Apa Saja Tips Menyambut Puasa di Bulan Ramadhan?

Bulan Ramadan segera datang. Berikut tips yang bisa kita terapkan agar bisa optimal menjalani ibadah dan aktivitas di Bulan Suci.

Hah?? Hari Raya Idul Fitri tahun ini tanggal 22 April? Itu artinya akhir Maret kita sudah mulai masuk bulan puasa? Howraaayyy!

Terbayang senangnyaaaaa berada di bulan yang penuh rahmat dan ampunan itu. Semoga Allah meridhoi semangat kita dan memberikan usia supaya bisa optimal beribadah di bulan suci yak.

Nah, mumpung masih bulan Januari nih, skuy lah kita siapkan beberapa hal, supaya makin enjoy melakoni aneka aktivitas, ibadah dll di bulan Ramadhan tercinta.

(1). Bayar Utang Puasa, Plis!

Yuhuuu, yang tahun lalu masih ada hutang puasa, plis ceki cekiii. Karena manusia tempatnya lupa dan khilaf, apalagi kalo berkaitan dengan hutang piutang *ehhh *tapi bener kan, wkwkwkw.

Jujur, saya sendiri juga lupaaaa, udah utang berapa di bulan Ramadan tahun 2022. Soalnya ga pernah dicatat secara tertulis hiks *jangan ditiru

Yang jelas, utang puasa saya mostly sih karena datang bulan yes, jadi demi amannya, ya sutraaa saya bayar utang 7-8 hari gitu. Atau biar lebih aman, ya saya bayar 10 hari dah 😊

Alhamdulillah, insyaAllah januari ini utang puasa saya sudah lunassss yeayy!

(2). Siapkan Budget Ramadan

Yap, Namanya IBADAH tuh butuh alokasi budget. Bisa untuk beli bahan pangan sahur dan buka, untuk sedekah/ infaq/ wakaf, bayar zakat fitrah, zakat maal dan zakat mall *eeehhh. Yang udah udah nih, pastinya beberapa dari kita beli entah mukena/ sarung/ baju koko/ gamis buat acara BukBer atau Tarawih di Masjid. Iya apa iyaaaa?

Nah itu semua butuh BUDGET kan? Supaya enggak over alias kebablasan kalap belanja sono sini, ya udin, siapkan aja dari sekarang dan KUDU STRICT dengan budget yang udah dicanangkan. (jangan lupa, kudu bijak banget atur budget untuk sahur atau buka bareng ya ges ya)

(3). Atur Jadwal supaya Ibadah Makin Optimal

Bulan Ramadan tuh seyogyanya jadi momentum ciamik supaya kita makin berakrab-akrab dan mendekat dengan Sang Maha. Tapiiii, pada kenyataannya, undangan Bukber dating bertubi-tubi, dan tak kuasa kita tolak. Ada baiknya nih, tahun ini kita coba strategi untuk siapkan pola dan jadwal ibadah secara optimal. Lalu, kita kasih tanda hari-hari tertentu yang bisa sih dialokasikan buat silaturahim sejenak dengan bolo plek, alias BukBer. Tapi ya jangan sering-sering! Bukber itu, selain bikin jadwal ibadah (terutama sunnah) jadi acakadut, juga rentan bikin budget puasa jadi ambyaaarrr. Iya apa iyaaaa?

(4). Umroh di Bulan Ramadan?

Kalau ada budget-nya, why not? Umroh di bulan suci tuh pahala kebaikannya setara dengan naik haji, lho! Dah gitu, sekarang kan Arab Saudi mulai semakin open gitu kan? Engga ada pembatasan terkait pandemic covid, jadi yeahhh yuk lah cuss ke Mekkah Medinah!

(5). Belajar Masak Praktis untuk Menu Sahur dan Buka

Eh, ini nggak wajib, sih. Karena biasanya banyak yang lebih demen pesan catering atau delivery via ojol aja. Karena yeah, masak tuh lumayan time and energy consuming biasanya target ibadah jadi rada kedodoran kalo kita kudu masak FULL selama Ramadan.

Trus, kalo dihitung-hitung, engga jarang biaya beli BAHAN MENTAH tuh jatuhnya lebih mahal lho, ketimbang beli makanan jadi/siap makan. So, yeah it’s your choice ya mau masak atau beli aja.

