Deklarasi Netizen MPR RI, Komitmen untuk Sebar Konten Positif di Ranah Digital

Kalau membaca komentar julid bin nyinyir netizen zaman now, apa yang kalian rasakan? Kezel banget ye kaaaan.

Kalimat sarkas, pedes bin judging itu dengan entengnya terlontar begitu saja. Seolah-olah, netizen lupa kalau ada Malaikat pencatat amal. Dus, lupa kalau pemilik akun socmed yang mendapatkan komentar pedes, adalah manusia juga. Yap! M a n u s i a yang punya perasaan. Sama seperti kita. Bisa sedih, baper, dan ngerasa nelangsa gegara baca komen-komen dari jempol dan jari-jemari yang “asal nyablak” itu.

Pedih banget, emang. Di negara kita tercinta, kebebasan berekspresi ini emang kadang suka kebablasan. Terus menerus aja tuh, digembar-gemborkan ini kan era demokrasi, bebas berpendapat.

Well… Bebas beropini boleh, tapi jangan lupa, kalau ada rambu-rambu yang tak boleh kita tabrak. Kudu bebas, sekaligus bertanggungjawab.

Saya bersyukur, MPR sebagai Lembaga negara ambil bagian untuk meng-encourage penduduk dunia maya, agar “eling” dan sama-sama berkontribusi untuk mewujudkan iklim digital world yang lebih baik. Sekarang memang eranya digital. Aneka profesi terkait content creator ada di dunia ini, you name it…. YouTuber, blogger, selebgram, intinya content creator yang memang bertugas menciptakan karya untuk di-upload di internet.

Supaya kian tercipta situasi yang kondusif dalam berkarya dan mengekspresikan diri, MPR RI tak henti-hentinya mengajak kita untuk menghayati nilai-nilai ke-Indonesia-an, yang harusnya sudah eksis, tumbuh, dan terinternalisasidalam diri kita.  

Untuk tahu apa dan gimana 4 Pilar MPR, silakan baca postingan ini ya 😀

***

Berhenti Berseteru, Mulailah Bersatu

Berhenti Takabur, Mulailah Bersyukur

Berhenti Curiga, Mulailah Menyapa

Stop Diskriminasi, Mulailah Toleransi

Banner dengan kalimat yang begitu menggugah, menyambut kami di Gedung MPR Senayan Jakarta. Sebanyak 44 netizen dari 11 propinsi diIndonesia berkumpul dalam momen “Deklarasi Netizen MPR RI”.

Aura positif begitu terasa di ruangan ini. Kami menantikan momen kehadiran Bapak Sejen MPR Maruf Cahyono yang siap menerima “Deklarasi Netizen” yang telah sama-sama kami rumuskan sejak Jumat (7/12) malam, di hotel Sultan.

Yap! Sejak Jumat (7/12) hingga Ahad (9/12) kami berkumpul di Jakarta. Seluruh peserta dibagi menjadi 5 kelompok, untuk masing-masing berdiskusi tentang poin apa saja yang harus kami tuliskan dalam Deklarasi Netizen.

Saya satu grup dengan Bang Aswi, travel blogger kondang bambang gulindang yang tinggal di Bandung. Selain jago motret dus ngeblog, Bang Aswi juga jago banget me-lead diskusi. Masing-masing kelompok menyetorkan hasil brainstorming, daaaan….. Here it is….

Deklarasi Netizen Indonesia:

  1. Tidak menyebarkan konten hoax dan SARA
  2. Bijak bermedia sosial sesuai dengan Pancasila
  3. Menerapkan Empat Pilar MPR RI dalam literasi digital
  4. Bersatu membuat keren Indonesia dengan konten yang positif

Deklarasi Netizen inilah yang kami dengungkan sepanjang acara. Pada hakikatnya, sebagai warganet, kita memang punya hak sekaligus kewajiban untuk menyajikan konten positif dan kontributif.

Siapa kita? INDONESIA!

Apa ideologi Bangsa kita? Pancasila!

Sudahkah kita terapkan dalam hidup keseharian?

Nah. Pertanyaan itu yang harus kita jawab dengan langkah nyata. Masing-masing dari kita mengemban amanah untuk saling mengingatkan rekan, saudara atau siapapun, untuk meng-upload hanya yang baik dan membaikkan.

Terlebih, menurut SekJen MPR RI, “Ada harapan dari kita, bahwa para aktivis di kancah internet bisa memberikan suasana yang berbeda. Teduh dan nyaman. Deklarasi Netizen ini bisa menjadi komitmen warganet yang menyejukkan, di tengah fenomena yang amat dinamis. Bahwa ada 4 Pilar Kebangsaan yang bisa kita jadikan pegangan untuk meminimalisir persoalan dalam hidup. Blogger punya kecerdasan untuk mempublikasikan mengenai hal ini, entah dari sudut pandang ekonomi, budaya,keilmuan, lingkungan, apapun!”

Yap!! Pancasila adalah ideologi yang sungguh mulia, dan digali dari akar budaya bangsa kita. Pancasila juga menjadi penopang peradaban. Bapak Maruf mengingatkan bahwa, visi Indonesia masa depan, adalah Indonesia yang maju, mandiri dan sejahtera.

Semua itu bisa kita capai, apabila kita memiliki ketahanan dan daya saing. Karena perubahan adalah hal yang tidak terelakkan dalam hidup. Namun, satu hal yang harus kita garisbawahi, Jangan keluar dari jati diri bangsa! Berketuhanan, menjadi manusiawi, dan nilai-nilai yang termaktubdalam Pancasila….. Inilah karakter bangsa kita, sejak dulu kala, dan sampai kapanpun juga.

Terima kasih, tim MPR RI. Semoga kit selalu komit dan berkolaborasi untuk menghadirkan konten positif, kreatif dan kontributif, demi Bangsa Indonesia…! 

Advertisements

21 thoughts on “Deklarasi Netizen MPR RI, Komitmen untuk Sebar Konten Positif di Ranah Digital

  1. aizeindra yoga says:

    kebayang kalo ketemu komenan yang nyinyir, kadang dibales pake emosi ya kitanya yang rugi, kini ansipasinya balesin aja sambil senyum senyum sendiri

    yang penting gak merugikan akal dan pikiran ya kan kak?

  2. naniekoe says:

    Ada perwakilan Blogger Makassar big yang hadir juga di event ini, keren yaaa, semoga lembaga negara lainnya terinspirasi juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s