Letupan Ide Kreatif di Bulan Ramadhan

creatuve

Apa aja aktivitas mainstream yang dilakukan pas bulan puasa?

Berburu ta’jil? Ngabuburit atau bukber? Tarawih berjamaah di Masjid?

Ya, dari tahun ke tahun, sepertinya kegiatan itu yang mendominasi kehidupan kita. Memang OKE BANGET kok, karena Ramadhan kan peluang besar bagi kita untuk meraih keutamaan pahala dan bebas dari api neraka.

Tapiii, ada kalanya kita butuh “sesuatu” yang menjadikan Ramadhan kita kreatif dan punya diferensiasi, ceileee.

Biar masuk golongan ‘anti-mainstream’, ini nih, yang saya praktekin bareng keluarga.

1. Bagi-bagi Ta’jil/ Bingkisan Ramadhan ke Rumah Singgah Anak Penderita Kanker

Kalo biasanya di bulan Ramadhan, kita rutin melakukan kunjungan ke Panti Asuhan kan. Nah, coba deh, tahun ini lakukan sesuatu yang berbeda. Di Surabaya, ada rumah singgah yang diperuntukkan bagi bocah cilik penderita kanker. Usia mereka masih piyik-piyik banget. Mulai dari 3 tahun, ada yang sudah menderita kanker mata. Aduduuh, keberadaan anak-anak ini, sungguh rentan bikin hati kita bergerimis. Di umur yang amat belia, mereka sudah harus menghadapi tantangan hidup yang sama sekali nggak bisa dibilang enteng.

IMGL9067

Yang lebih bikin kita makin haru, mereka sama sekali nggak terlihat sedih. Justru bergembira menyambut kedatangan kita. Lhaaa, apa kabar kita yang punya tubuh sehat sempurna ini? Masih mau berkeluh kesah, ha? Haa?? #JlebMoment

IMGL9060  IMGL9072

2. Menapaktilasi Kampus, Mengajarkan Urgensi Menjadi Kreatif 

Suami saya itu alumnus ITS. Saya juga sempat loh kuliah di ITS ^^bangga^^ walopun pada akhirnya kudu resign **ealah. Tapiii, nggak ada salahnya kan, menyemangati anak untuk bisa mengikuti jejak sang ayahanda untuk menggali ilmu di kampus ini? Maka dari itu, sambil menunggu buka puasa, saya ajak Sidqi buat mengeksplorasi ITS. Kita perlihatkan mobil-mobil canggih hasil karya anak bangsa yang sungguh menakjubkan.

Semburkan kalimat motivasi berdaya ledak tinggi pada anak kita. “Kalau kamu kreatif, rajin belajar, beribadah, juga hormat dan taat pada orang tua, insyaAllah, kamu bisa memproduksi teknologi yang jauuuuh lebih keren dan handal!”

CIMG6004

CIMG5999

3. Seseruan Foto Bareng Temen-temen Bocil

Tiap bocah pasti punya (semacam) geng gaul gitu kan? Nah, begitu juga dengan Sidqi. Ada beberapa cowok rada-rada kebanyakan gaya yang kerap dolan sama doi. Sembari mengisi waktu jelang bedug Maghrib, ayo deh, ajak anak-anak kita menuju studio foto. Nggak usah yang mihil-mihil, yang simple aja. Intinya, bocah-bocah itu kita arahkan untuk bikin foto bareng dalam studio. Jangan kaget, kalo hasilnya ternyata WOW, unyu bingits, dan layak dipajang di ruang tamu, menyambut Lebaran tiba. Yakaliiii, ada yang tertarik jadiin anak gue jadi model iklan baju anak, gitu? #eh

IMG_8058 IMG_8059 IMG_8060

4. Melakukan Hal-hal yang tak Pernah Dilakukan

Misalnya: Ngasih Makan Ayam

Sesaat sebelum Lebaran, biasanya saya dan keluarga main ke rumah eyang di Pacitan. Nah, eyang putri punya peliharaan ayam kampung. Biasanya, bulek (tante) saya yang ngasih makan. Di sini nih, serunya. Sebagai “anak kota”, Sidqi tentu penasaran akut kan, piye sih caranya ngasih makan ayam?

CIMG6513 CIMG6514

5. Belajar Sejarah di Museum Tugu Pahlawan

JAS MERAH, Jangan sekali-kali melupakan Sejarah. Anak-anak juga kudu digiring untuk respek terhadap pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan negara ini. Supaya pembelajaran menyenangkan, pilihlah destinasi yang mendukung. Di Surabaya, saya biasanya mengajak Sidqi untuk ke Tugu Pahlawan. Ada apa di sana? Ada tugu ^^ya iyalaaaah^^ Selain itu, kita bisa menyaksikan diorama perjuangan yang menarik, mendengarkan pidato Bung Tomo yang menggugah semangat, juga beberapa ornamen yang mendukung ambience pembelajaran sejarah.

CIMG5173 CIMG5262

Kalau kamu, apa ide kreatif di bulan suci ini?

Advertisements

9 comments

  1. Wisata kuliner ke beberapa tempat buat meresapi bagaimana perburuan takjil sekaligus bisa membeli makanan juga Mbak di sana :hihi. Atau wisata di bulan puasa, juga bisa. Seru, seru, Ramadhan kayaknya memang momen yang selalu dinanti oleh semua orang, baik yang melakukan ibadah puasa maupun yang tidak berpuasa :hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s