Inilah 7 Tempat Seru Berburu Kuliner Medan di Jakarta

Para penyuka makanan Sumatera khususnya Medan, pasti ingin tahu di mana bisa mendapatkan rasa yang lezatnya otentik. Banyak tempat yang menawarkan kuliner Medan di Jakarta, tapi tentu tidak semuanya cocok di lidah. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa tempat kuliner yang bisa mengobati rasa rindumu.Β 

Di Jakarta, berbagai jenis makanan mantap seperti kari, kwetiau soto, dan banyak jenis kuliner khas Medan lainnya, mudah ditemui. Ada beberapa tempat yang menyajikan lontong sayur yang tak kalah enak dari lontong malam di Medan. Jadi, bersiaplah untuk berburu kuliner Medan di tempat-tempat berikut ini.Β 

1. Kari Lam

Jalan-jalan ke Gang Gloria Glodok, kamu akan melihat restoran yang satu ini. Salah satu makanan khas yang dijual di sana adalah kari lezat lengkap dengan daging ayam (atau daging bebek), kentang, bawang goreng, dan juga kuah santan. Rasa kuah yang gurih dan teksturnya yang kental, siap mengobati rasa rindu pada kota Medan.

2. Nasi Gurih Pak Zul

Ternyata, ada menu nasi gurih Medan di Jakarta yang legendaris dan sudah kondang sejak tahun 1952. Inilah Nasi Gurih Pak Zul, yang bisa ditemui di Muara Karang Blok Y5, dan cabangnya juga ada di Coffee and Kitchen, Jalan Juanda III no 36, Jakarta Pusat. Nasi mantap ini gurihnya asli dari rempah-rempah, tanpa menggunakan MSG sama sekali.Β 

3. Kwetiau Akang

Ada banyak restoran yang menawarkan menu kwetiau, tapi konon yang satu ini rasanya β€˜Medan banget’. Karena koki dan pendirinya memang asli orang Medan, bahan dan bumbu-bumbunya terasa otentik, dengan kwetiau yang lebih lembut dan aroma kuat. Kamu perlu mencoba kwetiau goreng kepiting khasnya, dengan mengunjunginya di Mangga Besar, Puri dan Muara Karang.

4. Soto Medan Pak H. Syamsudin

Para penyuka makanan khas Medan pasti tahu bahwa soto Medan berbeda dengan soto di daerah lainnya. Dengan kuah kental dan berbagai isian seperti jeroan, daging sapi atau ayam dan juga perkedel kentang, pasti membuat kamu ketagihan. Soto Medan Pak H. Syamsudin bisa ditemui di Jalan Muara Karang Raya.

5. Medan Baru

Gulai kepala ikan adalah salah satu menu khas Medan yang disediakan di Rumah Makan Medan Baru. Restoran yang terletak di Jalan Krekot Bunder Raya, Jalan Griya Utama, dan Jalan Pesanggrahan ini memang penting untuk dicoba. Apalagi kalau gulai tersebut dipadukan dengan burung punai dan sambal ganja. 

6. Sari Laut Jala Jala

Saat melewati Taman Anggrek dan Kuningan City, jangan lewatkan mencicipi sari laut jala jala yang ada di sana. Makanan medan di restoran ini banyak yang lezat, dan cocok di lidah sebagian besar orang Medan. Bukan cuma itu, kamu juga bisa mencicipi berbagai makanan Chinese, dimsum, dan pancake durian yang siap bikin ketagihan. 

7. Sibual Buali

Siapkan perut kosong kalau ingin makan di Sibual Buali yang berlokasi di Tebet ini. Coba cicipi limbat gule (ikan asap bumbu gulai) yang jadi selalu jadi incaran para wisatawan. Garingnya ikan dan kuah gulai pedas dengan rempah-rempah yang nendang akan membuatmu puas makan di sana. Itulah beberapa kuliner Medan di Jakarta yang seru untuk dieksplorasi. Kalau kamu ingin sewa mobil Jakarta, kini makin mudah. Kamu bisa sewa mobil secara online di TRAC. Tidak perlu kemana-mana, kamu bisa langsung rental mobil dari hotel tempat kamu menginap. Menggunakan sewa mobil akan membuat kamu lebih mudah mencari kuliner khas Medan di Jakarta.

71 thoughts on “Inilah 7 Tempat Seru Berburu Kuliner Medan di Jakarta

      • dapurhamsa says:

        Ideeemmm mau jalan dan kulineran juga.
        Kalau di sini kyknya blm nemu nih yang khas Medan. Kudu ke Jakarta dulu kyknta nih atau minta masakin temen yg org Medan asli haha

  1. Reyne Raea says:

    Nasi gurihnya sama kwetiawnya kayaknya enyak banget tuh Mba, jadi ngiler maksimal deh πŸ˜€
    Nggak perlu jauh-jauh ke Medan ya, di Jakarta juga ada ternyata.

    Eh btw kalau di Surabaya ada juga nggak nih? πŸ˜€

    • Reyne Raea says:

      Btw, asyik juga ya makanannya tanpa msg, jadi aman buat anak-anak, saya sejak hamil 10 tahun lalu hingga hari ini jarang masak pakai msg, cuman garam doang hahaha.
      jadi pengen cicipin nasi gurihnya nih πŸ™‚

    • Yati Rachmat says:

      No. 6 sangat membuat bunda inget sosok perempian yg telah membesarkan bunda sejak umur 8 th. Seringkali beliau membuat roti Jala terbuat dari terigu dan telur, entah apa lg bumbunya, tp disiram kuah gulai kuning daging bersantan kental dan kezat. Bunda pjnya feeling nih resep kuliner Medan ini “cucok” dengan lidah bunda. Paling enak andai ada kesempatan utk langsung punya kesempatan menjejakkan kaki di Medan. Tp pasti hrs bersabar sampai Ratu Covic 19 undur diri. Aamiin.

  2. Melina Sekarsari says:

    Wah, aku nggak familiar sama masakan Medan. Tapi kelihatannya sangat layak untuk diburu. Kalau bahas makanan Medan, selama ini tahunya lontong sayur Medan aja.Dulu pernah punya langganan di Tangerang. Nah, kalau dari Bogor, Jakarta lebih dekat dong.

    Corona segera berlalu, supaya saya bisa segera berburu.

  3. Nchie Hanie says:

    Ampoooon liat makanan jam segini krubuk2 nih, jadi cuma dikasih poto doaaank !
    Sungguh Terlalu!

    Waah, ternyata orang Meddan bakalan anteng di ibu kota yak, makanan khasnya banyak tersedia.

  4. ysalma says:

    Malam-malam buka tulisan ini, sukses bikin laper.
    Apalagi ngelihat nasi gurih pak Zul, pengen ikutan nyendok, mbak.
    Siap, informasinya dicatet, ntar kalau situasi udah pulih, makan-makan kita.

  5. hidayahsulistyowati says:

    Aku penasarn dengan ikan asap yang dibikin gulai pedas, tapi aku pengennya ke Medan suatu hari nanti buat wisata kulineran, mbak. Dulu aku ngertinya kuliner Medan mirip dengan Padang, ternyata jauh banget ya bedanya

  6. Okti Li says:

    Ya Allah semoga pandemi ini segera berakhir, tidak kuat rasanya kalau melihat Wisata Kuliner begini ingin segera eksplorasi, hehehe…
    Kita baru bisa bebas beraktivitas mungkin nunggu Corona bener hilang dulu ya

  7. Yati Rachmat says:

    Emak Nurul benetan seorang hunter kykiner sejati. Pelosok mana aja dalet ruh makanan kuliner Medan. Bunda ngiler sama yg no.6 yg pake “Jala-Jala” nostalgia sozok yg membesarkan bunda yg kl libur dulu setingkali bikin “Kari roti Jala” Mungkin mirip2 ya dan yg penting rasanya pasti lezat.

  8. dapurhamsa says:

    Nanti kalau ke Jakarta lagi kita kulineran ya mbaaak. Doain pandemi lekas berlalu. Eh aku malah belum pernah kyknya nih makan kulineran medan kecuali bika Ambon haha

  9. Evi says:

    Jakarta itu benaran Indonesia mini ya. Mau kuliner dari daerah mana saja, pasti ada aja yang jual. Kadang mereka emang gak terekspose di sosial media seperti kuliner Medan di atas, jadinya susah dicari πŸ™‚

  10. Lidya says:

    ya ampun padahal dekat ke Jakarta ya tapi aku belum pernah kulineran medan yang ada di list ini Boleh lah nanti kapan-kapan aku cobain kalau udah aman situasinya

  11. dw says:

    kwetiaunya kaya manggil manggil aku huhu suka banget sama makanan ala saos cina akunya, aku bookmark dulu dah nanti kaau ke jakarta mau disempetin buat nyobain thank you for sharing ya mba

  12. demia says:

    waa terima kasih infonyaa, walaupun au belum pernah main ke medan, tapi suatu hari nanti pengen banget bisa main ke sana karna punya sodara yang tinggal disana hehehe,

  13. dietadeufi says:

    Medan Baru jni terkenal banget ya. Saya dulu pernah mau diajakin kesana, tapi ga jadi mulu… eeeh skrg malah udah di lockdown jakarta. Makin susah deh. Hiks

  14. Diyanika says:

    Autentik, itu ya yang dicari dari sesuatu yang ingin kita beli tapi tidak asli dari tempatnya, melainkan di tempat lain. Akan tetapi, sekarang kan banyak juga orang yang memang merantau kemudian pada buka usaha kuliner di tempat rantau, jadi lebih memudahkan kita kalau mau cari makanan yang asli dari daerah asal ya.

    Tetanggaku sini ada yang asli Padang, Mbak. Dia jualan nasi Padang di depan sana. Nah, dari beliau aku tahu, ternyata rasa sambal Padang yang asli Padang tuh memang beda kalau yang buat bukan orang Padang sendiri.

  15. tiawidiastuti says:

    menu makanannya asing di telingaku. hihi.. maklum bukan org medan. tapi kelihatannya enak2 ya, apalagi gak perlu jauh2 ke medan utk icip2 krn di jakarta pun adaa..

  16. Rosanna Simanjuntak says:

    Nomor 7 itu, Sibual-buali, mengingatkan aku akan perusahaan transport bis Medan-Jakarta pergi pulang zaman jahiliyah eh maksudnya di zaman lampau.

    Btw,
    Meski bisa dikatakan orang Sumut, aku agak aneh nih, malah kalau ke Jakarta, bukan cari makanan Medan, malah cari makanan daerah lain, hihihi.
    Abaikan mba, paragraf ini tidak penting! πŸ™‚

  17. Elly Nurul says:

    MashaAllah mbak, semua makanannya sangat menggugah selera makan nih, pagi pagi baca ini langsung auto laper dan inginnya makan siang nanti pilih menu salah satudari 7 makanan medan ini.. ceki ceki gofood ah hehe

  18. Damar Aisyah says:

    Nomor 1 paling pengin tak datengi. Kebetulan di Gloria ini makanannya emang enak-enak, lokasinya vintage menarik. Jadi pas banget buat berburu kuliner dan fotografi.

  19. ranirtyas86 says:

    Khasnya memang gurih ya Mbak? Hmm.. aromanya terbayang sampai sini. Semoga ada kesempatan buat mencicipi makanan khas Medan ah, selain bika Ambon πŸ˜€

  20. Ainhy Edelweiss says:

    Ternyata di Medan juga hanyak kulinernya yah, siang-siang gini intip foto-fotonya kujadi ngiler 😁 pengen keluar hunting kuliner mesti ditunda dulu

  21. emanuella says:

    Noteeeeddd!!! Hihihi, sebenarnya saya bukan orang Medan si, hanya beberapa kali ke sana karena pekerjaan. Yang suka ngangeni selain list di atas tu Mie Gomak dan Arsik Ikan, Kak…. Hihihi…. Kudu hunting ni…. Makasi infonya ya Kak!

  22. niaharyanto says:

    Waduh, bikin ngiler nih makanan-makanannya. Udah lama gak jajan-jajan makanan begini ke luar. Huhuhu… semoga semua segera berlalu ya wabah ini. Kepengen bias makan makanan di luar lagi kayak gini.

  23. Arda Sitepu says:

    Yeay makanan Medan ini semuanya enak mbak dan aku beberapa pernah makan. Kalau di Jakarta sama enggak rasanya ya. Jadi pengen makan kwitiau akang.

  24. Novitania says:

    duh enak enak semua ituuu ya kak. pengen cobain ah nanti begitu situasi ini udah mulai membaik. kangen kulineran akutuh sebenernya tapi demi kita semua ditahan dulu deh heheh

  25. Iid Yanie says:

    Saya selama di jakarta gak pernah tau ada kuliner medan nih hihi. Kalau Sari Laut Jala-Jala tau, di kota Medannya restoran ini sangat terkenal dan banyak cabangnya πŸ™‚

  26. akuchichie says:

    Kari Lamb ini favorit banget deh, waktu itu gak sengaja makan di Glodok karena habis hunting foto. Eh taunya enak dan nagih, jadi aja kadang iseng ke Glodok makan Kari Lamb.

  27. anggraeni septi says:

    Aku belum pernah ke Medan tapi suka banget sama Kwetiau Medan. Biasanya mbakku bikin sendiri di rumah hehe. Makan kwetau pagi bikin kenyang sampe menjelang sore, apalagi ditambah telur, dan sosis. Oh nikmatnya mbak :))

  28. apura says:

    Aku menyesal buka postingan ini tengah malam. Bhahaha rasanya ingin buka tudung nasi lagi di dapur setelah ini. Rekomendasi makanannya terlihat enak semua.

  29. April Hamsa says:

    Sibual Buali ini ikan yang seperti apa ya? Aku penasaran gimana penampakannya hehe. Kyknya belum pernah makan makanan Medan hmmm kecuali kwietiau keknya πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s