Bagaimana Cara Anda Memilih Micro SD? Simak Tips Berikut!

Sekarang ini dengan kemajuan teknologi apalagi untuk telepon genggam atau pun perangkat mobile yang lain, menjadikan kebutuhan tiap orang tentang sebuah perangkat penyimpanan data menjadi begitu besar. Perangkat penyimpanan data ini bukan hanya untuk menyimpan file seperti video, musik, gambar, namun juga dipergunakan untuk penyimpanan data pekerjaan. Sering kali, tablet atau smartphone kita dilengkapi dengan kapasitas memori yang begitu terbatas, tetapi Anda tidak perlu cemas karena adanya micro SD atau yang sering disebut SD card sehingga bisa menyimpan data dengan jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya.

BUKALAPAK-SD CARD

Berdasarkan kecepatan transfer yang dimilikinya, SD card mempunyai kecepatan mulai dari 2 MB per detik hingga 312 MB per detiknya. Tetapi harus Anda ingat jika kecepatan transfer yang dimiliki oleh SD card juga bergantung dari perangkat elektronik yang dipergunakan. SD card yang memiliki kecepatan transfer yang mencapai 312 MB per detik sering di sebut dengan tipe UHS atau Ultra High Speed. Jika Anda menyimpan data yang memiliki ukuran besar, SD card bertipe UHS ini begitu cocok untuk Anda. di awal kemunculannya, kemungkinan kapasitas SD card tergolong begitu kecil hanya beberapa MB saja, tetapi sekarang ini Anda dapat menemukan SD card dengan kapasitas yang mencapai 32 GB.

Untuk Anda yang menggunakan smartphone sebagai media bermain game atau pun menonton video dalam waktu yang lama, kadang akan membuat suhu gadget menjadi panas, hal ini harus dihindari karena SD card sangat sensitif pada panas sehingga bisa mempengaruhi kinerja dari SD card atau micro SD ini bahkan bisa saja merusak apabila dipapar dengan suhu panas dengan waktu yang begitu panjang.

Ketika memasangkan SD card ke perangkat elektronik seperti ke tablet atau ke smartphone, Anda harus memperhatikannya dengan baik, pasang SD card ini dengan perlahan agar bisa mengurangi resiko rusak ataupun cacat fisik di komponen SD card. Dengan penjagaan SD card ini, Anda juga dapat menjaga kondisi data yang berada di dalamnya.

Pilih SD card yang sesuai dengan kemudahan Anda, apabila Anda gemar menonton berbagai macam video atau gemar mendengarkan musik, lebih baik pilih SD card yang memiliki memori atau kapasitas yang cukup besar, jika menggunakan SD card untuk bekerja, pilih yang memiliki kecepatan transfer yang relatif tinggi.

Masih bingung memilih micro SD  berikut tips mudah memilih SD card, antara lain:

  • Pilih yang memiliki merk ternama. Usahakan Anda memilih merk SD card yang ternama. Biasanya merk SD card yang ternama memiliki kualitas yang bagus, walaupun hal ini tidak sepenuhnya menjadi jaminan, namun merk ternama tidak mungkin memberikan kualitas yang kurang maksimal,
  • Jangan mudah terkecoh harga miring. Hati-hati saat melakukan pemilihan SD card yang memiliki harga murah. sekarang begitu banyak SD card yang palsu dari merk ternama dengan harga miring,
  • Sesuaikan kapasitas dengan spesifikasi smartphone Anda. beli SD card yang memiliki kapasitas sesuai kebutuhan, sebenarnya tidak masalah untuk membeli SD card dengan kapasitas besar, karena mungkin saja ruang kosong tersebut kita gunakan nantinya, namun harus diperhatikan juga kapasitas yang bisa dibaca oleh smartphone Anda,
  • Class di SD card tersebut, setiap SD card mempunyai tingkat kecepatan yang relatif berbeda, hal ini ditandai dengan class. Jika semakin tinggi class dari SD card, akan semakin cepat kecepatan untuk membaca datanya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s