Peran Generasi Muda Dalam Memaknai Kemerdekaan

Makna kemerdekaan merupakan wujud terima kasih kepada pahlawan yang mengorbankan jiwa dan raganya untuk memperjuangkan bebasnya bangsa Indonesia dari penjajah. Meskipun Indonesia telah merayakan kemerdekaannya yang ke-76, bukan berarti perjuangan telah usai. Sebagai warga negara yang baik, kita harus senantiasa memaknai dan memperthankan kemerdekaan dengan turut serta menjaga keutuhan NKRI agar kehidupan bermasyarakat yang adil dan makmur dapat terwujud.

Selain hal tersebut, hal apa lagi sih yang dapat mencerminkan sikap memaknai kemerdekaan? Berikut adalah nilai-nilai kemerdekaan yang dapat kita petik dan diteladani oleh generasi muda Indonesia.

  1. Menumbuhkan sikap toleransi

Indonesia merupakan negara dengan banyak keberagaman suku, etnis, bahasa, agama, dan budaya. Tetapi, perbedaan tersebut tidak menjadi penghalang bagi para pahlawan untuk bahu membahu berjuang demi kemerdekaan Indonesia tanpa memandang latar belakang yang berbeda. Perbedaan tersebut justru mampu mengantarkan Indonesia meraih kemerdekaan. Perbedaan fisik, pola pikir, hingga tingkatan sosial bukanlah suatu faktor bagi kita untuk membeda-bedakan satu dengan yang lainnya.

Sebagai bentuk penerapan makna kemerdekaan, generasi muda harus melanjutkan perjuangan pahlawan yang terdahulu dengan cara menumbuhkan sikap toleransi sesama, memiliki rasa saling menghargai dan saling menghormati. Seperti contoh, sikap tidak tidak membeda-bedakan dapat berupa memberikan dukungan kepada atlet Indonesia yang berjuang di olimpiade olahraga tanpa memandang asal suku ataupun daerah atlet tersebut.  

  1. Berjuang meraih cita-cita 

Pengorbanan pahlawan dalam mewujudkan kemerdekaan adalah semangat yang patut diteladani. Demi mendeklarasikan cita-cita kemerdekaan Indonesia, pahlawan tersebut bahkan rela mengorbankan waktu bersenang-senang mereka di masa muda. 

Sebagai generasi muda, hal apa yang sudah kamu lakukan untuk meraih cita-cita? Berjuang demi meraih cita-cita adalah salah satu makna kemerdekaan yang harus ditanamkan dalam hati pemuda Indonesia. Untuk meraih cita-cita, generasi muda harus senantiasa fokus, pantang menyerah, tidak takut gagal, dan selalu berjuang agar mendapat hidup yang lebih baik.

Berbeda dengan pemuda Indonesia di masa penjajahan, tantangan yang harus dihadapi generasi muda hari ini bukanlah berperang melawan bangsa lain, tetapi adalah melawan pola hidup tidak sehat, rasa malas, dan gaya hidup konsumtif. Dengan demikian, boleh dikatakan jika definisi merdeka bagi anak muda hari ini adalah bebas dari ancaman penyakit, selalu produktif tidak dihantui rasa malas, dan merdeka secara finansial. 

Berbicara soal merdeka secara finansial, sudahkah kamu meraih kemerdekaan finansialmu?

Agar kamu bisa merdeka secara finansial, sangat penting bagi kamu untuk menentukan tujuan, membuat anggaran pengeluaran bulanan, menerapkan gaya hidup minimalis, dan mulai membiasakan diri untuk menabung. 

Produk tabungan PermataME dari PermataBank menghadirkan solusi bagi generasi muda agar merdeka secara finansial. Tabungan ini didesain khusus untuk milenial dan paling mengerti kebutuhan para generasi muda. Selain menitikberatkan segala prosesnya secara online, tabungan online ini pun memiliki banyak tawaran menarik. 

Pengguna PermataME bisa mendapatkan cashback 10% saat bertransaksi untuk transportasi online, cashback 20% saat melakukan transaksi belanja online, dan ekstra cashback 30% saat transaksi ngopi dan nonton. Tabungan ini bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang suka ngopi, nonton, belanja online, dan menggunakan moda transportasi online untuk bepergian. Tidak hanya itu, masih banyak lagi promo menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan bagi kamu pengguna kartu debit PermataME serta promo eksklusif dari merchant-merchant ternama, lho!

  1. Jangan takut untuk mencoba hal baru

Makna kemerdekaan yang selanjutnya adalah keberanian untuk mencoba hal baru dan tidak ragu dalam mengambil keputusan yang sulit dan menantang. Rasa semangat untuk memulai suatu tantangan yang baru akan perlahan lenyap apabila kita terbiasa melakukan sesuatu hanya dalam zona nyaman kita saat ini.

Dewasa ini, sudah menjadi hal umum di kalangan anak muda atau milenial untuk mulai memperdalam literasi finansial mereka, serta belajar mengambil keputusan finansial secara bijak dengan cara berinvestasi dan memulai bisnis. 

PermataME merupakan jenis tabungan online dengan proses pengajuan rekening yang cepat, simple, dan dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X. Hal ini tentunya menjadikan PermataME sebagai pilihan yang sangat diminati anak muda dalam berupaya mengelola keuangan karena prosesnya yang tidak rumit. 

  1. Mengharumkan nama Indonesia

Cara memaknai kemerdekaan yang terakhir adalah dengan mengharumkan nama Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan mewakili Indonesia untuk mengikuti dan menjuarai perlombaan di kancah internasional di bidang yang sesuai dengan keahlianmu seperti dalam bidang olahraga, akademik, atau seni. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk lokal sebagai salah satu bentuk menunjukan rasa cinta terhadap tanah air. Dengan menggunakan produk buatan lokal, kamu sudah turut berkampanye cinta produk dalam negeri dan mengenalkan produk hasil buatan Indonesia ke jejaring yang lebih luas. Meskipun terkesan sederhana, hal yang kamu lakukan ini dapat memberikan perubahan yang besar. Saat membeli produk lokal, kamu ikut berkontribusi dalam mendukung produsen daerah dan UMKM dimana hal tersebut mampu meningkatkan perekonomian dalam negeri dan kamu termasuk andil dalam meningkatkan pendapatan negara. 

Apabila kamu memiliki keahlian fotografi dan mengedit video, kamu bisa memamerkan karya-karya hasil pemotretan dan video buatanmu di platform media sosial milik kamu seperti Youtube, Instagram, dan Tiktok dalam upaya memperkenalkan keindahan alam dan kebudayaan Indonesia secara virtual. 

Dari contoh penerapan nilai kemerdekaan dalam hidup di atas, manakah yang sudah kamu terapkan dalam hidupmu? 

Selain itu, bersamaan dengan momen kemerdekaan, sudah saatnya kamu jadi generasi yang merdeka secara finansial. Melalui kebiasaan menabung, berinvestasi, sadar akan pentingnya melek finansial dan memahami cara mengelola keuangan, akan membawamu menuju jalan merdeka secara finansial. 

Setelah mengetahui berbagai macam kemudahan dan kelebihan PermataME dari PermataBank, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang juga dan raih merdeka finansialmu bersama PermataME.

Published by @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

16 thoughts on “Peran Generasi Muda Dalam Memaknai Kemerdekaan

  1. Membaca tulisan mbak Nurul langsung merasa tersenyum di pertanyaan, sudahkah kamu merdeka secara finansial? Haduh, langsung tutup muka. Masih jauh dari merdeka rasanya. Kayaknya perlu nyobain PermataME, nih.

  2. Toleransi itu paling juara ya Mba, bikin kehidupan jadi lebih damai.
    Btw merdeka finansial ini yang masih berjuang, semoga bisa menikmati kemerdekaan finansial yang adil dan beradab hahaha.

    Pokoknya mari kita menabung di PermataME 🙂

  3. Merdeka Finansial? Sudah merdeka belum ya? Nampaknya masih dalam proses berjuang Mbak. Hehehhe..

    Ya, memang kita harus berani mencoba hal2 baru agar memiliki pengetahuan dan pengalaman. Seperti mencoba menjadi nasabah di permataME. Simple proses pendaftarannya dan menghemat waktu karena bisa memakai M-banking Permata tanpa harus datang ke Banknya.

  4. Itu fotonya Kim Seon Ho kenapa nangkring dimari? Babang Kim mau pindah kewarganegaraan yaaa. Wkwkwk.

    Merdeka finansial menurut saya bebas dari utang dan saya sedang berjuang ke arah sana, seeedikit lagi. Doain yaaa say.

    Ayoook, nabung di Permata Bank.

  5. duh ada hari Han Ji Pyeong, hahhaha ….

    sebetulnya emang banyak cara untuk memaknai kemerdekaan ya?

    seperti memilih buah kolak dibanding buah impor

    karena pastinya bakal menggerakkan perekonomian kita

  6. Merdeka secara finansial? Hmm…kayaknya masih belum mbak, hahaha. Tapi setidaknya aku belajar mensyukuri hall-hal yang udah aku dan keluargaku raih hingga saat ini. Misalnya, sudah punya rumah dan lunas sehingga bebas cicilan atau bayar kontrakan.

  7. Mba Nurul saya ini udah kepoin PermataME by Bank Permata, soalnya pas googling katanya free admin, benarkah? Siapa sih yang engga mau merdeka secara finansial, pasti semua orang juga pengen. Makanya saya juga pengen bisa nabung secara khusus nih, Rekomended berarti Bank Permata, ya …

  8. Aku belum merdeka finansial. Tp insha Allah sebentar lagi merdeka dari hutang dan aku milih tetap enjoy aja skrg. Biar ga stress hihi

  9. Ini sih impian semua orang kak..
    Bisa merdeka finansial, gak mikirin lagi nanti kalau ini..itu..
    Paling sih buat coba hal baru tetep harus pakai perhitungan juga sih ya

  10. Semangat dan disiplin untuk menciptakan tujuan kemerdekaan finansial harus tetap menjadi komitmen bagi setiap individu terutama para generasi muda terlebih dimasa seperti sekarang ini

  11. Fokus ke sudahkah kamu merdeka finansial? Jawabannya belum! Aduh, jadi makin harus giat lagi nih karena usia bertambah, kebutuhan pun bertambah. Semoga bisa bebas finansial 3 tahun lagi. Aamiin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: