Yuk, Tebar #BahagiaBersamaRamadhan bareng Rumah Zakat!

Setiap traveling ke luar negeri, satu hal yang amat sangat challenging itu masalah menjaga sholat. Baik dalam hal cari tempat sholat, trus pegimana caranya kita sholat tepat waktu, plus mencari arah kiblat. Jadi ingat euy, pas ngetrip ke San Francisco sekian tahun silam, saya numpang sholat di Gudang minimarket 😀 Trus, pas di Hotel, cari kiblatnya mengandalkan Muslimpro.com.

Waktu itu, saya sempat membatin, masak sih, punggawa IT di Indonesia gak bisa bikin aplikasi yang muslim-friendly? Bisa ngasih tau arah Kiblat. Trus, bisa ingatkan kita untuk senantiasa dzikir (mengingat Allah). Selain itu, ada kumpulan doa, sekaligus Al-Quran digital. Kan asyik ya, kalau ada aplikasi super-kece kayak gini.

Baca: Ngetrip ke Amerika, Bagaimana Sholatnya

MasyaALLAH TabarokALLAH…. Ternyataaaa, keinginan saya terwujud, sodara! Kemarin Selasa (23/Maret) saya mengikuti virtual Press Conference yang dihelat Rumah Zakat. Ternyata, dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, Rumah Zakat (RZ) meluncurkan aplikasi Digital Islamic Style (DIS).

Kayak gimana tuh? Ini adalah sebuah aplikasi untuk menemani umat muslim dalam beribadah. Terdapat berbagai fitur dalam DIS yang dapat membantu umat muslim beribadah di bulan Ramdhan yakni dzikir & doa, Al Qur’an digital, waktu sholat, arah kiblat, kajian Ramadhan, dan Donasi ZISWAF (Zakat Infaq Sedekah dan Wakaf).

Wadidaw, ini PERSIS PLEK KETIPLEK yang daku idam-idamkan!

Yang lebih bikin cihuy lagi, kita bisa langsung salurkan kepedulian dengan berzakat/infaq/sedekah/wakaf melalui aplikasi Digital Islamic Style ini. Laporan perkembangan donasi masyarakat juga bisa kita pantau dari sana. “Sungguh MANTUULLL alias Mantab betuulll!

“Semoga dengan hadirnya DIS dapat menjadi teman ibadah kita semua di bulan Ramadhan. DIS akan membantu mengingatkan kita untuk melakukan rangkaian ibadah di bulan Ramadhan mulai dari jadwal imsakiyah, berzikir, sholat, hingga berbagi kepada sesama,” ungkap Strategic Partnership Division Head Rumah Zakat, Didi Sabir.

Nah, cuss, yuk kita install aplikasi Digital Islamic Style ini gaes!

***

Super bersyukur akutu dengan rangkaian program yang dibesut Rumah Zakat. Di bulan Ramadhan kali ini, lembaga filantropi Rumah Zakat meluncurkan kampanye #BahagiaBersamaRamadhan . Kampanye ini menjadi salah satu upaya untuk memberikan kebahagiaan bagi masyarakat yang masih terdampak Covid-19.

“Tahun 2021, Rumah Zakat memiliki kampanye baru terkait Ramadhan, yakni #BahagiaBersama. Ini upaya kita untuk bergerak bersama di bulan penuh keberkahan, agar bersama-sama bisa memberikan kebahagiaan bagi masyarakat yang masih terdampak Covid-19 serta membutuhkan bantuan,” ujar CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, dalam kegiatan konferensi pers secara daring.

Apa saja program yang diusung dalam Kampanye #BahagiaBersamaRamadhan ini? Ada berbagi buka puasa, bingkisan Lebaran keluarga, kado lebaran yatim, janda berdaya, ramadhan bebas utang, serta syiar Quran.

Tentu saja, Rumah Zakat mengajak semua pihak untuk sama-sama berkontribusi dan partisipasi aktif dalam program ini. Targetnya, bantuan diberikan kepada 1 juta penerima manfaat.

“Distribusi kampanye ini akan disalurkan ke 1.686 titik desa berdaya di 285 kabupaten/kota. Program ini dari Aceh sampai Papua,” lanjutnya.

“Distribusi kampanye ini akan disalurkan ke 1.686 titik desa berdaya di 285 kabupaten/kota. Program ini dari Aceh sampai Papua,” lanjutnya.

Zakat untuk Penanganan Covid-19

Dampak dari Covid-19 yang sangat terasa adalah bertambahnya jumlah penduduk miskin secara signifikan. Saat ini, ada 26,42 juta orang yang masuk kategori berada di bawah garis kemiskinan, angka ini meningkat pesat dibandingkan data 24 juta orang di masa lalu.

Guntur Subagja Mahardika dari MUI yang hadir dalam virtual press conference ini menyebutkan, bahwa lembaga sosial seperti Rumah Zakat bisa menjadi salah satu motor penggerak dan membangun masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Sampai hari ini, Fatwa MUI No 23 Tahun 2020 masih berlaku. Dana zakat dapat digunakan untuk penanganan Covid-19 dan membantu masyarakat yang terdampak,” ungkap Guntur Subagja.

Fatwa MUI No 23 Tahun 2020 mengajak masyarakat untuk mempercepat pembayaran zakat mal. Fatwa itu berupaya memayungi lembaga zakat untuk meningkatkan inovasi dan mengoptimalkan potensi zakat.

Guntur menyebut dampak multidimensi akibat Covid-19 yang menerpa Indonesia. Tentu saja, Kesehatan dan ekonomi menjadi aspek yang amat terdampak corona outbreak ini. Karena itulah, peran lembaga amil zakat (LAZ) seperti Rumah Zakat sangat diperlukan untuk mendampingi masyarakat.

“Kita bisa lebih tahan dibanding negara lain, karena masyarakat kita secara fundamental punya kemampuan mandiri dan saling mendukung serta berbagi. Budaya ini sangat luar biasa dan perlu dikembangkan,” ujar Guntur.

Senada dengan Guntur, CEO RZ Nur Efendi menilai, salah satu alasan Indonesia bisa bertahan adalah faktor masyarakatnya yang sangat dermawan. Dalam sebuah riset, terungkap fakta bahwa selama pandemi ini, masyarakat Indonesia kian religius dan empatik.

Data-data ini sekaligus datangnya bulan suci Ramadhan, menjadi momentum yang amat paripurna, supaya kita berbagi kebahagiaan dengan membantu saudara se-Indonesia.

“Ekonomi Indonesia perlu kita gerakkan. Sejauh ini, Rumah Zakat berupaya UMKM yang sangat terhantam akibat pandemi bisa didampingi dan diberi modal,” lanjut Nur Efendi.

Rumah Zakat yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial ini ingin usaha mikro masyarakat tetap bergerak dan menjalankan usahanya. Karena kita semua paham bahwa UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia.

***

Optimistis banget akan program yang digulirkan Rumah Zakat. Tentu, kita berharap kolaborasi Rumah Zakat dengan pemerintah, dunia bisnis, akademisi, media, dan masyarakat luas, bisa menjadi upaya untuk terus memberikan social impact yang sangat baik. Termasuk terhadap program-program sosial pemberdayaan yang sudah digulirkan. Ini menjadi amanah untuk tim Rumah Zakat, guna penanggulangan covid-19.

“Semua bisa terlibat dalam program #BahagiaBersamaRamadhan. Baik itu muzakki (pihak yang berzakat), komunitas, korporasi maupun media, ayo kita bersama dorong dalam Gerakan ini,” lanjut CEO Rumah Zakat, Nur Efendi.

Kuy, Gaes…. Kita siapkan amunisi terbaik, untuk ikut dan berkontribusi optimal dalam Gerakan #BahagiaBersamaRamadhan! (*)

33 thoughts on “Yuk, Tebar #BahagiaBersamaRamadhan bareng Rumah Zakat!

  1. Reyne Raea / Rey says:

    Wah senangnya ada aplikasi yang bisa ngingatin dzikir sekalian, selain amat sangat membantu bisa sholat tepat waktu di manapun ya.

    Keren deh inovasihnya Rumah Zakat.
    Ga sabar menyambut Ramadan bersama Rumah Zakat, semoga makin berkah menjalani Ramadan dengan mengumpulkan lebih banyak pahala, tentunya dengan rumah zakat 🙂

  2. Katerina says:

    Mbaaak postingan ini informatif sekali. Daku langsung mau download dan pasang juga di HP app Digital Islamic Style (DIS) nya. Sangat berguna insha Allah. Buat Rumah Zakat, selamat atas peluncuran aplikasinya ya.

  3. Rui Akaruicha says:

    Masya Allah.

    Senang banget kalo ada aplikasi lengkap yang bisa menemani untuk beribadah di bulan Ramadhan. Bahkan bisa ikut berzakat juga. Dimudahkan untuk memudahkan orang lain jadinya.

  4. pidafida says:

    Rumah zakat semaki istimewa dan keren. Sekarang idah melahirkan aplikasi DIS pula. Ibadaha hanya dalam satu genggaman tangan. Semua ada di aplikasi. Sukaaa

  5. Nanik Nara says:

    Nggak kerasa ya, rumah zakat sudah berkontribusi bagi umat selama 22 tahun (dan saya jadi makin merasa tua. hahaha…. baru nyadar kalau udah gini)

    Dan kehadiran aplikasi DIS ini membuktikan kalau rumah zakat pun mengikuti perkembangan jaman dalam melayani umat

  6. Dian Farida Ismyama says:

    Selamat dengan diluncurkan nya DIS. Pingin banget berpartisipasi di program #BahagiaBersamaRamadhan doakan bisa istiqomah ya ikutan campaign tersebut. Programnya bagus banget soalnya ada kado lebaran dan buat terdampak covid juga

  7. Dian Farida Ismyama says:

    Keren ya aplikasi DIS, banyak fitur bermanfaat nya. Rumah zakat memang membuatku salut dengan programnya menyalurkan zakat ke orang2 yang benar2 membutuhkan. Masyaallah sekarang ada aplikasi DIS yang memudahkan penggunanya berdzikir, dengar kajian, dll. Auto download ini mah

  8. nurulsufitriblog says:

    Kiprak Rumah Zakat dalam membantu masyarakat yang membutuhlan, semakin maju aja nih. Kini memberikan bantuan juga bagi penderita corona… Semoga semakin berkelanjutan ya aamiin. Aplikasi DIS nya patut diinstall nih, praktis dan bermanfaat sekali.

  9. Dian Restu Agustina says:

    Makin yakin jika sudah ada fatwa MUI bahwa zakat bisa disalurkan pada mereka yang terdampak pandemi apalagi kalau caranya semudah ini, pakai aplikasi DIS dari Rumah Zakat yang membuat berzakat jadi tambah mudah

  10. Ucig says:

    Programnya bagus banget. Dan covid ini nggak menjadikan kita kufur nikmat. Smoga bisa banyak membantu orang2 yg membutuhkan ya mbaa..amiin
    Covid berdampak bangeeet buat ekonomi

  11. Nanik Nara says:

    Ternyata ada Fatwa MUI No 23 Tahun 2020 yang menyatakan bahwa Dana zakat dapat digunakan untuk penanganan Covid-19 dan membantu masyarakat yang terdampak, Semoga pemanfaatannya tepat sasaran ya

  12. Ery Udya says:

    Rumah Zakat kini kian berinovasi dan memberikan layanan makin baik. Sudah gitu ada aplikasi yang memang kece ya, Mbak. Iya, sebuah terobosan yang bergaya islami, memudahkan kita untuk melakukan kebaikan.

    Program bulan Ramadan nanti juga bagus, dan tak melupakan juga, zakat untuk membantu mereka yang terimbas dari pandemi Covid-19. Semoga makin sukses dan amanah nih RZ.

  13. @hm_zwan says:

    Wah, keren sekali ini Rumah Zakat. Programnya menarik. Dan yang bikin aku pingin langsung instal adalah aplikasi DIS. Buat bekal sehari hari dan khususnya buat ramadhan nanti

    • Sapti nurul hidayati says:

      Jadi memudahkan ya DIS ini. Karena selain memuat informasi penting yang dibutuhkan seorang muslim, untuk bayar zakat dan infak pun juga praktis fan mudah…saluut deh dengan kemajuan teknologi saat ini..

  14. Eni Martini says:

    RUmah zakat jadi ikutan erinovasi di era digital ya mba, semoga makin dimudahkan semua urusannya. MAsyarakat yang mau zakat di masa pademi ini juga jadi lebih mudah ya

  15. Nathalia DP says:

    Lengkap banget ya aplikasi dari Rumah Zakat… Harus punya nih menyambut Ramadan… Bisa sekalian donasi pula…

  16. herva yulyanti says:

    MasyaAllah perjuangan banget ya mba buat solat di San Fransisco alhamdulilah ya kini ada aplikasi DIS ini jadi bisa memudahkan next kalau ke sana lagi yah

  17. Aprillia Ekasari says:

    Tak terasa bentar lagi ramadan ya. Semoga selalu ada rezeki utk berdonasi dan membagi kebahagiaan dengan org lain.
    Aku udah install aplikasi DIS, paling suka sama fitur AL Quran digitalnya mbak.

  18. niaharyanto says:

    Baca zakat jadi inget puasa yang tinggal hitungan hari. Semoga puasa tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu. Bisa lebih banyak zakat, infak, dan juga sedekahnya. Aamiin.

  19. AdrianaDian says:

    Sebagai umat nuskim kita emang nggak boleh lupa untuk selalu berbagi rezeki yaaa, karena ada rezeki orang lain yang dititipkan di rezeki kita yaaa.. semoga semakin banyak yang terjangkau oleh rumah zakat yaaa

  20. Dian says:

    wah luar biasa inovasi dari rumah zakat ini ya mbak
    jadi makin mudah sedekah dan berbuat banyak kebaikan lainnya di bulan ramadan nanti

  21. Uniek Kaswarganti says:

    Jaman sekarang semua serba digital ya mba. Apa-apa selalu ada aplikasinya. Bahkan untuk aktivitas menyalurkan zakat, sedekah dan infaq pun ada. Alhamdulillah… ketika kita ingin menyalurkan berbagai donasi tersebut, ada Rumah Zakat yang memfasilitasinya agar prosesnya berjalan dengan mudah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s