Ada yang Lagi Program Hamil? Ini Tips Kehamilan Sehat yang Mantul!

Moms, apakah ada yang berencana dan menjalani program hamil dalam waktu dekat? Atau, sekarang Moms sedang mengandung buah hati? Wah, sebelumnya, saya ucapkan Selamaaatt ya. Congrats untuk anugerah yang luar biasa ini.  Dan pastinya, Moms juga Dads harus banget menjaga Kesehatan, baik selama masa kehamilan, hingga persalinan. Juga Ketika merawat buah hati serta mendampingi masa tumbuh kembangnya.

Banyak tips kehamilan sehat yang bisa diterapkan. Moms bisa berburu informasi dari berbagai sumber yang kredibel. Bisa dari aneka website seputar Ibu dan Anak, ataupun aneka artikel portal Kesehatan yang bisa kita akses di dunia maya. Intinya, setelah mendapatkan kabar gembira seputar kehamilan ini, yuk yuk jaga Kesehatan dengan lebih paripurna! Yang jelas, harus banget menerapkan healthy lifestyle alias gaya hidup sehat, ya.

Jadi teringat momen-momen ‘nano nano’ alias mixed feelings yang saya alami Ketika hamidun. Senang, Bahagia tanpa umpama, excited… tapi sekaligus dilanda kalut, apakah saya bisa menjadi ibu yang baik? Apakah bayi saya sehat, baik-baik saja? Apakah organ tubuhnya lengkap? Dan berbagai varian asupan overthinking lainnya.

Intinya, memang support system dari orang terdekat sangat dibutuhkan oleh para Bumil alias Ibu Hamil. Tentu saja, banyak fase yang dijalani para calon Bunda. Menjalani Trimester demi Trimester, yang super melelahkan dan kadang banyak “drama”. Apa saja? Yap, gegara perubahan hormon, ibu hamil bisa lho mendadak jadi sering mellow (hobi nangis) atau bahkan bertransformasi segalak Harimau Sumatera!

Oh iya, morning sickness jangan lupa! Banyak teman saya yang saban pagi muntah-muntah. Makan lagi, muntah lagi. Tubuh jadi lemas, kurang tenaga. Bismillah, semoga Moms yang lagi hamil senantiasa diberi kekuatan dan kemudahan, ya. Coba deh, praktikkan beberapa tips saat hamil, berikut ini.

Tips Kehamilan Sehat

Sedapat Mungkin Jangan Stres!

Memang mudah diucapkan, tapi agak sulit untuk dilakukan. Kerap kali, stres tetiba hadir begitu saja, salah satunya ya karena komposisi hormon yang mengalami perubahan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stress pada Ibu hamil. Di antaranya: Lebih mendekat pada Yang Maha Kuasa. Banyak mengaji, ibadah sunnah, sholat. Terapi meditasi juga bisa dilakukan, dengan memutar murottal atau music-musik yang easy listening. Jangan lupa, peran suami amat signifikan, ya. Selalu perhatikan kondisi bumil. Pijat-pijat lembut kaki atau punggung istri. InsyaAllah, ini bisa meredakan dan mengatasi stress yang menghampiri ibu hamil.

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan kehamilan secara rutin

Tentunya kita kudu memahami bagaimana perkembangan kehamilan kan? Gimana kondisi janin? Calon ibu juga apakah sehat paripurna? Nah, ini semua bisa diketahui, apabila Bumil melakukan pemeriksaan Kesehatan secara rutin.

Jangan malas untuk lakukan pemeriksaan Kesehatan ya, ini salah satu tips saat hamil yang harus banget dilakukan. Yang tak kalah penting, Moms and Dads kudu bijak memilih klinik yang tepat, untuk melakukan pemeriksaan kondisi kehamilan.

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Kadang, ibu hamil tuh ngidam makanan yang ‘aneh-aneh’ atau nggak ada gizinya sama sekali. Ada tuh, teman saya yang selama hamil hobi banget makan cireng! Waduh, padahal itu kan isinya Cuma tepung sama micin doang.

