Peringati HUT, Pertamina Bersihkan Pantai dan Berdayakan Masyarakat Pesisir

Dari hari ke hari, saya semakin terpukau dengan terobosan yang dilakukan PT Pertamina. Pas bulan Ramadhan, mereka bagi-bagi BBM gratis bagi yang mengaji 1 juz di sejumlah SPBU. Beberapa waktu lalu, Pertamina lagi-lagi memberikan Pertalite (gratis!) untuk konsumen yang menyumbangkan baju dan buku bekas. Waw! Pertamina rupanya all out dalam menerjemahkan kredo Marketing Rahmatan Lil Alamin, yang diusung BUMN ini. Rupanya, mulai 2015 semangat PSM alias “Pertamina Spiritual Marketing” sudah diaplikasikan dalam berbagai hal. Setiap gerakan Pertamina senantiasa diupayakan bermanfaat bagi manusia dan lingkungan di sekitarnya.

Nah, pas HUT ke-59 Pertamina yang jatuh pada 10 Desember lalu, Pertamina lagi-lagi menghadirkan kegiatan Corporate Sosial Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Program yang digelar adalah: Pemberdayaan Pesisir dan Pembersihan Pantai, serentak dilaksanakan di lima lokasi yang tersebar di Indonesia.

pert-1

Antara lain di :

(1). Pantai Kampung Bugis, Tanjung Uban, Kepulauan Riau,

(2). Pantai Mutiara Hijau, Karangsong, Balongan, Jawa Barat,

(3). Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah,

(4). Pantai Kampung Atas Air, Balikpapan, Kalimantan Timur dan

(5). Pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi, Jawa Timur.

Komitmen PT Pertamina (Persero) dalam melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan berbasis lingkungan ditunjukkan dengan penyelenggaraan program, dalam rangka melestarikan lingkungan pesisir di wilayah operasi Pertamina.

Di Balikpapan, kegiatan dilaksanakan di Kampung Atas Air, Margasari, dan Baru Tengah, Balikpapan.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Direksi PT Pertamina (Persero) dan diikuti oleh Gubernur dan perwakilan dari Kementerian KLH. Acara dilanjutkan dengan pemberian simbolisasi bantuan berupa peralatan kebersihan dan infrastruktur dari PT Pertamina (Persero) kepada perwakilan penerima. Pembersihan area pesisir dan penanaman mangrove di wilayah Kampung Atas Air juga dilakukan sebagai inti seremonial dari kegiatan ini.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro menyampaikan bahwa program ini dihadiri sebanyak 400 orang partisipan, terdiri dari Pertamina, SKPD, warga masing-masing kelurahan, petani, dan relawan yang juga membantu agenda ini.

pert-2

“Kegiatan ini adalah salah satu wahana bagi Pertamina untuk berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar pesisir sekaligus menjaga kelestarian lingkungan di wilayah operasi bisnisnya, Selain itu, hal ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Pertamina karena kegiatan ini bertepatan dengan momentum HUT perusahaan,” jelas Wianda.

Dalam kegiatan ini, PT Pertamina juga mengadakan program edukasi kepada anak-anak warga Kampung Atas Air yang dipandu oleh relawan pendidikan di Taman Baca milik Pertamina. Selain itu, kampanye “Gemar Makan Ikan” juga dicanangkan dalam acara ini, dikemas dengan pembacaan puisi dari salah satu anak dilanjutkan dengan makan ikan bersama. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai simbolisasi HUT Pertamina ke-59.

pert-3

Lebih jauh lagi, kegiatan ini juga ditunjang keberlanjutannya dengan pengukuhan tim relawan yang akan memantau bantuan yang diberikan oleh PT Pertamina (Persero) selama 6 bulan terhitung semenjak kegiatan seremonial diadakan.

Happy Anniversary, Pertamina…! Jayalah senantiasa! (*)

 

Advertisements

3 comments

  1. Kegiatannya langsung berguna untuk masyarakat ya mba 🙂

  2. nyonyasepatu · December 13

    Semoga kegiatan yg baik ini berlanjut trus ya

  3. inda chakim · December 13

    happy anniversary pertaminaaaa,
    btw pantainya bikin daku pgn ke situ, watu dodoooll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s