Wirausaha Muda Mandiri Expo, Ajang Unjuk Gigi Enterpreneur Masa Depan Indonesia

Kalian pernah dengar brand “Coffee Toffee” “Sego Njamoer” atau Kebab Keboed? Yap, merek-merek yang aku sebutkan tadi adalah mahakarya para pengusaha muda republik ini, dan mereka adalah alumnus program Wirausaha Muda Mandiri.
Wait…. Apa sih, Wirausaha Muda Mandiri (WMM) itu?
Bank Mandiri sebagai entitas perbankan di nusantara, memegang teguh komitmen untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan di tanah air. Khususnya buat generasi muda, karena memang kalangan ini diharapkan menjadi generasi tangguh, bisa menciptakan lapangan kerja dan sanggup bersaing di era global.
Program WMM yang dihelat sejak 2007 ini, diharapkan berkontribusi dalam penciptaan ekosistem yang baik, untuk tumbuh kembang wirausahawan di bumi pertiwi.
Puncak WMM digelar di kota Malang. Rangkaian programnya adalah: Wirausaha Muda Mandiri (WMM) Expo 2018 yang diikuti lebih dari 90 merek lokal di Mall Olympic Garden, Malang – Jawa Timur pada 6 – 9 September 2018.
MANDIRI WIRAUSAHA

Merek lokal yang berpartisipasi dalam expo tersebut dimiliki oleh para finalis dan alumni program WMM, serta peserta program Rumah Kreatif BUMN (RKB).

***
Seharian kemarin, bareng teman2 blogger Surabaya, saya meng-explore MOG Malang, dan terpukau menyaksikan ide-ide brilian yang dieksekusi secara rapih oleh para pengusaha muda, yang jadi finalis WMM 2018.
Vice President Bank Mandiri Theresia Pratiwi Hastari mengatakan, penyelenggaraan WMM Expo 2018 ini merupakan rangkaian acara Penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2018, dimana perseroan akan memberikan apresiasi kepada mahasiswa dan alumni yang telah merintis usaha serta mampu memberikan nilai tambah kepada masyarakat.
“Melalui WMM Expo ini, Bank Mandiri ingin menunjukkan komitmen dalam upaya penciptaan pelaku usaha muda yang kreatif, mampu bersaing serta dapat menciptakan lapangan kerja baru melalui program yang komprehensif, mulai dari penjaringan pelaku usaha muda potensial, pelatihan pengelolaan usaha, pengenalan metode pemasaran, pengenalan akses pembiayaan serta identifikasi peluang pengembangan usaha,” ungkap Theresia.
Selain produk UKM, WMM Expo ini juga menampilkan program talkshow yang menampilkan pembicara dari Alumni WMM tahun sebelumnya, seperti Florentia J. Sutanto, pengusaha fesyen merek Noonaku Signature (alumni WMM 2016) dan Odi Anindito, pengusaha kuliner Coffee Toffee (Alumni WMM 2011)
“Pastinya, para pembicara di talkshow tersebut akan memberikan sharing pengalaman dan tips tentang pengelolaan usaha kreatif. Harapannya, ini bisa memotivasi pengunjung, khususnya yang masih berstatus mahasiswa agar berani memulai usaha,” katanya.
MANDIRI WIRA-2
Theresia melanjutkan, para finalis dan alumni WMM yang menampilkan produknya pada Expo tersebut merupakan bagian dari komunitas Wirausaha Muda Mandiri yang telah digelar sejak 2007.
Total, lebih dari 36.000 wirausaha muda dari 656 perguruan tinggi di seluruh Indonesia tercatat menjadi bagian dari komunitas ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta.
Pada tahun ini, program WMM mengkompetisikan beberapa kategori, yakni kategori wirausaha Industri, Perdagangan dan Jasa; wirausaha Kreatif; wirausaha Boga; wirausaha Sosial dan kategori wirausaha Teknologi.
Adapun kepesertaan WMM terbagi atas dua kategori, yakni kategori Mahasiswa program SI atau Diploma dan kategori pengusaha muda non-Mahasiswa.
“Kompetisi kewirausahaan WMM 2018 telah dimulai sejak bulan Maret lalu, dimana sebanyak lebih dari 800 pengusaha muda dari 34 perguruan tinggi dan 10 Komunitas/ Inkubator Bisnis ikut ambil bagian pada acara ini. Berdasarkan hasil penjurian tahap awal, sebanyak 70 wirausaha muda terpilih untuk mengikuti seleksi nasional pada 12 September 2018, di hadapan dewan juri yang terdiri dari perwakilan pemerintah, akademisi, praktisi, media, dan Bank Mandiri,” tuturnya
Puncak rangkaian program WMM, yakni pemberian Penghargaan WMM (WMM Award) 2018, akan dilaksanakan pada 15 September 2018 di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya, Malang.
Theresia menambahkan, selain hadiah uang tunai, pemenang program WMM 2018 juga berkesempatan mendapatkan berbagai kemudahaan dalam mengakses produk Bank Mandiri dengan nilai dan kondisi yang bervariasi sesuai kebutuhan. Perseroan juga berupaya mendorong para pemenang dan finalis untuk melindungi hak kekayaan intelektual terkait bisnis yang digeluti sehingga dapat digunakan secara optimal sebagai aset produktif.
“Khusus pada kategori wirausaha Teknologi, para pemenang dan finalis juga berkesempatan mendapatkan pendampingan dan pembiayaan dari perusahaan anak Bank Mandiri di bidang modal ventura, yakni PT Mandiri Capital Indonesia,” katanya.
Informasi lebih lanjut terkait program Wirausaha Muda Mandiri dapat dilihat di akun instagram @wrausahamandiri, akun facebook wirausaha muda mandiri dan website www.wirausahamandiri.co.id
Advertisements

2 comments

  1. Baru tau setelah ikut acara ini bahwa ternyata brand-brand yang sudah punya nama ternyata dulunya jebolan WMM. Produknya bagus-bagus, idenya kreatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s