Pasar Sayoor Online, Teman Kreasi Pekalongan yang Berdayakan Masyarakat

Yeayyy! Bangga banget dengan kiprah “Teman Kreasi Indonesia” yang digagas oleh Smartfren. Teman-teman pelaku ekonomi kreatif dan para pegiat UMKM telah mendapatkan banyak manfaat dari program ini.

No wonder, Gerakan sosial “Teman Kreasi Indonesia” yang diprakarsai oleh Smartfren telah dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik dan meraih Penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Wohoo, congrats Smartfren!

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren

For you info gaes. Penghargaan ini adalah kedua kalinya lho…. Smartfren mendapatkan apresiasi atas inovasi dalam pelaksanaan program corporate social responsibility, setelah pada 2020 lalu berhasil meraih penghargaan utama atas pengembangan Smartfren Community. Kedua penghargaan ini mengukuhkan posisi Smartfren sebagai operator telekomunikasi terbaik dalam memberikan dampak sosial berkelanjutan di masyarakat. Keren banget!

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan, “Smartfren mengucapkan terima kasih atas penghargaan Penghargaan dalam Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Penghargaan yang kami terima selama dua tahun berturut-turut menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.”

Teman Kreasi Indonesia adalah wadah yang didirikan Smartfren untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital. Saat ini telah ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota.

Masing-masing Teman Kreasi Indonesia dikelola oleh ketua yang memiliki usaha sendiri, sekaligus menjalankan misi untuk menjadi wadah pembinaan bagi UMKM lain di sekitar kotanya.

Tentu saja, inilah wujud kepedulian Smartfren dalam memberikan dukungannya kepada para pelaku UMKM agar dapat selalu berinovasi tanpa batas, mewujudkan produk dan karya yang dapat mengubah wajah Indonesia.

Para pelaku UMKM memang menjadi penyumbang terbesar dengan lebih dari separuh PDB yang diperoleh Indonesia. Jika dikalkulasikan secara menyeluruh, total ada sebesar Rp8.573,9 triliun pundi-pundi kontribusi yang telah diberikan oleh sektor UMKM dalam putaran perekonomian di tanah air.

Tak heran, berdasarkan data yang dimiliki oleh Kementerian Koperasi dan UKM, hingga akhir tahun 2018 saja ada sebanyak 64,2 juta unit atau pelaku UMKM di Indonesia.

Hingga saat ini, Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia, telah melaksanakan beberapa kegiatan yang membantu keberlangsungan lebih dari 500 UMKM di berbagai kota di Indonesia, sekaligus membuka peluang digitalisasi bagi mereka.

Dengan adanya pendampingan program Teman Kreasi Indonesia ini, diharapkan pelaku UMKM dapat mengasah kemampuan social digitalpreneurlocal heores, kokreasi, suistanable community development, dan buka peluang.

Adapun program teman kreasi, antara lain:

  1. Kelas online melalui media digital bertema pengembangan bisnis.
  2. Event hybrid untuk promosi usaha dengan protokol kesehatan ketat.
  3. Pendampingan atau business coaching secara virtual.

Smartfren melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) tersebut mencakup beberapa pilar penting yaitu pendidikan, UMKM dan masyarakat digital.

Contohnya adalah kegiatan Teman Kreasi Cilacap, yakni Jajan Mamake yang turut mendukung penjualan hasil produksi UMKM di sekitarnya dengan mengadakan bazaar online. Produk UMKM hasil produksi lokal Cilacap tersebut antara lain berupa makanan tradisional seperti sale pisang, keripik batang (debog) pisang, tahu krispi, atau onde-onde. Sebelum adanya inisiatif ini, kebanyakan UMKM tersebut menjual produk – produknya hanya dengan menitipkannya ke toko atau kios terdekat.

Ada juga Teman Kreasi Kabupaten Tangerang, yakni Kopi dan Topi Bambu; serta Teman Kreasi Mojokerto, yakni Eco Printing, yang memberikan bimbingan sekaligus peningkatan kapasitas pada UMKM di sekitar wilayahnya. Dengan adanya inisiatif Teman Kreasi Indonesia yang memberikan bazaar online dan kegiatan pembinaan dari Smartfren, UMKM tersebut dapat menjual produk – produknya secara online dan dapat lebih kreatif dalam memasarkan produknya, baik berupa makanan dan minuman atau bentuk lainnya.

Gerakan Sosial ala Pasar Sayoor Online, Teman Kreasi Pekalongan yang Berdayakan Masyarakat Lokal

Teman Kreasi Pekalongan, yakni Pasar Sayoor Online telah menjalankan gerakan sosial untuk membantu UMKM di sekitarnya. Teman Kreasi tersebut menyisihkan hasil penjualan dari usahanya demi memberikan bantuan berupa sembilan bahan pokok (sembako) untuk warga yang terdampak pandemi.

Pasar Sayoor adalah sebuah platform pasar sayur online yang menghubungkan petani, peternak, pedagang pasar, dan produsen komoditas pokok dalam one-stop shopping digital platform. Visi yang diusung: Menjadi Platform Pasar Sayur Online Yang Meningkatkan Kesejahteraan Petani Lokal.

Pasar Sayoor bekerja sama dengan para petani dari Kecamatan Petungkriyono, peternak, petani hidroponik, hingga pedagang pasar di sekitar Pekalongan.

Upaya untuk memajukan dan membantu masyarakat diwujudkan Smartfren dengan memanfaatkan teknologi, inovasi produk dan layanan, serta inisiatif yang membawa perubahan dan kebaikan nyata bagi masyarakat. Semangat perusahaan untuk terus melakukan inovasi adalah berkat dukungan dari pemerintah, pelanggan, mitra dan masyarakat. Segala hal yang dilakukan Smartfren akan selalu kembali ke masyarakat. Upaya tersebut dilakukan melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari beberapa pilar penting yaitu pendidikan, UMKM dan masyarakat digital.

Smartfren sebelumnya telah berhasil meraih Penghargaan Utama Kategori Sustainability dalam ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020. Adapun, IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia merupakan ajang penghargaan bergengsi yang digelar untuk memberikan apresiasi pada inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak atau perusahaan. Sejumlah aspek yang dinilai dalam seleksi penghargaan ini adalah inovasi, penyelesaian masalah, kinerja, penciptaan nilai tambah di masyarakat, serta dampak yang diberikan pada perusahaan.(*)

87 thoughts on “Pasar Sayoor Online, Teman Kreasi Pekalongan yang Berdayakan Masyarakat

    • Dian Radiata says:

      Wah keren banget ini program CSR nya Smarrfren, memberdayakan UMKM setempat. Di Kediri sudah ada belum ya? Pengen ngerasain juga tour hidroponik kayak yang di Pekalongan itu. Makan gado-gado di kebun selada.. Hmmm

  1. Reyne Raea says:

    Sayurannya segar banget ya Mba, jadi pengen lalap deh, hehehe.
    Saya tuh kalau ke pasar, yang paling suka saya tongkrongin ya penjual sayur, apalagi yang sayurnya bagus-bagus.

    Tapi di masa sekarang memang, pasar sayur online lebih menarik sih ya, lebih aman juga 😀
    Keren banget deh, kolaborasi pasar sayoor dengan Smartfren 🙂

  2. Farida Asadi says:

    Baru tahu kalau ada pasar Sayoor setelah baca postingan ini. Seru ya kalau bisa ikutan menanam sayur terus bisa belajar menanam sayur dan kemudian makan gado-gado secara langsung di kebun selada.

  3. Diah Alsa says:

    Teman Kreasi udah menyebar ke beberapa kota di Indonesia ya Mbak, semoga nantinya bisa merata agar semakin banyak jangkauan masyarakat yang terbantu oleh adanya program seperti ini 🙂

  4. ismyama says:

    Alhamdulillah mbak ada kegiatan kayak gini. Aku bacanya senang sekali. Benar2 membantu para petani dan umkm. Pasar sayur online ini menarik ya. Jajan mamake juga. Semoga makin banyak masyarakat yang terbantu

  5. Dian Restu Agustina (@dianrestoe) says:

    Salut pada Smartfren dengan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari beberapa pilar penting yaitu pendidikan, UMKM dan masyarakat digital. Termasuk di antaranya Pasar Sayoor Online teman kreasi Pekalongan yang berdayakan masyarakat sekitar

  6. aisyahdianbpn says:

    Keren banget ya mbak pasar Sayoor ini memberdayakan Masyarakat lokal banget. Kan sama-sama saling membutuhkan ya mbak kalau situasi sedang begini ini, keren smartfren jadi jembatan nih

  7. Nabilla DP says:

    seneng deh makin banyak yang memberdayakan umkm lokal dan menghadirkan produknya dengan mudah mendarat di tangan kita yaa mbaa.. banyak juga dukungan dari smartfren community

  8. Dian Radiata says:

    Wah keren banget ini program CSR nya Smarrfren, memberdayakan UMKM setempat. Di Kediri sudah ada belum ya? Pengen ngerasain juga tour hidroponik kayak yang di Pekalongan itu. Makan gado-gado di kebun selada.. Hmmm

  9. Lidya says:

    Pasar Sayoor platform yang mempertemukan produsen dan konsumen ya, juga gak cuma mencari keuntungan tapi memberdayakan masyarakat sekitar lewat Teman Kreasi Pekalongan

  10. Nanie says:

    Program yang kerennnn, semua pihak terbantu bahkan untuk customer pun ga perlu keluar rumah lagi di masa pandemi begini, cukup belanja sayuran fresh dari pasar sayoor online. Senangnyaaa warga Pekalongan

  11. niaharyanto says:

    Wah keren nih Teman Kreasi ini. Mampu menjadi wadah kreatif generasi muda untuk bisa produktif dan peduli di masa pandemi begini. Dan caranya kekinian. Salah satunya yakkni dengan membuat pasar sayoor online. Pas banget deh di masa sekarang di mana masyarakat dituntut untuk ngelakuin apa pun di rumah saja. Semoga bisa merambah ke daerah lain juga se-Indonesia. Keren nih Smartfren.

  12. Rohmahdg says:

    Wah Petungkriyono, pernah tahu saat teman2 ada event di sana
    Mantul banget nih sama Smartfren, Ide utk UMKM Pasar Sayoor Online bakalan disambut baik nih. Apalagi buat yg mageer bsa dapetin sayur seger secara online

  13. lendyagassi says:

    Smartfren ini serius mengawal ide-ide besar nan cemerlang dari para pelaku UMKM yaa…
    Salut dan semoga semakin sukses dengan bekerjasama, berkolaborasi bukan sendiri-sendiri lagi.

  14. Wahid Priyono says:

    Saya ikut apresiasi nih dengan kehadiran provider smartfrend yang mampu enggaet pelaku UMKM dalam bisnis yang mereka terapkan. Ini penting sih menurut saya untuk berkolaborasi dengan masyarakat yang lebih dinamis. Jadi sasarannya sudah tepat.

  15. monicaang says:

    Pasar Sayoor online ini konsepnya bagus ya. Bisa ikut memberdayakan UMKM dan UKM daerah, apalagi di masa seperti ini. Tapi memang sih Smartfren bagus-bagus kalau bikin program pemberdayaan masyarakat

  16. andyhardiyanti says:

    Salut ih sama inovasi Smartfren dengan program-program menariknya. Gak mudah lho memenangkan penghargaan dua tahun berturut-turut gitu. Penyelenggaranya pun gak main-main, IDX lho~

  17. Maria Soemitro says:

    Wah kereeennnn…Smartfren punya terobosan “Teman Kreasi Indonesia”

    UMKM emang paling terdampak pandemi Covid 19

    bersyukur Smartfren mendukung mereka agar perekonomian Indonesia bangkit

  18. Eni Rahayu says:

    Smartfren ini keren ya, salut banget bisa membantu UMKM untuk bertumbuh. Semoga bisa terus memberikan dukungna kepada UMKM bersama Teman kreasi Indonesia ya karena saat ini kan UMKM emang butuh banget dukungan positif seperti ini agar bisa terus melangkah

  19. Rindang Yuliani says:

    CSR Smartfren ini keren banget. Dapat memberdayakan UMKM lokal dan masyarakat yang ada di sekitar. Semoga programnya berkelanjutan ya agar semakin banyak yang terdampak secara positif dari program ini.

  20. Rizka Edmanda says:

    Zaman sekarang penting banget ya ada layanan groseri online kyak gini karena takut juga mau ke pasar. Jadi samgat termudahkan dan petani juga untung. Salut sama Smartfren dan program CSR nya yang keren

  21. ikapuspita1 says:

    Keren nih program CSR nya Smartfren, bisa memberdayakan masyarakat sekitar. Semoga program ini berkelanjutan ya mbaa

  22. annienugraha says:

    Pasar Sayoor ini nih solutip banget yak. Benar-benar jadi penjembatan antara produsen kebutuhan pokok dengan konsumen yang saat ini harus mengurangi mobilitasnya. Aku pun begitu sekarang. Jauh lebih sering pesan via on-line dan diantar ke rumah. Kecuali produk-produk tertentu yang tidak bisa mereka supply. Itupun sedikit dan paling sekali sebulan belanja off line nya.

  23. Nurul Sufitri says:

    Pendidikan, UKKM dan masyarakat digital dan digalakkan oleh Smartfren ini sangat menunjang peningkatan kemampuan dan perekonomian rakyat. Semoga semua program yang sedang dijalankan dapat berkesinambungan. Apalagi ada Pasar Sayoor Online ini sangat mendukung para petani kita ya. Taman Kreasi juga oke banget.

  24. Susi says:

    Wah, dari lokal go nasional nih Pasar Sayoor online. Idenya bisa di-ATM di mana-mana terutama kota penghasil sayur.
    Saya dari dulu pengen jualan sayur online tapi ga tau mulai dari mana. Jadi semangat karena baca ini

  25. nurhilmiyah says:

    Bagus ini Smartfren mendukung adanya pasar sayoor online, memberdayakan saudara2 kita yang bergelut di bidang penjualan sayuran secara daring ya. Dengan pemasaran digital diharapkan menambah pemasukan dari dunia maya juga

  26. Jiah Al Jafara says:

    Seneng deh sama program Smartfren ini. Jadi banyak UMKM yang terbantu dan produknya gak cuma lokalan aja pemasarannya. Terus kalau sayur, pasti kan bisa dapat yang bagus langsung dari petani

  27. Nara says:

    Keren banget program taman kreasi ini, kontribusi nyata smartfren memajukan UMKM di negara kita.

    Eh ada UMKM di cilacap yang memproduksi keripik gedebog pisang? Duh itu bisa dibeli online nggak ya, aku penasaran rasanya gimana

  28. lendyagassi says:

    Terbayang geliat perekonomian yang positif.
    Aku jadi ingat kalau Smartfren ini bekerjasama dengan para anak muda dan ternyata hasilnya sangat positif sekali yakni mendukung program UMKM mewujudkan usaha impian dengan jangkauan lebih luas.

  29. Dian says:

    inspiratif sekali yg dilakukan oleh pasar sayoor ini ya mbak
    bisa dibilang konsep bosnis seperti ini disebut dengan social entrepreneur ya mbak
    semoga banyak umkm yang berkembang pesat

  30. hidayahsulistyowati says:

    Keren banget sih program Corporate Social Responsibility (CSR) yang peduli dengan pilar pentingnya. Seperti pendidikan, UMKM dan masyarakat digital. Bahkan kerjasama dengan kelokalan masyarakat setempat.

    Menarik juga tawaran Pasar Sayoor untuk melihat dan belajar hidroponik. Kapan-kapan mau deh ke Pekalongan untuk ikut belajar, aku mupeng ikut ginian

  31. Mutia Karamoy says:

    Keren nih idenya, dengan pasar sayoor online, masyarakat memiliki kesempatan mendapat bahan baku sayur yang masih segar dan petani memiliki kesempatan menjual hasil pertaniannya secara langsung, jadi kedua belah pihak bisa mendapatkan harga beli dan harga jual yang kompetitif. Kalau lokasinya dekat, pingin banget ke sana…itung-itung jadi wisata edukasi untuk anak-anak plus bisa makan sayuran segar yang dipetik langsung dari kebunnya.

