lifestyle, Uncategorized

Ingin Merenovasi Rumah? Perhatikan Hal Berikut Ini!

Berbicara mengenai rumah, pasti banyak orang (dan mungkin juga Anda) yang merasa kurang puas dengan kondisi rumah sekarang. Solusi yang paling tepat adalah merenovasi rumah. Namun merenovasi rumah tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan perencanaan yang matang agar budget yang telah Anda siapkan dapat terpakai secara efisien dan hasilnya renovasinya pun memuaskan.

Karena itu agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, kami  akan berbagi tips-tips yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan perencanaan renovasi rumah:

Pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Sebelum menjalankan proyek renovasi, ada satu hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu yaitu membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB). Tanpa perencanaan yang matang, proyek Anda bisa jadi tidak berjalan mulus. Anda tak mau hal itu terjadi, bukan?

Secara singkat, RAB merupakan pedoman Anda agar proses renovasi dapat berjalan lancar. Nah, apa saja sih yang harus ada di dalam RAB? Anda dapat memasukkan estimasi biaya material, biaya upah, dan biaya lainnya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah. Dengan adanya RAB, Anda bisa memperkirakan jumlah biaya pekerjaan, material bahan yang diperlukan, dan jumlah penyedia jasa yang dibutuhkan.

Expect the Unexpected

Di dunia ini, tidak ada hal yang pasti, termasuk dalam merenovasi rumah. Anda harus memperhitungkan hal-hal yang tidak terduga dan mempersiapkannya dengan baik. Salah satu contoh “hal yang tak terduga” adalah masalah budget atau anggaran. Sering kali total biaya yang perlu Anda keluarkan lebih tinggi dari yang Anda perkirakan, jadi ada baiknya bila Anda selalu menambahkan 15-25% dari estimasi awal total biaya.

Memilih Penyedia Jasa yang Tepat

Sudah membuat rencana anggaran dan menghitung estimasi biaya yang akan dikeluarkan, lalu apa langkah selanjutnya? Memilih penyedia jasa yang tepat dan sesuai dengan proyek dan budget Anda tentunya! Profesi yang umumnya dibutuhkan dalam merenovasi rumah adalah kontraktor, arsitek, dan desainer interior. Setiap profesi memiliki keahlian yang berbeda, sehingga Anda perlu tahu persis penyedia jasa mana yang Anda butuhkan.

Menggunakan jasa desainer interior merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin tidak puas atau ingin merombak ruangan di rumah Anda. Desainer sangat jeli untuk menentukan furnitur, warna, fungsi, dan estetika pada ruangan Anda karena mereka selalu mencocokkan gaya hidup dan kebiasaan Anda dengan fungsi suatu ruangan.

Bagaimana dengan jasa arsitek? Ini bergantung pada renovasi yang akan Anda lakukan. Bila renovasi yang Anda rencanakan akan mengubah bentuk rumah, maka Anda membutuhkan jasa seorang arsitek untuk membuatkan rangkaian gambar dan denah yang nantinya diperlukan untuk mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Untuk renovasi “kecil”, misalnya seperti pengecatan atau renovasi kamar mandi, Anda tidak membutuhkan IMB.

Nah, jika Anda sudah mendapatkan rancangan atau desain untuk renovasi Anda, selanjutnya adalah mencari kontraktor untuk mengeksekusi proyek renovasi. Kebanyakan kontraktor akan mengenakan biaya untuk pengukuran lokasi dan survey karena kontraktor sendiri adalah badan usaha bersertifikasi.

Estimasi Waktu

Terakhir disebutkan bukan berarti tidak penting. Tanpa perhitungan waktu yang matang, proses kelancaran renovasi rumah Anda bisa terganggu. Usahakan untuk menghindari musim hujan selama renovasi berlangsung karena dapat menghambat pengerjaan sehingga memerlukan waktu lebih lama.
sejasa

Proyek renovasi membutuhkan orang yang tepat karena rumah adalah investasi berharga. Sejasa.com menyediakan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan penyedia jasa terpercaya seperti kontraktor, arsitek, maupun desainer interior untuk proyek renovasi rumah Anda. Buka Sejasa.com dan isi form permintaan. Dalam waktu 1×24 jam, akan ada penyedia jasa yang mengirimkan estimasi harga kepada Anda. Selain itu, Anda dapat membaca review, melihat halaman profil usaha dan portofolio pekerjaan. Jadi, Anda akan semakin yakin untuk mempercayakan jasa renovasi rumah Anda kepada mereka!

Advertisements

4 thoughts on “Ingin Merenovasi Rumah? Perhatikan Hal Berikut Ini!”

  1. Pikirin juga tempat menampung saat renovasi berlangsung. Haha… Aku pernah akhirnya nginep di hotel budget selama renovasi karena nggak tahan debunya. Waktu itu rombak langit-langit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s