Tapiiii, tidak sedikit yang “puas banget” apabila sudah menyiapkan masakan yang dipersembahkan dengan cinta *hakdeshhh! Maka dari itu, mulai sekarang yuk lah kita atur gimana jadwal menu selama Ramadan. Trus ceki ceki juga ke YouTube, IG atau Tiktok untuk re-create masakan. Bisa pilih menu simpel… atau boleh juga sesekali coba re-cook menu yang rada complicated. Yang jelas, usahakan banget menu untuk buka puasa, bisa untuk sahur juga yes. Jadi cukup dipanaskan di microwave oven atau di atas kompor bentar, dah angettt, lalu siap untuk sahur deh!

Teman-teman apa ada TIPS lain untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan?

Cuss tulis di komentar yah

Advertisement

Author: @nurulrahma

aku bukan bocah biasa. aku luar biasa

18 thoughts on “Apa Saja Tips Menyambut Puasa di Bulan Ramadhan?”

  1. Sebelum datang bulan Ramadhan melatih diri untuk membiasakan beberapa amalan misalnya berlatih puasa sunah, sering-sering baca Al Quran sehingga saat Ramadhan siap utk mengkhatamkannya.

  2. MasyaAllah ya Mba, waktu cepat banget berlalu rasanya, baru awal 2023 kita udah siap-siap mau ibadah lagi di bulan Ramadhan, yeaayy! Aku setuju sama poin-poin yang Mba jabarkan di atas dan Alhamdulillaah setiap tahun selalu berprogres dengan baik. Semoga aku diberi kesempatan, kesehatan, dan rezeki untuk segera menunaikan poin yang keempat. Aamiin.

  3. Masyaallah ga berasa ya kak sudah mau bulan Ramadhan lagi, puasa alhamdulillah sudha diganti, siapin ibadah lebih fokus dan khusyu lagi niy dari sekarang agar ibadan puasanya nanti lancar dan sehat

  4. Karena kami di rumah punya anak didik mengaji jadi jelang Ramadan, biasanya kami mempersiapkan untuk memajukan yang akan khatam pada saat nisfu. Soalnya pas Ramadan anak didik gak lagi membaca Al Qur’an biasa, melainkan langsung tadarusan
    Atau pesantren kilat bagi yang masih Iqra.
    Itu saja sih salah satu yg saya persiapkan menghadapi Ramadan ini

  5. Wah gak terasa ya Mbak kita sudah mau memasuki Ramadhan tahun ini. Setuju sekali dengan bersiap-siap sebelumnya itu sangat baik. Membayar hutang puasa plus menyiapkan bujet selama Ramadhan dan Lebaran termasuk hal yang penting.

  6. Masyaa Allah, nggak terasa ramadhan sedikit lagi menghampiri, semoga kita semua diberikan umur panjang dan berkah di dalamnya. Semoga hutang puasa sy jg bisa segera sy lunasin aamiin

  7. Habis baca artikel ini terus intip kalender kapan sih memasuki bulan puasa. Ternyata ya ampun udah menjelang ramadhan yaaaa…. waktu berjalan begitu cepat. Entah kenapa kok langsung terbayang makanan khas ramadhan seperti kolak pisang dan suasananya.

  8. Menu buka selalu beda dengan sahur klo di rumahku mbak. Habis soalnya pas sahur hehehee… masaknya dikit sekali makan aja. Suamiku tidak suka lauk nget-ngetan soale. :))

    Alhamdulillah bentar lagi udah masuk Ramadhan ya. Alhamdulillah lagi, utang udah lunas, udah ga ada tanggungan. Ayo ayooo… yg masih punya utang segera dilunasi.

  9. Masya Allah iya ya bentar lagi puasa. Asyik banget rasanya, harus disambut dengan penuh suka cita dan lebih produktif. Kayanya aku mau coba bikin menu masakan baru dehhh

  10. MashAllah~
    Uda gak sabar memasuki buka Ramadan dan menyiapkan segala keperluan shaum untuk keluarga. Alhamdulillah, latihan kecil-kecilnya dengan membiasakan Senin-Kamis, sehingga anak-anak gak begitu surprise ketika Ramadan. Dalam artian, puasa hanya mengganti jadwal makan, aktivitas seperti biasa tetap bisa dilakukan dengan penuh semangat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: