Mengapa Nama Domain di Internet itu Penting?

Halo!

Kali ini, saya mau ngobrol soal pentingnya nama domain.

Hmm, DOMAIN itu apa sih? Dan mengapa nama domain itu penting? Oke. Jadi, begini, sebelum pembahasan beranjak ke mana-mana, yuk kita simak dulu apa sih, definisi Domain.

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah dalam mengingat.

Intinya begini. Ketika kita memutuskan untuk terjun ke dunia online, baik itu memulai bisnis online, ataupun menjadi content creator (yang sebenarnya juga masuk kategori ‘online business’) tentunya kita aware dan mafhum, bahwa segala aktivitas, transaksi jual-beli, bakal kita lakukan via internet. Semuanya berbasis digital. Nah, kalau begitu, kita butuh website kan? Fungsinya, tidak lain dan tidak bukan, sebagai identitas diri sekaligus alamat kita di kancah digital.

Nama domain biasa disebut juga alamat website. Sebagaimana yang saya singgung di atas, nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Contoh nama domain: Google.co.id, Wikipedia.org dan sebagainya.

Untuk lebih memahami tentang seluk beluk nama domain, mari kita analogikan dengan rumah.

Nama domain adalah alamat rumahnya (alamat website-nya), sedangkan setelah mengakses nama domain tersebut, kita bisa menemukan rumahnya (isi atau kontennya).

Sebagaimana alamat rumah di dunia nyata, nama domain juga bersifat unik. Artinya, tidak ada dua situs yang memiliki nama yang sama persis. Nama domain juga sebenarnya merupakan pengganti nomor server unik yang biasanya berupa deretan angka panjang dan rumit.

Untuk mendukung perjalanan bisnis online dan agar menggapai kesuksesan, maka nama domain adalah sebuah hal yang amat signifikan. Beberapa fungsi dan peran utama nama domain adalah:

(1). Sebagai media untuk memperkenalkan produk atau jasa bisnis online kita kepada netizen atau yang biasa mencari sumber informasi dari internet.

Misalnya kita punya produk A, tentu kita ingin masyarakat luas notice plus paham mengenai apa dan bagaimana produk ini. Maka kita membutuhkan media yang sustainable, bisa diakses setiap saat, kapanpun dan di manapun. Bukan media yang sifatnya “sekali baca, lalu besok jadi bungkus kacang” seperti surat kabar.

Maka, dibutuhkan nama domain yang kredibel, mudah diingat dan bisa merepresentasikan produk/jasa kita di kancah online.

(2). Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Apabila sebuah usaha punya website dan nama domain sendiri, maka ini bisa menjadi sarana untuk menaikkan kredibilitas perusahaan.

Artinya, usaha ini betul-betul digarap dengan serius, dan memperhatikan media dalam hal creating awareness sekaligus untuk asupan info updated.

(3). Menunjukkan profesionalisme yang dapat menarik kepercayaan konsumen

Konsumen zaman now punya banyak banget pilihan brand untuk dibeli. Dengan nama domain yang sesuai, maka ini sekaligus menunjukkan sisi profesionalisme. Pada gilirannya, ini dapat menarik atensi sekaligus trust konsumen.

(4). Media pemasaran yang efektif untuk menjaring konsumen baru

Apabila kita rajin meng-update website, terutama informasi terbaru mengenai produk dan jasa, maka ini bisa menjadi media marketing yang sangat efektif. Di zaman now, konsumen berburu informasi melalui internet. Dibutuhkan nama domain yang bisa menjadi representasi untuk bisnis kita.

(5). Memudahkan proses pemesanan dan penyimpanan data hingga proses transaksi

 Ini juga menjadi faktor signifikan mengapa nama domain itu penting. Proses order, data konsumen tersimpan, dan transaksi antara penjual dan pembeli, bisa menjadi kian easier and better, apabila nama domain terbentuk dengan baik.

***

Sebagai praktisi dunia online, sudah semestinya kita menaruh atensi pada nama domain. Yang jelas, salah satu tips agar website kita bisa outstanding adalah: Gunakan top level domain. Yaitu, nama domain yang berakhiran .com  .net .co.id  dan sebagainya.

Mengapa top level domain itu penting? Lagi-lagi, ada beberapa keunggulan:

(1). Nama domain yang sudah menggunakan Top Level Domain menjadi lebih ringkas dan mudah diingat sehingga menjadi identitas yang unik dan dapat digunakan dalam pengembangan branding dari usaha online kita.

(2). Keunggulan Top Level Domain adalah penggunaan TLD dapat meningkatkan peringkat SERP (Search Engine Result Page, yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari)

(3). Penggunaan Top Level Domain yang dibarengi dengan konten yang berkualitas akan meningkatkan domain authority atau otoritas sebuah domain (DA) dan page authority atau otoritas halaman (PA) dari sebuah blog yang tentunya akan membuat konten kita semakin menarik dan gampang dibaca oleh alogaritma google.

Pertanyaannya, di mana kita Beli Domain untuk nama domain kita?

Qwords menyediakan domain murah dengan berbagai pilihan ekstensi yang bisa kita beli. Qwords memberikan kemudahan dalam pembayaran domain hosting dengan layanan pembayaran via bank transfer, ATM Bersama, Indomaret, Alfamart, OVO, DOKU Wallet, Master Card, Kredivo dan metode pembayaran baru lainnya.

Cek Domain

Jadi, #OnlineninAja bisnismu dengan domain yang Qwords sediakan. Cek Domain terbaikmu sekarang di Qwords dan dapatkan promo-promo menarik bundling domain hosting Indonesia dengan harga terjangkau.

Domain Indonesia

Qwords merupakan salah satu penyedia layanan Domain Indonesia Terbaik yang sudah terdaftar secara resmi di PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Qwords memiliki berbagai ekstensi nama domain murah yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

41 thoughts on “Mengapa Nama Domain di Internet itu Penting?

  1. Linimasaade says:

    Setuju, domain sangat penting banget.Salah satu keseriusan seseorang dalam dunia internet. Meskipun harus menyisihkan uang untuk bayar domain. tapi kebayar sama benefit client heheh

  2. Sri Widiyastuti says:

    sepakat mbak, kalau mau serius ngeblog, ya pakailah domain, agar blog mudah diingat dan ditemukan karena nama domain itu unik dan gak ada duanya hehhe

    pernah nyari domain kakakku, tapi pake nama pena gitu, susahnya minta ampun haha karena gak gampang diinget.

  3. Elly Nurul says:

    Aku mengenal domain juga baru beberapa tahun ini mbak, awalnya aku ngga paham, tapi sebagai seorang blogger, domain itu penting banget sebagai identitas ya mbak, jadi ngga akan sama identitas diri kita dengan orang lain

  4. Siska Dwyta says:

    Yup bagi blogger yang ingin lebih profesional nama domain ini memang penting banget. Dan kalau bisa pilih nama domain juga jangan asal ya. Btw saya juga beli domainnya diQwords😊

  5. niaharyanto says:

    Nama domain itu penting banget ya. Termasuk buat blogger. Kalo kepengen profesional, nama domain bagian dari branding. Jadinya kudu bener-bener dipilih dengan tepat.

  6. Ainhy Edelweiss says:

    Penting banget yah ternyata nama domain itu, bagi Blogger baru seperti aku, domain baru terasa penting saat serius menekuni blog oiya aq jg penasaran nih sama pelayanan di QWords

  7. duniabiza says:

    Nama di internet merupakan pengenal diri… nama domain yang dipilih sebaiknya mengacu tujuan akhir blog diciptakan… ovo, gojek, lazada atau itunes nama yang beberapa tahun lalu masih kagok jika disebut…

  8. Ruli Retno Mawarni says:

    Eaaaa gak salah donk dari dulu aku pake qwords ya.. aku lupa deh uda berapa taun pake qwords, waktunya bayaran nih kayanya hahaha

  9. akuchichie says:

    Karena biar orang mudah mengingat nama domain kita, makanya aku menyeragamkan nama domainku dengna nama sosial mediaku. Tapi sayangnya suka banyak yang salah eja namaku, heheheheee… Pengen ganti tapi sayang banget itu domainnya.

  10. yenisovia says:

    Mba aku mu tanya. Apa yang membedakan akhiran nama domain com ama co.id? Kok aku lihat kayak website media-media besar gitu banyak yang akhirannya co.id. Aku juga beli domain di qword mba. Soalnya waktu itu nanya temen blogger dan dia nyaranin ke sana hihihi

  11. armitafibriyanti says:

    Penting banget donk nama domain, bisa buat branding kita ke depannya. Aku kalau inget nama blog bukanbocahbiasa, pasti ingetnya langsung ke Mba Nurul sang petualang, hehe.

  12. Rach Alida Bahaweres says:

    Menurutku, branding bisa melalui nama domain mba. Dan aku milih yang sesuai dengan nama aku mba. COma emang agak susah diingat ya nama domainku. Hhehe

  13. Eri Udiyawati says:

    Analogi domain memang diibaratkan dg rumah itu memudahkan kita yang belum paham. Iya, anggap aja itu sebuah rumah dan tentunya ada isinya yang bisa kira lihat atau menjadi sumber inspirasi. Atau malah ternyata rumah itu rumah tempat jual beli, kita bisa membeli barang di situ. Dan TLD memang lebih bagus karena menunjang pencarian di google.

  14. Lina W. Sasmita says:

    Pilih domain yang mudah diingat orang. Kadang kalau ada tulisan menarik dan saya lupa menyimpannya, saya kesusahan mencari kembali artikel tersebut karena lupa nama domainnya. Kalau saya dengan mudah mengingat nama domain sebuah website maka biasanya langsung saja ke alamat domain tanpa kesusahan.

  15. aswindautari says:

    Dulu waktu pengen bikin dot com aku diceramahin kalau mau marketnya banyak ya namanya harus menjual. Tapi ya aku gak mikir kesana. Haha. Krn cuma mau branding aja sih. Jadi ya sesimpel ini namanya

  16. lendyagasshi says:

    Semoga suatu saat nanti aku bisa berjodoh dengan QWords.
    Teringat dulu beberapa tahun yang lalu, kantor pusat QWords berdekatan dengan rumah kami. Dan saat itu, aku belum begitu paham mengenai pentingnya personal branding yang berujung pada pembuatan nama domain di dunia maya.

  17. Uniek Kaswarganti says:

    Pemilihan nama domain yang spesial bisa bikin orang secara tidak sadar mengingat-ingat ya mba. Oww.. iya itu nama web yang menyediakan kriya ini..misalnya sih. Jadi emang penting pilih nama domain yang mudah diingat dan spesial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s