Peluang Bisnis Kerajinan Tangan dari Limbah Sampah yang Menguntungkan

Perubahan iklim saat ini sedang menjadi isu yang paling genting melihat banyak perubahan dan juga peningkatan suhu bumi yang cukup signifikan di seluruh belahan dunia.

Peningkatan suhu ini memberi efek yang cukup signifikan pada lingkungan dimulai dari es di kutub utara yang mulai mencair, perubahan fase musim di beberapa negara dan rusaknya beberapa habitat alami. Perubahan iklim ini disebabkan oleh berbagai hal mulai dari deforestasi, zat karbon dari kendaraan hingga sampah yang mencemari lingkungan.

Dalam hal ini banyak pihak yang berupaya untuk mengurangi laju pemanasan iklim yang diprediksi akan terus naik hingga 2 derajat celcius pada akhir abad ini. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Indonesia adalah membuat regulasi untuk uji emisi dan pembatasan plastik di beberapa daerah.

Namun bukan hanya pemerintah yang berkontribusi untuk menekan laju peningkatan suhu, masyarakat pun banyak yang melakukan aksi-aksi penyelamatan bumi didasarkan pada rasa kesadaran terhadap keadaan bumi yang mereka rasakan.

Ide kerajinan tangan dari sampah

Salah satu upaya yang dilakukan oleh masyarakat adalah dengan cara mendaur ulang sampah-sampah produk yang mencemari lingkungan dengan merubahnya menjadi sesuatu yang berguna seperti kerajinan tangan.

Kerajinan tangan yang dihasilkan dari sampah selain berguna untuk mengurangi sampah yang ada di lingkungan dapat juga dijadikan sebagai penghasilan tambahan.

Kamu yang peduli terhadap lingkungan namun juga tertarik untuk mendapatkan cuan mungkin bisnis ini bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu jalani.

Nah berikut ini adalah berbagai ide kerajinan tangan yang bisa dihasilkan dari sampah-sampah yang tentu saja bisa kamu coba.

  1. Kerajinan tangan dari Sedotan

Salah satu sampah yang umum ditemui di lingkungan adalah sedotan plastik, tak heran karena setiap minuman yang kamu pesan di restoran pasti diberikan satu sedotan sekali pakai.

Meskipun berukuran kecil bukan berarti sedotan tidak menimbulkan masalah pada lingkungan justru dari hal yang terlihat sepele itulah akan muncul masalah besar.

Namun berkat kreativitas masalah sampah sedotan ini bisa diminimalisir dengan cara mendaur ulangnya dan menjadikan kerajinan tangan yang cantik dan berguna seperti kotak pensil, bingkai hingga sandal.

  1. Kerajinan tangan dari kain perca

Kain perca merupakan kain tak beraturan sisa dari pembuatan pakaian yang biasanya dibuang begitu saja.

Namun dengan kreativitas, kamu dapat memanfaatkan kain perca tersebut untuk dijadikan kerajinan tangan seperti dompet, boneka hingga aksesoris.

Dalam mengolah kain perca langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menggabung-gabungkan kain perca yang ada, tidak perlu bahan yang sama karena terkadang bahan yang berbeda justru menghasilkan pola yang unik.

  1. Kerajinan tangan dari stik es krim

Meskipun stik es krim kayu mudah terurai oleh lingkungan namun bukan berarti sampah dari stik es krim tidak akan mencemari lingkungan.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika kamu ingin mendaur ulang stik es krim untuk dijadikan kerajinan tangan yang cantik dan berguna.

Selain itu stik es krim juga relatif mudah untuk dikreasikan ke dalam berbagai bentuk seperti bingkai, kotak pensil, kotak tisu dan lain-lain.

  1. Kerajinan dari botol bekas

Saat ini produsen minuman kemasan sudah banyak yang sadar akan kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari botol plastik dan menghasilkan beberapa solusi untuk menciptakan botol plastik yang lebih mudah diurai oleh lingkungan.

Namun meskipun begitu botol plastik tetap menjadi masalah bagi lingkungan yang tidak bisa diselesaikan hanya dengan satu atau dua malam.

Dengan bantuan kreatifitas kamu bisa mengolah sampah botol plastik menjadi bentuk lain seperti pot, bunga plastik, hingga pigura.

  1. Kerajinan dari plastik kemasan

Semua produk yang ada di pasaran umumnya menggunakan plastik untuk pengemasan yang tentunya menjadi salah satu penyumbang terbesar dari krisis lingkungan.

Hal yang dapat meminimalisir ini adalah dengan memanfaatkan  botol bekas sisa itu untuk dijadikan kerajinan lain seperti kotak pensil, aksesoris dan lain-lain.

Caranya adalah dengan memotong kemasan tersebut dan membuat bentuk lain dengan cara menganyam hingga menghasilkan lembar plastik yang mudah di kreasikan.

Tips memulai bisnis kerajinan tangan dari limbah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bisnis kerajinan tangan dari sampah selain dapat menjaga lingkungan, dapat juga memberikan keuntungan.

Namun untuk memulai bisnis ini kamu memerlukan kreativitas dan inovasi karena tidak mudah untuk mengolah sampah untuk menjadi bentuk yang menarik dan layak dijual.

Tapi jika kreativitas bukanlah halangan maka bisa dikatakan bisnis ini adalah bisnis yang cocok untuk kamu tekuni .

Dalam menekuni bisnis ini ada beberapa strategi yang bisa kamu ikuti agar bisnismu ini dapat memberikan hasil, berikut di bawah ini strategi tersebut.

  1. Menentukan produk

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam memulai bisnis ini adalah menentukan produk apa yang akan kamu jual.

Hal ini dapat kamu tentukan dari kemampuanmu mengolah tipe sampah yang ada selain itu hal lain yang tak kalah penting adalah analisis pasar untuk menilai produk apa yang diminati oleh masyarakat.

  1. Bahan Baku

Meskipun mudah untuk menemukan sampah-sampah plastik di sekitar lingkungan namun untuk menemukan sampah dengan kualitas baik yang masih bisa diolah merupakan perihal sulit

Maka dari itu penting bagi kamu untuk memiliki relasi dengan pengepul plastik untuk meminta suplai sampah plastik yang kamu butuhkan.

  1. Tentukan target pasar

Menentukan target pasar pada fase awal memulai bisnis adalah hal penting karena ini akan menentukan identitas brand serta produk yang akan dihasilkan.

Sebagai contoh jika target pasar kamu adalah anak muda maka identitas yang perlu dibangun adalah identitas yang mencerminkan gaya hidup anak muda.

Dari sisi produk, tentu saja kamu perlu juga untuk menghasilkan produk yang sedang digandrungi oleh anak muda pada saat ini dan hal ini berlaku juga jika target pasar kamu orang dewasa.

  1. Manfaatkan sosial media

Sosial media selain bisa digunakan untuk berkomunikasi dapat juga kamu manfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan brand-mu.

Menurut penelitian hampir seluruh kegiatan yang dilakukan manusia di gadget mereka adalah untuk bermain sosial media baik itu instagram, twitter hingga facebook.

Maka dari itu memanfaatkan sosial media merupakan hal yang wajib kamu lakukan agar produk yang kamu jual dapat dikenal luas oleh pasar.

  1. Gunakan platform e-commerce

Kehadiran internet telah menghasilkan banyak inovasi di bidang teknologi dan salah satunya adalah e-commerce.

Saat ini semakin banyak orang yang beralih dari yang biasanya berbelanja secara offline sekarang mereka lebih memilih berbelanja secara online karena lebih mudah.

Maka dari itu penting bagi kamu untuk mencantumkan produk-mu di platform e-commerce yang ada dan salah satu platform e-commerce yang dapat kamu gunakan adalah LaDaRa.

Itulah tadi ide kerajinan tangan dari sampah yang bisa kamu praktekkan serta strategi yang akan membantumu dalam proses menjual produk-produk tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnismu dan tentu juga untuk upaya dalam menjaga lingkungan yang kamu lakukan.

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

65 thoughts on “Peluang Bisnis Kerajinan Tangan dari Limbah Sampah yang Menguntungkan”

  1. Salut deh Sama mereka yang bisa memanfaatkan limbah menjadi barang yang berguna bahkan Bisa dijual. Apalagi kalau sudah ada platformnya pasti membantu banget nih

  2. baru tahu soal LaDaRa. Abis intip sebentar tadi, ternyata dia punya wadah khusus buat umkm, ya. bisa banget menjadi mitra dalam menjalankan bisnis kerajinan dari barang bekas ini, dong

  3. Yang paling keren itu emang mengubah limbah plastik ya Nurul
    dan kalo limbah kain – dijadikan selimut tambal yang petak petak itu loh, kan juga cakep ya…

    aku berjuang terus nih sama sampah plastik,
    mau mulai bikin beberapa terobosan biar ga menjadi penyumbang sampah (tepok jidat)

  4. Lihat tetanggaku dulu bikin dompet dari bekas limbah plastik, usahanya patut diacungi jempol soalnya bahan yg dipakai harus serupa bekas kemasan plastik agar nampak indah dan menonjol motifnya, jadinya juga indah ternyata, Mbak๐Ÿ˜

    Anyway LaDaRa bisa ini membantu bisnis rumahan yang ingin mengembangkannya lewat online

  5. Saya dulu waktu kecil suka lihat kakak membuat aneka kerajinan tangan dari sedotan. Dibentuk bintang, limas terus dirangkai dengan menggunakan benang. Setelah panjang, di pasang di depan pintu kamar, jadi tirai warna warni deh.

    Baca ini kok jadi kepikiran pengen belajar juga, kali aja bisa dipasarkan lewat LaDaRa.

  6. Suka dan salut sama mereka yang berkecimpung dalam dunia craft berbahan limbah. Mereka biasanya orang yang tidak hanya telaten, melainkan juga cinta lingkungan. Sangat visioner.

  7. Semua bahan kerajinan tangan yang mbak Nurul sebutkan sering jadi bahan prakarya anakku sewaktu SD, bahkan sekarang SMP.

    Asal tahu caranya malah jadi bermanfaat dan menambah penghasilan ya ๐Ÿ˜Š

  8. Wah kebetulan aku sama anakku paling suka ngumpulin kain perca biasanya dengan memanfaatkan sisa-sisa pakaian yang sudah ngak terpakai di bikin tempat koin, dompet-dompetan, hiasan dindin, dan masih banyak lagi. Tapi belum kepikiran dijadikan bisnis, soalnya tujuanku cuma mengajarkan anakku yang cewek menjahit pakai tangan.

  9. Aku tuh sebetulnya kurang kreatif dengan buat kerajinan tangan mba. Sedih kan ? Heheh. Tapi anak dan suamiku punya keahlian bikin kerajinan tangan yang bagus-bagus. Bisa buat gantungan dari kayu, kreasi bikin rumah dari kardus dan masih banyak lain. Asik ada peluang bisnis

  10. bagus ya idenya, inovatif. kita bisa memanfaatkan bahan-bahan di sekitar kita jadi penghasilan tambahan

  11. Canggih banget ini tuh…
    Kreativitas tanpa batas karena bisa mengolah bahan sampah menjadi lebih bermanfaat dan tidak dibuang ke alam. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari berkreativitas dan ternyata bisa dipasarkan melalui LaDaRa.

  12. wah ternyata barang bekas klo diolah dengan baik bisa menjadi kerajinan yang cantik ya mbak
    Bisa buat dijual pula, itulah yang namanya kreativitas ya mbak

  13. Aku pernah nyoba bikin sesuatu dengan plastik di atas kaya sedotan, bungkus kopi, kain perca dan lainnya. Seru, tapi memang butuh ketekunan soalnya kaya gini kan lama bikinnya

  14. Sekarang makin banyak orang yang kreatif mendaur ulang sampah ya mbak. Aku belum penah nyobain bikin sesuatu dari sedotan, karena emang gak bisa, hahahaa
    Nah bisa nih hasil karya kita jual dengan mengandalkan sosial media atau di e-commeceer Ladara

  15. Idenya menarik nih tinggal kita kembangkan lagi biar produknya lebih fungsional dan modern ya memasarkannya lebih mudah karena ada Ladara

  16. Sampah kalau diolah bisa menghasilkan sesuatu yang berguna ya, dan bisa ikut menjaga bumi. Hasilnya bagus juga kerajinan dari kain perca tuh bisa buat selimut dll

  17. Teman suamiku juga bisnis tas dari daur ulang sampah plastik, kreatif banget sampai dijual keluar negeri. Sampah selama kita mau kreatif bisa didaur ulang dan jadi cuan.

  18. Bidang pekerjaanku sekarang ini berkaitan tentang pengelolaan sampah. Senang sekali saat ini masyarakat kita sudah makin menyadari tentang pengelolaan sampah. Ketambah ada E-Commerce LaDara yang menjadi wadah untuk menjual kerajinan kita.

  19. Aku tuh suka kagum sama orang yang bisa membuat kerajinan tangan dari barang bekas trus jadi barang yang lebih bernilai ekonomis. Lha kok nek aku gawe dewe malah gak berse benruknya haha.
    Salut deh menunda barang masuk ke tong sampah dan direuse/ recycle ya mbak.

  20. Aku punya teman pengrajin kain perca untuk selimut dan taplak meja, sprai dll. Ya ampun cakep banget. Seneng liatnya. Cantik banget kalau desainernya memang punya jiwa seni

  21. ini benar adanya dari sampah bisa jadi cuan, namun kita juga harus kreatif dan memiliki sense of art untuk mengubah sampah menjadi barang dengan daya nilai jual tinggi

  22. Theme nya baru ya Mbak Nurul?
    Kerennn..

    Beruntung kita hidup di era digital ya Mbak Nurul
    Sehingga bisa jual beli di e-commerce LaDaRa.
    Gak perlu modal besar seperti pra digitalisasi

  23. Bisnis apapun memang harus kreatif ya mba… apalagi di jaman sekarang, penguasaan digital juga harus punya. Jadi bisa tau akan membidik segmen pasar yang mana dari kerajinan limbah sampah yang dibuat ini.

  24. salut banget nih sama idenya, selain bisa mengatasi masalah sampah yang kian hari kian bertambah. Juga bisa menghasilkan produk yang bernilai ekonomi. Sekali jalan, dapat dua solusi. Keren ih!

  25. saya banyak baju yang sudah tidak terpakai rencananya ingin mengubah suai jadi kerajinan tangan. siapa tahu malah jadi bisnis ya mbak. baca artikel ini jadi semangat nih mewujudkannya

  26. Jadi inget dulu pas KKN ada temen yang ngajari bikin-bikin kerajinan dari limbah plastik. Hasilnya bagus-bagus dan waktu itu seneng bisa ikut bikin. Tapi yah, sayangnya gak aku lanjutin. Padahal keren banget ya kalau bisa bisnis dari bahan limbah gitu. Ikut menjaga bumi juga.. salut buat mereka yang berbisnis di bidang ini ๐Ÿ™‚

  27. di tangan orang yang kreatif, barang bekas bisa disulap jadi barang yg memiliki nilai ekonomi ya mbak
    klo tetanggaku ada yang bikin bros dari tutup botol bekas

  28. Suka salut sama yang punya kreativitas tinggi mengolah limbah jadi hasil karya yang bernilai jual. Sejujurnya pengen bisa bebikinan gitu, tapi nggak keidean gitu loh. Bisa tapi harus liat tutorial, terus ya bentuknya jadi mirip (atau malah enggak) sama contohnya. Kalo nggak ada contoh jadi mandeg. Wkwk. Keren sih ide prakarya seperti ini..

  29. Saya setuju sekali dengan program memanfaatkan limbah sebagai kerajinan tangan, jadi ingat ketika masih di rumah, ibu saya seringkalai memanfaatkan bungkus2 kopi yang dikumpulkan, untuk dijadikan sebagai tas belanja, kadang tas biasa. Dan juga seringkali memanfaatkan bungkus mie instan untuk kerajinan juga.

    Hanya saja pada akhirnya akan berhenti juga karena tidak adanya pehatian dari pemerintah untuk kerajjinan tangan dari limbah, dan kekurangan bahan juga, serta untuk pemasaran pun masih sangat terbatas.

  30. Kata siapa limba gak bisa jadi uang. Pasti bisa! asal ada kemauan dan usaha ya mbak. Seperti dia tas limba kain percah bisa jadi boneka, dompet, asesoris dan lainnya

  31. Limbah sampah bisa diolah jadi barang yang menguntungkan ya, dengan kreativitas maka hasilnya jadi produk berkelas. Temanku ada yang bikin pernak-pernik dari perca dan cantik hasilnyaaa…Jadi masker, tote bag, pouch, dll. Bagus nih kalau bisa dijual di e-commerce seperti Ladara pasti makin mudah ditemukan oleh pelanggan produknya.

  32. Aku suka banget nih ngolak berbagai macam barang yang sering disebut “sampah” buat jadi cuan hehehe jadi ingin nyoba buat ngebisnisin lebih serius lagi deh gegatmra baca ini.

  33. Sebagai mantan pelaku bisnis ini, saya harus bilang bahwa jika bertemu dengan pasar, hasilnya luar biasa. Yang perlu dilakukan pertama membuat produk yang sangat bagus, punya manfaat, dan dikerjakan dengan detail.

  34. Aku pribadi juga suka sedih sama sampah plastik ini, terutama sedotan. Banyak foto di Instagram yang menggambarkan bagaimana sampah plastik bisa merusak habitat air laut. Di balik itu aku juga bersyukur karena banyak yg kreatif mengubah sampah jadi berkah dan memasarkannya di e-commerce., aku sendiri baru mengenal Ladara ini dari artikel ini, thanks informasinya mba.

  35. Sekarang sudah mulai banyak orang yang sadar mengelola sampah anorganik seperti yang mbak sebutin di atas. Hasil kerajinan tangan dari barang bekas ini juga cukup punya peminat di pasaran, karena bentuknya dan bahannya yang unik.

  36. Duh ingat sampah dan pemanfaatan kembali jd kelingan tugas sekolah anakku haha. AKu jd dapat ide utk diusulkan ke anaknya. Sampah ini problematik banget apalagi ditambah pandemi,sampah medis makin banyak ya mbak. Kudu diatasi sesegera mungkin supaya anak cucu kita msh nyaman tinggal di bumi.

  37. Waktu jaman sekolah aku juga lumayan rajin kak bikin-bikin kerajinan tangan gitu, sekarang asik ya bisa langsung dijual lewat online hasilnya

  38. Tetanggaku ada lo, kak Nurul..yang konsisten sekali memberi semangat ke lingkungan juga mengenai limbah yang bisa didaur ulang begini. Edukasi yang masif dan terus menerus semoga bisa meningkatkan kesadaran anak-anak zaman sekarang.

  39. Sekarang ini makin banyak produk yang terbuat dari bahan daur ulang.
    Suka kagum sama teknologi yang bisa bikin bahan daur ulang jadi barang baru seperti pakaian. Jadinya juga kece lagi, ngga kelihatan dari bahan bekas pakai

  40. dirumah aku hobi ngumpulin botol plastik dan bungkus detergen, yang botol diloak yang bungkus biasanya ku lakban jadiin alas kaya tiker gitu. Sebenernya kalau lebih kreatif bisa dijual di Ladara ya

  41. Limbah ternyata masih memiliki nilai ekonomis cukup tinggi ya, apalagi kalau dibuat beragam kerajinan, kalau di rumah biasanya botol-botol bekas dijadiin pot sama anakku yang cewek, dia gemar banget bikin aneka DIY dari limbah kotak susu, botol-botol bekas, kain perca, dan lain-lain. Selain bermanfaat untuk edukasi juga membantu menjaga kebersihan lingkungan ya.

  42. Saya punya beberapa teman yang membuat tas dari bekas plastik pembungkus deterjen dan pelembut. Tasnya dijual, satu tas Rp 50-75 ribu. Dia sampai bikin pengumuman ke grup wa, kalau punya sampah plastik jangam dibuang, tapi dikasi ke dia. Hehhe.

  43. Wah idenya keren banget kak Peluang Bisnis Kerajinan Tangan dari Limbah Sampah yang Menguntungkan pasti bermanfaat banget nih buat ibu-ibu seperti Kita ya mbak

  44. Bisnis kerajinan dari sampah kain peeca menarik mba. Tadi ada akun produsen baju yang posting banyak sampah kain sisa bikin baju. Sayang kalau enggak dimanfaatkan. Aku baru tahu ada E-Commerce Ladara. Cek ah

  45. Wah, padahal banyak ya mbak ide kerajinan dari sampah daur ulang. Harus ada niat kuat nih untuk bergerak. Kadang tuh sampah saya kumpulin aja dan kubuang setelah kupilah. Tapi ya gitu untuk bergerak bikin kerajinan itu loh tidak semudah nonton drakor, hahaha.
    Apalagi kalau setelah bikin kerajinan terus diapain, dipajang aja juga menuhi lemari. Memang ya harus punya tujuan jangka panjang sebelum berkreasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: