Rice Cooker Miyako, Definisi Bukti Bahasa Cinta Ibu

Whoaa, saban bulan Desember datang, hatiku niscaya berbunga-bunga. Kenapa? Karena ada Hari Ibu, yang diperingati setiap 22 Desember. Yang jelas, kalau bicara soal ibu, banyak memori yang menggelayut dalam benak. Apalagi kalau membahas tentang momen memasak, karena Ibuku tuh demen banget memasak dan menyajikan hidangan terbaik untuk keluarga. Plus, kami memang tipikal keluarga yang demen makan, sih. Dan, yang patut di-bold serta di-underline, kami tipikal keluarga Jawa yang berprinsip “Belum makan kalau nggak pakai nasi” hahahahahah 

Aku tuh penggemar nasi putih banget. Kadang, bisa lho, aku makan Cuma pakai nasi putih hangat + garam + krupuk, hahaha. Syaratnya ya itu tadi, nasi harus dalam kondisi hangat. Juga pastinya kudu dimasak dengan sempurna yak.

Jadi ingat zaman aku kecil dulu, seriiingg banget main ke rumah tanteku, yang beda blok aja dengan rumah keluarga kami. Tanteku ini punya “alat canggih” yang bisa memasak nasi, hanya dengan cara pencet-pencet tombol doang! Beuughhh, padahal, aku kalau di rumah (circa tahun 1990-an) selalu ditugasi ibuku untuk masak nasi dengan cara super rempong. Berasnya dicuci, lalu di-aron (direndam dalam air secukupnya di panci), kemudian nyalakan kompor, aku kudu aduk-aduk si beras + air itu sambil nunggu status “nasi setengah matang”. Udah? Belum, dong! Masih berjibaku dengan panasnya suhu dapur, aku kudu memindahkan “nasi setengah matang” tadi ke dalam dandang (yang sudah diisi air dan kondisi udah dipanaskan) di atas kompor. Kebayang ribetnya yhaaaa. Terkadang karena takaran air kurang, nasi yang aku masak berakhir gosoooongg, sodara sodaaaaa. Duh, batal dehhh maem nasi hangat pulen enak, hiks hiks….

Itulah kenapa aku takjub banget ama tanteku, yang mana doi udah punya piranti memasak nasi yang super duper ultra praktis! Sungguh bersahabat dengan manusia-manusia yang pengin satset watwet no rempong no drama pas masak nasi. Tanteku be like “Ya udaaaahh, beli Rice Cooker Miyako aja, biar proses masak nasi jadi gampil dan menyenangkan!”

***

Sejak saat itu, Ibuku Alhamdulillah tercerahkan dan mau “invest” rice cooker, gaes. Pastinya beliau memilih produk rice cooker yang handal dan bisa mengakomodir kebutuhan keluarga kami. Tahu sendiri kan, kalo Rice Cooker Miyako jadi top of mind kesayangan ibu-ibu sejagat +62 nih.

Aku juga makin hepi, karena perjuangan “ngaron + nakar air + naruh dandang” udah berakhir, gaes, hehe.

Yang jelas, memori puluhan tahun silam masih menancap dalam benak. Gegara Tante dan Ibuku yang cinta banget dengan Miyako Indonesia, walhasil aku pun juga ikutan demen. Apalagi, inovasi dan terobosan yang dilakukan Miyako nih no play play gaes. Piranti masak yang paripurna, siapa aja bisa memakainya. Beneran deh, super easy dan memudahkan banget manakala kita akan menyajikan hidangan untuk keluarga.

Setahun terakhir, keluarga kami pakai Rice Cooker Miyako Nanoal MCM 508 SBC . Ajiiibb, super hepi dengan spesifikasi-nya. Dilengkapi thermostat yang membuat nasi tetap hangat, tidak kering, dan tidak mudah basi. Fungsinya 3 in 1, yaitu memasak nasi, menghangatkan, dan mengukus. Super hepi pakai Miyako, apalagi Nikita Willy Pakai Miyako juga kan?

Beneran dah, cintaaa banget dengan keunggulan panci anti lengket Miyako. Ketika masak nasi tuh, tidak ada nasi yang menempel pada panci rice cooker, sehingga tidak ada nasi yang terbuang alias mubadzir. Proses cuci panci rice cooker juga makin mudah, karena aku tidak perlu bersusah payah membersihkan nasi yang menempel pada panci.

Makin cinta lagi, karena Rice Cooker Miyako ini harganya ramah kantong emak-emak *elus elus dompet*. Miyako Nanoal MCM 508 SBC misalnya, heyyy, harganya tuh nggak sampai 300 ribu lho.

Padahal, Miyako Nanoal ini 10x lebih tahan lama! Murah meriah binti hemaaatt banget. Yang bikin ngerasa nyaman banget, Miyako Nanoal ini Bebas PFOA, gaes. Btw, PFOA ini apa sih?

Perfluorooctanoicacid atau PFOA adalah sampingan bahan kimia yang sering digunakan untuk membuat produk-produk dengan rancangan tahan panas, seperti panci anti lengket. Ternyata, dari hasil riset terbaru, paparan PFOA meningkatkan risiko gangguan tumbuh kembang, reproduksi, dan kerusakan hati. Kondisi kesehatan ini termasuk di dalamnya kanker ginjal dan testis, penyakit tiroid, gangguan hati, dan masalah kolesterol. Waduhh, ngeri kan? Makanya, super hepi dan tenang banget akutu, manakala tahu kalau produk Miyako Indonesia ini dipastikan bebas PFOA karena menggunakan lapisan nanoal. Yaaappp, Inner pot Rice Cooker Miyako Nanoal MCM 508 SBC berupa panci anti lengket yang 10x lebih tahan lama. Apalagi Rice Cooker Miyako itu bergaransi elemen pemanas selama 5 tahun. Jadi aku tidak khawatir dan merasa aman menggunakannya selama bertahun-tahun.

Dengan adanya soulmate Rice Cooker Miyako ini, urusan masak-memasak nasi jadi kian gampil.

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

12 thoughts on “Rice Cooker Miyako, Definisi Bukti Bahasa Cinta Ibu”

  1. Aku pun pakai ricecooker Miyako di rumah, tapi yang paling kecil sih. Awetnya engga kira-kira. Mana dijual pula panci dalemnya lepasan.
    Miyako Nanoal MCM 508 SBC harganya engga sampai 300K? Wah…jadi pikir-pikir nih apa ganti type ya…
    (Hani)

  2. Auto catet nomor serinya nih. Buat referensi rice cooker baru kalau yang lama udah minta pensiun, yang sepertinya tidak lama lagi bakal terjadi. Hehe. Thanks referensinya, Kak.

  3. Menanak nasi dengan sistem manual alias Tempo Doeloe emang ribet. Banyak hal yang harus dilakukan. Beruntung rasanya saya pernah mengalami jaman itu dan bahkan menjadi pelaku sekian tahun. Sebelum yang namanya rice cooker muncul. Sekarang dengan adanya berbagai macam rice cooker termasuk yang tipe nanoal ini memasak nasi jadi makin mudah dan praktis

  4. Wah boleh juga nih ngintip fisik Miyako Nanoal ini kalau lagi ke Toeng. Pengin liat dan elus-elus produk yang dipakai mbak Nikita Willy. Saya ngerasain tuh zaman masak pakai dandang. Saat itu saya masih kecil, ibu dan nenek masak nasi pakai dandang di dapur.

  5. Ternyata bahaya banget kalau salah memilih alat memasak yaa..
    Dan Rice Cooker Miyako ini bisa menjadi pilihan untuk memasak nasi serta menghangatkan dan mengukus makanan sekaligus. Bener-bener fungsinya memanjakan ibu zaman now yang serba praktis dan hemat waktu.

  6. Sama Mbak, saya juga pecinta nasi putih hehehe Terutama yang nasi putih hangat yang baru masak dari rice cooker. Rasanya dimakan dengan lauk apa saja cocok. Waktu kecil pun saya juga suka makan nasi putih dengan garam. Jadi punya rice cooker yang berkualitas seperti Miyako ini jadi penting banget memang ya untuk di rumah.

    1. Nggak disebut makan kalau nggak makan nasi putih ya mba. Semenjak nikah saya nggak gitu sih, tapi pas punya anak yang BB nya sering stuck jadi mikir gimana caranya anak mau makan nasi. Ngejar BB

Leave a comment