Dengar Alam Bernyanyi, demi Bumi Kian Lestari

Suka heran ya dengan perilaku manusia, yang begitu berambisi ingin memperkaya diri sendiri, meraup cuan cuan cuan, tapi nggak peduli sama sekali dengan bumi yang makin rusak, hadewwww. Sori sori, kali ini saya buka postingan dengan nyap-nyap. Ya abis, kalau ngikutin aneka liputan seputar kondisi bumi jaman now, bener-bener dah… bikin pedih maksimal!

Data yang telah dirilis WHO menyebutkan, bahwa dalam satu dekade terakhir, sebanyak 4,7 juta hektare hutan musnah! Yap, kebanyakan beralih fungsi menjadi lahan pertanian, tambang, pemukiman dan lain sebagainya. Jadi, sejak tahun 1990, sebanyak 420 juta hektare hutan telah menghilang, gaes. Deforestasi ini mengerikan banget. Info yang lebih bikin jantung melorot ke dengkul adalah….  Indonesia merupakan salah satu dari tiga negara dengan tingkat deforestasi paling parah di dunia! Pengin nangis nggak sih?

Sebagaimana yang kita tahu, banyak faktor yag menyebabkan musnah ataupun berkurangnya hutan di negara kita tercinta. Yang paling utama, tentu saja lantaran pembukaan lahan kelapa sawit. Karena kalau mau alih fungsi jadi lahan kelapa sawit, maka hutan yang eksis kudu dibakar dulu.  Jadilah, 80% kasus kebakaran hutan di Indonesia, terkait dengan pembukaan lahan sawit.

Tentu saja, dibutuhkan sikap tegas pemerintah #UntukmuBumiku guna mengatasi hal ini. Alhamdulillah, tahun 2019, Presiden mengeluarkan moratorium pembukaan hutan, yang mana moratorium ini berhasil menurunkan tingkat deforestasi hutan selama tiga tahun terakhir. Tentu saja, kebijakan ini membuat kita masyarakat #IndonesiaBikinBangga ya kan? Semoga pengawalannya bisa berjalan dengan sebaik mungkin, sehingga masyarakat tidak ngawur bin serampangan ketika berinteraksi dengan hutan

Hutan, Paru-Paru Dunia yang Harus Kita Lindungi Bersama

Ada beragam cara yang bisa kita lakukan untuk ikut merawat dan menjaga kelestarian hutan. Yap, #HutanKitaSultan karenamengusung banyaaaakk manfaat. Tentu saja, fungsi hutan sebagai paru-paru dunia tidak bisa kita pandang sebelah mata. Hutan adalah komponen alam sekaligus asset yang sangat penting perannya demi kehidupan manusia. Banyak bahan pangan yang dihasilkan dari hutan. Pun kebutuhan seperti kayu dan sebagainya juga bisa kita dapatkan dari hutan.  

Sayangnya, perilaku manusia sering kebablasan tatkala melakoni deforestasi. Tak pelak, hutan pun makin mengalami krisis, dan ini saatnya kita bersinergi #TeamUpforImpact demi kelestarian hutan.

Peduli Hutan bersama Lagu “Dengar Alam Bernyanyi”

Teman-teman tahu grup musik Laleilmanino? Beranggotakan Arya Aditya Ramadhya, Ilman Ibrahin dan Anindyo Baskoro, grup ini merilis single terbaru berjudul “Dengar Alam Bernyanyi”. Single ini dikreasikan untuk memperingati Hari Bumi Sedunia pada 22 April 2022 lalu. Tentunya semangat #UntukmuBumiku menghunjam dalam jiwa.

Lagu ini melodinya asyik, dengan lirik yang sangat menarik. Idenya muncul saat trio Laleilmanino berkunjung ke kawasan Situ Gunung, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Wah, benar-benar seniman sejati!

Menariknya lagi, tembang #DengarAlamBernyanyi ini juga dinyanyikan bersama Chicco Jerikho, Sheila Dara dan HiVi! Kolaborasi yang sungguh mantab jiwa!

Penasaran kan, gimana Lirik Lagu “Dengar Alam Bernyanyi” ?

Bila kau ada waktu

Lihat aku di sini

Indah lukisan Tuhan

Merintih ingin kau kembali

Beri cintamu lagi

Bila kau jaga aku

Kujaga kau kembali

Berhentilah mengeluh

Ingat, kau yang pegang kendali

Kau yang mampu obati

Sudikah kau kembali?

