyarankan ternak ayam untuk negara berkembang.

  19. Aku jd inget masa krisis 1998 dulu. Waktu itu keluarga kami dlm keadaan ekonomi yg down. Jd dulu memutuskan pelihara ayam pedaging n Alhamdulillah sukses plus bs ngebiayain aku, kakak, n adek2 sampe kuliah.

  20. Tetanggaku ada tuh yang ternak ayam di belakang rumah. Ternyata bau ya, hahaha. Gak kebayang Tetangga dekatnya gimana. Kalau mau ternak, emang baiknya agak jauh dari pemukiman biar nyaman. Oh ya, meski minjam sekarang mudah banget, kudu nyari yang terpercaya. Uangnya ya buat modal, bukan jajan

  21. Aku suka ayaaamm..
    Bukan suka makan ayam, tapi bener-bener suka sama hewan ayam.

    Semoga para peternak ayam, tetap bisa maju dengan dana segar yang diberikan oleh pinjaman modal usaha DBS KTA.

  22. Usaha ternak ayam ini prospeknya bagus, Mbak, tapi emang butuh lahan yang jauh dari pemukiman penduduk karena baunya walah-walah. Tapi rata-rata berhasil. Modal awal aja lumayan gede, habis itu dari penghasilan tiap panen bisa diputer lagi.

  23. Usaha ternak ayam ini modalnya besar, tapi ya itu. Hasilnya juga besar. Bos suami saya punya usaha sampingan ternak ayam. Eh,.malah usaha sampingannya yang hasilnya melimpah.

    Sebulan bisa 100 juta. Gerrr banget deh.

  24. Jadi ingat nih masa kecilku, orangtuaku ternak ayam gini mba. Waahh… memang harus banyak yg dipersiapkan kalau mau ternak ayam. Paling bikin sedih kalau pas kena penyakit itu loh, nular ke ayam yang lain biasanya.
    Semoga saja dengan kemudahan pinjaman ini, banyak orang yang ingin beternak ayam bisa terbantu dalam persiapan modalnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: