Bazaar Rakyat 2018, Wujud Semangat Berbagi Sinar Mas untuk Indonesia

Bazaar Rakyat 2018, Wujud Semangat Berbagi Sinar Mas untuk Indonesia

Banyaaaaakk banget amal-amal kebaikan yang bisa kita lakukan di Bulan Ramadhan. Mulai dari menyiapkan ta’jil/ paket berbuka puasa, bersedekah/zakat ataupun melakukan charity dengan bagi-bagi paket sahur, dan sebagainya.

Yep, siapapun tentu sepakat bahwa bulan Ramadhan adalah momentum yang amat tepat untuk melakukan beragam amal kebaikan. Amal ini bisa dilakukan oleh individu/ personal, ataupun oleh instansi/ perusahaan dan komunitas. Salah satu perusahaan yang concern dengan program social di bulan Ramadhan adalah PT Sinar Mas.

Perusahaan ini menggelar Bazaar Rakyat 2018 , di sejumlah kota di Indonesia. Dalam balutan CSR (corporate social responsibility), Sinar Mas menggelar Bazaar Rakyat, sebagai wujud berbagi dengan masyarakat, mengedepankan produk dan merek milik sendiri. Begitu kata Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto.

“Selain menjalankan program CSR mengedepankan produk dan merek andalan sendiri, kami sekaligus dapat mengaplikasikan nilai-nilai kepedulian, beserta semangat berbagi dan silaturahim dengan sesama di bulan Ramadan,” tambah Sulistiyanto.

Harga pasar minyak goreng sekarang berada di kisaran 13 ribu per liter. Di bazaar rakyat ini nih, minyak goreng yang disalurkan seharga 8 ribu rupiah per liternya! Muraaah banget kan?

Kegiatan Bazaar Rakyat ini melibatkan pilar bisnis Sinar Mas yang ada di sana, serta para mitra dari beragam lembaga. Mulai dari TNI, Polri, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, serta pondok pesantren.

Menurut Sulistiyanto, kegiatan semacam ini bermanfaat memunculkan efek psikologis yang menenangkan masyarakat, bahwasanya pasokan memadai dan tidak terjadi lonjakan harga. “Sebagai produsen utama minyak sawit, bahan dasar pembuatan minyak goreng, sudah barang tentu pasokan bagi masyarakat selalu tersedia,” kata Sulistiyanto.

Yaaapp, sepakat banget! Kalau harga sembako (termasuk minyak goreng) stabil, buibu kan tenang, nyaman, damai tentram ketika beribadah Ramadhan. Imbasnya tentu saja, keluarga makin bahagia syalala.

Program CSR ini sekaligus mendukung kebijakan Pemerintah. “Penjualan minyak goreng kemasan adalah bagian komitmen sektor industri menjamin ketersediaa pasokan bagi masyarakat, khususnya di bulan Ramadan,” ucap Sulistiyanto.

Melalui PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (PT SMART), sejak tahun 2005 telah disalurkan lebih dari 30 juta liter minyak goreng kemasan bersubsidi – beragam merek seperti Filma, Kunci Mas ataupun Mitra – di berbagai kota.

***

Wakaf Mushaf Al-Quran dari Sinar Mas 

Selain menggelar Bazaar Rakyat,  Sinar Mas juga melakukan kegiatan CSR dengan membagikan wakaf mushaf Alquran.

SINAR MAS-2

Pada kesempatan kali ini, Sinar Mas mendonasikan Al Quran ke sejumlah masjid yang tersebar di nusantara. Salah satunya, Masjid Istiqlal, Jakarta.

Managing Director Sinar Mas Saleh Husin mengatakan, donasi ini dilakukan karena menjadi komitmen Sinar Mas untuk mendukung pemerintah dalam hal memperluas ketersediaan Alquran di masyarakat.

“Kami berharap keutamaan membaca dan mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadan dapat berlangsung semakin kuat dengan adanya inisiatif ini,” kata Saleh Husin.

Program Wakaf Al-Quran ini telah berlangsung selama satu dekade. Ini adalah kesempatan bagi Sinar Mas untuk menjalankan program CSR dengan mengedepankan produk dan merek andalannya sendiri. Hal ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah untuk memperkuat penggunaan produk dalam negeri.

“Al Quran yang kami donasikan itu memakai kertas premium Sinar Tech atau yang lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP). Kertas ini dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang, dimana kertas ini memang khusus untuk pencetakan kitab suci dan buku agama,” lanjutnya.

Lebih lanjut Saleh, kertas Quran Paper telah memenuhi sertifikat halal dari MUI karena bahan baku dan proses produksinya memenuhi kaidah kehalalan hingga 90 persen. Produk ini sendiri, telah diekspor ke berbagai negara seperti Asia dan Afrika.

Dijelaskan, sejak 2008, Asia Pulp & Paper Sinar Mas telah mendonasikan 785 ribu mushaf Alquran, 50.000 buku panduan membaca Alquran, dan Juz Amma. Perusahaan ini juga telah mendonasikan 300 set Alquran Braille untuk tuna netra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis Sinar Mas.

“Wakaf Quran menjadi wahana bagi kami guna mengamalkan nilai-nilai kebaikan, kepedulian, serta semangat saling berbagi dan silaturahim dengan sesama. Khususnya di bulan Ramadan yang penuh rahmat ini,” tutupnya.

Advertisements

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s