Cari Tahu Yuk Tentang Maskot Asian Para Games 2018

 Asian Para Games 2018 adalah ajang olahraga khusus atlet penyandang disabilitas pertama tingkat Asia yang diselenggarakan di Indonesia. Dalam meneruskan warisan kejayaan dan kesuksesan penyelenggaraan Asian Games pertama di Indonesia pada tahun 1962, maka kota Jakarta dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan ajang multi-event pada tahun 2018. Dengan semangat bahwa olahraga dapat menumbuhkan harapan baru, Pemerintah Republik Indonesia besama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima tantangan untuk menyelenggarakan INAPG 2018 melebihi kesuksesan penyelenggaraan event olahraga terdahulu.

Sebagai langkah mencapai tujuan tersebut, maka dibentuklah Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) yang bertugas mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi pelaksanaan INAPG 2018. Dengan menyelenggarakan event ini INAPGOC ingin secara aktif mempromosikan olahraga khusus penyandang disabilitas kepada masyarakat Indonesia, sehingga di masa depan dukungan antusiasme terhadap olahraga untuk penyandang disabilitas akan terus meningkat. Selanjutnya, event ini diharapkan sebagai langkah pertama untuk menjadikan kesempatan berolahraga menjadi hak bagi semua lapisan masyarakat.

Nah, itu adalah penjelasan Asian Para Games 2018. Yuk kita simak apa sih maksud dari Maskot Asian Games 2018 ini apa. Filosofinya gimana. Maskot tahun ini diberi nama MOMO, yang artinya motivasi dan mobilitas.

MOMO-maskot-APG-1

Sumber : asianparagames.com

Dari website resmi Asian Para Games 2018 menjelaskan “MOMO (motivation and mobility) is the official mascot of the Asian Para Games 2018. The mascot is a graphic visualization of Bondol Eagle (haliastur indus). The eagle only lives in 1000s’ island (pulau seribu) area with easily recognized bright white color from head to chest, while other part of its body is dark brown. Due to it’s small population, Bondol eagle is categorised as endangered species by the United Nations”

Artinya MOMO (motivasi dan mobilitas) adalah maskot resmi Asian Para Games 2018. Maskot ini adalah visualisasi grafis Bondol Eagle (haliastur indus). Elang hanya hidup di pulau 1000s (pulau seribu) dengan warna putih terang yang mudah dikenali dari kepala ke dada, sementara bagian lain tubuhnya berwarna coklat gelap. Karena itu populasi kecil, elang Bondol dikategorikan sebagai spesies yang terancam punah oleh PBB.

Burung Elang Bondol terkenal sebagai burung yang kuat dan pemberani, hal itu merupakan kombinasi sempurna antara nama maskot dan burung. Ini berarti bahwa yang mengikuti acara Asian Para Games 2018 adalah seseorang yang kuat dan pemberani. Kuat dalam artian memiliki kekuatan untuk beradu dan berani dalam menghadapi lawannya. Ini karakter manusia Indonesia yang baik 

Nah supaya para atlit-atlit ini berani dan terus semangat bertanding yuk kita semua dukung terus acara Asian Para Games 2018 ini. Nggak perlu capek-capek datang ke Gelora Bung Karno cukup dengan selalu update dengan beritanya dan membagikannya ke teman-teman kalian.

 

 

Advertisements

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s