  32. renayku says:

    Programnya Smartfren keren nih. Provider lainnya juga harus punya program CSR yg kreatif dan bermanfaat utk org banyak.

  33. Erin says:

    Selamat buat Smartfrend. Keren ya program Teman Kreasi Indonesia. Jadi pengin gabung deh, apalagi per wilayah masing-masing ada Teman Kreasi Indonesia ini.

  34. Ery Udya says:

    Keren banget nih. Smartfren beneran menginspirasi, apalagi sampai ada kelas online dan lainnya agar UMKM Indonesia semakin maju.

    Pasar Sayoor Online Pekalongan bisa jadi contoh nih, untuk ke daerah lainnya agar memanfaatkan kreasi juga internet.

    Sayurannya nyegerin banget..😍

  35. Dian Restu Agustina (@dianrestoe) says:

    Enggak heran kalau gitu, keren begini kegiatan untuk berdayakan masyarakat.
    Pantesan Smartfren mendapatkan apresiasi Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Berkat inovasi dalam pelaksanaan program corporate social responsibility, setelah pada 2020 lalu berhasil meraih penghargaan utama atas pengembangan Smartfren Community. Salut Smartfren

  36. Milda Ini says:

    senang baca infonya mak, selamat yah. Tapi smartfren belum masuk kota Bengkulu, jadi inovasi yang katanya keren itu belum bisa dan gak tau kayak apa, hehehe. selamat yah pokoknya

  37. Dian says:

    wah ini termasuk program csr nya smartfren ya mbak? salut ya, bisa berdayakan masyarakat sekitar
    nggak heran klo smartfren mendapatkan banyak penghargaan ya mbak

  38. @hm_zwan says:

    Salut sama Smartfren, keren banget programnya..
    Benar-benar membantu para pelaku UMKM ya mbak, karena dengan bekerja secara bergotong royong insya Allah makin banyak jalannya, makin luas dan banyak yang tau

  39. ameliatanti says:

    Keren ide nya yaaa membuat Pasar Sayoor sebagai sebuah platform pasar sayur online

    Terbayang dinamika karena petani, peternak, pedagang pasar, dan produsen komoditas semua terhubung seperti pasar beneran

  40. Nara says:

    Jadi kalau ke pekalongan, sekarang nggak melulu wisata batik ya, bisa mampir juga ke pasar sayoor dan menikmati sayuran segar dan sehat di kebun asalnya

  41. Nanik K says:

    Keren nih Smartfren dengan inovasinya dalam aksi sosial memberi wadah kreasi kewirausahaan sosial bagi generasi muda untuk peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital.
    Mantap.

  42. Dawiah says:

    Kalau semua profider sekeren smartfren Indonesia bisa makin berjaya. Apalagi kepeduliannya terhadap pelaku UMKM maka pastinya sangat membantu. Terima kasih smartfren.

  43. novaviolita says:

    Bersyukur banget ada yang peduli bekerja sama dengan para pelaku umkm…dan memudahkan kan konsumen juga untuk mendapatkan kebutuhan sembako dan sYuran segar dengan belanja online..kerjasama yg saling menguntungjan..

  44. Lia Yuliani says:

    Bagus juga nih programnya Smartfren membantu pelaku UMKM buat berkembang lewat Teman Kreasi. Pasar Sayoor Online gini jadi pilihan warga sekitar Pekalongan biar belanja lebih aman dan dapat sayuran segar juga.

  45. Nur Sahadati Amir says:

    Wah.. skrg banyak platform ya untuk jual-beli sayuran. makin banyak pilihan. smartfren jg keren banget memfasilitiasi para pengusaha UMKM

  46. nurhilmiyah says:

    Keren ya pasar sayoor online ada bazaar nya juga ya Mba, btw ada keripik debok pisang, kreatif banget menciptakan sumber2 pangan yang baru ya.

  47. Dian says:

    senang sekali melihat perusahaan yang peduli terhadap pengembangan umkm seperti ini
    bisa dibilang apa yang dilakukan Smartfren ini adalah bentuk csr mereka ya mbak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s