lifestyle, medis, parenting, Review

Kiat Memilih Breast Pump di Tempat Jual Pompa ASI

Memiliki aktivitas yang tinggi membuat sebagian ibu, terutama wanita karir, tidak memiliki waktu untuk setiap saat dapat memberikan ASI untuk bayinya sehingga diperlukan cadangan ASI yang sebelumnya telah dipompa dengan menggunakan pompa ASI.

Banyak  tempat yang menjadi tempat jual pompa ASI yang dapat dikunjungi untuk membeli breast pump tersebut.

pompa-asi

Terdapat beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memilih pompa ASI yang tepat sehingga tidak hanya dapat memperoleh ASI yang cukup untuk bayi Anda, namun juga tetap memberikan rasa yang nyaman ketika memompa ASI.

Pertama adalah pilih pompa ASI yang terbuat dari bahan yang aman, misalnya silicon dan BPA-free. Bahan utama yang digunakan untuk membuat pompa ASI tersebut haruslah dari plastik yang tahan panas sehingga memudahkan perawatan  misalnya dicuci ataupun disterilkan.

Selain menggunakan silicon, bahan yang biasanya digunakan adalah jenis plastic PV atau polyvinyl dan HDPE atau high density polyethylene. Pompa ASI yang terbuat dari HDPE lebih mahal jika dibandingkan dengan yang terbuat dari PV.

Kedua adalah pilih pompa ASI yang menurut Anda nyaman untuk digunakan.

Jenis pompa ASI yang sebaiknya dihindari adalah pompa ASI terompet atau squeeze-bulb yang disebabkan bulb karet yang tidak dapat disterilkan sehingga akan meninggalkan bau karet pada ASI dan terasa sakit di payudara saat digunakan. Namun, jenis terompet ini biasanya digunakan untuk memerah ASI yang akan dibuang.

Selain terompet, di tempat jual pompa ASI terdapat 2 jenis pompa ASI yaitu:

Manual atau piston: Jenis ini banyak digunakan oleh para ibu dan cara penggunaannya adalah dipompa secara manual. Keunggulan dan kelemahan dari jenis ini yaitu:

Keunggulan:

1/. Nyaman digunakan.

2/. Mudah untuk dibersihkan.

3/. Aman untuk digunakan.

4/. Ukurannya yang lebih kecil dan dapat dibawa kemana saja.

5/. Tidak bising.

Kelemahan: Mudah merasa capek karena tangan harus memompa.

Pompa Elektrik: Cocok untuk yang memiliki aktivitas tinggi seperti wanita karir. Dengan menggunakan tenaga listrik baik AC atau DC, membuat kegiatan untuk memompa ASI menjadi lebih cepat.

Keunggulan:

1/. Dapat memompa lebih cepat

2/. Nyaman untuk digunakan.

Kelemahan:

1/. Harganya lebih mahal

2/. Susah dibersihkan.

 

Tips ketiga adalah pertimbangkan mengenai ukuran dari pompa ASI tersebut. Jika sering dibawa untuk berpergian, pilih yang memiliki ukuran yang kecil. Jika perlu, gunakan kantong yang tidak hanya dapat digunakan untuk menyimpan pompa ASI tersebut namun juga dapat digunakan untuk menyimpan kompres khusus untuk payudara untuk merelaksasikan payudara Anda sehingga tidak terlalu sakit setelah dipompa atau setelah dihisap bayi.

Tips lain ketika Anda membeli breast pump di tempat jual pompa ASI yaitu:

  • Pilih yang mudah dicuci terutama jika sering digunakan.
  • Sesuaikan dengan waktu luang Anda. Jika Anda terlalu sibuk, sebaiknya gunakan pompa ASI elektrik atau Anda dapat memilih yang memiliki 2 corong sekaligus sehingga lebih praktis.
  • Pilih yang mudah untuk dibongkar pasang sehingga mudah untuk dibersihkan menghemat waktu Anda untuk memasang dan menggunakannya.
  • Pilih yang memiliki pengaturan kekuatan menyedot sehingga dapat digunakan sesuai dengan kenyamanan Anda.
  • Pilih pompa ASI yang memiliki besar corong yang sesuai dengan ukuran payudara Anda sehingga akan lebih membuat Anda nyaman ketika memompa nya dan ASI dapat keluar lebih banyak. Beberapa merk breast pump memiliki ukuran khusus yang dapat disesuaikan dengan payudara.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s