Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami

Wajah yang tampak kusam merupakan salah satu problem yang paling banyak dikeluhkan. Keluhan seperti ini memang wajar mengingat wajah yang tampak kusam membuat penampilan menjadi kurang menarik dan mengurangi rasa pecaya diri. Untuk mencerahkan wajah kusam, biasanya kita perlu melakukan perawatan dengan menggunakan produk – produk kecantikan tertentu yang banyak beredar di pasaran. Namun, ada juga beberapa cara mencerahkan wajah kusam secara alami yang bisa kita praktekkan.

Bahan – bahan pencerah wajah alami

Salah satu cara mencerahkan wajah kusam secara alami adalah dengan menggunakan bahan – bahan alami pula. Bahan – bahan pencerah wajah alami yang bisa kita gunakan bisa berupa aneka buah, rempah, dedaunan, biji-bijian dan makanan berkolagen seperti sarang walet.

Anda bisa memilih bahan yang paling cocok dan paling mudah didapatkan, tergantung pada kebutuhan dan keinginan anda. Berikut beberapa bahan yang biasa digunakan untuk memutihkan wajah secara alami



Buah Alpukat

Buah berwarna hijau ini memiliki kandungan vitamin E, vitamin C, dan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan vitamin dalam buah alpukat sangat berguna untuk menutrisi kulit dan mencegah penuaan dini, sedangkan kandungan antioksidan tinggi pada buah alpukat juga dapat melindungi kulit wajah dari radikal bebas. Selain itu, buah alpukat juga dapat membuat wajah tampak jika dijadikan masker.

            Cara untuk membuat masker dari buah alpukat adalah sebagai berikut:

  1. Ambil bagian daging buah alpukat dan haluskan
  2. Oleskan secara merata pada permukaan wajah
  3. Diamkan dan tunggu hingga kering
  4. Bilas dengan air hangat

Lakukan perawatan secara rutin, minimal sehari sekali, untuk wajah tampak cerah dan bersinar.

  • Putih Telur

Putih telur mengandung protein, vitamin, dan mineral yang berguna dalam membantu proses regenerasi kulit. Putih telur membantu mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru sehingga kulit yang tadinya tampak kusam akan tampak lebih cerah.

            Cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil sebutir telur
  2. Pisahkan bagian putih telur dari kuning telur
  3. Oleskan putih telur secara merata pada seluruh bagian wajah
  4. Diamkan selama kurang lebih dua jam
  5. Bilas dengan air hangat

Lakukan langah – langakah tersebut secara teratur untuk hasil maksimal.

  • Susu Murni

Susu murni kaya akan kandungan kalsium, vitamin B6 dan B12 yang berperan dalam menghidasi dan menutrisi kulit wajah. Dengan adanya kandungan nutrisi tersebut, susu murni dapat membuat kulit mejadi lebih sehat, halus, dan cerah. Cara untuk mengaplikasikan bahan ini adalah dengan mencelupkan kain lembut pada semangkuk susu hangat dan mengusapkannnya secara merata pada permukaan wajah.

  • Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya yang kaya akan kandungan vitamin E dan polifenol yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan kulit menjadi kusam. Cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil sepotong tanaman lidah buaya
  2. Belah dan ambil daging bagian dalam (gel)
  3. Tumbuk dan haluskan gel lidah buaya
  4. Oleskan secara merata pada permukaan wajah
  5. Diamkan selama kurang lebih 20 menit
  6. Bilas dengan air bersih
  • Buah Pepaya

Buah papaya juga bisa dijadikan masker untuk mencerahkan wajah kusam karena mengandung enzim papain yang berguna dalam proses regenerasi kulit. Selain itu, kandungan vitam A dan vitamin E dalam buah papaya juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas. Cara membuat dan mengaplikasikannya adalah sebagai berikut:

  1. Kupas buah papaya
  2. Cuci hingga bersih
  3. Haluskan
  4. Oleskan secara merata pada permukaan wajah
  5. Diamkan selama 20 hingga 30 menit
  6. Bilas hingga bersih
  • Bengkoang

Bengkoang merupakan jenis tanaman umbi berwarna kuning atau coklat muda dengan daging buah berwarna putih. Selain dapat dikonsumsi, bengkoang juga dibuat menjadi masker untuk mencerahkan wajah. Buah bengkoang kaya akan kandungan vitamin B dan vitamin C yang berperan dalam mengangkat sel kulit mati dan menjadikan wajah tampak lebih cerah. Cara unutk membuat masker bengkoang ini adalah sebagai berikut:

  1. Kupas dan parut satu buah bengkoang
  2. Peras dan tampung air perasan dalam baskom
  3. Oleskan langsung pada permukaan wajah

Penyebab Kulit Kusam

Selain mengetahui cara mencerahkan wajah kusam secara alami, anda juga harus mengetahui penyebab kulit kusam. Berikut beberapa penyebab kulit wajah menjadi kusam yang perlu anda ketahui.

(1). Polusi

Polusi udara dapat menyebabkan kulit kusam karena mengandung banyak debu dan kotoran berukuran mikro. Jika kulit wajah kita terpapar polusi secara terus menerus, maka akan terjadi penumpukan polusi dan kulit wajah akan menjadi kusam secara perlahan.

(2). Penumpukan sel kulit mati

Sel kulit mati yang menumpuk perlahan dapat membuat warna kulit menjadi kusam. Agar sel – sel kulit mati dapat terangkat dengan mudah, kita perlu melakukan perawatan – perawatan tertentu seperti yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu, jangan remehkan perawatan kulit rutin.

Wajah yang tampak cerah bersinar alami adalah dambaan setiap orang. Untuk mendapatkannya, kita perlu melakukan perawatan khusus secara berkala. Selain menggunakan metode modern, kita bisa menggunakan beberapa cara mencerahkan wajah kusam secara alami seperti yang telah diterapkan oleh para leluhur.

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

26 thoughts on “Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami”

  1. Maskeran alami udah lama nggak dilakuin nih mba..
    Wah paksu nih yg suka kena polusi ibu kota, numpuk di wajahnya. Blio harus dibawelin pake facial wash gitu 😁

  2. Wih mau coba akai putih telur ah, bahan itu selalu ada di rumah hehe. Kalau pake sarang walet …. mahal ya. Mak Nurul suka yang mana?

    1. Kalau masker alami yang pernah pakai cuma telur. Kalau yang lainnya kayaknya ribet ya. Jadi pilih pakai sheet mask yang mengandung bahan tersebut itu aja. Terima kasih sudah diingatkan mbak
      Kebetulan udah lama gak maskeran.

  3. Bahan-bahan untuk merawat wajah secara alami tuh gampang didapetin di sekitar kita ya, Mbak.. tapi aku baru coba beberapa, dan belum bisa rutin. Haha. Kalau rutin pasti hasilnya bagus, ya..

  4. Dulu suka pakai masker bengkoang, tapi yang instan, hehehe… Lidah buaya pernahnya untuk rambut…

  5. Bener banget namanya kulit kusam ini emang bikin PR banget deh rasanya dan bisa dengan bahan alami seperti ini yah…

  6. Padahal semua Ada dirumah ya kadang2 itu bahan2nya tapi maless nya itu, mau berazam deh dari sekarang mulai ngerawat wajah biar lbih fresh

  7. Jaman masih abg (duh ileh abg) aku seringnya pakai putih telur dan bangkoang nih kalau maskeran. Kalau sekarang sepertinya mager dan pengennya yang gampang aja maskerannya.

  8. bs pakai bengkoang toh. kakau dimakan ajah bengkoangnya, gak ngaruh ya. saya sayang kalo dipakai masker, dirujak lebih enak

  9. Hahhaaa, jadi inget jamannya pernah muda, dipaksa pake bengkoang sama Bibi biar fresh ceunah. Sementara aku yang cuek, ga peduli dengan merawat diri hihih. Iya , noted banget ini barangkali nanti aku membutuhkan.

  10. Di halaman rumah udah banyak nih tanaman lidah buaya dan saya sudah mulai rajin pakai dengan mengoleskannya ke wajah. Alhamdulillah berasa efeknya di wajah jadi cerah dan kenyal.

  11. Aku pernah pakai putih telur, tapi untuk rambut.
    Waktu itu tetanggaku seriing banget pakai masker ini, katanya bikin rambut lebat dan menguatkan akar. Kalau diolesin ke muka, hihiii… ((amis))

  12. Di rumah ibuku banyak lidah buaya. Walau clekit2 aku rutin makainya jd masker haha. Pas abis kemping kalau kulit gosong pakai itu juga bisa bikin kulit jd balik cerah lagi 😀

  13. Ternyata bahan alami yang ada di sekitar kita bisa juga ya digunakan sebagai skincare untuk bikin wajah kita cerah. Kebetulan nih lagi sering beli pepaya, bikin aaahh…

  14. Dulu sukanya pake bengkoang mba zaman masih sd dan smp belum pernah jg pake bahan lainnua

  15. Menggunakan bahan-bahan alami memang lebih sehat hanya saja repot dalam pembuatannya beda dengan buatan pabrik yang bisa langsung dipakai

  16. Masalahnya membuat dengan bahan-bahan alami itu merepotkan, orang maunya bisa digunakan secara instant maka dipakailah bahan-bahan kosmetik yang kandungannya justru banyak membahayakan kulit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: