Ternyata Aku Baru Tahu kalau…..

…… Merawat orang tua yang mulai sepuh banget itu, sama sekali tidak mudah 🙂

Sama sekali tidak gampang.

Jadi, begini. Ibu mertua saya, Sabtu lalu harus opname di salah satu RS Surabaya. Hasil lab plus diagnosa dokter menyebutkan, beliau sakit liver dan gejala DB, karena trombositnya ngedrop terus.

Mertua saya kan anaknya ada 4. Laki-laki semua. The thing is, tidak ada satupun yang berdomisili di Surabaya. Anak pertama, di Jakarta. Anak kedua (suami saya), kerja di Madiun. Anak ketiga di Bandung. Anak keempat mengais ringgit di Malaysia. Perfecto :))

Walhasil, ketika nginep, Ibu mertua bawa pakaian secukupnya (bener-bener minimalis) dengan diantar adik kandung beliau, yang Alhamdulillah domisili di Sidoarjo, ada mobil dan bisa nyetir.

Suami saya baru datang ke Surabaya jam 20:30, dan langsung cus ke RS, untuk nungguin ibu mertua.

Yang jadi tantangan berikutnya adalaaah…. Siapa yang nemenin bapak mertua di rumah? Sekedar info aja. Bapak mertua saya ini, usianya 76 tahun, sempat sakit stroke, dan saat ini untuk berjalan harus dibantu dengan tongkat. Kemana-mana kudu pakai kursi roda. Tangan kanannya nyaris tak bisa digerakkan. Sometimes, berbicara suliiiit banget. Tapii, karena doi di masa mudanya lumayan powerfull, ada semacam “sisa-sisa egoisme masa muda” yang masih terpampang nyata di profil beliau.

Ini nih, yang PR banget hahaha. Ketika suami saya nungguin ibu mertua di RS, maka saya kudu ngejagain Bapak mertua di rumah.

Lebaran tahun 2012

Lebaran tahun 2012

Kenapa kok Bapak mertua nggak sekalian ikut nginep di RS saja? 

Sempat ada wacana semacam itu. Tapi, ternyata bapak mertua kalau kudu pipis di toilet RS, air seninya sama sekali enggak bisa keluar. Apa yaaa, mungkin karena beliau kudu adaptasi, dan (mungkin) sulit bagi kaum sepuh untuk langsung “connect” dengan lokasi baru, kali ya?

Ya wis. Akhirnya, saya dan Sidqi kudu nemenin bapak mertua TANPA ibu mertua. Yang terjadi adalah……

1. Bapak mertua saya itu pada dasarnya emang hobi ngobrol. Nyaris, 5 menit sekali, eh… nggak, 3 menit sekali… beliau menanyakan pertanyaan yang sama, BERULANG-ULANG. Misalnya: “Ibu itu sebenarnya sakit apa? Kenapa bisa begitu? Kapan Ibu pulang dari RS?” wis pokoknya diulang-ulang terus menerus. Berapa kali? Ratusan 🙂

2. Ibu mertua saya tipe istri teladan nan shalihaat gitu deh. Pokoke paket komplit. Wajahnya kece, tinggi semampai, santun, priyayi, jago masak, jago jahit, jago dandan, pandai membawa diri, intinya she’s like a Queen!! ((apakabar gueeeh, mantunyaaa???))

Awal-awal jadi menantu beliau, terus terang saya agak “terintimidasi” sih hahaha. Tapi, lama-lama ya sutralaaaah, capek bo, kalo kudu “berkompetisi” (in a positive way) sama beliau.

Nah, karena ibu mertua tipikal “almost perfect” lady inilah, bapak mertua saya serasa kayak “anak ayam kehilangan induknya” gitu. Beneran. Bolak/i memunculkan opsi untuk ikut nginep di RS, tapi kan rem to the pong ya boook. Rempong! Wong buat pipis aja syusyeeeh. Ditawarin leyeh2 di kasur penunggu juga kagak mau.

Jadi, saban njenguk ibu mertua, yang terjadi adalah DRAMA, sodara-sodara.

Bapak mertua nangis. Merasa ibu mertua sakit, gegara doi.

Lalu ibu mertua (masih dengan style beliau yang sooo elegan! Heran deh eikeh, ibu mertua gue biar sakit, teteeuuup kece) bilang gini, “Bapak jangan nangis. Kalo Bapak nangis, nanti aku ikut nangis. Nggak sembuh-sembuh. Malah sakit kabeh.”

Trus, Bapak mertua minta kursi rodanya dideketin ama kasur ibu mertua.

Hihihiiii… so sweet banget yak, mertua akuuu?

***

Yaaaa gitu deh. Pada intinya, postingan ini semi curcol ajah. Bahwa, merawat orangtua itu butuh kesabaran yang luar biasa. No wonder, ada yang bilang, orang tua itu di masa usia lanjut akan kembali seperti bayi. Nanya bolak-balik. Persis kayak anak bayi/balita kan?

“Itu apa, Ibu? Kenapa bisa begitu? Kenapa enggak begini?” wisss, gitu terus. Makanya, aku juga bilang ke Sidqi. Kalo kakung mulai bolak/i nanya, jangan bosan. Karena dulu, pas Sidqi bayi juga kayak gitu.

Selama merawat orang tua, kita juga kudu banget menekan ego. Pokoke nggak boleh ngerasa bener dewe.

Kayak tadi pagi, pas sahur, bapak mertua udah keukeuh sumekeh mau ikut puasa. Gubraaak. Aku bilang, “Enggak usah, kung. Nanti malah sakit, bakal repot….”

Eh, beliau dengan pedenya menjawab, “Gapapa. Ga bakal repot.”

“Iya, kakung nggak repot. Yang njagain ini yang repot.”

Slepeeeettt. Duh. Nista sekali ucapan terakhir barusan. Hiks. Kentara kalau aku belum ikhlas merawat orangtua. Hiks. Hiks. Maapkan menantumu ini ya, Bapak….

Eniwei, mungkin jelang 10 hari terakhir Ramadhan ini, saya nggak bisa maksimalin ibadah vertikal. Tarawih saya bolong. Tadarus? Pelajari tafsir? Sholat wajib jamaah ke Masjid? Wedeeew, angkat tangan dah. Tapi, insyaAllah, moga-moga, Allah bisa suntikkan semangat merawat Bapak-Ibu mertua. Semoga, keberadaan saya, se-minimal apapun itu, ada manfaatnya, bagi mereka.

Selamat Ramadhan, kawan.

Rayakan Ramadhan-mu. Mumpung masih ada kesempatan 🙂

Advertisements

22 comments

  1. Mirna Puji Rahayu · July 6, 2015

    aku juga lagi ngerawat eyang putriku yang umurnya Mei 2015 kemari 69 tahun mba…. aku pindahin beliau dari surabaya ke jakarta… awalnya gak kerasan, dikit-dikit sakit tapi Alhamdulillah lama-lama juga kerasan.. tingkahnya udah mulai kayak anak kecil, lucu, gemesin kadang suka ngambek,, tapi aku nikmatin banget…

    semoga mertuanya cepet sembuh ya mba

  2. Nadia Khaerunnisa · July 6, 2015

    Semangat, Mbak 🙂 Insya Alloh Mbak, Alloh Maha Melihat..
    Saya yakin pasti sulit dan rempong tp kadang suka sedih juga kalo sudah sepuh gitu 😦 Mereka keukeuh gak mau repotin/nyusahin, padahal it’s okay kalopun repotin. Semoga sehat selalu semuanyaa!

    • bukanbocahbiasa · July 6, 2015

      Trimikisiiii mbak.
      Iya, antara kasihan, kadang ya kudu nambah2in stok sabar. hehehe.
      Tapii, saya kadang kalo kumat bandelnya, malah aku ledekin, ciyeeee, ciyeee… Kakung kangen sama Uti hahahah 🙂

  3. ayanapunya · July 6, 2015

    iya, mbak. nenek saya yang sudah 80 tahun juga gitu. suka ngulang-ngulang nanya ini itu

    • bukanbocahbiasa · July 6, 2015

      Kudu dibawa santeeee aja ya mak. Itung2 kayak kita jawab pertanyaan bocil 🙂

  4. Pipit Widya · July 6, 2015

    Semangat, Mba.
    Ibu saya sering Mba ketumpuan simbah-simbah yang sepuh.

  5. Orin · July 6, 2015

    Wahhh…sosok bapak/ibu mertua kok jadi kayak tokoh fiktif di kepalaku ya Mak? bhuahahahaha

    Aamiin, insyaalloh jadi amalam tersendiri. Semoga ibu mertua segera pulih kembali.

  6. nyonyasepatu · July 6, 2015

    Semangatttt!
    walau aku gak tau bisa apa enggak kalau kayak gitu huhu. semoga sehat2 trus ya

  7. yayangneville · July 6, 2015

    Semangat! Semoga menjadi amalan dengan merawat beliau. Dan sehat buat semuanya

  8. peta · July 6, 2015

    Hmm kudu jaga kesehatan sejak dini nih, ben gak nyusahin menantu kelak. *semoga cepet sembuh ibu mertuanya mb

  9. Gara · July 6, 2015

    Semangat ya Mbak, saya yakin semua amal baik Mbak dilihat oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Saya percaya Tuhan maha melihat, dan saya yakin Mbak pun percaya itu :hehe.
    Jujur merawat orang tua itu tidak mudah. Saya pun demikian, merawat nenek di rumah sebelum saya harus merantau ke Jakarta. Menyiapkan makan, membantu memandikan dan kerjaan sanitasi lainnya, termasuk kadang mendengarkan obrolannya yang panjang banget, terus belum lagi “drama” yang terjadi gegara sifat orang tua itu balik banget ke sifat anak kecil, kadang egois, kadang arogan, kadang bikin kesal dan darah serasa naik ke ubun-ubun… tapi itu orang tua kita sih Mbak, nanti saat kita tua juga pasti akan jadi seperti anak kecil juga, jadinya marah itu jadi tertahan banget, meski sesekali juga kadang ada yang lolos, sih :ups.

  10. adienesia · July 6, 2015

    Makanya berbuat baik pada orang tua pahalanya luar biasa. Karena emang gak mudah, terlebih yang sudah lanjut usia. Jadi banyak belajar. Terimakasih mbak 🙂

  11. winnymarch · July 6, 2015

    semoga mertuanya cepat sembuh ya kka

  12. Lidya · July 6, 2015

    merawat orang tua butuh tenaga dan kesabaran ekstra dibadning anak-anak ya

  13. adhyasahib · July 6, 2015

    semangat mbak!insya Allah barolah, emang bener ya orang tua lama kelamaan jadi kayak bayi, nanya ini itu,gak bisa dibilangin, suru istirahat aja malah sibuk kesana kemari jadinya tambah sakit, omaku juga gitu soalnya, yang repot ya yang jagain beliau 😀

  14. rizzaumami · July 6, 2015

    semangat berburu berkah mbak, hehe. tahu kalo anak-anaknya pada jauh kasihan yah. berarti bapak ibu mertua biasanya berdua aja dong di rumah, hiks.

  15. alrisblog · July 7, 2015

    Salut buat mak-e Sidqi yang mau merawat mertua kayak ortu sendiri, jazakallah khairan.
    Pasangan lansia yang tetap mesra, saya juga salut.

  16. Hilda Ikka · July 7, 2015

    Bisa jadi bekal pengetahuan buat ngerawat orang tua.. Ternyata seperti itu ya. 🙂

  17. Mbak Avy · July 10, 2015

    satu hal yang harus kita ingat….bahwa kelak kita jg akan spt mereka
    jadi saya suka berkaca pada ibu saya yg tahun ini menginjak 74 tahun…
    alhamdulillah beliau msh sehat wal afiat, meskipun tanda2 spt mertua mbak nurul sdh sedikit keliatan…
    beliau2 memberi kesempatan kita untuk mengumpulkan pahala krn bersedia merawat mereka…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s