Gimana caranya lah, Bumil kudu dapat asupan makanan yang sarat nutrisi dan zat gizi. Tentu ini dibutuhkan untuk Kesehatan Moms juga buah hati dalam kandungan. Kalau bosan dengan menu yang itu-itu saja, bisa cek aneka tutorial ide menu d YouTube, Instagram atau TikTok lho. Atau, Dads juga bisa mengusahakan langganan di catering penyedia masakan sehat. Banyak sumber makanan bergizi yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Upayakan mengandung protein, vitamin C, lemak sehat, kalsium, zat besi, asam folat, dan zinc. Selalu konsultasi dengan dokter ataupun ahli gizi ya Moms. 

Rutin Minum vitamin

Vitamin juga penting untuk Ibu Hamil. Ada beberapa vitamin yang biasanya diresepkan oleh dokter kandungan. Ini berfaedah sebagai penambah nutrisi bagi tubuh. Paling sering, ibu hamil harus konsumsi vitamin yang mengandung asam folat.

Upayakan Olahraga ringan

Heyy, lagi hamil bukan berarti mager alias malas gerak, ya. Moms bisa kok melakoni olahraga ringan, justru ini bagus untuk organ tubuh dan membantu banget Ketika proses persalinan yang butuh banyak tenaga itu. Ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Moms ikuti. Di antaranya: senam hamil, yoga ringan, pilates ringan, atau sesimpel jalan kaki keliling kompleks. Ketika sedang olahraga (outdoor) usahakan ada yang mendampingi, ya. Bisa bareng suami, itung-itung quality time juga.

Tips Kehamilan Sehat, Nantinya Bersalin Normal atau Caesar?

Naaahh, ini nih yang sering menjadi bahan moms war 😊 Well, apapun metode bersalin yang dipilih, tentu saja ini berdasarkan kondisi masing-masing Ibu, ya. Banyak pertimbangan apakah seorang ibu harus melahirkan secara normal atau melalui Caesar. Kita sepakat dulu yuk, keduanya baik, yang penting demi persalinan berjalan lancar, baik ibu maupun bayi keduanya selamat, sehat wal afiat, tak kurang suatu apapun ya.

Tapi, kalau boleh memilih, tentu mayoritas Moms ingin bersalin secara normal. Kenapa? Persalinan normal membutuhkan waktu pemulihan yang lebih cepat dibanding Caesar. Di samping itu, tidak sedikit calon ibu yang takut apabila harus menjalani metode operasi Caesar. 

Jika kondisi Ibu dan calon bayi dalam kehamilannya dalam keadaan sehat, serta dalam kondisi yang ideal tidak ada faktor penyulit, disarankan untuk Melakukan persalinan metode normal agar lebih nyaman dan aman.

Keuntungan Persalinan Normal

Berikut beberapa manfaat yang didapatkan ketika bersalin secara normal :

Proses pemulihan dan rawat inap di rumah sakit lebih cepat

Risiko munculnya masalah kesehatan pada bayi lebih sedikit

Mempercepat proses bonding antara ibu dan bayi

Bisa melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) atau memberikan ASI pada bayi segera setelah melahirkan

Tapi, kalau boleh memilih, tentu mayoritas Moms ingin bersalin secara normal. Kenapa? Persalinan normal membutuhkan waktu pemulihan yang lebih cepat dibanding Caesar. Di samping itu, tidak sedikit calon ibu yang takut apabila harus menjalani metode operasi Caesar.

Jika kondisi Ibu dan calon bayi dalam kehamilannya dalam keadaan sehat, serta dalam kondisi yang ideal tidak ada faktor penyulit, disarankan untuk Melakukan persalinan metode normal agar lebih nyaman dan aman.

Dengan menjalani Persalinan Normal, ada sejumlah benefit yang didapatkan. Apa saja?

Proses pemulihan dan rawat inap di rumah sakit lebih cepat

Risiko munculnya masalah kesehatan pada bayi lebih sedikit

Mempercepat proses bonding antara ibu dan bayi

Bisa melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) atau memberikan ASI pada bayi segera setelah melahirkan

Memilih Klinik Kehamilan Sehat

Nah, pastinya banyak pertimbangan yang diterapkan Ketika akan memilih lokasi klinik tempat bersalin, ya kan? Ada Rekomendasi Klinik Persalinan Pro Normal yang bisa dijadikan referensi atau acuan. Tentunya, kita menginginkan lokasi bersalin yang bisa menyesuaikan budget. Sekaligus punya tenaga medis professional, serta fasilitas lengkap untuk mendukung proses persalinan normal.

Alhamdulillah, ada Klinik Kehamilan Sehat yang jadi rekomendasi.

Klinik Kehamilan Sehat dari PT Kehamilan Sehat Sejahtera milik Agus Jatmika Soegiarto ini tersebar di 15 titik di Indonesia. Service yang diberikan pun sangat lengkap, mulai dari program hamil, senam kehamilan, pemeriksaan kehamilan, farmasi dan laboratorium, serta konsultasi dan pemasangan IUD untuk keluarga yang merencanakan KB.

Seluruh tim Klinik Kehamilan Sehat selalu mengedepankan kejujuran dan transparansi dalam setiap Tindakan medis. Tentu mengutamakan kualitas serta kenyamanan pasien bersalin. Harga kompetitif (ramah budget) dengan kualitas pelayanan setara dengan Rumah sakit.

Klinik yang dirintis oleh Agus Jatmika Soegiarto ini sudah menangani kurang lebih 200.000 pasien, sebagian besarnya menggunakan proses persalinan normal. Saat ini sudah ada 15 cabang yang tersebar di berbagai kota. Dokter spesialis dan Bidan yang menangani urusan program hamil sampai pasca persalinan pun sudah mengantongi sertifikasi SIP.

Yang lebih penting, Klinik Kehamilan Sehat ini merupakan klinik pro-normal, dimana tindakan persalinan diupayakan dengan proses normal. Hal ini cukup berbeda dengan beberapa rumah sakit yang lebih menerapkan caesar demi mengurangi resiko terjadi antrian kelahiran bayi.

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

24 thoughts on “Ada yang Lagi Program Hamil? Ini Tips Kehamilan Sehat yang Mantul!”

  1. menjalani proses kehamilan pastinya banyak cerita serunya ya, mbak. saya ingat dulu sempat overthinking pas hamil anak pertama karena kebanyakan baca referensi trus pas hamil anak ke dua jadinya lebih santai deh hamilnya

  2. Wahh seneng banget bacanya. Ada klinik yang mau mengupayakan kelahiran pervaginam.
    Dan biasanya kalau di klinik tuh edukasi dan pendampingan bidan saat proses bukaan lebih berasa dibanding di RS yang cuma ditengok sesekali doang, haha. Ngalamin banget aku dulu. Minim ilmu, KPD, endingnya SC.

  3. Klinik kehamilan sehat tentu dibutuhkan oleh para ibu hamil. Apalagi jika sangat mendukung proses kelahiran secara normal ya. Walaupun tentu secara caesar pun tak mengapa. Iya, bumil wajib banget menjaga kesehatan janin serta dirinya sendiri dengan asupan makanan bergizi, vitamin, rutin berolahraga terutama senam hamil atau berenang juga bisa pelan2 😀 (Tetap dengan pengawasan).

  4. Aku baca dari awal sampai akhir. Di awal-awal berasa kayak sedang diajak melakukan persiapan hamil sehat dan lahiran selamat. Di akhir tulisan aku terdiam, dan merenungkan hal ini : “beberapa rumah sakit yang lebih menerapkan caesar demi mengurangi resiko terjadi antrian kelahiran bayi.” Apa iya? 😀

    Thanks info klinik bersalin pro normalnya mbak.

  5. Tapi bener deh, kadang manten baru tuh tertekan ditanya udah isi belum? yang ada malah bikin stres. Untung yah bisa memilih ke klinik kehamilan sehat buat program hamil. Apalagi bisa lahiran normal.

    1. Sepertinya kliniknya peduli banget ya dengan kesehatan ibu hamil dan janinnya jadi lebih teliti dan perhatian saat pemeriksaan rutin pasien…mana pro kelahiran normal ya..salut…

  6. Saya kehamilan pertama persalinan normal, anak meninggal. Kedua normal, sehat. Ketiga sesar karena plasenta previa dokter gamau ambil risiko meninggal lagi bayinya. Senang jika ada Klinik Kehamilan Sehat yang merupakan klinik pro-normal, meski jika tidak memungkinkan ya tetap sebaiknya sesar demi keselamatan ibu dan bayi

  7. Bisa bantu program hamil untuk anak laki-laki gak ya di Klinik Kehamilan Sehat yang di rekomendasikan ini? Wehehe. Siapa tahu rezeki kan yaah.

  8. Ingat masa kehamilan, selalu ingat betapa trimester pertama sangat berat buat saya, nyaris ngak bisa konsumsi makanan dan anti kalau terkena sinar matahari…hahaha kayak vampire aja, tapi memang sih kesehatan bumil adalah yang utama dan memiliki rujukan klinik kehamilan sehat bisa membantu menjalani kehamilan yang lebih nyaman, pastinya bikin ibu dan bayinya sehat.

  9. aku tuh sejujurnya pengen banget hamil anak kedua, sudah usaha maksimal sejak 2014 namun belum diberikan kesempatan sama pemilik hidup. pengennya sih anak perempuan trus lahirannya normal mba, duh ah jadi curhat kan ahahhaha

  10. Masa hamil memang sangat luar biasa ya. Aku dulu, 5 kali hamil, di trimester pertama gak fit banget. Lemes, mual, muntah-muntah parah. Trimester ketiga, udah eungap. Susah ngapa-ngapain. Nah trimester kedua yang nyaman. Karena ini itu udah enak. Harus banget deh ibu hamil mah dalam pengawasan klinik, dokter, atau bidan. Biar semuanya lancar ya.

  11. Saya sudah lewat masa untuk hamil, Mak. Tapi membaca tips-tips kehamilan sehat di artikel ini berguna banget untuk pengetahuan. Nah mumpung dalam waktu dekat mantu merencanakan kehamilan, saya pelajari banget tipsnya. Biar nanti biasa kasih berbagai nasihat untuknya 🙂

  12. Baca ini auto nostalgia 6 tahun yang lalu waktu hamil Aqla, mualnya nggak pagi hari tapi pasti mau maghrib. Nggak pernah masak karena bau bumbu dimasak aja auto nangis, mangkel wkwkwkwk. Selain harus rutin kontrol, makan makanan yang bergizi juga jangan sampai stres ya.

  13. Wah bisa nih nanti aku rekomendasikan untuk temanku yang sedang ikhtiar promil. Apalagi kliniknya kyknya nyaman dan transparan yaa. Soalnya katanya ada klinik yang sebenarnya ibunya bisa tindakan lahiran pervaginam eh malah disuruh caesar ya ada. Bisa jg malah ditambahi obat2an dengan yang sebenarnya gak perlu. Tapi ini aku sekadar denger2 cerita. Yaaa namanya jg ikhtiar hamil pokoke ke klinik/ dokter pun usahakan yang paling direkomendasikan supaya ibu bayi selamet yaa

  14. Yang lebih disukai lagi Klinik Kehamilan Sehat ini selain harga terjangkau, juga pelayanan kepada semua pasien tidak membeda-bedakan. Semua dilayani hingga tuntas.

  15. Biasanya kalau hami akutu memang gak bisa selow sih… malah sering ovt.
    Makanya sedapat mungkin bahagia ini bener banget. Agar ibu dan calon debay sama-sama nyaman menikmati bonding saat di dalam perut dan saat lahir.
    Cek kehamilan dan melahirkan yang nyaman dilakukan di Klinik Kehamilan Sehat.

  16. Wah, noted nih ama tipsnya. Aku sedang program nih Mak, ini tips bermanfaat banget.
    Dan akupun juga nyari info tentang dokter dan rumah sakit yang pro normal karena aku waktu lahiran pertama sih cesar.

  17. Nah ini.. ketika siap untuk hamil, maka segala sesuatunya pun harus disiapkan. Kondisi fisik, psikis, dan biaya hahahha. Penting banget untuk jaga mood biar gak gampang stres saat hamil, bahkan saat bersiap untuk program hamil. Karena ketika stres tuh ngaruhnya bisa ke mana-mana. hiks

  18. Yaaah bacanya sekarang 😦 udah ga bakalan punya baby lagi ah hheheheee

    tapi dulu waktu anak bontot sepertinya aku ada di Klinik Sehat milik dokter di Menteng itu deh, jadi khusus persalinan saja – sekarang udah ga ada sih kliniknya itu

  19. Kehamilan adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu setiap pasangan sah untuk melanjutkan garis keturunan. Jadi hasus dipersiapkan sebaikmungkin baik fisik, mental, dan finansial.

  20. saat ini fasilitas untuk program kehamilan dan persalinan lebih mudah didapat dan infonya tersebar luas di internet. membantu banget untuk pasangan baru ya mak. apalagi kalau harganya terjangkau dan mudah diklaim dengan asuransi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: