Peluang Bisnis Kerajinan Tangan dari Limbah Sampah yang Menguntungkan

Perubahan iklim saat ini sedang menjadi isu yang paling genting melihat banyak perubahan dan juga peningkatan suhu bumi yang cukup signifikan di seluruh belahan dunia.

Peningkatan suhu ini memberi efek yang cukup signifikan pada lingkungan dimulai dari es di kutub utara yang mulai mencair, perubahan fase musim di beberapa negara dan rusaknya beberapa habitat alami. Perubahan iklim ini disebabkan oleh berbagai hal mulai dari deforestasi, zat karbon dari kendaraan hingga sampah yang mencemari lingkungan.

Dalam hal ini banyak pihak yang berupaya untuk mengurangi laju pemanasan iklim yang diprediksi akan terus naik hingga 2 derajat celcius pada akhir abad ini. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Indonesia adalah membuat regulasi untuk uji emisi dan pembatasan plastik di beberapa daerah.

Namun bukan hanya pemerintah yang berkontribusi untuk menekan laju peningkatan suhu, masyarakat pun banyak yang melakukan aksi-aksi penyelamatan bumi didasarkan pada rasa kesadaran terhadap keadaan bumi yang mereka rasakan.

Ide kerajinan tangan dari sampah

Salah satu upaya yang dilakukan oleh masyarakat adalah dengan cara mendaur ulang sampah-sampah produk yang mencemari lingkungan dengan merubahnya menjadi sesuatu yang berguna seperti kerajinan tangan.

Kerajinan tangan yang dihasilkan dari sampah selain berguna untuk mengurangi sampah yang ada di lingkungan dapat juga dijadikan sebagai penghasilan tambahan.

Kamu yang peduli terhadap lingkungan namun juga tertarik untuk mendapatkan cuan mungkin bisnis ini bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu jalani.

Nah berikut ini adalah berbagai ide kerajinan tangan yang bisa dihasilkan dari sampah-sampah yang tentu saja bisa kamu coba.

  1. Kerajinan tangan dari Sedotan

Salah satu sampah yang umum ditemui di lingkungan adalah sedotan plastik, tak heran karena setiap minuman yang kamu pesan di restoran pasti diberikan satu sedotan sekali pakai.

Meskipun berukuran kecil bukan berarti sedotan tidak menimbulkan masalah pada lingkungan justru dari hal yang terlihat sepele itulah akan muncul masalah besar.

Namun berkat kreativitas masalah sampah sedotan ini bisa diminimalisir dengan cara mendaur ulangnya dan menjadikan kerajinan tangan yang cantik dan berguna seperti kotak pensil, bingkai hingga sandal.

  1. Kerajinan tangan dari kain perca

Kain perca merupakan kain tak beraturan sisa dari pembuatan pakaian yang biasanya dibuang begitu saja.

Namun dengan kreativitas, kamu dapat memanfaatkan kain perca tersebut untuk dijadikan kerajinan tangan seperti dompet, boneka hingga aksesoris.

Dalam mengolah kain perca langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menggabung-gabungkan kain perca yang ada, tidak perlu bahan yang sama karena terkadang bahan yang berbeda justru menghasilkan pola yang unik.

  1. Kerajinan tangan dari stik es krim

Meskipun stik es krim kayu mudah terurai oleh lingkungan namun bukan berarti sampah dari stik es krim tidak akan mencemari lingkungan.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika kamu ingin mendaur ulang stik es krim untuk dijadikan kerajinan tangan yang cantik dan berguna.

Selain itu stik es krim juga relatif mudah untuk dikreasikan ke dalam berbagai bentuk seperti bingkai, kotak pensil, kotak tisu dan lain-lain.

  1. Kerajinan dari botol bekas

Saat ini produsen minuman kemasan sudah banyak yang sadar akan kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari botol plastik dan menghasilkan beberapa solusi untuk menciptakan botol plastik yang lebih mudah diurai oleh lingkungan.

Namun meskipun begitu botol plastik tetap menjadi masalah bagi lingkungan yang tidak bisa diselesaikan hanya dengan satu atau dua malam.

Dengan bantuan kreatifitas kamu bisa mengolah sampah botol plastik menjadi bentuk lain seperti pot, bunga plastik, hingga pigura.

  1. Kerajinan dari plastik kemasan

Semua produk yang ada di pasaran umumnya menggunakan plastik untuk pengemasan yang tentunya menjadi salah satu penyumbang terbesar dari krisis lingkungan.

Hal yang dapat meminimalisir ini adalah dengan memanfaatkan  botol bekas sisa itu untuk dijadikan kerajinan lain seperti kotak pensil, aksesoris dan lain-lain.

Caranya adalah dengan memotong kemasan tersebut dan membuat bentuk lain dengan cara menganyam hingga menghasilkan lembar plastik yang mudah di kreasikan.

Tips memulai bisnis kerajinan tangan dari limbah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bisnis kerajinan tangan dari sampah selain dapat menjaga lingkungan, dapat juga memberikan keuntungan.

Namun untuk memulai bisnis ini kamu memerlukan kreativitas dan inovasi karena tidak mudah untuk mengolah sampah untuk menjadi bentuk yang menarik dan layak dijual.

Tapi jika kreativitas bukanlah halangan maka bisa dikatakan bisnis ini adalah bisnis yang cocok untuk kamu tekuni .

Dalam menekuni bisnis ini ada beberapa strategi yang bisa kamu ikuti agar bisnismu ini dapat memberikan hasil, berikut di bawah ini strategi tersebut.

  1. Menentukan produk

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam memulai bisnis ini adalah menentukan produk apa yang akan kamu jual.

Hal ini dapat kamu tentukan dari kemampuanmu mengolah tipe sampah yang ada selain itu hal lain yang tak kalah penting adalah analisis pasar untuk menilai produk apa yang diminati oleh masyarakat.

  1. Bahan Baku

Meskipun mudah untuk menemukan sampah-sampah plastik di sekitar lingkungan namun untuk menemukan sampah dengan kualitas baik yang masih bisa diolah merupakan perihal sulit

Maka dari itu penting bagi kamu untuk memiliki relasi dengan pengepul plastik untuk meminta suplai sampah plastik yang kamu butuhkan.

  1. Tentukan target pasar

Menentukan target pasar pada fase awal memulai bisnis adalah hal penting karena ini akan menentukan identitas brand serta produk yang akan dihasilkan.

Sebagai contoh jika target pasar kamu adalah anak muda maka identitas yang perlu dibangun adalah identitas yang mencerminkan gaya hidup anak muda.

Dari sisi produk, tentu saja kamu perlu juga untuk menghasilkan produk yang sedang digandrungi oleh anak muda pada saat ini dan hal ini berlaku juga jika target pasar kamu orang dewasa.

  1. Manfaatkan sosial media

Sosial media selain bisa digunakan untuk berkomunikasi dapat juga kamu manfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan brand-mu.

Menurut penelitian hampir seluruh kegiatan yang dilakukan manusia di gadget mereka adalah untuk bermain sosial media baik itu instagram, twitter hingga facebook.

Maka dari itu memanfaatkan sosial media merupakan hal yang wajib kamu lakukan agar produk yang kamu jual dapat dikenal luas oleh pasar.

  1. Gunakan platform e-commerce

Kehadiran internet telah menghasilkan banyak inovasi di bidang teknologi dan salah satunya adalah e-commerce.

Saat ini semakin banyak orang yang beralih dari yang biasanya berbelanja secara offline sekarang mereka lebih memilih berbelanja secara online karena lebih mudah.

Maka dari itu penting bagi kamu untuk mencantumkan produk-mu di platform e-commerce yang ada dan salah satu platform e-commerce yang dapat kamu gunakan adalah LaDaRa.

Itulah tadi ide kerajinan tangan dari sampah yang bisa kamu praktekkan serta strategi yang akan membantumu dalam proses menjual produk-produk tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnismu dan tentu juga untuk upaya dalam menjaga lingkungan yang kamu lakukan.

Published by @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

One thought on “Peluang Bisnis Kerajinan Tangan dari Limbah Sampah yang Menguntungkan

  1. Salut deh Sama mereka yang bisa memanfaatkan limbah menjadi barang yang berguna bahkan Bisa dijual. Apalagi kalau sudah ada platformnya pasti membantu banget nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: