Tips Memilih Dress Anak dari Bunda Langganan Juara Kuis dan Lomba

Siapa di sini ibu-ibu yang demen ikutan kuis dan lomba foto di Instagram? Widiiih, banyak yang angkat tangan yes. Hehehe 🙂  Di zaman serba digital kayak sekarang, berburu rezeki tuh bisa dilakoni dengan banyak cara. Salah satunya ya dengan ikutan aneka kuis yang berserakan di jagat media sosial. Ada lomba foto (penilaiannya kombinasi jumlah ‘like’ dan selera juri), ada kontes blog, vlogging dan lain sebagainya.

Kenalin nih, salah satu sahabat saya yang bolak-balik langganan juara lomba foto di Instagram. Namanya, Furry Fransiska Fibriasari. Kalau lihat keberuntungan doi di jagat per-quiz hunter-an, rasanya mupeng beraaat!

IMG-20180126-WA0005
Keluarga Quiz Hunter yang Kompak dan Super Kece!

Mba Furry nih semangat banget ikutan aneka lomba foto, terutama yang mengandalkan ekspresi ketiga buah hatinya, yang super-kiyut semua. Udahlah wajahnya “khas tampang bintang iklan” para bocil ini jago banget kalo diminta pose! Nama anak-anaknya adalah: Javier Abyan Mursalin; Kaiannya Almahyra Mursalin (cewek, panggilannya Kay); Leonel Ayman Mursalin.

Bunda-bunda sejagat timeline tentu ingin tahu gimana tips yang mba Furry praktekkan, sehingga bisa menang di berbagai kontes kan?

Nah, ini petikan hasil kepo perbincangan saya dengan ibu 3 anak yang tetap terlihat cantik, langsing, menawan dan aduhai penuh pesona ini.

IMG-20180126-WA0011

Bunda Furry… selamaaat ya, beberapa waktu lalu, Kay menang kontes foto di Instagram. Cantiiiik banget, fotonya juga uhuy! Kalo boleh tahu, gimana tips memilih DRESS ANAK  yang Bunda Furry terapkan pada Kay?

Prinsip utama yang harus dikedepankan adalah, pilih baju dengan bahan yang nyaman dipakai. Apalagi Surabaya kan hawanya lumayan panas. Jadi, pilih yang kainnya menyerap keringat, supaya anak-anak tetap nyaman dan enjoy ketika beraktivitas.

Buat ketiga anak, saya lebih suka yang gayanya sporty look dan fashionable aja. Untuk mereka, saya sering pilihkan yang minimalis, nggak terlalu banyak gambar. Jadi, dress-nya Kay juga saya lebih suka yang polos, atau kalaupun ada gambar tapi tidak banyak.

 

Berapa budget belanja baju rata-rata per bulan yang Bunda  terapkan untuk anak?

Nggak ada budget khusus atau alokasi dana tersendiri. Yang jelas, saya beli baju tergantung kebutuhan aja.

Apakah Bunda selalu membeli baju baru tiap ada kontes baik fashion show maupun utk online quiz?

Kalau dulu, Biam (anak pertama) ikut kursus modelling kan? Jadi memang karena tuntutan lomba, saya sering banget beli atau jahitkan baju apabila ingin menang, karena busana juga jadi salah satu kriteria penilaian. Selain beli, saya juga suka bikin design dan diaplikasikan sama penjahit.

Kalau untuk lomba online saya nggak selalu beli. Kadang mix and match saja.  

Pernahkah Bunda berbeda pendapat dengan anak terkait pemilihan baju/kostum? Misalnya Kay (putri kedua) merasa baju atau dress anak yang Bunda pilihkan  terlalu sumuk/ribet dan dia ogah ikut lomba kalo tetap diminta pakai baju itu? Solusi apa yang Bunda terapkan?

Ya, pernah! Ini terjadi pada Biam (anak pertama). Dia agak selektif. Misalnya baju dia warnanya agak bernuansa pink. Dia complain, malu…. katanya kayak perempuan, padahal ya sedikit aja yang warna pinknya.

Kalau Kay (putri) itu agak penurut ya. Dia mau pakai dress anak yang model apa saja. Tapi terkadang dia tanya ke saya juga. Waktu itu, saya kreasikan dress anak berbahan koran bekas untuk kontes fashion di Ciputra World Surabaya. Trus, Kay tanya, ”Ma… lihat baju anak-anak yang lain semuanya bagus-bagus kayak Princess. Masak bajuku dibuat dari koran?”

IMG-20180126-WA0006

Saya jelaskan ke dia dengan Bahasa sederhana yang mudah dimengerti anak-anak. Intinya, baju Kay justru unik karena dibuat dari material ‘sampah kering’ alias daur ulang, jadi lebih ramah lingkungan. Akhirnya dia mau, dan…  Kay terpilih jadi Juara 1 di lomba itu.

 

Wohooo… kereen! Jadi intinya, Bunda menerapkan prinsip “Dress up like you mean it!” dan berpakaian sesuai karakter anak ya?

Betul! Saya selalu mengajarkan bahwa setiap orang punya karakter berbeda dalam berbusana. Dan semua pilihan pasti bagus. Saya bilang bahwa apa yang kita pakai dan miliki adalah yang terbaik dan harus kita syukuri. Itu saja.

Apabila Bunda sudah all out dalam memilihkan busana, make up, dll.. tapi anak belum menang di kontes tersebut, apa yg Bunda lakukan?

Ya kadang sedih kalau yang menang ternyata biasa aja. Bukan maksud merendahkan tetapi terlihat secara skill dan performance kurang bagus pasti kecewa ya. Bahkan kadang bikin ogah-ogahan ikut lomba lagi.

Tapi kalau yang menang memang bagus dan kreatif, saya sih oke aja. Ini justru memicu kami untuk lebih menggali ide-ide kreatif lagi di kontes berikutnya.

***

Yuhuuu! Ternyata gitu sekilas tips yang diterapkan Bunda Furry. Kalau lihat foto-foto keluarga muda ini di Instagram, rasanya gemesss banget pengin uwel-uwel Lionel, Kay dan Biam. Semoga keberkahan melingkupi rezeki keluarga ini dan kita semua yaaa. Aaamiiin aamiiin ya robbal alamiiin…. 

Hayuuuk, ikutan kuis di Instagram juga! 

Advertisements

17 comments

  1. Aku mbak doyan ikut lomba… Tapi selama ini belum beli baju baru .. masih pake baju yang ada aja. Lucu ya anak cewe gini, bisa pakai gamis. Alhamdulillah aku jadi pengen tambah anak jdiny…

  2. Mbak Furry emang kereennn
    . Suka bamget yg dress dari koran ituu.. Kreatif tapi cantikk..

    Btw Selamat Ultah Mbak Furry.
    Semoga semakin sukses kuternya yaaa..
    Saya blm bernyali huhuhu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s