SPBU Pasti Prima, Jaminan Kualitas Mumpuni dari Pertamina

Dari sekian banyak BUMN yang ada di Republik ini, Pertamina menempati top of mind di hati aku, dan pastinya banyak warga masyarakat. Selalu ada terobosan yang bikin Pertamina layak mendapatkan bintang. Salah satunya, komitmen Pertamina dalam memberikan layanan yang kian paripurna dalam setiap SPBU yang ada.

Yap, beberapa waktu lalu, saya dan sejumlah rekan blogger dan media hadir dalam peluncuran SPBU Pasti Prima di kawasan Jemursari Surabaya.

Baca: One Stop Shopping ala Pertamina Pasti Prima

Tentu, edukasi dan awareness masyarakat tentang SPBU Pasti Prima ini harus terus ditingkatkan. Karena itu, dalam pameran mobil terbesar GIIAS 2017 yang berlangsung di Grand City Surabaya, Kamis (21/9), Pertamina menghelat SPBU Talk Show.

Sejak tahun 2016, sejumlah SPBU yang mengusung slogan Pasti Pas, naik grade menjadi SPBU Pasti Prima. Tentu segabruk syarat kudu dipenuhi SPBU yang layak menyandang predikat Pasti Prima ini.

  1. Integrated energy offering
  2. Non fuel retail
  3. Better Customer Service
  4. Digital Engagement
  5. Ensuring customer loyalty

Kita bahas satu per satu yak.

Pertama, Integrated energy offering

SPBU Pasti Prima harus menghadirkan aneka produk sumber energi yang terintegrasi. Kalau jeli, Anda pasti pernah ketemu dong, dengan SPBU yang juga jualan elpiji non-subsidi? Juga ada yang menyediakan aneka produk pelumas Pertamina.

IMG-20170921-WA0035

 

Kedua, non fuel retail. Harus ada layanan tambahan non-BBM 

Ada convenience store (semacam minimarket), quick food/ resto/ cafe, juga ada ATM dan vehicle car service.

Ketiga, SPBU Pasti Prima kudu menggaransi adanya pelayanan konsumen yang lebih baik.

Untuk SPBU Pasti Pas, service paling minimum adalah: senyum, salam, sapa. Sementara SPBU Pasti Prima mengharuskan adanya interaksi lebih dari operator SPBU. Layanan ramah yang tulus, enggak dibuat-buat. Lah, cara menilainya gimana? Ternyata tiap bulan ada audit yang dilakukan oleh tim independen, sebagai mystery guest! Jreng jreeeeenggg….! Petugas auditor itu berpura-pura sebagai konsumen. Selain mengecek masalah service, juga layanan minimarket, kebersihan toilet, musholla dan sejumlah fasilitas SPBU lainnya. Good job, Pertamina!

Keempat, tentang digital engagement.

Yeah, namapun generasi milenial yak. Ngga bisa dong kalo disuruh lepas dari gadget, hahaha. Pertamina juga meluncurkan aplikasi Pertamina GO, di mana ada fitur untuk tahu SPBU terdekat. Produk apa saja yang dijual di SPBU tersebut… yang cihuy lagi nih, ada Motorist diary! Jadi aplikasi ini bakal jadi friendly-reminder kita buat ngingetin “Kapan harus service? Ganti oli? Cek tekanan ban?” Ya gitu deh. Termasuk kita bakal dapat info update tentang aneka promo dan kabar Pertamina…. plus ada mini game balapan jugaaaak! Yeayyy!

Kelima, ensuring customer loyalty

Menciptakan dan menjaga loyalitas konsumen itu PR banget ya buibuuu. Karena itu, Pertamina dengan sangat brilian, bergandengan tangan dengan BUMN Perbankan, yaitu Bank Mandiri. Ada kartu kredit Mandiri yang co-branded dengan Pertamina dan bisa banget kita jadikan pilihan. Benefitnya apa? Buanyaaaak! Bisa dapat point reward, aneka promosi yang menggiurkan, plus e-voucher yang pantang dilewatkan. Bahkan, ada juga promo upgrade BBM loh!

IMG-20170921-WA0034

Kalau mau tahu lebih banyak tentang aneka terobosan Pertamina, yuk langsung cuss ke booth Pertamina di ajang GIIAS Surabaya Auto Show 2017,di Grand City Surabaya Convention Exhibition, sampai 24 September aja.

Jangan sampai ketinggalan yak!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

8 comments

  1. Budiono · September 21

    Luar biasa memang Pertamina ini. Gak bisa membayangkan kalau Indonesia tanpa Pertamina. Mobil2 yang ada di pameran tadi pada mau minum apa? Huehuehue..

  2. Maria Soraya · September 21

    non fuel retail itu kesukaan aku banget dari spbu pertamina XD

    jamannya belum nikah tiap wiken sering nongkring di cafe yg ada di spbu pertamina cilandak ragunan dan itu rame banget sama kawula muda *yaelahpakedisebutgenerasinya … yg di cilandak kan komplit tuh ada convenience store plus resto/mini cafe

    klo sekarang setelah punya anak, lebih sering mampir ke spbu pertamina buat … enggg cek saldo ato tarik hepeng aja mak

    laffff deh sama pertamina

  3. Dwi Aprilytanti Handayani · September 22

    Inilah yang ditunggu customer. SPBu Pertamina emang beda. Ada minimart dan musholla, bagian dari non fuel retail lah ya

  4. andyhardiyanti · September 22

    Wuihhh ada event GIIAS juga di Surabaya. Seru nih! Lombok kapan yaa~

  5. Mugniar · September 22

    Waaah ada aplikasinya juga ya. antap kekinian banget Pertamina sekarang

  6. yuniarinukti · September 22

    Tiap hari kudu masang muka manis dan ramah, siapa tau diantara yang isi bensin itu Misteriges nya 😀

  7. Ike Yuliastuti · September 24

    makin mantab pertamina, eh aplikasinya bermanfaat nie apalagi pas touring ke daerah baru.

  8. muslimin11 · October 14

    sukses terus buat petamina, kedepan terus adakan peruhaan yang bemanfaat seperti ini, jangan lupa aplikasinya ditambahin game balapnya .. hhehheee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s