Cara Hitung dan Cek Limit Kartu Kredit yang Mudah untuk Pemula

Ada banyak sekali komponen yang mempengaruhi besarnya limit kartu kredit. Inilah cara untuk menghitung limit kartu kredit untuk pemula selengkapnya.

Umumnya, limit kartu kredit akan berbeda satu dengan yang lain tergantung pada penerbit dan paket produk yang dipilih. Selain mengunjungi pihak bank terkait, atau menggunakan bantuan pihak ketiga, nasabah dapat menghitung dan memeriksa limit credit card (CC) secara mandiri. Lalu, bagaimana cara mengecek limit CC itu?

Cara Menghitung dan Cek Limit Kartu Kredit 

Besaran limit dari kartu kredit pada dasarnya ditentukan oleh kecakapan finansial nasabah terkait. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi limit CC. Inilah beberapa faktor tersebut:

1. Pendapatan Bulanan

Faktor paling utama yang digunakan sebagai standar perhitungan limit kredit adalah pendapatan per bulan. Umumnya, pihak bank akan menawarkan limit senilai 1-3 kali lipat dari pendapatan bulanan nasabah.

2. Total Utang di Bank

Estimasi nilai utang di bank juga akan ikut dipertimbangkan. Jika nasabah memiliki utang dalam jumlah kecil, atau bahkan tidak sama sekali, berpotensi mendapat limit yang lebih besar. Pada fase ini, pihak bank bakal memastikan secara seksama apakah calon nasabah masih mampu membayar cicilan kartu kredit diantara cicilan lainnya.

Kendati demikian, apabila seluruh kredit bisa terbayar dengan lancar, bank mungkin memprioritaskan Anda mendapat kartu kredit berlimit tinggi. Sebab, bisa saja nasabah dinilai berintegritas.

3. Domisili

Untuk nasabah yang bertempat tinggal nomaden, alias berpindah-pindah, cukup sulit bagi bank agar dapat meloloskan pengajuan kartu kredit. Hal ini dikarenakan bank menganggap nasabah berdomisili nomaden cukup beresiko, khawatir kalau nantinya nasabah pindah dengan status gagal bayar.

4. Status Kepemilikan Rumah

Nasabah yang masih tinggal di rumah kontrakan atau ngekos, mungkin bakal kesulitan untuk memegang kartu kredit. Mengingat bank sangatlah memperhatikan status kepemilikan rumah ketika akan menerbitkan kartu kredit. Masih terkait dengan alasan yang sama, bank enggan mengambil risiko nasabahnya wanprestasi kemudian pergi meninggalkan tagihan cicilannya begitu saja.

5. Jumlah Kredit yang Diminta

Ketika akan mengisi aplikasi kartu kredit, nasabah berkesempatan meminta limit tertentu. Meski begitu, keputusan akhirnya tetap berada di tangan bank, hanya saja permintaan nasabah tadi akan menjadi salah satu pertimbangannya.

Sementara itu, untuk panduan cek limit CC bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah melalui call center, SMS, internet banking, situs web resmi milih bank penerbit, hingga aplikasi rilisan bank terkait.

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Limitnya

Ada beberapa jenis kartu kredit yang bisa Anda ketahui berdasarkan limitnya, yaitu: 

1. Kartu Kredit Silver

Sejumlah bank menawarkan limit dalam rentang Rp 4.000.000-Rp 7.000.000 untuk paket kartu kredit Silver. Dengan imit tersebut, jenis CC ini cocok dimiliki oleh nasabah yang berpenghasilan kurang dari Rp 3.000.000 per bulannya.

2. Kartu Kredit Gold

Untuk kalangan masyarakat dengan penghasilan bulanan Rp 5.000.000-Rp 10.000.000, jenis kartu kredit Gold mungkin bisa dipertimbangkan. Diketahui, jenis CC ini punya limit Rp 10.000.000-Rp 40.000.000

3. Kartu Kredit Platinum

Ada pula kartu kredit platinum yang menjanjikan limit sampai Rp 40.000.000-Rp 1.000.000.000. Adapun syarat penghasilan minimal untuk dapat mengajukan CC ini adalah Rp 180.000.000 per bulan.

4. Kartu Kredit Titanium

Bisa dibilang, CC ini jarang dimiliki oleh orang umum. Ini karena syarat penghasilan minimal yang harus terpenuhi mencapai ratusan juta. Biasanya, pihak bank akan mengundang dan menawarkan jenis kartu ini ke nasabah secara langsung, alih-alih menerima pengajuan dari nasabah.

5. Kartu Kredit Spesial

Secara garis besar, kartu kredit spesial dikhususkan untuk transaksi spesial seperti kerja sama atau nasabah tertentu dengan penghasilan fantastis. Semisal saja, kartu kredit yang diterbitkan sebagai bentuk kerjasama dari perusahaan tertentu.