Pandanglah indahnya biru yang menjingga

Simpanlah gawaimu, hirup dunia

Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada

Dengar alam bernyanyi

Bila kau lelah dengan panasnya hari

Jagalah kami agar sejukmu kembali

Bersatulah, hajar selimut polusi

Ingatlah, hai, wahai kau manusia

Tuhan menitipkan aku

di genggam tanganmu..

Pandanglah indahnya biru yang menjingga

Simpanlah gawaimu, hirup dunia

Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada

Dengar alam bernyanyi

***

Benar-benar lagu yang perfecto! Berisikan lirik yang mengajak kita untuk senantiasa menjaga dan melestarikan alam. Pesan yang termaktub dalam lagu ini siap menggugah semangat kita, untuk berbuat kebaikan dan berkontribusi demi alam yang kian lestari.

Yuk, kita dengarkan lagu Dengar Alam Bernyanyi di platform musik seperti di Spotify dan  Apple Music karena semakin banyak yang mendengarkan lagu tersebut maka akan semakin banyak royalti yang digunakan untuk perlindungan hutan di Indonesia

Lagu “Dengar Alam Bernyanyi” terpilih sebagai lagu tema resmi Youth 20 (Y20) di tahun 2022. Adapun Y20 adalah platform untuk generasi muda untuk berdialog dan saling memaparkan solusi atas berbagai permasalahan yang ada di dunia. Lagu Dengar Alam Bernyanyi dianggap mewakili spirit planet berkelanjutan dan layak huni yang merupakan isu tahunan Youth 20 sejak tahun 2010. Bener-bener definisi #IndonesiaBikinBangga yaaa

Yuk, kita nikmati lagunya sama-sama! (*)

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

51 thoughts on “Dengar Alam Bernyanyi, demi Bumi Kian Lestari

    1. Ditempat ku, Sumatera tepatnya Bengkulu banyak banget perkebunan sawit. Kayaknya itu dulu memang hutan di disulap jadi kebun sawit. Tapi semenjak itu, perekonomian di daerahku jadi lebih membaik berkat perkebunan sawit. Jadi galau juga ya jadinya. Satu sisi ekonomi maju, sisi lain, hutan kita terancam. Hiks.. Semoga tidak makin parah ya pembakaran hutannya. Aamiinn

  1. Aku sukaaa banget sama lagu ‘Dengar Alam Bernyanyi” loooh. Easy listening dan maknanya kita mesti menjaga kelestarian hutan supaya bumi kian hijau dan tetap bermanfaat bagi manusia. Memang deh urusan pembakaran hutan semena2 ini demi perkebunan kelapa sawit, rasanya kok ga habis2. Kasihan hutan kita, bumi kita semakin rusak. Semoga lagu ini bisa menggugah masyarakat untuk lebih mencitai alam dan lingkungan aamiin.

  2. Sudah nonton youtubenya, bagus sekali animasi dan lagunya. Pantas aja ya lagu “Dengar Alam Bernyanyi” ini terpilih sebagai lagu tema resmi Y20 di tahun 2022. Semoga kita semua bisa menjaga bumi dan alam ini supaya tetap lestari.

  3. Lagunya easy listening bangeeet…bikin ikut berdendang ria. Bener nih mak, kita harus turut melestarikan hutan. Nggak harus jadi jagawana utk ikut melestarikan hutan ya kan..kita bisa ikut jaga hutan dg perilaku sehari2

  4. Lagunya easy listening bangeeet…bikin ikut berdendang ria. Bener nih mak, kita harus turut melestarikan hutan. Nggak harus jadi jagawana utk ikut melestarikan hutan ya kan..kita bisa ikut jaga hutan dg perilaku sehari2. Bahkan, dengan ndengerin lagu keren ini pun sdh ikut kontribusi.

  5. yaa Allaah aku bacanya kok jadi terharu, ditambah lagunya, jadi … pediiih banget

    Populasi manusia memang terus bertumbuh – tanpa mempedulikan kerusakan alam, mereka bertahan di keserakahan

  6. Memang manusia tuh gitu..
    Semoga dengan berbagai teguran yang terjadi di sekitar kita akhir-akhir ini, bisa meningkatkan awareness kita terhadap jaga lingkungan, jaga hutan dan jaga bumi untuk masa depan dunia.

  7. Akhir-akhir ini semakin banyak memang lahan ditebang, kalau ini terlalu berat, lihat lahan pertanian yang semakin berkurang. Semoga saja anak-anak kita masih tahu tentang seperti apa hutan. tentunya membutuhkan kita menjaga lingkungan

  8. ternyata nggak main2 ya kehilangan lahan hutannya. angka yang gede banget tu! padahal hutan pohon itu peting bgt buat manusia yaa.. semoga makin banyak anak2 yg sadar akan pentingnya menanam kembali pohon2 dan dr lagu gini juga akan nempel bgt di anak2

  9. Suka banget dengan lagu Dengar Alam Bernyanyi ini. Maknanya dalem banget. Menyadarkan kita untuk lebih dekat dan menjaga alam sekitar kita.

  10. Aku sering dengar lagu Dengar Alam Bernyanyi, easy listening bangeeet. Tapi nggak pernah tahu kalo penyanyinya adalah grup musik Laleilmanino. Itu lagu yang asik didenger sambil rebahan, mata terpejam.

    Sedih ya mbak Nurul, melihat hutan yang kian menyusut. Aku gemes kalo lihat penebangan ilegal, nggak mikir kalo itu berefek buruk pada lingkungan.

  11. Aku sempet nonton kick Andy yang mengenai yayasan Kalaweit mbak. Bahas tentang hutan yang semakin banyak dijadiin ladang sawit oleh perusahaan besar sehingga banyak binatang gak punya tempat untuk tinggal lari ke pedesaan-pedesaan nyari makan. Semoga makin banyak orang yang peduli dengan alam, sayangnya malah dominan orang2 luar negeri bahkan yang menyelamatkan hutan Indonesia.

  12. Sedih dan malu berbarengan saat tahu kalau negara kita adalah salah satu dari 3 negara terbesar yang paling parah deforestasinya. Padahal paru-parunya tanah air ada di dalam hutan. Keterbelangsungan suburnya tanah salah satunya adalah dengan memelihara hutan dan lingkungan. Tapi mudah-mudahan dengan seringnya digaungkan konsep cinta lingkungan, kita bisa lebih aware akan hal ini ya.

  13. Sedih banget ya sampai sekarang pun masih banyak yang tidak peduli dengan hutannya sendiri. Padahal apapun yang ada dialam kita pun menjadi tanggung jawab kita untuk menjaganya. Semoga dengan adanya lagu Dengarkan Alam Bernyanti ini bisa membuat banyak orang yang lebih sadar lagi dengan menjaga hutan agar lebih lestari.

    1. Yuk bersama sama untuk menjadikan lagu Dengar Alam Bernyanyi sebagai tangga lagu nomor 1 yang sering didengar oleh kita, Ciaaaaaaaat!

      Liriknya bagus banget, Aseli! Apalagi hasil dari mendengarkan lagu ini diberikan untuk konservasi hutan yang ada di Kalimantan.

  14. auto nyari di YouTube dan ikut bernyanyi, hehehe
    asyik sih lagu#DengarAlamBernyanyi

    penting banget lagu2 demikian untuk dicipta dan dinyanyikan/diperdengarkan
    agar kita selalu ingat bahwa manusia tidak dapat hidup tanpa oksigen
    dan oksigen hanya dihasilkan oleh tanaman, gak bisa direkayasa 😀

  15. Buat menjaga hutan pun gak harus jadi jagawana ya Mbak? Bisa aja sih ya dengan perilaku sederhana kita sehari-hari. Pun, contoh sederhana dengan menanam pohon di depan rumah masing-masing juga termasuk salah satu menjaga hutan ya Mbak?

  16. Mba Nurul. Akutuh salfok dengan kaca matanya. Wow, cuco banget tuh. Hehe … Dengar alam bernyanyi lagunya easy listening ya, Mba. Suka deh lagu ini, kalau inget kondisi hutan Kita yang kebakaran atau ada penebangan liar, suka sedih akunya. Kalau bukan Kita, siapa lagi yang mau menjaga lingkungan. Memang harus mulai dari lingkup terkecil dulu yaitu di keluarga.

  17. Aku suka banget lagu ini, semakin mendalami dan meresapi liriknya kok rasanya kita tuh hapean mulu sampai lupa mendengarkan suara alam. Peran anak muda dan kita semua menjaga dan melestarikan hutan dan alam.

  18. Dulu kita pernah membanggakan diri sebagai salah satu negeri dengan hutan terbesar di dunia. Sayangnya sekarang hutan kita mulai mengalami kerusakan ya, mbak. Semoga saja nanti hutan kita bisa tetap lestari dan tidak punah

  19. Seringkali kita diingatkan oleh banyak hal ketika mendengarkan sebuah lagu.
    Melalui Dengar Alam Bernyanyi, kita semua bisa mengambil pelajaran baik untuk senantiasa menjaga alam yang kini kita tinggali. Mereka gak sedang baik-baik saja loo.. Kalau mau sedikiiit aja lebih care lagi, mari kita lakukan hal-hal kecil bersama dengan konsisten.

  20. Yukksss mulai peduli dengan lingkungan, kasian generasi yg akan datang apalagi kebakaran hutan sering terjadi di negeri ini.

    Lagu dengarlah alam bernyanyi tuh aku sukaak banget lho maak, sering aq putar dan aku jadikan reels. Semoga mulai dari diri sendiri dampaknya bagus di kemudian hari ya.

  21. aku suka lagu ini!
    sesekali lembut, sesekali penuh semangat
    liriknya lugas untuk mengingatkan kita pentingnya aware dengan keadaan bumi sekarang ini.

  22. kusuka lagunya, liriknya sederhana tapi sangat “dalam”. Semoga semakin banyak yang sadar dan peduli pada kelestarian hutan yaa, jadi gak ada lagi orang-orang berniat merusak hutan demi kepentingan pribadi dan golongannya

  23. Jadi pengen ke hutan deh..hahaha…Beneran di hutan tuh suasananya enak banget..Sepi..sunyi..cuma kedengeran sara satwa aja..sama suara daun2 yang kena angin.. Jangan smape hilang deh ya suasanan hutan ini..apalagi manfaat hutannya kan buanyak banget buat kehidupan kiota dan mas adepan ya

  24. Saya suka banget dengan lagu ini. Nancep dan bikin semangat naik terus. Semangat untuk terus menjaga alam dan bumi pertiwi. Dan layak banget lah kalau terpilih, karena pesannya kuat dan bisa jadi bahan diskusi-cari solusi.

  25. Iya eh, lagunya enak di dengar, maknanya dalem ya.

    Semoga yang mendengarkan lagu ini turut tergugah untuk kembali ke alam, menjaga kelestrarian alam baik secara langsung melakukan aksi nyata maupun tak langsung dengan cara berdonasi untuk kempenye pendaan upaya pelestarian alam

  26. Sewaktu roadtrip Sumatra pada Des 2019…suami saya beberapa kali ngasih tahu, kalau ini dulu hutan, dulu bukan perkebunan dll dst pas lewat sebuah daerah. Dia yang lama di Bengkulu dan sekitarnya sekitar 25-30 tahun lalu kaget banyak pengalihan fungsi lahan. Nyesek memang saat tahu Indonesia merupakan salah satu dari tiga negara dengan tingkat deforestasi paling parah di dunia! Duh!

  27. Suami sekali muter lagu ini bikin terngiang-ngiang di telinga mbak, emang enak di dengar. Semoga hutan di Indonesia gak semakin punah ya terutama di daerah Kalimantan tuh

  28. Mba aku baru baca cerita di Quora yang dia kaget dan muak karena di balik perusahaan milik negara ternyata banyak orang berkuasa yang serakah. Hiks. Jadi yg diusung di luar hanya gimmick aja. Padahal aslinya menggerogoti negara. Lalu bawahan2 yg ga sejalan dihancurkan. Jadi pilihan nya adalah keluar dari lingkaran tsb. Jadi ga heran apa yg terjadi pada hutan Indonesia juga sama:((

  29. Kalau ngeliat ginian pasti sedih banget, krn ngerasa diri nggak cukup berkintribusi baik dalam perlindungan hutan atau lingkungan lainnya. Moga aja kedepannya bisa lebih baik dari segi bumi maupun manusianya

  30. Lagu dengar alam bernyanyi ini nggak hanya easy listening ya mbak, tapi juga memberikan pesan pada kita untuk menjaga bumi dan lingkungn

  31. Ini jadi salah satu lagu favoritku jg sih sekarang hihi, jadi lebih semangat gitu pas di jalan atau mau kerja dengerin Dengar Alam Bernyanyi ini, akhirnya anakku ikut2 suka juga wkwkwk

  32. sedih ya tiap kali ada fakta kalau hutan di negara kita termasuk yang paling besar terkena deforestasinya. padahal hutan kita dulu juga merupakan salah satu hutan yang terbesar di dunia

  33. Hutan sebagai kekayaan alam yang pantas kita syukuri. Begitu banyak fakta-fakta membanggakan tentang hutan Indonesia yang perlu dijaga ditengah banyaknya ancaman pengrusakan hutan di mana-mana. Yuk sama-sama kita jaga hutan, jangan sampai suatu saat nyanyian hutan hanya tinggal kenangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: