Tips Aman Beli Barang di Tempat Belanja Online Anti Penipuan

Sebelum adanya internet, kita terbiasa berbelanja dengan mendatangi toko yang menjual barang – barang yang kita butuhkan dan membayarnya di tempat secara langsung. Dengan model transaksi seperti itu, pembeli lebih bisa menjamin barang yang ia beli secara pasti, karena barang yang kita bayar akan langsung berada di tangan kita, berbeda jika kita berbelanja di tempat belanja online

Jika kita membeli barang di tempat belanja online, barang yang kita beli tidak bisa langsung kita pegang saat itu juga, melainkan kita harus membayar terlebih dahulu barang yang kita inginkan, lalu penjual akan mengirimkannya menggunakan jasa kurir. 

Dengan model belanja online seperti ini, tentu anda harus lebih berhati – hati, karena bisa saja kamu menjadi korban penipuan. Siapa tau kamu sudah transfer uang, namun barangnya tidak terkirim.  Namun, kamu sudah tidak perlu khawatir lagi, karena seiring dengan berkembangnya zaman, ada banyak tempat belanja online terpercaya dan tempat belanja online termurah yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan dunia. 

Salah satu contoh tempat belanja online terpercaya adalah Ladara. Meskipun baru didirikan sejak tahun 2018 silam, untuk masalah keamanan bertransaksi toko ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, dalam belanja online, ada beberapa hal lagi yang harus kamu perhatikan supaya tetap aman bertransaksi, antara lain

(1). Reputasi Penjual 

Sebelum membeli barang di tempat belanja online, kamu harus memastikan lebih dulu bahwa penjual dari barang yang kamu inginkan memiliki reputasi yang baik. Sebagai parameter kategorisasi bak tidaknya toko penjual, kamu bisa mempertimbangkan hal berikut 

  1. Keaktifan toko 
  2. Umur toko 
  3. Testimoni 

Jika ketiga parameter tersebut bagus, maka tempat tersebut merupakan tempat belanja online terpercaya. Kamu bisa melanjutkan belanja di tempat belanja online tersebut.

(2). Ulasan Produk 

Jika tempat belanja online tersebut telah dimasukkan ke dalam kategori tempat belanja online terpercaya, maka selanjutnya kamu harus memperhatikan ulasan produk nya. Ulasan produk ini bisa kamu dapatkan di kolom deskripsi produk yang sudah disediakan penjual atau mencari – cari sendiri ulasan orang lain terkait produk yang akan kamu beli. 

(3). Cek Harganya 

Tidak bisa dipungkiri, bahwa harga merupakan pertimbangan utama dalam membeli sesuatu. Oleh karena itu, sebelum kamu membeli barang, hendaknya pastikan lebih dulu bahwa harganya masuk akal. Tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal. Jika kamu menginginkan tempat belanja online termurah, bisa langsung cek saja di Ladara. 

(4). Perhatikan Syarat dan Ketentuan 

Setiap tempat belanja online memiliki syarat dan ketentuannya masing – masing. Mulai dari garansi, pengembalian barang cacat dan lain – lain. Dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku, maka kita sudah siap untuk menerima segala konsekuensi yang anda sesuai dengan perjanjian awal. Sehingga tidak ada lagi salah paham antara penjual dan pembeli. 

Itulah beberapa hal yang patut dicermati di tempat belanja online. Semoga artikel ini membantu kalian yang mungkin masih bingung saat ingin membeli barang online.

41 thoughts on “Tips Aman Beli Barang di Tempat Belanja Online Anti Penipuan

  1. herva yulyanti says:

    Iya banget dulu rekan kerjaku tuh hampir ditipu karena harga yang dijual moso setengah dari harga pada umumnya dan ada step yang bikin curiga waktu penjual minta email dan password makanya harus hati-hati ya mba

  2. Mugniar says:

    Tipsnya oke, Mak. Tapi saya mikir, kalau dengan syarat ini tadil Keaktifan toko, Umur toko, dan testimoni, bagaimana toko baru meraih reputasinya ya? Jadi tantangan tersendiri ….

  3. Keke Naima says:

    Sampai saat ini, saya lebih memilih belanja di beberapa e-commerce terpercaya. Karena ada jaminan uang kembali kalau barang gak dikirim.

    Testimoni tetap saya baca dulu. Supaya saya tau reputasi penjual tersebut. Jangan sampai barang yang dikirim gak sesuai orderan.

    Belanja di olstore lain juga pernah. Tetapi, harus benar-benar yang saya udah yakin bisa dipercaya

  4. lendyagasshi says:

    Yang teliti begini saat berbelanja online itu, suamiku…ketimbang aku.
    Hiiks~
    Karena aku sebenarnya untuk beberapa keperluan, masih lebih senang membeli secara langsung.
    Jadi bisa tahu barang real nya. Kaya skincare…
    Takut kecewa karena gak tau aslinya.

  5. Lidya says:

    Pentingbanget lihat reputasi penjual kalau belanja online ya biar ga ketipu, paling suka sih aku belanja di marketplace biar bisa balik uangnya kalau penjualnya gak tanggung jawab

    • HM Zwan says:

      Harus banget lho cek apapun kalo mau belanja online, kadang byk harga barang yang lebih murah. Tapi kita harus cek dulu, tanya2 dulu ke penjual ya. Siapa tau yg murah harganya cuma dapet satu nggak sama ini dan itu. Misalnya… 🙂

  6. cicidesri says:

    kalau mau belanja pasti cek testimoni pembeli hehe, biar ketauan real barangnya gimana dan kualitasnya. Beruntung ada rate seller sekarang ya jdi bisa keliatan mana yang aktif dan banyak penjualannya dan mana yang ngga.

  7. Aprillia Ekasari says:

    Yg jelas aku biasanya selalu di marketplace yang uangnya msh ngendap dulu gak diterima langsung ma penjual.
    Trus bener au bacain testi dan komen2 dr pembeli sebelumnya.

  8. monicaang says:

    Tipsnya oke banget. Yang penting cek dan ricek ya, Mbak. Aku kalau belanda online biasanya memang tracking dulu, mulai dari tokonya di mana, review dari pembelian lain gimana, atau kadang tanya ke teman2 dulu untuk produk yang aku kebetulan mau beli, sebaiknya beli di toko online mana. Biar lebih aman dan terpercaya aja sih.

  9. Leyla Imtichanah says:

    Kalo aku selalu beli di marketplace dan begitu barang sampai langsung divideoin. Aku ga pernah beli di fb/ instagram karena rentan penipuan. Kecuali belinya sama teman dekat ya. Hati-hati banget deh belanja di online.

  10. Nchie Hanie says:

    MAkasih loh Tipsnya mak. Bener banget itu semua. Aku masih pilih2 belanja online. Lebih ke jualan punya temen suka belinya.
    Hahaaa, jujur pekerja onlen, bikinin toko onlen, ngurusin web/jualan onlen, naikin seo klien yang jualan onlen, tapi kurang percaya dengan belanja yang serba onlen wkakaka.
    Entahlah, masih leboh syuka belanja langsung melihat fisik.

  11. Nurul Sufitri says:

    Ada beberapa e-commerce yang sudah aku percaya dan menjadi pelanggan tetap berbelanja online 🙂 Memang sih pertama jangan beli banyak dulu dan coba2 aja, lalu sering2 melihat ulasan para pembelinya. Produk juga kudu dicermati khawatir palsu atau gimana2. Thanks ya sharingnya kita jadi makin waspada deh 😀

  12. ameliatanti says:

    Jadi inget kasus kemaren yang heboh itu yaaa Nurul
    udah dipercaya banget sebagai marketplace dan udah nebeng pula di situs terkenaaaal eeeh malah uangnya dibawa kabur semua 😦

    Ini jadi pembelajaran manis untuk kita semua!

  13. Mia Yunita says:

    Bermanfaat banget nih tipsnya. Belanja online jelas harus hati-hati supaya terhindar dari penipuan. Kadang sebenarnya juga nggak ditipu ya, tapi barang yang diharapkan ternyata nggak sesuai ekspektasi. Saya pernah beli tas selempang. Ekspektasi saya, talinya bisa dipanjangin jadi nggak ketat di tubuh pas diselempangkan. Eh ternyata, begitu talinya dipanjangkan, nggak sesuai panjangnya dengan yang saya harapkan.

  14. Andiyani Achmad says:

    berdasarlkan pengalaman belanja online di instagram olshop ataupun e-commerce, aku selalu cek reputasi penjual dari testimoni dan review yang sudah beli sebelumnya, lalu bandingkan pula dengan toko lainnya jika menjual barang yang sama, abis itu beli satu dulu buat test deh heheh kalo ternyata oke lanjut beli lagi

  15. tutyqueen says:

    Baru tau dan baru dengar nih aku mbak ada yang namanya Ladara, Aku beberapa kali belanja online di e-commerce yang udah terkenal banget pun kadang suka kecewa, produk nggak sesuai gambar. Aku kadang suka aneh juga sih ada beberapa yg review bilang bagus apa temannya, haha:)

  16. Dian says:

    belanja online memang jadi pilihan saat ini ya mbak
    tapi memang harus tetap jeli dan teliti pilih penjual
    pengalaman ku karena tergiur harga murah aku jadi dapat barang palsu, sedih deh

  17. Eri Udiyawati says:

    Temenku pernah ketipu. Dia beli sepatu yang bermerk, eh, masa hanya 500rb an. Temen saya tergiur harga 500rb tapi barang gak datang.

    Jangan sampai ya kita ketipu begitu. Cek penjualnya yang bener-bener terpercaya.

  18. nurulfatkhani says:

    Kalau belanja di toko, kita bisa lihat langsung barang yang akan kita beli, bagaimana kualitasnya dan kondisinya. Kalau belanja online memang harus hati-hati supaya barang yang dibeli sesuai dengan keinginan ya…

  19. Dian E. Suryaman says:

    Beli barang scara online emang harus hati-hati secara kita gak bisa lihat langsung real barangnya ya.. Kalo tempat belananya udah terpercaya biasanya sih semua informasi detail dan no tipu2…

  20. ovianty says:

    Bener kalau belanja onlen baca dulu review pembeli, kalau jelek suka batal belanja. Beli yang pasti-pasti aja kalau belanja onlen, biar sreg di hati. Kalau toko abal atau nipu, malesin banget.

  21. Umimami says:

    Iya ya, sekarang kalau belanja hati hati, termasuk yang menggunakan adds di medsos, temen saya pernah ketipu dengan nilai lumayan, bikin nama penjual online jelek aja, gemes deh ma penipu

  22. Hanifa says:

    Kalau dari pengalaman belanja online yang selama ini saya lakukan, e-commerce selalu jadi andalan sih. Kalau lewat temen, biasanya cuma buat nglarisin. Kalau yang kepengen banget, pasti lewat e-commerce dan sangat menghindari barang2 dengan banyak rate 1-3 dan review jelek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s