Itulah beberapa panduan untuk menghitung dan memeriksa limit kartu kredit secara mandiri. Bagi Anda yang tertarik menggunakan kartu kredit, disarankan menggunakan kartu kredit Visa Platinum dari Bank Danamon. Kartu visa Platinum memberikan banyak sekali penawaran menarik untuk Anda dan bisa mempermudah tiap transaksi. Selain itu, banyak juga promo dan cashback yang bisa dinikmati. 

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

33 thoughts on “Cara Hitung dan Cek Limit Kartu Kredit yang Mudah untuk Pemula

  1. Aku sampai sekarang belum pernah bikin kartu kredit, sebenarnya kartu kredit memudahkan dan banyak promo cashback menarik di beberapa e-commerce. Namun sampai sekarang masih belum ada keinginan untuk bikin, karena takut malah jadi boros. Ahaha.

  2. udah lama gak pegang CC
    tapi saya setuju, mereka yang ngantor formal harus punya
    karena banyak hal lebih menguntungkan menggunakan CC dibanding pembayaran lain

  3. Suamiku sih yang pakai kartu kredit, katanya limitnya ada yang sampai 12 juta, kalau saya sih engga punya. Memang kalau memutuskan punya kartu kredit harus tepat waktu pembayarannya.

  4. Aku belum pernah bikin kartu kredit. Tapi pernah baca cerita orang kalau pernah mengajukan kartu kredit dan ditolak. Apa kalau nggak punya riwayat hutang di bank bisa menjadi alasan untuk di tolak ya?

  5. Kartu kredit bank danamon ini friendly banget ya mbak. Aku punya limitnya paling rendah sengaja biar nggak kalap Dan terjangkau lah ya.
    Selain lebih mudah hadiah poinnya juga lumayan. Beberapa Kali belanja TAS, sepatu gratis dari penukaran point wkwkwk

  6. Memiliki kartu kredit ini penting banget memahami cara menghitung dan cek limit kartu kredit ya, agar gak bocor di tengah jalan. Apalagi sampai utang juta-juta, amit amit deh yaa. Pakai dengan smart agar tidak membuat kita boros saat menggunakan CC

  7. Saya dan suami sampe sekarang belum pernah punya kartu kredit karena takut gk bisa ngontrolnya sih. Jadi buat yg punya kartu kredit, emang harus tahu dan paham banget ya berapa limitnya supaya gak kebablasan pas belanja.

  8. Sampai saat ini aku belum punya kartu kredit. Emang sih banyak promonya, sempat juga pinjam punya temen untuk beli sepatu di situs luar. Tapi tetap belum tertarik karena pasti bakalan impulsif belanjanya haha.

  9. Perkara credit card dari bank memang tidak bisa sembarangan ya, mirip KPR juga, bagaimana pun itu emang aturan buat penerima hutang supaya teliti lagi, jangan sampai berani utang tapi sulit bayar, bahay banget itu nah.. makasih tipsnya ya mak..

  10. Mbak, syarat penghasilan minimal untuk dapat mengajukan CC Platinum ditulis oleh mbak Rp 180.000.000 per bulan. Perbulan atau pertahun? 😀

    Aku juga pakai kartu ini.

  11. Pilihan punya kartu kredit ini harus dibarengi dengan pemahaman cara berhitung batas penggunaannya juga. Bahaya sih karena limitnya bisa sampai tiga kali pendapatan ya mbak.
    Aku pernah dapat fasilitas kartu kredit dari bank ternama tapi enggak pernah aku gunakan. Akhirnya aku kembalikan aja dari pada ntar tergoda, hahahaa

  12. Perlu pikir ulang kalau mengunakan kartu kredit nih, apalagi kalau penghasilan pas pasan hehe. Alih alih membantu kita mendapatkan barang impian pakai kartu kredit yang ada bisa terjerat hutang kalau tidak mampu membayarnya

  13. Kartu kredit ini bermanfaat ya untuk dana yang dibutuhkan sewaktu-waktu asal disiplin membayar tagihan dan tidak tergiur belanja konsumtif, jadi ingat black card nya Jennie Blackpink termasuk kartu kredit spesial kali yaa no limit…

  14. Sangat penting ketika memiliki kartu kredit wajib memperhatikan transaksi, limit pastinya tidak menyepelekan alias kalap belanja menggunakan kartu kredit.

    Banyak yg terjebak dengan tagihan kartu kreditnmembengkak tidak sesuai dengan gaji bulanan.

  15. Biasanya pihak bank ini suka baik banget, kak Nurul.
    Kalau gak pernah bermasalah selama pembayaran CC, terus suka dinaikin limit CC-nya.
    Antara alhamdulillah sama bismillah sih yaa..
    hehhe, semoga tetap bisa amanah ketika diberi kemudahan.

  16. Karena ga punya pas baca ini jadi tau ternyata ada pembagiannya ya mba dan hitung2annya juga buat dpt jenis CC nya

  17. Untuk kebutuhan kartu kredit, kayanya sih diriku belum butuh dalam waktu dekat. Tetapi kalau nanti udah berkeluarga dan perlu memenuhi kebutuhan untuk ngisi rumah, kayanya mau mempertimbangkan untuk punya Mak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: