Walau Lagi Mens, Tetap Bisa Lakukan Kegiatan ini di Bulan Puasa

Halo moms dan cewek-cewek yang lagi menstruasi, nggak perlu resah gelisah gundah gulana. Soalnya, buat yang lagi berhalangan, tetap ada kesempatan emas lainnya kok, supaya kita juga sama-sama mendulang pahala di bulan suci ini. Caranya?

(1). Niatkan berbuat kebaikan untuk beribadah dan dapat ridho dari Allah ta’ala

Innamal a’malu bin niyat. Segala perbuatan itu bergantung pada niatnya. Nah, apapun aktivitas netral yang kita lakukan di kala menstruasi ini, insyaAllah akan bernilai kebaikan, apabila diniatkan sebagai wujud penghambaan kepada Allah

Misalnya, mau tidur. Tidur kan netral. Tapiii, kalau kita berniat “Ya Allah, saya niat tidur untuk menjaga Kesehatan jiwa raga dan merawat amanah tubuh yang telah Engkau berikan” maka ini bakal dicatat sebagai kebaikan. Jangan lupa, gosok gigi, cuci kaki dan tangan (ini dapat pahala lagi) plus baca doa sebelum tidur (dapat pahala juga).

(2). Menyiapkan Menu Sahur dan Buka untuk Keluarga

Biarpun sedang menstruasi, tetap bangun pas jam sahur ya Moms! Karena kita bisa ambil peluang berburu pahala. Momen sahur itu penuh keberkahan BANGET lho. Apalagi, jasa seorang Ibunda priceless banget, manakala menyiapkan makanan untuk pemenuhan gizi keluarga.

O iya, jangan lupa, pas masak selalu sempatkan untuk dzikir, sholawat, ataupun baca surat-surat pendek dari Juz 30. InsyaALLAH masakan yang dikreasikan dengan penuh cinta (plus kalimat thoyibah) bakal terasa lebih maknyusss, dan bisa meningkatkan bonding dengan elemen keluarga

(3). Mendidik Anak Seputar Serba-Serbi Ramadan dan Ajaran Islam

“Bunda, aku lapar bangeettt, aku nggak usah puasa ya?”

“Nak. Sabar yaaa. Allah itu suka dengan anak yang sabar dan sholih. Puasa itu melatih kita untuk melawan hawa nafsu. InsyaAllah, kita kuat yaaa, puasa sampai Maghrib.”

Meski lagi menstruasi, Moms juga tetap bisa beramal baik, dengan men-jembreng-kan apa saja keutamaan beribadah di bulan Ramadan. Ingat ya moms, ini peluang emas untuk kita, melakukan transfer knowledge seputar aqidah, tauhid, dan bagaimana beribadah yang baik dan benar, sesuai tuntunan agama.

Heyyy, Ramadan ini momentum istimewa! Di dalamnya ada Lailatul Qodar yang mana kita berkesempatan melakukan amalan setara dengan seribu bulan! Yuk ajak anak kita untuk ber-fastabiqul khoirot alias berlomba-lomba dalam kebaikan!

(4). Sedekah, Infaq dan Wakaf

Rasul mengajarkan kita untuk hobi bersedekah di bulan suci. Balasannya berlipat ganda, dan insyaAllah bakal memberikan dampak kebaikan untuk keluarga kita

(5). Berdoa

Terus bermohon dan bermunajat pada Allah ta’ala, agar kita selamat dunia akherat

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

19 thoughts on “Walau Lagi Mens, Tetap Bisa Lakukan Kegiatan ini di Bulan Puasa”

  1. Bener mba. Walau lagi menstruasi dan kita lagi nggak bisa berpuasa. Kita jangan sedih ya. Soalnya kita masih bisa berburu pahala dan ridho Allah seperti kegiatan di atas. Jadi harus tetap semangat

  2. Iyaaah walau mens alhamdulillah masih banyak amalan yang bisa dilakukan selama bulan istimewa ini. Ikut kajian, dengerin ceramah, atau mengisi ceramah juga bisa kan.

  3. Udah 3 hari aku datang bulan..
    Rapel tadarusan moga bisa 😁
    sebagai emak, masak di bulan puasa pahalanya berlipat, nambah semangat. Lelahnya lillah

  4. Nah ini yang mesti kembali dipahamkan pada kaum perempuan. Soalnya saya pun sering dengar keluhan sesama teman wanita, rugi lah perempuan pakai mens segala, jadi nggak dapat pahala puasa. Padahal tetap bisa dapat pahala dari amalan lain ya

  5. Wah saya nih lagi datang bulan 😀 setuju mbak, walau lagi berhalangan tapi menyiapkan menu buka dan sahur itu wajib dilakukan. Sama saya suka olahraga ringan juga biar tubuh ada gerakan. Dan tetap sehat selalu.

  6. PNS itu anugerah dari Allah untuk perempuan. Jadi seharusnya kita bersyukur meski ada ibadah yang kita tidak boleh melakukannya. Tapi seperti Mbak Nurul bily, masih ada banyak amalan lain yg bisa kita lakukan. Yang pasti kita tetap berdzikir ya

  7. Tahun ini adalah tahun pertama si kk dapat menstruasi dan tidak berpuasa. Pengalaman si kk gak puasa malah rasanya tidak nyaman, makan tidak enak juga malah suka berpuasa hehehe.
    Tapi kan kodrat wanita yaa banyak ibadah yg bisa di lakukan wanita selama menstruasi

  8. Setuju kak banyak pilihan berbuat kebaikan d Ramadan ini meskipun Kita sedang haid,, kasih bukaan untuk orang2 dijalan. Juga bisa selain buat keluarga

  9. Betul banget, Mbak, meskipun kita lagi haid, bukan berarti kita gak bisa melakukan hal yang baik.

    InsyaAllah akan ada pahala ketika kita menyebarkan kebaikan walau sedang haid..

  10. Bismillahirohmanirohim, makasih mba memang setuju dan benar sekali
    aku sedekah yang masih kurang banyak nih, kebetulan lagi hamil muda doain ya mba semoga lancar sampai persalinan aamiin.
    Aku juga lagi ga puasa, lagi perbaikan gizi katanya kurang gizi

  11. Terima kasih sudah nulis ini ya mbak
    Kebetulan aku juga lagi haid nih
    Ternyata meski haid bisa tetap mendulang pahala ya mbak

  12. Suka deh, nulisnya bukan PMS, tapi Mens, karena kalo PMS kan periode sebelum puasa dan boleh puasa, hehehe
    Aku dulu juga sedih kalo Mens, suka ketinggalan jauh jadinya target ngajinya. Tapi setelah belajar jadi paham hikmahnya, gak bisa ngaji masih bisa ibadah yg lain dan bernilai pahala

  13. Mens memang kodratullah ya, Mba, gak usah sedih kalau kita ga puasa karena mens karena masih banyak yang bisa dilakukan untuk mencari berkah dan pahala dari Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: