Safety Shoes yang Benar Bisa Anda Pilih dengan Tips Ini

Bekerja di sebuah lingkungan yang rawan resiko kecelakaan maka baiknya selalu mempergunakan safety shoes sehingga memberikan perlindungan maksimal. Sepatu safety merupakan satu diantara beberapa peralatan kerja yang bertujuan untuk memberi perlindungan, sebagaimana masker, helm, dan lain sebagainya.

Ketika diabaikan maka bisa jadi akan mempertinggi resiko mengalami cacat manakala terjadi kecelakaan di tempat kerja sehingga baiknya dipakai setiap kali memasuki area kerja. Toh dijamin tidak akan berat sebab sensasinya sama saja memakai sepatu biasa.

Sebagian besar perusahaan memberikan sepatu safety ini secara gratis pada semua karyawannya, namun ada pula yang harus dibayar dengan sistem potong gaji selama beberapa bulan. Apabila merasa sepatu dari perusahaan kualitasnya kurang bagus atau dianggap kurang nyaman maka bisa membeli sendiri di luar. Ada banyak toko sepatu yang menjual sepatu keamanan ini, dan sebagian bahkan menjualnya di situs belanja online  terpercaya sehingga bisa dijadikan tujuan. Apalagi belanja secara online memang jauh lebih praktis lantaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

 

Tips Memilih Sepatu Safety yang Benar

 

Mengingat sepatu jenis ini bertujuan untuk melindungi kaki selama berada di area kerja yang rawan resiko, maka baiknya saat memilih usahakan tidak sembarangan. Kalau sembarangan bisa jadi malah salah pilih yang membuat fungsi pelindung di sepatu ini tidak benar-benar maksimal sehingga tidak tepat untuk dipakai. Memakai sepatu pelindung idealnya disesuaikan dengan standar sebab sepatu jenis ini memiliki desain khusus yang mampu melindungi kaki dari resiko benturan, tertimpa benda berat, zat kimia berbahaya, dan lain sebagainya.

4571328_c30ea435_4d9d_461d_9c2e_0252adc11b9b

Beberapa tips berikut akan sangat membantu memilih safety shoes yang benar sehingga dianjurkan sekali untuk dipahami dan diikuti:

 

1.      Pilih yang terdapat material logam di atas sepatu,

Secara umum hampir semua sepatu safety ini memiliki bobot yang berat sebab ditambahkan material logam di beberapa bagian. Beberapa hanya menambahkan logam di atas sepatu namun ada pula yang diletakan di bagian sol. Tentunya sangat baik memilih sesuai kebutuhan dan pastikan material logamnya berkualitas.

 

2.      Dianjurkan memakai resleting,

Kalau menghendaki sepatu pelindung yang berkualitas dan awet sekaligus praktis ketika digunakan maka pilih yang mempergunakan resleting. Hindari dulu yang bertali sebab tidak praktis dan ada resiko tali sepatu lepas di titik berbahaya sehingga kurang cocok dijadikan pilihan. Resleting membuat sepatu tahan lama terlebih dari kemungkinan terkena cairan kimia yang panas dan berbahaya, maka banyak yang menganjurkan untuk memilih sepatu safety model seperti ini.

 

3.      Menutupi hampir seluruh kaki,

Mengingat kegunaan utama dari sepatu safety adalah melindungi kaki maka jangan memilih model potongan pendek. Minimal bermodel sepatu boots dan menutupi sampai pergelangan kaki dan jika semakin tinggi malah semakin baik. terutama jika bekerja di area yang sarat dengan zat kimia, sehingga kalau kaki tertimpa setidaknya bisa tetap aman sampai dengkul atau sedikit di bawahnya. Pertimbangan ini tentu layak dilakukan supaya benar-benar terlindungi ketika memakainya.

 

4.      Bahan sol yang sifatnya kuat dan melindungi,

Sol adalah bagian penting pada sepatu safety sehingga idealnya tidak memakai material karet biasa sebagaimana sepatu jenis lainnya. Paling ideal adalah menentukan bahan sol sesuai dengan karakter tempat kerja. Kalau memang berada di pertambangan minyak agar tidak mudah tergelincir pilih sol dari bahan yang tahan licin. Konsultasikan dengan penjual safety shoes yang dikunjungi supaya tidak salah pilih sebab desain tertentu lebih cocok untuk lingkungan kerja tertentu pula.

 

Advertisements

3 comments

  1. noninge · October 4

    Salam kenal mbak… Wah, kadang liat sepatu gini malah buat gegayaan ngemol hahaha

  2. Liza Fathia · October 5

    Tips nya bermanfaat banget mbak apalagi utk mereka yang bekerja di pabrik. Suamiku dulu pas kuliah n parttime kerja di pabrik juga pakai sepatu demikian

  3. nyonyasepatu · October 5

    aku malah liat skr banyak yang pake sepatu ini pas gak kerja, alias jalan2 hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s